بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 01/13/13
Go Green

Clock Link

Sunday, January 13, 2013

KURIKULUM 2013: Pelajaran TIK SMP Bakal Dihapus



SOLO – Rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengubah kurikulum pada 2013, berdampak pada peringkasan jumlah mata pelajaran di sekolah. Salah satunya menghilangkan mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di SMP.

Wakil Kepala Perguruan Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Solo, Hendro Susilo, menjelaskan pihaknya telah mendengar informasi mengenai penghapusan mata pelajaran itu. Namun sampai sekarang hal itu belum dibahas bersama jajaran pimpinan, karena kurikulum baru itu masih diuji publik.

Meski demikian, Hendro menilai dengan rencana penghapusan TIK itu bisa berdampak terhadap tenaga pengajar TIK di sekolah. Selain itu siswa SMP masih membutuhkan mata pelajaran TIK, meskipun selama ini proses pengajarannya masih bersifat teoritis.

“Di tempat kami ada seorang guru TIK, kalau nanti mata pelajarannya di hapus dia akan mengajar apa,” jelasnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat (30/11/2012).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Rakhmat Sutomo, mengaku belum mendapatkan surat edaran dan sosialisasi resmi dari Kemendikbud, sehingga pihaknya belum dapat menentukan langkah yang akan diambil selanjutnya.

“Kami belum memiliki pandangan ke depannya,” jelasnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (30/11/2012).

Rakhmat tidak mau berkomentar lebih lanjut mengenai dampak penghapusan mata pelajaran TIK terhadap para guru. Tapi dia berharap agar pemerintah pusat segera berkoordinasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) untuk merumuskan masa depan tenaga pengajar TIK di sekolah.

Meski demikian, Rakhmat mengaku optimistis pihaknya dapat menjalankan perubahan kurikulum yang akan diresmikan Kemendikbud itu. Pasalnya masih ada satu semester untuk persiapan sebelum kurikulum diterapkan secara nasional. Namun dia pun tidak yakin jika kurikulum baru itu dapat menyelesaikan permasalahan pendidikan di Indonesia.

Sementara itu relawan peduli anak, Sugeng Santoso, berpendapat kurikulum baru itu akan menguntungkan siswa. Karena kurikulum 2013 lebih mengedepankan proses dan hasil dalam mengukur kompetensi siswa. Selain itu kreativitas siswa juga menjadi salah satu penilaian sehingga tidak hanya tergantung pada nilai ujian.

Diinformasikan, dengan perubahan kurikulum mata pelajaran di SMP yang awalnya berjumlah 12 diringkas menjadi 10, yaitu mata pelajaran Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, IPA, IPS, bahasa Inggris dan Prakarya. Sementara untuk mata pelajaran pengembangan diri, seperti TIK akan diintegrasikan ke semua mata pelajaran.


http://www.solopos.com/2012/11/30/kurikulum-2013-pelajaran-tik-smp-bakal-dihapus-352661

Alasan Memanaskan Mesin Motor sebelum Dipakai

1. Untuk fungsi pelumasan

Matinya enjin mengakibatkan matinya fungsi pelumasan. Fungsi pelumasan ini penting, di antaranya untuk mengurangi aus pada komponen2 yang bergesekan seperti gear ke gear, ring piston dengan dinding silinder, dan lain2. Semakin lama mati, semakin banyak oli yang berjatuhan atau kembali ke tempat penyimpanannya. Pastinya oli yang berada di bagian gear, piston dan sebagainya akan menipis. Bila mesin dinyalakan setelah mati cukup lama maka butuh waktu bagi oli untuk melumasi bagian-bagian gear atau bergesekan lainnya. Kalau agan2 main ngacir gitu aja, dengan pelumasan yang sedikit, gear2 bisa aus, ring piston bisa patah yang mengakibatkan kendaraan agan gbs jalan. Nah, ini adalah hal yang paling vital dalam pentingnya proses pemanasan.



Kalau agan mau tahu, piston itu bergerak umumnya 50 putaran dalam 1 detik atau 3000 rpm, ini dalam keadaan statis (tanpa di gas). Gimana kalau agan bergerak dengan kecepatan 100 km/jam ? tentunya akan lebih dari 50 putaran dalam 1 detik. 


Pembakaran: 

2. Untuk pembakaran yang lebih sempurna (edisi revisi)
Sebelum mesin dinyalakan, bensin dan udara masih berada di tempatnya masing2. Sehingga dibutuhkan waktu pada proses pencampuran udara dan bahan bakar untuk memperoleh campuran yang pas antara bahan bakar dan udara sekitar 1 : 14,7 atau dalam ukuran liter dapat disebutkan 1 liter bensin secara ideal harus bercampur dengan 11500 liter udara. Beginilah cara pencampurannya, yang warna ungu itu bahan bakar dan hijau itu udara.


Bahasa mudahnya:
motor dipanasin - Awalnya pencampuran udara belum stasioner, kalau bensinnya kebanyakan jadinya ngebul kalau udaranya yang kebanyakan kentut ( keluar bunyi petasan ) - Akhirnya setelah stasioner pencampuran udara menjadi lebih ideal - otomatis petasan dan ngebulnya semakin berkurang karena bahan bakar terbakar lebih sempurna



Kesimpulannya:
Panasilah motor 2-3 menit sebelum ngantor. Jangan lama2 juga karena bisa menyebabkan knalpot jadi berwarna keungu2an atw kecoklatan untuk knalpot yang berwarna silver atw terang. Hal ini disebabkan oleh terlalu panasnya knalpot karena udara hanya berputar disitu2 saja sehingga tidak terjadi proses pendinginan.


informasi tambahan: 
Mesin mobil maupun motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan seterusnya.

Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin mobil/motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga. Wah jadi bagaimana dong?

Jika kita cermati spesifikasi kendaraan kita, pada brosur yang baik akan menampilkan informasi rasio kompresi (Compression Ratio / CR). CR ini adalah hasil perhitungan perbandingan tekanan yang berkaitan dengan volume ruang bakar terhadap jarak langkah piston dari titik bawah ke titik paling atas saat mesin bekerja. terlihat pada tabel, bahwa CR mesin mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia adalah 11 : 1

Dari informasi spesifikasi brosur tersebut, kita bisa menentukan bahwa mesin mobil AX kita tersebut memerlukan jenis bensin yang bernilai oktan 95, yaitu bensin Pertamax Plus. What !! :jedut2

*Mohon dicek lagi ah...*

Bagaimana Jika Diisi Bensin Dengan Oktan Lebih Rendah?

Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Semakin tinggi nilai CR pada mesin artinya membutuhkan bensin bernilai oktan tinggi. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Bagaimana menggambarkan ‘kejam’nya ngelitik yang dirasakan piston? Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….

Saat terjadi ‘ngelitik’, bensin tidak menjadi tenaga yang terpakai. Kerja mesin tidak optimal. Kembali diulang, mesin yang CR nya tinggi, memerlukan bensin yang lambat terbakar. Semakin tinggi nilai CR, bensin harus semakin lambat terbakarnya (oktan tinggi).

Nah, jadi untuk teman-teman, cermati nilai CR mesin mobil/motor kita (bisa intip pada daftar di bawah), isilah bensin yang sesuai untuk mesin tersebut.

Kesimpulan:

- Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi. (kecuali ada modifikasi lain).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi).
- Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah)
- Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.


saft7.com

Asal-Usul Radio AM dan FM

FM adalah singkatan dari "frequency modulation" dan AM adalah singkatan dari "amplitude modulation," maka perbedaannya adalah berdasarkan perubahan naik-turun gelombang radionya.

Gelombang FM dibedakan berdasarkan frekuensi, atau berapa banyak perubahan arah tujuan gelombangnya setiap detik.

Sementara gelombang AM berubah berdasarkan amplitudo, yang menggambarkan kekuatan spesifik sinyalnya.


Semua gelombang radio amplitudonya berubah selama perjalanannya, tapi tentu saja, jika amplitudonya tidak cukup kuat saat mencapai reciever, maka yang terdengar adalah suara statik yang sering kita dengar seperti desisan.

Dan karena gelombang AM bergantung pada smplitudo spesifik untuk mendapatkan sinyal, makanya AM kurang bisa diandalkan. Dan lebih murah, sehingga beberapa desa ada yang memiliki radio mereka sendiri, untuk menyiarkan berita-berita lokal seperti pertanian.

AM memang hadir lebih dulu daripada FM. Reginald Fessenden membuat siaran radio AM pertama pada tahun 1906. Melalui radio tersebut ia menyiarkan ceramah dan pembacaan Injil dan menyajikan permainan biola yang ia lakukan sendiri.

Media itu populer dari tahun 1920 hingga kehadiran radio FM pada era 50an. Seketika AM seolah terbatasi.

Gelombang AM mengalir dekat dengan tanah pada siang hari dan semakin tinggi ke angkasa pada malam hai, yang artinya sulit untuk mendapatkan radius penyiaran selama jam siang. AM juga mudah terhalang oleh bangunan tinggi


FM ditemukan pada tahun 1933 oleh Edwin Armstrong, tapi sayangnya, ia keburu meninggal dunia sebelum melihat kesuksesan penemuannya. Ia diyakinkan bahwa FM temuannya itu gagal, dan akhirnya ia bunuh diri dengan melompat dari jendela pada tahun 1954. Hanya beberapa tahun setelahnya, keunggulan FM mulai dikenali masyarakat Amerika. Kepopuleran FM pun semakin meroket, membuat janda Armstrong kaya raya.

Menurut buku World Factbook milik CIA, ada sekitar 28,693 stasiun radio FM di dunia dan hanya sekitar 16,265 stasiun radio AM
http://duniaradioku.blogspot.com/2012/12/sejarah-radio-am-dan-fm.html

Ular Piton Sepanjang 3,6 Meter Numpang Terbang di Sayap Pesawat Qantas

TRIBUNNEWS.COM


CAIRNS – Penumpang pesawat Qantas tujuan Papua Nugini terkejut ketika melihat ke arah kabin jendela pesawat. Seekor ular besar menempel di sayap pesawat.

Dilansir Orange, Sabtu (12/1/2013), ular piton Amethystine ini memiliki panjang 3,6 meter dan baru ketahuan setelah pesawat 20 menit lepas landas dari Cairns, utara Australia, Kamis (10/1/2013)

“Separuh perjalanan menuju Papua Nugini, seorang penumpang melaporkan telah melihat ular menempel di sayap pesawat,” ujar juru bicara Qantas.

Hewan melata ini diyakini naik ke pesawat dari rawa-rawa sekitar bandara Cairns. Ular piton Amethystine tidak beracun dan dikenal sebagai piton semak. Penjangnya bisa mencapai 8,5 meter.

Saat pesawat mendarat, ular tersebut sudah mati akibat temperatur dingin di atas ketinggian 30.000 kaki. (surya/Titis Jati Permata)

Kekuatan Topan Narelle di Australia Barat Naik Jadi Kategori Empat

ANTARA


Sydney (Xinhua-OANA) - Topan Tropis Narelle telah bertambah kuat dan menjadi kategori empat saat mendekati pantai bagian utara Australia Barat, demikian peringatan Biro Meteorologi Austrlaia, Jumat. 

Badan cuaca nasional itu mengatakan peringatan topan terus dikeluarkan buat daerah pantai Australia Barat dari Whim Creek sampai Coral Bay, termasuk Karratha, Dampier, Onslow dan Exmouth. 

Hingga pukul 05.00 waktu setempat Jumat, Topan Narelle dengan kategori empat diperkirakan berada 535 kilometer di sebelah utara Exmouth dan 505 kilometer sebelah barat-laut Karratha. Topan tersebut bergerak ke arah barat-daya dengan kecepatan 15 kilometer per jam, kata Biro Meteorologi. 

Topan dan angin berkecapatan hingga 100 kilometer per jam diperkirakan terbentuk di daerah pantai antara Whim Creek dan Exmouth pada Jumat sore, kata Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat pagi. Lalu topan itu bergerak ke selatan menuju Coral Bay pada Sabtu pagu, kata Biro tersebut. 

Warga di Pantai Pilbara diperingatkan agar bersiap menghadapi terjangan angin yang mungkin menghancurkan dengan kecepatan lebih dari 130 kilometer per jam pada Sabtu malam. 

Perusahaan pertambangan di Australia Barat sudah bereaksi terhadap peringatan topan. Pelabuhan bijih besi di Cape Lambert dan Dampier dijadwalkan tutup, dan Apache juga menutup ladang minyak Staf serta Van Gogh pada Kamis, demikian laporan Australian Associated Press (AAP). 

Chevron bersiap mengungsikan pegawainya dari Barrow Island.(rr)

Ternyata Benar! SBY Resmi Tunjuk Roy Suryo Jadi Menpora

Liputan6.com


Jakarta : Kabar yang berhembus beberapa hari terakhir, bahwa Roy Suryo bakal menggantikan Andi Mallarangeng sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, terbukti. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi menunjuk politisi Demokrat itu sebagai anggota kabinetnya.

"Untuk mengisi jabatan Menpora, setelah melakukan berbagai pertimbangan serta mendengarkan saran dan pandangan dari Wakil Presiden dan para pejabat yangg lain, serta pula menjaring pandangan dan pendapat masyarakat luas, saya menetapkan untuk mengangkat Drs Roy Suryo Msi untuk menjadi Menpora," kata SBY dalam konferensi persnya di Kompleks Istana Negara, Jumat (11/1/2013).

SBY menambahkan, Roy Suryo sebelumnya menjabat sebagai anggota Dewan dari daerah pemilihan Yogyakarta. "Dan yang bersangkutan saya pandang cakap untuk mengemban tugas Menpora," tambah Presiden.

Sebelum pengumuman resmi dari Istana Negara dikeluarkan, Roy Suryo mengaku sudah resmi ditunjuk SBY sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. "Iya, saya tinggal tunggu kapan saya dilantik," kata Roy Suryo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/1/2013).

"Dan saya memang benar diberi amanah mengisi posisi Menpora yang ditinggalkan Mas Andi Mallarangeng sejak 8 Desember lalu," kata Roy yang namanya sempat populer sebagai pegiat telematika ini. (Ein)

Kisah Pegawai Bank Kembalikan Gratifikasi Rp 47.000

merdeka.com


Di tengah maraknya kasus korupsi di negeri ini, kejujuran Regina Maharani (26) patut diacungi jempol. Regina yang merupakan calon pegawai Bank Jawa Barat Kantor Cabang Pembantu (KCP) Pangandaran, mengembalikan uang yang bukan haknya dari pemberian seorang nasabah. Meski nilainya hanya Rp 47.000.

Kejadian itu terjadi sekitar beberapa bulan lalu. Saat itu, Regina baru bekerja selama 9 bulan. Regina pun masih berstatus belum pegawai tetap.

Suatu hari, Regina melayani seorang nasabah yang ingin menyetorkan uang tunai di bank tersebut. Setoran rutin itu dibagi dalam lima tahap karena jumlah nominalnya mencapai jutaan.

"Setorannya rutin. nilainya jutaan. Setoran ada 5 (tahap), kalau dijumlahkan total berapa juta," ujar gadis dua bersaudara ini, saat berbincang dengan merdeka.com, Minggu (12/1).

Setelah selesai melakukan penyetoran, terdapat kembalian dari jumlah setoran itu sebanyak Rp 47.000. Namun, saat dikembalikan, nasabah tersebut menolak dan justru memberikan kembalian itu kepada Regina.

"Sudah diambil saja mbak kembaliannya," ujar Regina menirukan si nasabah kala itu.

Regina pun kebingungan, karena uang itu tak seharusnya dia terima. Dia pun kembali memanggil si nasabah itu. Namun, nasabah itu tidak memedulikan dan tetap pergi meninggalkannya.

Regina tahu uang tersebut bukan haknya. Dengan menerima uang kembalian tersebut berarti sudah termasuk gratifikasi. Menerima sesuatu yang bukan miliknya yang dampaknya akan mempengaruhi integritas dalam hubungan pekerjaannya.

"Aturan di BJB sendiri untuk gratifikasi kita di suruh tanda tangan yang pernyataan isinya untuk tidak menerima gratifikasi yang nantinya berhubungan dengan tugas dan tanggung jawab kita sebagai pegawai," ujarnya.

Usai mengalami kejadian itu, Regina langsung melapor ke Wakil Pimpinan Cabang, Ibu Nessia. Dia ceritakan apa yang baru dialaminya. Oleh bosnya, Regina diperintahkan untuk dilaporkan ke bagian gratifikasi yang nantinya akan dikembalikan ke kas negara.

"Kemudian saya laporkan dan saya disuruh isi formulir yang nantinya akan dikirimkan ke KPK," ujarnya.

Setelah itu, KPK membalas dengan mengirimkan beberapa formulir untuk diisi. Lalu formulir bermaterai itu dikirimkan kembali melalui fax kepada KPK. Sehabis dikirim, dia kemudian mentransfer uang itu melalui rekening yang telah disediakan KPK.

"Saya transfer ke rekening kas negara. Rekeningnya udah dikasih sama KPK sebesar Rp 47.000," jelasnya.

Beberapa bulan kemudian, tiba-tiba KPK menghubunginya kembali dan mengatakan kalau dirinya diundang ke Acara Penghargaan Apresiasi Pelapor Gratifikasi di KPK.

"Katanya saya mendapatkan penghargaan dari KPK untuk pelapor gratifikasi dengan nominal terkecil," ujar Regina.

Namun sayang, saat itu Regina tidak bisa hadir karena sakit. Alhasil ibu wakil pimpinan cabangnya lah yang mewakili menerima penghargaan itu.

Sejak kejadian itu, Regina pun disambut baik oleh teman-temannya. Banyak yang mengirimkan ucapan selamat kepadanya.

"Pas kemarin ada acara di kantor cabang di Banjar. Ibu pimpinan kepala cabangnya memberikan selamat bahwa saya telah memberikan penghargaan. Untuk semua pegawai BJB harusnya seperti itu jadi contoh," kisah Regina terharu.

Di keluarga, Regina mengaku ayah dan ibunya yang bekerja sebagai PNS kerap mengajarkan kejujuran kepada anak-anaknya. 

"Jangan suka mengambil hak yang orang lain. Yang bukan uang kita," ujarnya teringat pesan orang tuanya.

Farhat Abbas Percaya Diri Jadi Capres

TRIBUNNEWS.COM


JAKARTA--Politisi muda Partai Demokrat yang berprofesi sebagai pengacara muda, Farhat Abbas kembali bikin sensasi. Diam-diam rupanya Farhat mengikuti jejak si Raja Dangdut, Rhoma Irama. Farhat pun mempromosikan dirinya sebagai seorang calon presiden 2014 mendatang.

Di Jalan Ir Haji Juanda, dekat Pasar Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten, sebuah baliho besar terpasang wajahnya. Foto dirnya bertuliskan Majukan Seni Budaya Bangsa.

Tak hanya promosi secara terbuka, di aku twitter miliknya, foto Farhat Abbas juga terpampang sebagai calon presiden. Dibawahnya tertulis, Presiden dan seluruh pejabat Pemerintah dan penegak hukum harus berani sumpah pocong untuk Tak korupsi ( capres Farhat).

Nama Farhat akhir-akhir ini menyita perhatian publik. Sebelumnya, Farhat dilaporkan oleh Anton Medan ke Polda Metro Jaya yang dianggap bernada rasis kepada Wakil Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Tak hanya Anton Medan, Ramdan Alamsyah dari Komunitas Intelektual Muda Betawi dan Himpunan Advokat Muda Indonesia juga melaporkan Farhat Abbas.