بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 06/10/12
Go Green

Clock Link

Sunday, June 10, 2012

Alat-alat Optik

sumber: google.com

Mata 

Salah satu alat optik alamiah yang merupakan salah satu anugerah dari Sang Pencipta adalah mata. Di dalam mata terdapat lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, berserat, dan kenyal. Lensa kristalin atau lensa mata berfungsi mengatur pembiasan yang disebabkan oleh cairan di depan lensa. Cairan ini dinamakan aqueous humor. Intensitas cahaya yang masuk ke mata diatur oleh pupil. 


Bagian-bagian mata 

Cahaya yang masuk ke mata difokuskan oleh lensa mata ke bagian belakang mata yang disebut retina. Bentuk bayangan benda yang jatuh di retina seolah-olah direkam dan disampaikan ke otak melalui saraf optik. Bayangan inilah yang sampai ke otak dan memberikan kesan melihat benda kepada mata. Jadi, mata dapat melihat objek dengan jelas apabila bayangan benda (bayangan nyata) terbentuk tepat di retina. 

Lensa mata merupakan lensa yang kenyal dan fleksibel yang dapat menyesuaikan dengan objek yang dilihat. Karena bayangan benda harus selalu difokuskan tepat di retina, lensa mata selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan objek yang dilihat. Kemampuan mata untuk menyesuaikan diri terhadap objek yang dilihat dinamakan daya akomodasi mata. 


daya akomodasi mata 

Saat mata melihat objek yang dekat, lensa mata akan berakomodasi menjadi lebih cembung agar bayangan yang terbentuk jatuh tepat di retina. Sebaliknya, saat melihat objek yang jauh, lensa mata akan menjadi lebih pipih untuk memfokuskan bayangan tepat di retina. 

Titik terdekat yang mampu dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik dekat mata (punctum proximum/PP). Pada saat melihat benda yang berada di titik dekatnya, mata dikatakan berakomodasi maksimum. Titik dekat mata disebut juga dengan jarak baca normal karena jarak yang lebih dekat dari jarak ini tidak nyaman digunakan untuk membaca dan mata akan terasa lelah. Jarak baca normal atau titik dekat mata adalah sekitar 25 cm. 

Adapun, titik terjauh yang dapat dilihat oleh mata dengan jelas disebut titik jauh mata (punctum remotum/PR). Pada saat melihat benda yang berada di titik jauhnya, mata berada dalam kondisi tidak berakomodasi. Jarak titik jauh mata normal adalah di titik tak hingga (~). 


Rabun Jauh dan Cara Memperbaikinya 

Orang yang menderita rabun jauh atau miopi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang jauh tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek di titik dekatnya (pada jarak 25 cm). titik jauh mata orang yang menderita rabun jauh berada pada jarak tertentu (mata normal memiliki titik jauh tak berhingga). 

Rabun jauh dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa divergen yang bersifat menyebarkan (memencarkan) sinar. Lensa divergen atau lensa cekung atau lensa negatif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina. 


miopi dikoreksi menggunakan lensa negatif 

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami rabun jauh dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa. 

Di sini jarak s adalah jarak tak hingga (titik jauh mata normal), dan s’ adalah titik jauh mata (PR). Prinsip dasarnya adalah lensa negatif digunakan untuk memindahkan (memajukan) objek pada jarak tak hingga agar menjadi bayangan di titik jauh mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas. 


Rabun Dekat dan Cara Memperbaikinya 

Orang yang menderita rabun dekat atau hipermetropi tidak mampu melihat dengan jelas objek yang terletak di titik dekatnya tapi tetap mampu melihat dengan jelas objek yang jauh (tak hingga). Titik dekat mata orang yang menderita rabun dekat lebih jauh dari jarak baca normal (PP > 25 cm). 

Cacat mata hipermetropi dapat diperbaiki dengan menggunakan lensa konvergen yang bersifat mengumpulkan sinar. Lensa konvergen atau lensa cembung atau lensa positif dapat membantu lensa mata agar dapat memfokuskan bayangan tepat di retina. 


hipermetropi dikoreksi menggunakan lensa positif 

Jarak fokus lensa dan kuat lensa yang digunakan untuk memperbaiki mata yang mengalami hipermetropi dapat ditentukan berdasarkan persamaan lensa tipis dan rumus kuat lensa. 

Di sini jarak s adalah jarak titik dekat mata normal (25 cm), dan s’ adalah titik dekat mata (PP). Prinsip dasarnya adalah lensa positif digunakan untuk memindahkan (memundurkan) objek pada jarak baca normal menjadi bayangan di titik dekat mata tersebut sehingga mata dapat melihat objek dengan jelas. 



Mata tua (presbiopi) 

Mata tua tidak dapat melihat dengan jelas benda-benda yang sangat jauh dan benda-benda pada jarak baca normal, disebabkan daya akomodasi telah berkurang akibat lanjut usia (tua). Pada mata tua titik dekat dan titik jauh keduanya telah bergeser. Mata tua diatasi atau ditolong dengan menggunakan kacamata berlensa rangkap (cembung dan cekung). Pada kacamata dengan lensa rangkap, lensa negatif bekerja seperti lensa pada kaca mata miopi, sedangkan lensa positif bekerja seperti halnya pada kacamata hipermetropi. 



Astigmatisma (mata silindris)

Astigmatisma disebabkan karena kornea mata tidak berbentuk sferik (irisan bola), melainkan lebih melengkung pada satu bidang dari pada bidang lainnya. Akibatnya benda yang berupa titik difokuskan sebagai garis. Mata astigmatisma juga memfokuskan sinar-sinar pada bidang vertikal lebih pendek dari sinar-sinar pada bidang horisontal.Astigmatisma ditolong/dibantu dengan kacamata silindris. 


Kaca Pembesar 

Kaca pembesar atau lup digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung. Lup menggunakan sebuah lensa cembung atau lensa positif untuk memperbesar objek menjadi bayangan sehingga dapat dilihat dengan jelas. 

Bayangan yang dibentuk oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Untuk mendapatkan bayangan semacam ini objek harus berada di depan lensa dan terletak diantara titik pusat O dan titik fokus F lensa. untuk menghasilkan bayangan yang diinginkan, lup dapat digunakan dalam dua macam cara, yaitu dengan mata berakomodasi maksimum dan dengan mata tidak berakomodasi. 

Lup dapat digunakan dengan mata berakomodasi maksimum untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (s’ = sn = jarak titik dekat mata). 

Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata berakomodasi maksimum adalah 

Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup. 

Menggunakan lup dalam keadaan mata berakomodasi maksimum membuat mata menjadi cepat lelah. Agar mata relaks dan tidak cepat lelah, lup digunakan dalam keadaan mata tidak berakomodasi. Untuk mendapatkan perbesaran bayangan yang diinginkan dalam keadaan mata tidak berakomodasi, bayangan yang terbentuk harus berada sangat jauh di depan lensa (jarak tak hingga). dalam hal ini objek harus berada di titik fokus lensa (s = f). 

Perbesaran bayangan yang dihasilkan oleh lup dengan mata tidak berakomodasi adalah 

Dimana P adalah perbesaran lup, sn adalah jarak titik dekat mata (sn = 25 cm untuk mata normal), dan f adalah jarak fokus lup. 



Mikroskop 

Perbesaran bayangan yang dihasilkan dengan menggunakan lup yang hanya menggunakan sebuah lensa cembung kurang maksimal dan terbatas. Untuk mendapatkan perbesaran yang lebih besar diperlukan susunan alat optik yang lebih baik. Perbesaran yang lebih besar dapat diperoleh dengan membuat susunan dua buah lensa cembung. Susunan alat optik ini dinamakan mikroskop yang dapat menghasilkan perbesaran sampai lebih dari 20 kali. 

Sebuah mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung (lensa positif). lensa yang dekat dengan objek (benda) dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa yang dekat mata dinamakan lensa okuler. Jarak fokus lensa okuler lebih besar daripada jarak fokus lensa objektif. 


mikroskop dan bagian-bagiannya 

pembentukan bayangan pada mikroskop 

Objek yang ingin diamati diletakkan di depan lensa objektif di antara titik Fob dan 2Fob. Bayangan yang terbentuk oleh lensa objektif adalah I1 yang berada di belakang lensa objektif dan di depan lensa okuler. Bayangan ini bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar. Bayangan I1 akan menjadi benda bagi lensa okuler dan terletak di depan lensa okuler antara pusat optik O dan titik fokus okuler Fok. Di sini lensa okuler akan berfungsi sebagai lup dan akan terbentuk bayangan akhir I2 di depan lensa okuler. Bayangan akhir I2 yang terbentuk bersifat maya, diperbesar, dan terbalik terhadap objek semula. 

Perbesaran yang dihasilkan mikroskop adalah gabungan dari perbesaran lensa objektif dan perbesaran lensa okuler. Perbesaran lensa objektif mikroskop adalah 

Dimana Pob adalah perbesaran lensa objektif, s’ob adalah jarak bayangan lensa objektif dan sob adalah jarak objek di depan lensa objektif. 

pembentukan bayangan oleh mikroskop 

1) Lensa objektif berfungsi untuk membentuk bayangan sejati, terbalik dan diperbesar dari benda yang diamati. Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif dianggap benda bagi lensa okuler.
2) Lensa okuler berfungsi membentuk bayangan maya, tegak dan diuperbesar.
Rumus Perbesaran mikroskop
Pembesaran mikroskop adalah hasil kali pembesaran lensa objektif dan pembesaran lensa okuler, sehingga dirumuskan: 

Mmik = Mob x Mok 

Karena lensa okuler mikroskop berfungsi seperti lup, pembesaran mikroskop dirumuskan sebagai berikut: 

Pembesaran Mikroskop pada saat mata berakomodasi maksimum 


Agar mata berakomodasi maksimum, jarak lensa objektif dan lensa okuler dirumuskan: 


Dengan ketentuan: 
Mmik = Pembesaran mikroskop 
Mob = Pembesaran oleh lensa objektif 
Sn = Titik dekat mata 
fok = Jarak fokus lensa okuler 
S’ob = jarak bayangan oleh lensa objektif 
Sob = jarak benda di depan lensa objektif 
d = jarak lensa objektif dan lensa okuler 



Pembesaran Mikroskop pada saat mata tidak berakomodasi 


Agar mata berakomodasi maksimum, jarak lensa objektif dan lensa okuler dirumuskan: 

d = S’ob + fok 



Kamera

Kamera digunakan manusia untuk merekam kejadian penting atau kejadian yang menarik. Banyak jenis dan model kamera dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Kamera yang dipakai wartawan berbeda dengan yang dipakai fotografer. Kamera video dipakai dalam pengambilan gambar untuk siaran televisi atau pembuatan film. Kamera elektronik (autofokus) lebih mudah dipakai karena tanpa pengaturan lensa. Dewasa ini sudah ada kamera digital yang data gambarnya tidak perlu melalui proses pencetakan melainkan dapat dilihat atau diolah melalui komputer.
Bagian-bagian kamera mekanik (bukan otomatis) menurut kegunaan fisis : 
lensa cembung berfungsi untuk membentuk bayangan dari benda yang difoto 
diafragma berfungsi untuk membuat sebuah celah/lubang yang dapat diatur luasnya 
aperture yaitu lubang yang dibentuk diafragma untuk mengatur banyak cahaya 
shutter pembuka/penutup “dengan cepat” jalan cahaya yang menuju ke pelat film 
pelat film berfungsi sebagai layar penangkap/perekam bayangan.Setiap benda yang di foto, terletak pada jarak yang lebih besar dari dua kali jarak fokus di depan lensa kamera, sehingga bayangan yang jatuh pada pelat film memiliki sifat nyata, terbalik dan diperkecil. Untuk memperoleh bayangan yang tajam dari benda-benda pada jarak yang berbeda-beda, lensa cembung kamera dapat digeser ke depan atau ke belakang. 



Lup (kaca pembesar) 


Lup (kaca pembesar) dipakai untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar dan jelas. Oleh tukang arloji, lup dipakai agar bagian jam yang diperbaikinya kelihatan lebih besar dan jelas. Oleh siswa saat praktikum biologi, lup dipakai untuk mengamati bagian hewan atau tumbuhan agar kelihatan besar dan jelas. 

Sebagai alat optik, lup berupa lensa cembung tebal (berfokus pendek). Sifat bayangan yang diharapkan dari benda kecil yang dilihat dengan lup adalah tegak dan diperbesar. Orang yang melihat benda dengan menggunakan lup akan mempunyai sudut penglihatan (sudut anguler) yang lebih besar daripada orang yang melihat dengan mata biasa. Ada dua cara memakai lup, yaitu dengan mata tak berakomodasi dan mata berakomodasi. 

Melihat dengan mata tak berakomodasi
Untuk melihat tanpa berakomodasi maka lup harus membentuk bayangan di jauh tak berhingga. Benda yang dilihat harus diletakkan tepat pada titik fokus lup.
Keuntunganya adalah untuk pengamatan lama mata tidak cepat lelah, sedangkan kelemahannya dari segi perbesaran berkurang. Sifat bayangan yang dihasilkan maya, tegak dan diperbesar.
Perbesaran anguler yang didapatkan adalah :
M = PP/f
Keterangan :
M = perbesaran lup
PP= titik dekat mata
f = jarak titik fokus lensa 

Melihat dengan mata berakomodasi
Agar mata dapat melihat dengan berakomodasi maksimum, maka bayangan yang dibentuk oleh lensa harus berada di titik dekat mata (PP). Benda yang dilihat harus terletak antara titik fokus dan titik pusat sumbu lensa.Kelemahannya untuk pengamatan lama mata cepat lelah, sedangkan keuntungannya dari segi perbesaran bertambah.
Sifat bayangan yang dihasilkan maya, tegak dan diperbesar.
Perbesaran anguler yang didapatkan adalah :
M = PP/f + 1
Keterangan :
M = perbesaran lup
PP= titik dekat mata
f = jarak titik fokus lensa 



Teropong (Teleskop) 

A. Teropong bintang 

Teropong bintang disebut juga teropong astronomi. 

- terdiri dari 2 buah lensa cembung. 

- jarak fokus lensa obyektif lebih besar dari jarak fokus lensa okuler. 


Dasar Kerja Teropong 

Obyek benda yang diamati berada di tempat yang jauh tak terhingga, berkas cahaya datang berupa sinar-sinar yang sejajar. Lensa obyektif berupa lensa cembung membentuk bayangan yang bersifat nyata, diperkecil dan terbalik berada pada titik fokus. 

Bayangan yang dibentuk lensa obyektif menjadi benda bagi lensa okuler yang jatuh tepat pada titik fokus lensa okuler. 

Penggunaan dengan mata tidak berkomodasi 

Untuk penggunaan dengan mata tidak berkomodasi, bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif jatuh di titik fokus lensa okuler. 

Perbesaran anguler yang diperoleh adalah : 

M = f (ob) / f (ok) 

Panjang teropong adalah : 

M = f (ob) + f (ok) 

Penggunaan dengan mata berkomodasi maksimal 

Untuk penggunaan dengan mata berkomodasi maksimal bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif jatuh diantara titik pusat bidang lensa dan titik fokus lensa okuler. 

Perbesaran anguler dapat diturunkan sama dengan penalaran pada pengamatan tanpa berakomodasi dan didapatkan : 

M = f (ob) / So (ok) 

Panjang teropong adalah : 

M = f (ob) + So (ok) 

B. Teropong Bumi 

Teropong bumi disebut juga teropong medan.
Terdiri dari 3 buah lensa cembung yaitu lensa obyektif, lensa okuler dan lensa pembalik. 

Dasar Kerja Teropong Bumi :
Lensa obyektif membentuk bayangan bersifat nyata, terbalik dan diperkecil yang jatuh pada fob.
Bayangan dibentuk oleh lensa obyektif menjadi benda bagi lensa pembalik jatuh pada jarak 2f pembalik sehingga terbentuk bayangan pada jarak 2f pembalik juga yang bersifat nyata, terbalik, dan sama besar . 

Dengan adanya lensa pembalik panjang teropong dirumuskan menjadi : 

d = f (ob) + 4f (pembalik) + f (ok) 

Lensa pembalik berfungsi untuk membalikkan arah cahaya sebelum melewati lensa okuler, lensa okuler berfungsi seperti lup membentuk bayangan bersifat maya, tegak, dan diperbesar.
Adanya lensa pembalik tidak mempengaruhi perbesaran akhir, bayangan akhir bersifat maya, tegak dan diperbesar dengan perbesaran :
M = d = f (ob) / f (ok) 

C. Teropong prisma (binokuler) 


Teropong prisma terdiri atas dua pasang lensa cembung (sebagai lensa objektif dan lensa okuler) dan dua pasang prisma kaca siku-siku samakaki. Sepasang prisma yang diletakkan berhadapan, berfungsi untuk membelokkan arah cahaya dan membalikkan bayangan.
Bayangan yang dibentuk lensa objektif bersifat nyata, diperkecil, dan terbalik. Bayangan nyata dari lensa objektif menjadi benda bagi lensa okuler. Sebelum dilihat dengan lensa okuler, bayangan ini dibalikkan oleh sepasang prisma siku-siku sehingga bayangan akhir dilihat maya, tegak, dan diperbesar. Perbesaran bayangan yang diperoleh dengan memakai teropong prisma sama dengan teropong bumi.Beberapa keuntungan praktis dari teropong prisma dibandingkan teropong yang lain :
1. Menghasilkan bayangan yang terang, karena berkas cahaya dipantulkan sempurna oleh bidang-bidang prisma. 

2. Dapat dibuat pendek sekali, karena sinarnya bolak-balik 3 kali melalui jarak yang sama (dipantulkan 4 kali oleh dua prisma).
3. Daya stereoskopis diperbesar, dua mata melihat secara bersamaan
4. Dengan adanya prisma arah cahaya telah dibalikkan sehingg terlihat bayangan akhir bersifat maya, diperbesar dan tegak. 

D. Teropong pantul astronomi . 

Teropong pantul terdiri dari sebuah cermin cekung berjarak fokus besar sebagai cermin objektif, sebuah lensa cembung sebgai lensa okuler dan sebuah cermin datar sebagai pembelok arah cahaya dari cermin objektif ke lensa okuler. 


E. Teropong panggung 

Teropong panggung terdiri dari dua lensa, yaitu :
- lensa obyektif berup lensa cembung
- lensa okuler berupa lensa cekung 

Dasar kerja dari teropong panggung
Sinar-sinar sejajar yang masuk ke lensa obyektif membentuk bayangan tepat di titik fokus lensa obyektif. Bayangan ini akan berfungsi sebagai benda maya bagi lensa okuler. Oleh lensa okuler dibentuk bayangan yang dapat dilihat oleh mata. Perlu diketahui bahwa bayangan yang dibentuk lensa okuler adalah tegak.Dari gambar diatas untuk pengamatan tanpa berakomodasi), maka panjang teropong adalah :
d = f (ob) – f (ok) 

Perbesaran anguler yang didapatkan adalah sama dengan perbesaran pada teropong bintang ataupun juga teropong bumi.
M = f (ob) / f (ok) 

Teleskop 

Apakah kalian pernah melihat teleskop? Teleskop berkebalikan dengan lup dan mikroskop. Lup dan mikroskop berfungsi untuk mengamati benda-benda yang letaknya dekat. Sedangkan teleskop atau teropong adalah alat optik yang untuk mengamati benda-benda yang jauh jaraknya agar tampak lebih dekat dan jelas. Teleskop atau teropong dibedakan menjadi dua yaitu teropong bintang dan teropong bumi.
1) Teropong Bintang
Jika langit pada malam hari tidak tertutup awan, kalian dapat menikmati taburan bintang yang beribu-ribu jumlahnya. Bintang dilangit tampak kecil dan hanya berkelap kelip jika diamati dari bumi dengan mata telanjang. Dengan teropong bintang kalian dapat melihat benda-benda angkasa yang lain seperti bintang, bulan, dan planet dengan ukuran yang lebih besar. Ada dua jenis teropong bintang. 

Teropong Bintang 

Pembesaran Teropong Bintang 


Jarak lensa objektif dan lensa okuler 

d = fob + fok 

Teropong Bumi 

Pembesaran Teropong Bumi 


Jarak lensa objektif dan lensa okuler 

d = fob + 4fp + fok 

Proyektor 

Proyektor adalah alat optik yang digunakan untuk memproyeksikan gambar pada sebidang layer. Berdasarkan jenis gambar proyektor dibedakan dua. 

1) Diaskop, Diaskop adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan bayangan nyata dari sebuah gambar diapositif, yaitu gambar yang tembus cahaya. Proyektor yang termasuk jenis diaskop adalah : 


a) Proyektor film 


Digunakan untuk memproyeksikan gambar tembus pandang. Gambar yang sati dengan yang lainnya merupakan gambar mati dan terputus-putus, kemudian diputar 16 gambat tiap detik dengan kecepatan tinggi maka kesan yang ditangkap oleh mata adalah gambar hidup. Seperti halnya jika ujung sebuah lidi yang dibakar dikibas-kibaskan dalam ruang gelap, akan tampak garis cahaya bukan titik cahaya. Kesan demikian sebagai efek bayangan iring. 


b) Slide proyektor
Proyektor ini memproyeksikan slide (film) satu demi satu ke sebidang layer. Film yang diproyeksikan ke layer berupa deretan gambar diapositif yang digulunng dalam roll film. Bagian slide proyektor adalah sebagai berikut. 


(1) Lampu proyektor merupakan bagian utama yang sangat kuat memancarkan cahaya. 


(2) Cermin cekung, berfungsi mengumpulkan cahaya agar daya pancar sinar proyektor lebih kuat.
(3) Kondensor, berupa dua buah lensa cembung-datar yang disusun bertolak belakang, berfungsi agar sinar jatuh ke slide merata ke seluruh permukaan. 


(4) Filter, berfungsi melindungi slide dari panas yang dihasilkan lampu proyektor. 


(5) Lensa proyektor, berupa lensa cembung yang berfungsi sebagai pembalik. Oleh karena itu untuk memperoleh bayangan tegak di layer, slide harus dipasang terbalik. Jadi bayangan yang dihasilkan proyektor adalah nyata, terbalik, dan diperbesar. 


c) Overhead proyektor (OHP)
OHP adalah banyak digunakan untuk media pendidikan di sekolah atau rapat-rapat dikantor. Bagian OHP sama seperti slide proyektor yaitu dua buah cermin datar untuk memantulkan cahaya dan dua buah lensa cembung untuk lensa proyektor. Gambar diapositifnya dapat berupa selembar plastic ukuran folio yang dgambari dengan tinta spidol. 


2) Episkop
Gambar-gambar yang tidak tembus cahaya diproyeksikan dengan episkop. Biasanya digunakan oleh seniman lukis untuk memproduksi lukisan. Misalnya untuk membuat gambar pada billboard atau papan reklame.alat yang dapat dipakai, baik untuk episkop maupun diaskop dinamakan epidiaskop. 

Fakta-Fakta Tersembunyi Dari Air

sumber: http://spektrumdunia.blogspot.com/2011/02/fakta-fakta-tersembunyi-dari-air.html



Air adalah hal yang paling esensial dan berharga dalam hidup ini. Tak ada sehari pun bisa dilewatkan dalam hidup kita tanpa adanya air. Namun ada hal-hal menarik dari air yang mungkin ingin kita ketahui

1 . Jumlah air di bumi sama seperti pertama kali bumi terbentuk: 
Jumlah keseluruhan air di planet kita masih tetap sama selama dua miliar tahun , hal ini dikarenakan adanya siklus/sirkulasi air , yang umumnya kita kenal sebagai proses turunnya hujan


2 . Air yang anda minum bisa jadi berisi molekul air yang diminum Gajah Mada: 
Maksudnya , kemungkinan air yang ada di dalam tubuh anda adalah air yg berasal dari tubuh orang lain , kenapa bisa / ya karena tubuh kita membuang air seni 


3 . Jangka waktu siklus perpindahan molekul air: 
Dalam waktu 100 tahun, sebuah molekul air menghabiskan 98 tahun di laut, 20 bulan seperti es, sekitar 2 minggu di danau dan sungai, dan kurang dari seminggu di atmosfer


4 . bentuk substansi air: 
Air adalah satu-satunya substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam tiga bentuk: cair, gas, padat


5 . Komposisi Air di Bumi: 
80% air bumi adalah air permukaan. 20% lainnya adalah air tanah atau uap air atmosfer. Dari semua air di bumi, hanya 2,5% air tawar. Lebih dari 90% dari pasokanair tawar dunia terletak di Antartika


6 . Volume Air Bumi: 
Jumlah total air di bumi memiliki volume sekitar 344 juta kilometer kubik. 315 juta kilometer kubik air laut


7 . Letak dan Posisi Air Bumi: 

9 juta mil kubik air tanah ada di dalam akuifer


7 juta mil kubik air beku dalam es di kutub


53.000 kilometer kubik air melewati danau dan sungai


4.000 kilometer kubik air adalah kelembaban atmosfer


3.400 kilometer kubik air terkunci di dalam tubuh makhluk hidup


8 . Komposisi Air Dalam Tubuh Manusia: 

Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter
Otak manusia adalah air 75%
Tulang manusia adalah 25% air
Darah manusia adalah air 83%




9 . Penguapan Air: 
Setiap hari matahari menguapkan satu triliun ton air dari muka bumi . Pohon tunggal akan mengeluarkan 265 liter (70 galon) air per hari di penguapan. Satu acre jagung akan mengeluarkan 15.000 liter (4.000 galon) air per hari di penguapan


10 . Bahaya Minum Air Terlalu Banyak: 
Minum terlalu banyak , akan cepat menyebabkan keracunan air. Keracunan air terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam aliran darah dan menyebabkan ketidakseimbangan air di otak. Keracunan Air kemungkinan besar terjadi selama periode kinerja atletik intens



11 . Skala Konsumsi Air Manusia Perhari: 
Jumlah yang disarankan harian air delapan gelas per hari, tidak semua air ini harus dikonsumsi dalam bentuk cair. Hampir setiap produk makanan atau minuman memberikan air untuk tubuh

Ruang Kelas dari Pesawat

sumber: http://berani.co.id/news.asp?id=9&NewsID=1003645

http://regional.kompas.com/read/2012/06/07/13325638/Pesawat.HS.748.Disulap.Jadi.Ruang.Kelas.


Batu – Betapa gembiranya para siswa TK Al Falah, di Kota Batu, Jawa Timur. Mereka memiliki ruang kelas yang terbuat dari pesawat bekas komersil jenis HS 748 buatan Inggris. Ruang kelas unik itu baru saja diresmikan hari ini, Kamis (7/6).

Ya, Lembaga Pendidikan Al Falah menyulap pesawat Hawker Siddeley (HS) 748 buatan Inggris, menjadi ruang kelas untuk siswa TK dan Play Grup. Hal itu dilakukan demi menunjang semangat belajar anak-anak usia dini tersebut.

Pesawat HS 748 merupakan eks maskapai Buoraq yang dipakai anak perusahaannya Abadi Air. Setelah masa operasinya di Indonesia habis pada 2004 lalu, pesawat dilelang dan dibeli oleh H. Zainul Arifin, seorang pengusaha bidang perbaikan pesawat di Juanda, Surabaya. Pesawat itu lalu dibawa ke Kota Batu untuk dijadikan kelas bagi siswa TK di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

 


Menurut Zainul, kondisi pesawat masih utuh dan 90 persen masih seperti aslinya. Kapasitasnya bisa menampung 58 siswa. “Siapapun bisa masuk dan sekolah di sini. Nanti akan diajari doa-doa setiap hari. Kita akan ciptakan siswa lebih agamis. Apalagi untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu," katanya. Di dalam ruang kelas itu juga disediakan video pembelajaran untuk siswa dan ruang perpustakaan.

Zainul mengatakan, pesawat ini dibeli pada pertengahan Desember 2011 lalu. Membutuhkan waktu sekitar dua bulan, untuk mengubah ruang pesawat menjadi kelas. "Kalau siswa lain ingin studi banding ke sini, hanya dikenai biaya kebersihan sebesar Rp5.000. Ke depan bisa dikembangkan menjadi lokasi outbond juga," jelasnya. (ITA/Foto: Antara)


Pesawat HS 748 Disulap Jadi Ruang Kelas


BATU, KOMPAScom - Lembaga Pendidikan Al Falah di Kota Batu, Jawa Timur, menyulap pesawat Hawker Siddeley (HS) 748 buatan Inggris, menjadi ruang kelas untuk siswa Taman Kanak-Kanak (TK) dan Play Grup (PG). Hal ini dilakukan demi menunjang semangat belajar anak-anak usia dini tersebut. 

Pesawat HS 748, yang diberi nama Abadi Air tersebut, adalah eks maskapai Buoraq yang dipakai anak perusahaannya Abadi Air. Setelah masa operasinya di Indonesia habis pada 2004 lalu, pesawat dilelang dan dibeli oleh H Zainul Arifin, seorang pengusaha bidang perbaikan pesawat di Juanda, Surabaya. 

Setelah sekian lama, pesawat tersebut dibawa ke Kota Batu menjadi kelas untuk siswa TK yang berlokasi di Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. "Soal berapa harganya kurang etis saya sebutkan. Yang penting ini untuk kepentingan generasi muda ke depan, agar memiliki cita-cita tinggi dan berguna bagi agama dan bangsa," kata H Zainul Arifin, yang juga menjadi Ketua Yayasan Al Falah, ditemui menjelang acara persemian ruang kelas TK Al Falah tersebut, Kamis (7/6/2012). 

Menurut Zainul, pesawat tersebut bukan untuk bermewah-mewahan. "Setelah diresmikan, siapapun bisa masuk dan sekolah di sini. Nanti akan diajari doa-doa setiap hari. Kita akan ciptakan siswa lebih agamis. Apalagi untuk anak-anak dari keluarga miskin," katanya. "Pesawat masih utuh. Sebanyak 90 persen seperti aslinya. Kapasitasnya bisa menampung 58 siswa," katanya lagi. 

Di dalam ruang kelas ini juga disediakan video pembelajaran untuk siswa dan ruang perpustakaan. "Pesawatnya masih aktif. Pembelajarannya memang dibuat unik. Sekolah ini bisa dinikmati kaum muslim dan non muslim. Tapi khusus hari Jumat untuk siswa kita," katanya. 

Zainul mengatakan, pesawat ini dibeli pada pertengahan Desember 2011 lalu. Membutuhkan waktu sekitar dua bulan, untuk mengubah ruang pesawat menjadi kelas. "Kalau siswa lain, ingin studi banding ke sini, hanya dikenai biaya kebersihan sebesar Rp 5.000. Ke depan bisa dikembangkan menjadi lokasi outbond. Tapi masih mempertimbangkan lahan kalau cukup," kata Zainul. 

Di dalam pesawat terlihat semua fasilitas masih utuh, tak ada fasilitas yang diganti. Mulai dari tempat duduk hingga fasilitas lain seperti penyejuk udara masih berfungsi.

Dreadout, Game Hantu Buatan Anak Bandung

sumber: http://tekno.kompas.com/read/2012/06/09/0403173/Dreadout.Game.Hantu.Buatan.Anak.Bandung


Dreadout adalah sebuah game ber-genre survival horror yang tengah dikembangkan oleh studio Digital Happiness yang beralamat di daerah Cigadung, Kota Bandung. 

Bila nanti rampung, pemain bakal merasakan pengalaman bermain game horor dengan setting yang sangat Indonesia.

Permainan ini menempatkan pemain sebagai Linda, siswi SMA anggota klub fotografi yang bepergian bersama teman-teman satu klub untuk mendatangi sebuah kota yang sudah lama ditinggalkan. 

Di sana, keanehan pun terjadi seperti satu persatu temannya menghilang tanpa jejak, menyisakan Linda seorang diri. Linda ternyata memiliki kemampuan paranormal untuk melihat penampakan makhluk halus melalui media kamera yang dipegangnya.

"Plotnya memang terdengar klise, tapi kami menyiapkan beberapa twist pada ceritanya," ujar Pendiri Digital Happiness, Rachmad Imron, saat ditemui di Bandung, Jumat (8/6).

Secara sepintas, permainan ini memang menggabungkan beberapa elemen dari game survival horror yang sudah ada di pasaran, seperti Silent Hill dengan setting kota yang ditinggalkan maupun Fatal Frame dengan penggunaan kamera sebagai alat untuk melihat hantu. 

Dari grafis memang tidak bisa dibandingkan dua judul sebelumnya yang digarap oleh studio besar seperti Konami maupun Tecmo, Dreadout menggunakan engine grafis Unity 3D dan masih terlihat berkotak-kotak.

Namun, konten yang cukup menjanjikan adalah isi gamenya. Tokoh protagonis digambarkan dengan pelajar SMA menggunakan baju putih abu-abu dan berlarian di gedung tua bergaya Belanda yang masih bisa ditemukan di beberapa tempat di Indonesia, cukup membuat suasana mencekam saat dimainkan.

Yang lebih khusus lagi adalah hantu-hantu yang ditampilkan sepanjang permainan. Terdapat pocongkk yang baru terlihat bila kita membidik dengan kamera. 

Menurut Imron, contoh game yang sedang diperagakan adalah menunjukkan gameplay-nya, sehingga hantu-hantu tersebut belum bisa diapa-apakan.

"Kami sudah menyiapkan beberapa jenis hantu dari Indonesia untuk ditampilkan dalam permainan ini," kata Imron.

Digital Happiness adalah satu dari 18 perusahaan rintisan atau startup yang menjadi peserta inkubasi Telkom di Bandung Digital Valley. Di sana, mereka bakal mendapatkan pendampingan teknis maupun manajerial selama enam bulan agar produknya lebih siap dijual.

Imron mengatakan, Dreadout direncanakan rampung enam bulan ke depan. Selain versi PC, pihaknya juga menyiapkan versi mobile dengan gameplay yang berbeda. 

Pendiri Grup Salim, Sudono Salim, Wafat

sumber: TEMPO.CO


Pendiri Grup Salim, Sudono Salim, Wafat  

Jakarta - Pengusaha nasional, Sudono Salim atau Liem Sioe Liong, meninggal, Ahad, 10 Juni 2012. Pendiri Grup Salim itu mengembuskan napas terakhirnya di Singapura.

Philip S. Purnama, mantan Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, membenarkan wafatnya Sudono pada hari ini. "Betul, di Singapura. Saya baru saja dapat kabar," ujar Philip ketika dihubungi Tempo, Ahad, 10 Juni 2012.

Sudono atau sering disapa Om Liem itu wafat pada usia 95 tahun. Beliau lahir di Tiongkok, 16 Juli 1916. Meski belum diketahui apa penyebab kematiannya, Sudono dikabarkan meninggal karena sakit.

Sementara itu, Franciscus Welirang, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk, mengatakan kabar wafatnya Sudono sudah diterimanya sejak pukul 14.57 WIB. "Tetapi saya belum berani confirm karena saya masih di Bali," ujar Franciscus.

Presiden Direktur Indomobil Sukses International, Jusak Kertowidjojo, juga telah menerima informasi meninggalnya Om Liem beberapa jam lalu. "Saya dengarnya begitu. Tetapi saya tidak tahu secara detil," katanya.

Mengembalikan Wajah Bopeng Karena Jerawat Kembali Mulus

sumber: TRIBUNNEWS.COM


Memiliki wajah bopeng (berlubang) yang disebabkan jerawat dan penyakit kulit, tentu cukup mengganggu aktivitas keseharian. Apalagi bagi kaum perempuan, persoalan ini terkadang mengurangi rasa percaya diri. Apalagi belakangan ini tidak sedikit dari mereka, mengalami permasalahan kulit ini. Banyak faktor yang mendorong terciptanya kondisi ini, misalnya penggunaan masker atau make - up yang tidak cocok dengan kulit, jerawat yang ditangani tidak baik, flek - flek, pada kulit dan banyak faktor lainnya. Oleh sebab itu, perlu penanganan seksama ketika menghadapi sejumlah persoalan tersebut. Salah satu solusi yang bisa diambil, adalah dengan melakukan Dermaroller Skin Therapy yang ditawarkan salah satunya oleh Sumia Aesthetic Clinic Lampung. Dengan menggunakan peralatan canggih, produk aman dan pengawasan dokter, Klinik kecantikan ini berusaha mengatasi permasalahan kulit wajah anda. "Pada dasarnya perawatan Dermaroller Skin Therapy, berfungsi untuk mengatasi bopeng bekas jerawat (Acne Scars) pada wajah, mengencangkan kulit, menghilangkan kerut dan flek hitam. Selain juga, memberikan kenyamanan, kehalusan dan menjaga kecerahan kulit wajah," kata dr Rininta Wulandari Dokter Kecantikan Sumia Aesthetic Clinic. Secara teknis, tambah cewek berjilbab ini, terapi Dermaroller menggunakan jarum mikro (micro needle) khusus dengan ukuran 0,2 - 3 mm. Besaran jarum ini, disesuaikan dengan kebutuhan dari permasalahan kulit pasien. Sedangkan untuk langkah terapi, sebelumnya dilakukan facial pada umumnya dan proses dermaroller dengan menggunakan serum khusus.