بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 10/16/12
Go Green

Clock Link

Tuesday, October 16, 2012

Rieke Rokok Kretek seperti Batik dan Tempe

sumber: TRIBUNNEWS.COM


SURABAYA - Regulasi tentang industri rokok, cukai dan harga bahan baku yang melonjak menjadi faktor yang mengantar industri rokok kecil gulung tikar. Belum lagi regulasi global tentang tembakau yang bisa menghilangkan rokok khas Indonesia, rokok kretek, turut membenamkan industri rokok dan petani dalam titik merugi.

Kondisi ini mendorong kelompok yang terdiri dari pelaku indutri rokok, petani tembakau dan pelaku budaya mencoba menghadang Framework Convention on Tobacco Control (FCTC).

Anggota DPR RI, Rieke Dyah Pitaloka, sebagai salah satu tokoh yang getol mengumandangkan perlawanan pada aturan dunia tentang pembatasan tembakau berharap pemerintah dan masyarakat turut mendukung keberadaan rokok kretek.

“Rokok kretek sama seperti batik atau tempe, rokok kretek hanya ada di kamus bahsa Indonesia, kalau ini coba dihilangkan oleh negara di dunia kita harusnya melawan,” ujar pemeran tokoh Oneng itu dalam seminar Membedah FCTC, “Membela Kretek, Membela Indonesia”, di hotel Santika Pandegiling, (15/10/2012).

Selain latar budaya khas kata Rieke, rokok kretek menjadi sumber ekonomi bagi industri, masyarakat dan petani tembakau.

Sekjen Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (GAPPRI), Hasan Aoni Aziz Us mengatakan, saat ini regulasi yang ada seolah telah diatur sedimkian rupa untuk menciptakan persaingan pasar rokok yang tidak berimbang. Industri rokok lokal banyak dirugikan dengan regulasi yang menghimpit mereka.

"Cukai rokok yang tinggi, harga jual eceran (HJE) yang tidak pernah naik sejak empat tahun lalu membuat beban penjualan rokok tinggi dan profit menurun. Kami melihat ini sebagai upaya penghilangan indutri rokok nasional,” tegas Hasan.

Politikus asal PDIP ini mengatakan, bahwa tahun 2007 tercatat ada sekitar 5.000 an industri rokok yang aktif berproduksi secara nasional. Tapi saat ini jumlah industri rokok lokal turun drastis menjadi 800 an industri. Dari jumlah itu mayoritas berada di Jawa, khususnya Jatim. Di sisi lain, banyak perusahaan asing yang membeli saham perusahaan rokok besar di Indonesia.

Sekretaris Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Surabaya, Henry Najoan menambahkan kondisi industri rokok kretek kecil di Jatim dan Surabaya saat ini semakin terjepit dengan melambungnya harga cengkeh.

“Harga cengkeh yang biasanya Rp 60 jadi Rp 200 per kg, penyebabnya panen yang jelek karena cuaca,” ujar Hasan di sela acara Seminar. Ia berharap, ada sinergi antara pusat perindustrian dan perdagangan untuk melindungi industri rokok lokal.

Feses Teri Berperan Penting Dalam Melawan Perubahan Iklim

sumber: http://sains.kompas.com/read/2012/10/14/14254359/Feses.Teri.Melawan.Perubahan.Iklim


NEW JERSEY, KOMPAS.com - Ikan teri memang berukuran kecil. Namun, studi membuktikan bahwa ikan ini turut berperan melawan perubahan iklim. Fese ikan teri membantu menyimpan karbon.

Grace Saba dari Rutgers University di New Jersey dan Deborah Steinberg dari Virginia Institute of Marine Science, berdasarkan studinya menuturkan, teri memakan ganggang. Feses sisa pencernaan mendendap dengan cepat di lautan dan membawa karbon.

"Pelet feses dari permukaan bisa bergerak mengendap ke bawah dengan kecepatan hingga 1600 kaki (487 meter) dalam waktu kurang dari sehari selama studi," kata Saba.

Berdasarkan studi, seperti diberitakan Discovery, Jumat (12/10/2012), setiap feses menyimpan karbon hingga 22 mikrogram.

"Dua puluh mikrogram mungkin tak terlihat banyak. Tapi jika Anda mengalikannya dengan jumlah ikan dan feses yang mungkin ada di wilayah kaya nutrisi, jumlahnya akan cukup besar," papar Steinberg. 

Dan memang, sebanyak 251 miligram feses per meter persegi mengendap setiap harinya.

"Penemuan kami menunjukkan bahwa dalam kondisi tertentu,feses ikan dapat mengirim material dari permukaan ke kedalaman, dan melakukannya dengan cepat," ungkap Saba. 

Ikan teri bukan satu-satunya jenis ikan yang membantu melawan perubahan iklim. Dalam spektrum ukuran yang berbeda, paus sperma juga melakukannya. 

Kotoran paus memberi makan flora mikro di permukaan, fitoplankton. Fitoplankton yang mati akan mengendap ke dasar lautan membawa serta karbon dioksida yang diserapnya. Jumlah karbon diokdida yang diserap lewat proses ini bisa mencapai 2 juta ton per tahun. 

Diketahui, konsentrasi karbon dioksida yang meningkat di atmosfer berpengaruh pada perubahan iklim. Dengan banyaknya karbon dioksida yang diserap, perubahan iklim bisa dilawan.

Ternyata Bumi kita tercinta ini mempunyai cara sendiri untuk memulihkan kerusakan yang disebabkan oleh manusia, kecuali jika manusia sudah berbuat kerusakan yang melampaui batas

Sejarah Terbentuk nya Negara Jerman Dan perang 7 minggu


Latar Belankang
Jerman yang kita kenal saat ini awalnya bukan lah negara jerman di awal tahun 1800 masehi jerman tebagi bagi jadi negara2 kecil Ada sekitar 17 negara jerman

Negara2 jerman: 

Prussia
Austrian Empire
Saxony
Bavaria
Baden
Württemberg
Hanover
Flagge Großherzogtum Hessen ohne Wappen.svg Hesse-Darmstadt
Hesse Hesse-Kassel
Flagge Fürstentum Reuß ältere Linie.svg Reuss Elder Line
Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1826-1911).svg Saxe-Meiningen
Flagge Fürstentum Schaumburg-Lippe.svg Schaumburg-Lippe
Flag of Herzogtum Nassau.png Nassau
Flagge der Freien Stadt Frankfurt.png Free City of Frankfurt

Flagge Großherzogtümer Mecklenburg.svg Mecklenburg-Schwerin
Flagge Großherzogtümer Mecklenburg.svg Mecklenburg-Strelitz
Flag of Oldenburg.svg Oldenburg
Flagge Herzogtum Anhalt.svg Anhalt
Brunswick
Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1826-1911).svg Saxe-Altenburg
Flagge Herzogtum Sachsen-Coburg-Gotha (1911-1920).svg Saxe-Coburg and Gotha
Flagge Fürstentum Lippe.svg Lippe
Flagge Fürstentümer Schwarzburg.svg Schwarzburg
Flag of Germany.svg Waldeck
Flag of Bremen (middle arms).svg Bremen
Flag of Hamburg.svg Hamburg
Flag of the Free City of Lübeck.svg Lübeck

Dan diantara banyaknya negara2 tersebut muncul 2 Kekuatan besar Yakni Austria Dengan Ibukota Wina Dan Prussia Dengan ibukota Berlin Kedua negara itu saling menanam kan pengaruh ke negara2 jerman lain yang lebih kecil dan kedua nya memiliki cita2 yang sama yaitu mendirikan negara Jerman yang bersatu dibawah kekuasaan mereka


Prussia: 

Prussia sejatinya adalah penerus resmi kerajaan Romawi karna ketika Romawi diambang keruntuhan karna serbuan bangsa Hun orang2 jerman datang ke tanah romawi dan meneruskan kembali Romawi itu setelah mengalahkan bangsa hun, Orang2 eropa menyebutnya romawi jerman. Cita2 prussia hanya satu yaitu mendirikan negara jerman yang bersatu


 austria: 


Austria merupakan Bagian dari Romawi jerman dulunya. Dengan nama provinsi Osterrich Yang berarti Negri timur, Namun setelah dikuasaui dinasty Habsburg Austria berhasil mendirikan kerajaan yang mandiri dan terlepas dari kekuasaan Tahta Romawi Suci. Beda dengan Prussia Austria Bukan hanya ingin Mendirikan Negara jerman yang bersatu Tapi juga ingin Menguasai Seluruh Balkan Termasuk Bangsa2 yang nen jerman lain nya


Perang 7 Minggu 

Orang2 eropa menyebut ini Perang Jerman. Kedua negara jerman tersebut awalny Bersaing hanya di bidang industri namun lama keamaan bersaing di militer dan akhirnya berujung pada persaingan menanamkan pengaruh ke negara2 jerman yang lain. Dalam persaingan itu Austria boleh dibilang paling unggul karna lebih banyak memiliki aliansi bahkan dengan negara2 jerman yang besar seperti Bavaria, Hannover & Nassau Selain itu mereka juga memiliki kekuasaan dari negara2 yang non jerman seperti Hongaria, Cekoslowakia, Bosnia, & Kroasia. Sedangkan Prussia hanya mengandalkan negara2 jerman yang relatif lemah dan juga sekutu nya italy yang saat itu baru menjadi sebuah negara . Namun karna merupakan warian resmi Tahta Suci Romawi Prussia Lebih Unggul dalam bidang militer. Karna Memiliki Banyak sekutu jerman Austria langsung membentuk Konfederasi Jerman Dan bukan hanya itu Austria juga ingin mengambil alih sekutu2 jerman prussia .
Prussia pun tak bisa tinggal diam Otto Von Bissmark kanselir prussia pada saat itu memerintahkan angkatan darat nya pada saat itu untuk bersiaga menghadapi pasukan Austria dan sekutu jerman nya,

Spoiler for otto von Bissmarck: 
Italy Juga punya masalah dgn austria Yakni Vennesia wilayah yang Berbahasa Italy dicaploknya maka segera saat itu Italy puny segera melancarkan perang dengan Austria 
Jalan nya perang 


Jalan nya perang: 


Perang berakhir Dengan Kemenangan Prussia Dan dapat Menguasai seluruh Negara2 Jerman Kecuali Austria tentunya. Italia berhasil mengembalikan tanah Venessia ke tangan mereka, Sedangkan austria yang mengalami kekalahan Kehilangan banyak wilayah jerman, Hongaria yang pada saat itu merupakan wilayah nya memberontak. Namun dengan segala keahlian Diplomasi nya raja Franz Joaseph I Berhasil meredakan konflik dan mendirikan Dwi-kerajaan Austria-Hongaria


Austria-Hongaria: 


Setelah Berhasil Menguasai seluruh jerman hanya tinggal satu lagi tujuan prussia yaitu wilayahAlsace-Lorraine Wilayah Berbahasa jerman yang dikuasai perancis. Prussia pun berperang dengan perancis dalam Prusso-Franco War prancis kalah dengan memalukan bukan hanya direbutnya Alsace-Lorraine, Tapi juga Proklamasi Negara jerman di dalam Istana VersaillesIstana kebanggaan perancis yang dibangun pada masa raja Louis XIV Hal yang merupakan Tamparan keras bagi Bangsa perancis. 


Versailles: 


Demikianlah awal dari terbentuknya negara jerman yang kita kenal saat ini merupakan perjuangan yang besar dan sejarah yang panjang untuk membentuk sebuah negara yang Besar .

Para Presiden Pembasmi Korupsi di Dunia

sumber: http://memantau.blogspot.com/2012/10/5-presiden-pembasmi-korupsi-di-dunia.html


1. Felipe Calderon (Meksiko)


Ini dia presiden paling tegas memberantas korupsi di negaranya. Felipe Calderon memecat lebih dari 4.500 anggota polisi Meksiko sebab terkait rasuah, penyalahgunaan jabatan, dan kejahatan terorganisasi.
Langkah ini diambilnya sejak dua tahun lalu sampai sekarang. Namun sayang, bulan depan masa jabatannya bakal berakhir. Padahal masih banyak kasus korupsi perlu ditangani. Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International, Meksiko masih berada di peringkat seratus bersama Indonesia, Argentina, Gabon, Madagascar, Malawi, Suriname, dan lain-lain, dengan nilai 3,0.


2. Ellen Johnson Sirleaf


Ini presiden perempuan paling garang dalam memberantas korupsi. Ellen Johnson Sirleaf bahkan memecat anaknya sendiri bersama 45 pejabat negara lain sebab tidak menyerahkan daftar kekayaan pada komisi antirasuah. Mereka tidak boleh kembali menjabat bila belum memberikan deretan penghasilan diperoleh dan darimana sumbernya.
Menurut Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International Liberia ada di peringkat 91. Itu artinya, penanganan korupsi di negara ini masih lebih baik ketimbang Indonesia.


3. Ollanta Humala (Peru)


Baru menjabat tahun lalu, Presiden Peru Ollanta Humala langsung membuat hantaman besar di lembaga kepolisian. Dia memecat 30 dari 45 jenderal polisi, termasuk Kepala Kepolisian Raul Bacerra. Bacerra digantikan Jenderal Raul Salazar. Berdua saling membahu memberhentikan sepihak mereka mencuri uang negara satu sol atau lebih. Sol merujuk pada mata uang Peru.
Berdasarkan Indeks Persepsi Korupsi versi Transparency International negara di Amerika Latin itu menduduki peringkat 80, dengan skor 3,4. 


4. Lee Myung Bak (Korea Selatan)


Tahun lalu, Presiden Korea Selatan Lee Myung Bak memerintahkan kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri, Lee Sang Deuk, duduk menjadi anggota parlemen Negeri Ginseng itu.
Deuk dituduh menerima suap Rp 4,9 miliar dari direktur dua bank bermasalah. Uang itu diterima Deuk kurun waktu 2007-2011 sebagai imbalan sebab dia membantu para pimpinan bank itu menghindar dari audit bank sentral negara itu.
Kejadian menimpa kakak Myung Bak, membuat presiden itu berkali-kali memohon ampunan rakyat Korea Selatan lewat media. Hingga kini kasus Deuk masih dalam penyelidikan.


5. Benigno Aquino III (Filipina)


Presiden Filipina Benigno Aquino III dan jajarannya ada di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memerintahkan penahanan Mantan Presiden Gloria Macapagal Arroyo sebab penyalahgunaan dana lotere nasional sebesar Rp 84 miliar.
Aquino juga memecat sembilan orang pejabat di kantor lotere nasional. Jika terbukti benar, Arroyo dan kroninya bajak menjalani hukuman penjara seumur hidup tanpa ada kemungkinan bebas meski dengan jaminan.

Lawan Vietnam, Awal Penerapan Sport Science di Skuad Garuda

sumber: bola.net


Sebuah sejarah baru bakal ditorehkan Timnas Indonesia dalam laga melawan Vietnam, Selasa (16/10) malam WIB. Di lapangan pertama kalinya sport science akan diterapkan di timnas.

Dalam pertandingan itu, para punggawa Skuat Garuda, julukan timnas Indonesia, bakal menggunakan rompiGPSport. Dengan rompi ini bakal diketahui performa para punggawa timnas selama berlaga.

"Ini merupakan terobosan penggunaansport science. Hasil ini akan kita analisa bersama dengan pelatih yang kita datangkan dari Brasil, Jaino Matos," ujar Koordinator Timnas Indonesia, Bob Hippy, pada Bola.net.

"Dengan menggunakan indikator yang kita peroleh, kita bisa mengetahui secara persis mengenai performa pemain. Salah satunya endurance (ketahanan stamina)," sambung mantan punggawa Timnas Indonesia itu.

Penggunaan teknologi, yang juga digunakan tim-tim papan atas dunia macam Manchester United dan Barcelona itu, disambut gembira oleh Fabio Oliviera. Menurut Asisten Pelatih Timnas Indonesia itu, hal tersebut akan mempermudah kerja mereka untuk mengevaluasi penampilan anak asuhnya.

"Selain itu, hal ini akan memudahkan tim pelatih untuk mengetahui kondisi pemain sebelum mengumumkan siapa saja 23 pemain yang akan berangkat ke AFF Suzuki Cup 2012," tutur Fabio.

Di balik seragam Garuda, punggawa timnas akan mengenakan rompi khusus dariGPSport.(den/mac)

Mengecilkan Payudara Tanpa Oplas

sumber: Ghiboo.com


Payudara memang menjadi aset penting bagi wanita. Namun, jika terlalu besar malah menjadi agak mengganggu.

Payudara yang terlalu besar dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Yuk, kurangi lemak di payudara agar lebih sehat dan cantik.

Berikut ini beberapa langkah mengurangi lemak di daerah payudara Anda tanpa harus melakukan operasi plastik, dilansir melalui Boldsky (16/10).

Turunkan berat badan. Lemak tubuh berlebihan malah membuat Anda terlihat lebih 'bulet'. Lakukan program penurunan berat badan dengan pemilihan makanan yang tepat.

Makanan berlemak dan gorengan berperan dalam menambah beberapa kilogram berat badan Anda. Ubah kebiasaan dengan mengonsumsi buah-buahan dan makanan pembakar lemak, seperti bawang putih, cabai, lemon dan beri.

Olahraga. Sulit bila Anda menginginkan bentuk payudara proporsional tapi malas melakukan olahraga. Coba rajin melakukan aktivitas fisik untuk menurunkan berat badan. Fokuskan latihan kardio pada tubuh bagian atas, seperti bahu, dada dan perut.

Untuk mengurangi lemak payudara, rutinkan melakukanpush-up, pull-updanback-up untuk mengencangkan sekaligus membentuk payudara dan mengurangi timbunan lemak.

Pilih bra yang tepat. Untuk mengurangi lemak payudara dan membentuk payudara, gunakan bra yang tidak terlalu ketat atau longgar.

Robi Mengaku Dipukul Saat Meliput Pesawat Jatuh

sumber: TRIBUNNEWS.COM

Pesawat Sempat Meledak di Udara

PEKANBARU - Meliput pesawat 200 Hawk TNI AU yang jatuh di sekitar Gang Amal, Perumahan Pandau Permai, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau membuat seorang jurnalis lokal Riau Fahri Rubianto mendapat penganiayaan yang diduga dari pihak TNI AU yang berada di lokasi.

"Saya dipukuli tadi. Dari POM AURI yang pakaian olahraga," kata Robi, panggilan akrabnya yang dihubungi lewat telepon, Selasa (16/10/2012).

Saat dihubungi Robi pun mengatakan sedang menuju rumah sakit Kartini, Pekanbaru untuk pemeriksaan. "Ini lagi menuju ke rumah sakit Kartini," ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, pihak TNI AU yang ada di Pekanbaru belum bisa dikonfirmasi terkait dengan penganiayaan terhadap jurnalis ini. (pis)

Festival Olahraga Gay Digelar di Nepal

sumber: TEMPO.CO

Festival Olahraga Gay Digelar di Nepal

Kathmandu - Mengenakan pakaian merah muda, biru dan kuning, lebih dari 250 atlet lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) ambil bagian dalam festival olahraga di ibukota Nepal, Kathmandu, akhir pekan lalu.

Sekitar 1.500 penonton, sembari melambaikan bendera berwarna pelangi, berbaris di Stadion Dasharath untuk upacara pembukaan fsetival yang berlangsung tiga hari tersebut. Para atlet didampingi penari bertopeng dan Panche baja -- musisi yang memainkan instrumen tradisional Nepal.

"Setelah mengikuti turnamen ini, kepercayaan diri saya meningkat," kata Bakti Shah, 29 tahun, yang ikut ambil bagian pada nomor sepak bola dan atletik.

Tampak hadir juara loncat indah Olimpiade asal Amerika Greg Louganis. Mengenakan topi khas Nepal dan syal berwarna krim ia membuka pertandingan sepak bola.

"Awalnya saya agak khawatir apakah kita akan mampu menggelar event ini," kata aktivis Sunil Babu Pant, pendiri Society Blue Diamond. "Kami membuktikan kami bisa melakukannya."

Homoseksualitas masih menjadi hal yang tabu di Nepal. Mereka yang dianggap memiliki "seks yang tidak wajar" menghadapi ancaman hukuman satu tahun penjara. Bahkan sekitar enam tahun yang lalu, pelaku homoseksual yang tertangkap dipukuli di jalan-jalan Kathmandu.

Perubahan terjadi pada 2007, ketika Mahkamah Agung Nepal memerintahkan pemerintah untuk mencabut undang-undang yang mendiskriminasikan kaum gay. Sejak saat itu, kontes kecantikan gay kerap dilangsungkan. Parade kaum gay juga diselenggarakan di beberapa kota besar, termasuk Kathmandu.

Lompatan Keyakinan: Bagaimana Skydive dari Ketinggian 36,6 km Bisa Mematikan



Setelah ditunda dua kali karena faktor cuaca, skydiver dari Austria Felix Baumgartner melakukan lompatan pemecah rekor, 36,6 km di atas atmosfer menggunakan kapsul yang ditarik oleh balon helium. Kemudian, hanya dengan pakaian bertekanan udara dan parasut, Baumgartner melompat keluar dari kapsul dan jatuh ke Bumi, menembus kecepatan suara. 


Apa risiko bahaya yang bisa ia alami?


Ternyata ada beberapa -- meski Baumgartner dan timnya yang disponsori Red Bull mengatakan telah mempertimbangkan dan mengantisipasi risikonya. Berikut adalah lima bahaya yang mungkin dapat terjadi pada Baumgartner saat ia melakukan lompatan pemecah rekornya itu.

1. Putaran Datar

Masalahnya: Dalam tekanan udara rendah, skydiver di ketinggian berisiko mengalami sesuatu yang disebut "flat spin." Dalam posisi ini, tubuh akan berputar-putar secara horizontal, bayangkan saja piringan hitam berputar. Putaran datar yang tak terkontrol bisa membuat Baumgartner tak sadar, darahnya naik dengan cepat, termasuk ke kepala. Di sana, darah bisa menggenang di matanya, menyebabkan kebutaan sementara. Yang lebih parah lagi, kekuatan putaran dan cepatnya darah naik ke kapala bisa menyebabkan pendarahan otak yang parah dan penggumpalan, yang bisa menjadi fatal.

Pencegahan: Jika putaran Baumgartner tak terkendali, maka parasut khusus dengan bentuk memanjang akan digunakan untuk menstabilkan kecepatan turun tubuhnya.


2. Darah Mendidih

Masalahnya: Di tepian luar angkasa, tempat Baumgartner melompat, tekanan udaranya kurang dari 1 persen jika dibandingkan dengan di permukaan Bumi. Di atas 19,2 km, tekanan udara yang berkurang bisa menyebabkan gelembung udara terbentuk di darah, kondisi yang sering disebut dengan 'darah mendidih'. Gelembung ini bisa menghentikan darah mengalir ke arteri utama sehingga berpotensi fatal, kemudian dekompresi tiba-tiba dapat mengembangkan kemudian menghancurkan paru-paru. Perubahan tekanan yang tiba-tiba juga dapat menyebabkan tubuh membengkak dalam beberapa detik, seperti yang terjadi pada 1960 saat Kapten Joseph W. Kittinger Jr. melompat dari ketinggian 31,1 km. Saat sarung tangan Kittinger gagal menyesuaikan tekanan, tangannya membengkak sampai dua kali ukuran normal saat turun.

Pencegahannya: Pakaian khusus yang dipakai Baumgartner dan helmnya sengaja dirancang untuk melindungi seorang skydiver saat turun. Timnya memiliki protokol darurat medis untuk mengantisipasi jika Baumgartner tiba di Bumi dengan mengalami krisis.


3. Membeku

Masalahnya: Atmosfer tempat Baumgartner melompat adalah tempat yang sangat dingin. Tim Red Bull Stratos memperkirakan Baumgartner bahwa Baumgartner akan melangkah keluar dari kapsulnya dari suhu -23 derajat Celsius. Saat turun, Baumgartner akan merasakan suhu -56 derajat Celsius atau malah lebih rendah lagi. Dengan udara sedingin itu, tubuh Baumgartner tak lagi bisa mempertahankan suhu rata-rata 37 derajat Celsius. Saat suhu tubuh turun dari 28 derajat Celsius, orang bisa pingsan. Bahkan bisa saja berdampak pada kematian saat tubuh suhunya lebih rendah dari 21 derajat Celsius.

Pencegahannya: Pakaian Baumgartner harus bisa melindungi dia dari suhu -68 derajat Celsius.


4. Kejutan gelombang

Masalahnya: Seiring dengan tubuh Baumgartner mendekati kecepatan suara, ia akan berhadapan dengan kekuatan alam yang serius. Interaksi kejut akan terjadi saat gelombang sonic di udara bertubrukan, dalam hal ini pada stratosfer yang dilalui Baumgartner. Kekuatan seperti itu dapat menghambat Baumgartner dan kemungkinan membahayakan dia dan pakaian khusus yang ia kenakan. "(Baumgartner) akan bertubrukan dengan gas dengan cepatnya sampai-sampai tak bisa mengalir keluar karena tak 'mendeteksi' kedatangannya," kata ahli fisika Louis Bloomfield dari University of Virginia pada Life's Little Mysteries, salah satu situs LiveScience.

Pencegahannya: Menurut tim Red Bull Stratos, udara yang sedikit adalah keuntungan buat Baumgartner. Gelombang kejut tak akan sekuat saat udaranya padat.


5. Jatuh Menubruk Bumi

Masalahnya: Jatuh ke Bumi tanpa melambat dari ketinggian 30an km adalah ide buruk.

Pencegahannya: Jika Baumgartner tak sadar saat aksi skydive-nya, parasut daruratnya akan terbuka secara otomatis. Sayangnya, belum tentu ia akan lepas dari bahaya, karena mungkin saja ia kehilangan kendali saat pendaratan atau menyesuaikan kecepatan pada momen-momen terakhir kejatuhannya. Kembalinya ia ke Bumi bisa menjadi sangat sulit.

Mata Biru Raksasa di Pantai Kemungkinan Berasal dari Ikan Pedang



Petugas satwa liar di Florida sedang memeriksa asal mata biru berukuran bola softball yang terdampar di Pantai Pompano pekan lalu. Meski hasil tes belum keluar, beberapa peneliti sudah berspekulasi bahwa mata misterius ini adalah milik ikan pedang atau todak raksasa.

Meski ada yang menyatakan bahwa mata ini berasal dari cumi-cumi laut dalam, namun para ahli yang dihubungi oleh LiveScience cenderung berpikir bahwa ikan pedang adalah pemilik bola mata ini.


Ilmuwan kelautan Heather Bracken-Grisson dari Florida International University di Miami mengatakan pada LiveScience bahwa bentuk lensa serta pupil mata tersebut sama seperti milik cumi-cumi raksasa.

"Bola mata cumi-cumi memang mudah lepas saat terpotong," kata Bracken-Grissom lewat email, meski begitu ia menambahkan bahwa "sangat jarang terjadi bola mata cumi-cumi terdampar di pantai Florida."

Pakar yang lain lebih cenderung memilih ikan sebagai penjelasan.

"Saya tak pernah melihat cumi-cumi dengan mata biru, tapi saya bukan ahlinya," kata Trevor Wardill, salah satu peneliti di Laboratorium Biologi Laut di Woods Hole, Mass. "Tebakan saya adalah vertebrata, karena irisnya tak sepenuhnya terbuka, tapi masih tetap sangat bulat."

Sementara cumi-cumi memiliki iris yang berbentuk "w" saat tak sepenuhnya terbuka, kata Wardill pada LiveScience.

Eric Warrant, ilmuwan penglihatan di University of Lund di Swedia yang sudah bekerja secara ekstensif dengan ikan pedang, mengatakan bahwa apabila mata tersebut asli, sudah pasti berasal dari ikan pedang. Namun tak menjawab pertanyaan utama: Bagaimana bisa satu bola mata ikan pedang terdampar di pantai Florida?


"Tak biasanya Anda menemukan mata hewan tiba-tiba mengambang," kata ahli biologi Sönke Johnsen dari Duke University. Johnsen hati-hati menyimpulkan berdasarkan bukti foto tersebut, namun ia mengatakan, "Saya cukup yakin ini adalah mata ikan pedang besar atau ikan marlin."

"Mereka benar-benar bisa sangat besar, tapi orang-orang tidak menyadari mata mereka karena sebagian besar ada di dalam kepala," katanya lewat email pada LiveScience. (Mata cumi-cumi juga bisa menjadi sangat besar, para ilmuwan menemukan cumi-cumi raksasa dengan mata sebesar bola baseball, ini adalah cara mereka melihat predator seperti paus sperma di rumah mereka yang redup di bawah laut.)

Komisi Konservasi Ikan dan Satwa Liar Florida menyebar foto mata besar tersebut pada Kamis (11 Oktober) setelah ditemukan seorang pria di Pantai Pompano.

"Staf kami di South Florida menemukannya dan menaruhnya di es. Mata ini akan dikirim untuk diidentifikasi," kata Komisi tersebut lewat status Facebooknya.
Sampai Jumat pagi, juru bicara komisi tersebut, Carli Segelson mengatakan pada LiveScience bahwa mereka belum mendapat informasi baru soal mata itu.

Manfaat Madu untuk Menurunkan Berat Badan

sumber: yahoo.com


Diet memiliki peran penting dalam usaha menurunkan berat badan. Apa pun yang Anda makan merupakan sumber kalori dan bisa diubah menjadi lemak jika tidak dimakan dengan cara tak terkendali. Berbagai makanan yang rendah kalori dianjurkan untuk orang-orang yang menderita obesitas dan perlu untuk menurunkan berat badan. 

Dari berbagai makanan tersebut, ada pengganti untuk gula yang berkalori tinggi seperti misalnya madu. Anda bisa menemukan banyak pengganti gula, namun madu merupakan salah satu pengganti gula yang alami dan tidak diproses dalam pembuatannya. Ini merupakan pilihan yang baik jika Anda sangat peduli akan kesehatan. Madu memiliki berbagai manfaat kesehatan, selain untuk mengurangi asupan kalori. 

Jika Anda merasa tidak nyaman setelah makan dan memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mengonsumsi madu setelah makan untuk melancarkan proses pencernaan makanan dan mencegah banyak masalah pencernaan. Madu merupakan sumber karbohidrat yang sederhana. 

Jika makanan Anda kaya akan gula atau gula kompleks, maka makanan tersebut termasuk karbohidrat. Karbohidrat sederhana atau kompleks bergantung pada tumpukan dan ikatan dari molekul gula. Saat molekul gula tertumpuk, maka mereka akan membentuk karbohidrat kompleks yang akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencernanya. Karbohidrat semacam ini sering sekali ditemukan pada polong dan gandum utuh. 

Berbicara soal sumber karbohidrat kompleks, sebuah teori baru telah menemukan kaitan antara mengurangi berat badan dan madu. Satu atau dua sendok penuh madu sebelum tidur, baik dengan air hangat ataupun madu saja, dapat menyehatkan hati, mengurangi hormon stres dan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Madu juga memberikan tidur yang berkualitas sehingga dapat membantu Anda mengurangi berat badan.

Berbagai cara yang dapat Anda gunakan dalam mengonsumsi madu

Dengan air hangat: Lemak yang merupakan sumber yang sudah tidak berguna dalam tubuh Anda, tidak berguna dalam diet Anda. Pada dasarnya, tubuh Anda menyimpan lemak untuk digunakan saat sedang merasa lapar yang merupakan sebuah situasi yang jarang Anda alami. Kini, lemak adalah alasan Anda gemuk dan tidak sehat. 

Madu diketahui dapat memobilisasi lemak dan oleh karena itu dapat membantu dalam proses pembakaran untuk diubah menjadi energi. Energi ini digunakan untuk berbagai aktivitas fisik. Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu ditambah dengan air hangat dengan jumlah yang sama. Cara itu dapat membantu Anda dalam mencerna makanan sehingga dapat mengurangi berat tubuh Anda. 


Dengan lemon: Madu juga bisa dikonsumsi dengan air hangat dan jus lemon. Kebanyakan orang meminumnya di pagi hari, dan percaya bahwa hal tersebut bisa mengurangi berat badannya. 

Dengan kayu manis: Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis dengan air hangat bersama dengan madu. Campurkan satu sendok makan madu, satu sendok makan bubuk kayu manis dan secangkir air hangat yang banyaknya sesuai dan kemudian minumlah saat perut masih kosong. Banyak orang telah mengalami penurunan berat badan dengan mengonsumsi campuran tersebut secara teratur, meski belum ada penjelasan pasti. 

Madu juga memiliki manfaat kesehatan, selain untuk menurunkan berat badan. Jika Anda memilki kelebihan berat badan dan ingin menurunkannya, cobalah untuk mengurangi asupan kalori, namun pastikan bahwa Anda tidak mengurangi asupan nutrisi yang penting. 

6 Tanda Kurang Tidur

sumber: Ghiboo.com


 Tubuh tak bisa berbohong ketika membutuhkan waktu istirahat. 

Rasa ngantuk menjadi tanda paling umum. Untuk mengetahui apakah Anda cukup atau tidak cukup tidur, ternyata tubuh memberikan sinyal lho. 

Berikut ini beberapa tanda bahwa tubuh sudah merasa lelah, sehingga membutuhkan tidur, dilansir melalui Huffingtonpost (15/10). 


Lapar terus. 

Jika Anda merasa lapar sepanjang hari (bukan karena tidak sarapan atau selesai olahraga) mungkin ini menjadi sinyal tubuh kekurangan waktu istirahat. Penelitian di tahun 2010 menunjukkan bahwa kurangnya tidur berdampak pada tingginya hormon ghrelin. Hormon ini menaikkan nafsu makan dan memicu rasa lapar. Akibatnya, tubuh memelar. 


Cepat emosi. 

Sikap sensitif dan emosional juga bisa menjadi pertanda bahwa Anda tidak cukup tidur. Riset di tahun 2007 menunjukkan bahwa kurang tidur meningkatkan peningkatan aktivitas otak di bagian amygdala hingga 60 persen. Amygdala merupakan bagian otak yang bertanggung jawab terhadap rasa takut dan gelisah. 


Susah fokus. 

Kekurangan waktu tidur malam juga menyebabkan Anda susah konsentrasi dan jadi pelupa. Penelitian telah menunjukkan terlalu sedikit waktu tidur menyebabkan berbagai masalah kognitif, seperti kesulitan fokus, mudah bingung, kurang waspada, pelupa dan susah berkonsentrasi. 


Mudah terserang flu. 

Jika sering terkena flu, coba perbaiki kebiasaan tidur terlarut malam. Penelitian di tahun 2007 mengungkapkan, orang yang tidur kurang dari tujuh jam setiap malam memiliki risiko hingga tiga kali lipat terkena flu. 


Lebih ceroboh. 

Beberapa riset menunjukkan orang yang mengantuk memiliki respons motorik yang lebih lambat dan tidak akurat, sehingga refleks berkurang dan tidak bisa fokus pada satu aktivitas. 


Tidak bergairah. 

Orang yang memiliki waktu tidur kurang dari delapan jam mengalami penurunan gairah seks dan kurang tertarik untuk melakukan aktivitas seksual. Menurut peneliti, kurangnya tidur juga bisa meningkatkan kadar hormon stres kortisol. 

Gambar Kondisi Terkini Suriah, Kartunis Ditahan

sumber: TEMPO.CO

Gambar Kondisi Terkini Suriah, Kartunis  Ditahan  

Damaskus - Kartunis yang bekerja di koran milik pemerintah, Al-Fida, Akram Raslan, ditahan di Suriah. Dia dicokok aparat setelah menerbitkan gambar anekdot tentang kondisi terkini di Suriah yang mengarah pada perang saudara.

Sebelum bergabung dengan Al-Fida, Raslan bekerja di Arab News awal tahun ini. Pria berpendidikan seni di Universitas Damaskus ini lahir di Souran pada 1974. Dia juga pernah bekerja di koran Libanon dan Suriah. Raslan bergabung dengan Al-Fida beberapa bulan lalu.

Menurut salah satu rekannya yang tak mau disebutkan namanya, hingga kini tak ada kabar menyangkut keberadaan Raslan sejak dia dicokok. Ia mencemaskan keselamatan koleganya tersebut di bawah penahanan tak jelas aparat.

Mengenai gambar yang dipersoalkan, ia menyatakan tak ada yang luar biasa, karena memang kondisi itulah yang ada di negara itu. "Raslan menggambar kondisi memprihatinkan Suriah di bawah rezim yang memerintah dengan kekuatan militer dan membiarkan kekerasan," katanya.

Raslan bukan kartunis pertama yang ditahan. Tahun lalu, kartunis Ali Farazat dihadang saat pulang ke rumah dari kantornya. Ia mendapatkan serangan bertubi-tubi yang menyebabkan hampir semua jemarinya patah.

RI Sambut Perdamaian di Filipina Selatan

sumber: TEMPO.CO, Jakarta

RI Sambut Perdamaian di Filipina Selatan

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyambut baik kesepakatan damai antara pemerintah Filipina dan pemberontak muslim di wilayah selatan negara itu, MILF (Front Pembebasan Islam Moro). "Ini perkembangan yang sangat menggembirakan," kata Marty di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin malam, 15 Oktober 2012.

Marty menganggap kesepakatan damai ini bakal meredakan situasi dan kondisi di Filipina Selatan yang selama bertahun-tahun menjadi keprihatinan banyak negara lainnya. Meski Indonesia tidak secara langsung terlibat dalam perundingan, ia mengatakan Indonesia tetap turut mendukung terciptanya kesepakatan damai di Filipina Selatan.

"Misalnya dengan pengiriman tim observasi untuk proses perdamaian antara pemerintah Filipina dengan MILF," ujar Marty.

Pemerintah Filipina dan pemberontak muslim sepakat berdamai di wilayah selatan negara. Hal ini disampaikan Presiden Benigno Aquino yang menandai berakhirnya konflik 40 tahun yang telah menewaskan 100 ribu orang dan menurunkan ekonomi kawasan.

Kesepakatan damai bersama Front Pembebasan Islam Moro (MILF) ini disampaikan kepada publik, Ahad, 7 Oktober 2012, sebagai peta jalan damai untuk menciptakan wilayah otonomi baru di kawasan mayoritas muslim di negara yang sebagian besar penduduknya beragama Katolik.

Pendeta Budha Myanmar Protes Organisasi Islam OIC

sumber: TEMPO.CO, Yangon 


Ribuan pendeta Buddha melakukan unjuk rasa di dua kota besar di Myanmar, Senin, 15 Oktober 2012. Aksi mereka diniatkan untuk melawan organisasi Islam dunia, OIC, membantu muslim Rohingya.

Pendeta Budha di Myanmar memiliki kekuatan politik besar di negara yang mayoritas penduduknya beragama Budha. Unjuk rasa mereka adalah untuk menentang Organisasi Kerja Sama Islam (OIC) yang akan mendirikan kantor perwakilannya di negara bagian Rakhine. Kawasan ini merupakan tempat munculnya kekerasan Juni 2012 yang melibatkan etnis Buddha Rakhine dengan muslim Rohingya.

Hanya selang beberapa jam setelah unjuk rasa para pendeta ini bubar, kantor Kepresiden Thein Sein mengeluarkan pengumuman bahwa pemerintah tidak akan mengizinkan OIC mendirikan kantor perwakilannya di Myanmar. Alasan pemerintah tidak begitu jelas, tentang apakah pelarangan itu terkait dengan protes para pendeta atau ada rencana lain.

"Pemerintah tidak akan mengizinkan pembukaan kantor OIC karena tidak sesuai dengan keinginan rakyat," jelas pernyataan pemerintah yang diunggah melalui sebsite.

Dalam unjuk rasa tersebut ribuan pendeta berkumpul di dua kota besar, yakni di Yangon dan Mandalay. Beberapa di antara mereka membawa plakat berbunyi "Enyahlah OIC" dan "Tolak OIC" seraya menyatakan bahwa mereka akan terus berunjuk rasa hingga pemerintah setuju dengan tuntutannya.

Myanmar adalah negara yang memiliki beragam etnis di Asia. Di sana terdapat sekitar 800 ribu etnis Rohingya yang hidup dalam keadaan memprihatinkan. Etnis ini dituduh sebagai imigran gelap dari Bengali, asal-usul suku dari Asia Selatan. Oleh sebab itu, puak Rohingya ini tak diakui sebagai warga negara Myanmar.

"OIC hanya untuk kaum Bengali, bukan untuk kami," kata pendeta Pyin Nyar Nanda di tengah-tengah suasana unjuk rasa.

Kemarahan dan ketakutan masih membara di antara kaum Rohingya dan etnis Buddha Rakhine setelah terjadi perkelahian dan penyerangan menggunakan senjata tajam yang menyebabkan sedikitnya 77 orang tewas dan puluhan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal.

Seorang delegasi dari OIC berkunjung ke negara bagia Rakhine akhir bulan lalu setelah sejumlah negara-negara Islam meminta perhatian dunia mengenai kesejahteraan kaum Rohingya melalui lembaga PBB.

Dalam sebuah laporan Agustus 2012 lalu, lembaga hak asasi manusia berbasis di New York mengatakan lembaganya telah menemukan bukti bahwa negara telah menjandi sponsor penganiayaan dan diskriminasi terhadap Rohingya. Namun, pemerintah menolak hasil temuan tersebut.

Denmark Gelar Kontes Alat Kelamin Terkecil



Di Denmark, salah satu negara terkecil di dunia, ukuran itu penting. Sebuah situs mengundang para pria untuk mengirimkan foto area pribadi mereka, barang siapa memiliki alat kelamin terkecil bisa memenangkan iPhone.

Situs erotik Singlesex.dk milik Morten Fabricius, 45, baru-baru ini mengadakan kompetisi untuk alat kelamin pria paling indah, dan kini melombakan alat kelamin terkecil.

"Yang terkecil adalah yang terekstrem," kata Fabricius pada AFP. "Kompetisi ini aneh dan lucu dan nyaris berlebihan."

"Kompetisi ini berhubungan dengan inti seorang pria, hal terpenting buat seorang pria. Ada begitu banyak pria tak bahagia di luar sana yang berpikir Anda harus memiliki alat kelamin raksasa, tapi itu tidak normal."

Fabricius berharap bahwa aspek unik dan lucu dari kompetisi ini bisa sedikit meringankan topik yang sangat sensitif bagi pria, dan memberi pria keberanian untuk mengirimkan gambar-gambar secara anonim. 

Aturannya mudah saja: kirimkan foto ke situs tersebut dengan alat kelamin dan meteran pengukur di sebelahnya. Pria dengan alat kelamin terkecil akan menang, namun perempuan juga bisa memilih pemenang favorit mereka.

Dua pemenang tersebut mendapat iPhone, sementara juara kedua dan ketiga akan mendapat iPad 3, kata Fabricius. Kompetisi ini akan terus berlangsung sampai 31 Januari 2013.

Sejauh ini kami menerima enam sampai tujuh foto, tapi masih banyak yang kami terima, dan kami memeriksa gambar-gambar ini demi memastikan bahwa ini bukan foto yang dicuri dari internet," kata dia.

"Semuanya kini harus besar, makin besar, dan makin besar," kata dia. "Sangat mengherankan bagaimana media bisa menakut-nakuti orang untuk bangga pada diri sendiri," kata dia, dan menyindir industri pornografi.

Seksolog Vivi Hollaender mengatakan dia sering mendapat pertanyaan dari para pria yang merasa alat kelamin mereka terlalu kecil.

"Penis terkecil adalah 1,5 cm saat ereksi," kata dia. Pria tersebut mengirimkan bukti fotonya ke Hollandaer dan menurut Hollandaer, pria itu menggambarkan bahwa ia memiliki kehidupan seksual yang sehat.

"Betapa menakutkannya jika kita membayangkan berapa banyak pria yang khawatir, mengira alat kelamin mereka terlalu kecil. Pemikiran ini benar-benar menghancurkan kualitas hidup mereka," ujar dia.