بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Jejak MH370 Nihil di Empat Radar TNI AU
Go Green

Clock Link

Tuesday, March 25, 2014

Jejak MH370 Nihil di Empat Radar TNI AU

Jejak MH370 Nihil di Empat Radar TNI AU

TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara, Hadi Tjahjanto, memastikan tak ada satu pun radar militer yang menangkap keberadaan pesawat Malaysia Airlines MH370. Dia membantah dugaan peneliti militer Inggris yang menyebutkan setelah hilang kontak MH370 sempat melintas di wilayah barat Indonesia. »Satelit Inggris itu hanya menemukan titik di Samudera Hindia selatan yang diduga bagian MH370, tapi itu bukan lintasannya,” kata Hadi saat dihubungi, Rabu, 26 Maret 2014.

Menurut Hadi, sejak Malaysia Airlines MH370 dinyatakan hilang, TNI Angkatan Udara melakukan penyelidikan intensif di seluruh titik pantau radar. Bahkan, TNI sudah membuka rekaman radar di empat pos utama, yaitu Jakarta, Medan, Makassar dan Papua. Hasilnya tetap nihil. »Tak ada satu pun objek yang diduga MH370 atau komponen MH370 yang melintas.” (Baca:Penjelasan Inmarsat Temukan MH370)

Hadi memastikan kondisi radar di seluruh wilayah dalam keadaan baik. Radar yang dimiliki TNI bisa memantau benda asing yang melintas hingga di atas 40 ribu kaki. Sedangkan saat dinyatakan hilang, Malaysia Airlines MH370 tujuan Beijing itu dilaporkan berada di atas ketinggian 35 ribu kaki. Dia tak bisa menjelaskan bagaimana pesawat nahas itu bisa berada di Samudera Hindia selatan. (Baca:Ping Terakhir Malaysia Airlines Tak Dimengerti)

Menurut Hadi, untuk mengetahui lintasan pasti Malaysia Airlines, tetap harus melalui data di kotak hitam (black box). Namun, perekam data penerbangan itu belum ditemukan. »Nanti kalau black box-nya ditemukan, baru bisa dipastikan di mana lintasannya.”

Hingga kemarin, upaya pencarian puing-puing pesawat nahas itu di perairan Samudera Hindia, sekitar 1.500 mil barat daya Perth, belum membuahkan hasil. Keluarga para penumpang tetap menuntut pihak Malaysia Airlines memberikan bukti bahwa MH370 telah jatuh dan tenggelam. Di lain pihak, pemerintah Malaysia telah resmi mengumumkan pesawat nahas itu jatuh di Samudera Hindia bagian selatan.

No comments:

Post a Comment