بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 09/28/12
Go Green

Clock Link

Friday, September 28, 2012

Daftar Janji-janji Jokowi-Ahok

sumber: http://metro.news.viva.co.id/news/read/353460-daftar-janji-janji-jokowi-ahok

http://www.tempo.co/read/news/2012/03/24/228392236/Ahok-Janjikan-Air-Kali-Ciliwung-Siap-Minum


Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Naik Bus Kopaja Ke KPUD DKI


VIVAnews - Selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah Khusus Ibukota Jakarta, pasangan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama banyak mengumbar janji. Sejumlah janji bahkan ditegaskan lagi setelah hitung cepat menemukan pasangan didukung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya ini.

VIVAnews mencatat, lebih dari 31 janji dibuat Jokowi-Ahok. Berikut rinciannya:

1. Memimpin Jakarta selama lima tahun;
Pernyataan ini disampaikan Jokowi dalam jumpa pers di kediaman Megawati Soekarnoputri 20 September 2012.

2. Ahok membuka komunikasi langsung dengan telepon, SMS dan e-mail;
Ini adalah janji pribadi calon Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Setiap menemui masyarakat Jakarta, Ahok selalu membagi-bagi kartu nama. Nomor Ahok yang bisa di-SMS atau telepon adalah 0811 944 728. Sementara untuk e-mail: btp@ahok.org.

3. Kartu pintar;
Kartu pintar ini termasuk program 100 hari Jokowi-Ahok. Tujuannya adalah, memberikan kesempatan setiap anak usia sekolah di Jakarta bisa melanjutkan sekolah. "Kami tidak lagi mau mendengar anak orang yang kurang beruntung tidak bisa sekolah," kata Ahok.

4. Kartu sehat;
Kartu sehat ini diklaim Jokowi-Ahok lebih maju daripada sistem Jaminan Kesehatan Daerah. Pemegang kartu ini berhak untuk dirawat minimal di ruang rawat inap kelas tiga secara gratis tanpa memerlukan surat keterangan miskin (SKTM).

5. Reformasi pelayanan kelurahan, RT dan RW;
Menurut Jokowi-Ahok, tiga institusi ini ujung tombak pelayanan pada masyarakat. Mereka paling tahu dengan masyarakat, sehingga personelnya harus kuat, transparan dan melayani.

6. Honor Ketua RT/ RW Rp1 juta/ bulan dan asuransi kesehatan;
Program reformasi pelayanan RT dan RW ini berurutan dengan peningkatan honor untuk pengurus RT dan RW yang disertai pemberian asuransi kesehatan.

7. Transparansi rekrutmen calon pegawai negeri sipil:
"Kami tidak mau lagi tes CPNS yang tidak transparan. Jadi kalau tidak lulus ya memang tidak bisa dimasukkan," kata Ahok.

8. Jokowi-Ahok tidak pakai voijrider atau pengawal bermotor di jalanan Ibukota;

9. Jokowi menyatakan, hanya satu jam di kantor, selebihnya di lapangan;

10. Mencabut pentungan dan alat kekerasan dari Polisi Pamong Praja;

11. Busway jadi 15 koridor dan penambahan 1.000 armada TransJakarta;

12. Manajemen dan sistem busway diperbaiki, belajar dari Bogota;

13. Railbus gantikan busway di jalur padat;

14. Angkutan kota yang kecil diganti yang besar dengan perbaikan sistem;

15. Perbanyak fly over dan terowongan menyeberang rel;

16. Melanjutkan proyek mass-rapid transit (MRT) dan monorel, menolak proyek tol dalam kota;

17. Iklan billboard di jalan protokol diganti light emitted display sehingga lebih mendatangkan penghasilan bagi pemerintah;

18. Rumah deret gantikan rumah kumuh di bantaran kali;

19. Rumah susun sewa lima lantai yang murah di pusat-pusat kota;

20. Pembangunan tanggul dan pompa air di Muara Baru dan Muara Angke, Jakarta Utara, untuk menghindari banjir dan rob;

21. Perbanyak situ/ embung di selatan Jakarta;

22. Konservasi hulu sungai di Bogor, kerjasama dengan pemerintah setempat;

23. Melanjutkan Kanal Banjir Timur;

24. Membenahi kampung-kampung dengan perbanyak ruang terbuka hijau, pengerukan kali kecil, perbaikan drainase, dan septic tank komunal;

25. Percobaan pawang geni, sistem pemadam kebakaran sederhana di perumahan padat;
"Ini dicoba dulu, nanti komentar dari masyarakat seperti apa, koreksi dari masyarakat seperti apa. Kalau memang itu dianggap berguna, dipakai. Kalau tidak, ya sudah," kata Jokowi.

26. Revitalisasi pasar tradisional, 15% APBD untuk pasar tradisional;
Hal ini diungkapkan Jokowi dalam Debat Kandidat 14 September 2012.

27. Melegalkan tanah-tanah yang dihuni penduduk di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara;

28. Sekolah unggulan diadakan di pinggiran ibukota;

29. Menjadikan kantor walikota sebagai pusat kebudayaan;

30. Tiap Kamis, PNS Pemerintah Provinsi Jakarta wajib berpakaian Betawi; dan

31. Membangun stadion untuk klub Persija.
Ini disampaikan Jokowi kepada Jakmania usai pertandingan Persija Jakarta melawan Persela Lamongan di Liga Super Indonesia di Stadion Manahan, Solo, Rabu, 2 Mei 2012.

32. Air Sungai Ciliwung siap Minum


Bangkit Dari Kegagalan ala Thomas Alfa Edison

sumber: http://www.emotivasi.com/2008/03/15/thomas-alva-edison/#more-105


Tahukah anda bagaimana masa lalu Edisson?
Apakah ia anak yang menonjol di kelas?
Disekolah ia tidak dikenal sebagai anak jenius, ia bahkan menjadi langganan ranking terendah.
Kepala Sekolah menyebutnya otak udang dan tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah.
Pendidikan formalpun hanya bertahan 3 bulan dan dia keluar.Thomas Alfa Edisson, memiliki 1093 karya besar dan merupakan orang yang mempunyai paten penemuan terbanyak di dunia.
Setidaknya ada 1300 penemuan atas nama dirinya.

Sebagaimana Einstein, Thomas Alfa Edisson adalah penemu terbesar di dunia yang mempunyai latar akademis yang buruk.
Akan tetapi ia bisa menghasilkan karya penemuan yang nilainya jauh diatas para sarjana dan profesor manapun di dunia.
Karena itu jangan jadikan alasan akademis menjadi hambatan Anda untuk meraih sukses.
Di dalam dunia bisnis, banyak sekali orang seperti Einstein atau Edisson, orang yang terlihat tidak berbakat di bisnis, akan tetapi setelah menemukan celahnya menjadi pebisnis yang sangat berhasil.

Pemikiran Gus Dur Masih Relevan

sumber: http://www.antaranews.com/berita/335669/quraish-shihab-pemikiran-gus-dur-masih-relevan


KH. Quraish Shihab (FOTO ANTARA/Ujang Zaelani)

Jakarta (ANTARA News) - Pemikiran KH Abdurahman Wahid (Gus Dur), khususnya tentang pluralisme, masih sangat relevan sampai saat ini, dimana prasangka terhadap sesama umat beragama dan juga antarumat beragama masih terus berkembang.

Pengasan tersebut dikemukakan ulama besar KH Quraish Shihab ketika memberikan tausyiah pada malam Tahlil Akbar dan peringatan 1000 hari wafatnya Gus Dur yang dihadiri ribuan warga nahdliyin dan kaum Gus Durian, di kompleks pesantren Ciganjur yang didirikan Gus Dur, di kawasan Ciganjur, Jakarta Selatan, Kamis (27/9) malam.

Dalam acara yang diselenggarakan Yayasan Bani Abdurachman Wahid dan PB GP Ansor dan dihadiri ribuan umat dari berbagai daerah itu, dilantunkan pujian dan sholawat Nabi dalam berbahasa Arab, Jawa, dan Indonesia.

"Sholawat ini saya persembahkan pada Ibu Shinta Nuriyah, agar ingat terus pada perjuangan sang suami, Gus Dur," kata Syech Abdul Qadir Assegaf, dari Solo yang memimpin sholawat.

Quraish Shihab mengungkapkan, pemikiran pluralisme Gus Dur yang sangat menghargai perbedaan, membela kaum minoritas, dan kedekatannya dengan beragam tokoh agama lain, sering disalah artikan oleh sebagian umat Islam.


"Padahal setelah Gus Dur tiada, banyak orang akhirnya mengakui kebenaran dan kehebatan toleransi yang ditunjukkan Gus Dur," ujarnya.

Bahkan, masih menurut Quraish, pluralisme yang diperjuangkan Gus Dur lahir dari pemikiran jernih, kepedulian, dan juga dasar kitab suci Alquran dan juga hadist. "Perintah membantu umat lain seperti membantu pembangunan gereja, juga ada dalam perintah Nabi Muhammad sebagai bukti sikap Nabi dalam menghormati dan toleransi," kata Ketua Ikatan Alumi AlAzhar Mesir itu.

Dengan demikian kata Quraish, pemikiran Gus Dur, tokoh yang pernah menjadi Presiden RI keempat ini harus terus disosialisasi dan dipraktikkan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Semantara itu Ketua Umum GP Ansor Nusron Wahid sependapat dengan Quraish. Menurut dia, pemikiran Gus Dur bukan saja relevan dengan saat ini tapi juga nanti. "Pemikiran dan langkah Gus Dur melampaui jamannya," kata Nusron.

Politisi muda yang juga anggota Komisi XI DPR ini mengatakan, Ansor akan menerapkan prinsip, nilai dan ajaran Gus Dur, bahkan akan menjaga dari berbagai ancaman yang mengganggu pluralisme yang menjadi ikon Gus Dur. "Haul 1000 hari dan sholawat ini untuk membuktikan komitmen dan perjuangan Ansor bagi implementasi pemikiran Gus Dur," tegas mantan Ketua Pansus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DPR RI itu.

Dalam kesempatan sama KH Mustafa Bisri, teman dan sahabat yang selalu dekat dengan Gus Dur menceritakan sosok sahabat, guru, dan orang langka bernama Gus Dur ini. "Gus Dur itu sangat berani, termasuk menentang arus kekuasaan dansiapa pun akan dilawan, tapi keberanian itu didasarkan atas kebenaran dan kecintaan pada sesama," kata Mustafa.

Dalam memperingati 1000 hati wafatnya Gus Dur mengajak dan memgimbau seluruh umat untuk hidup sederhana, dan tidak melakukan tindakan korupsi. "Ini bentul implementasi sikap hidup sederhana Gus Dur," katanya. Mustafa juga menceritakan banyak hal tentang sisi lain Gus Dur .

Hadir dalam acara yang penuh hikmat ini antara lain Menteri Agama Suryadharma Ali, Wamenag Nasarudin Umar, Mendikbud M Nuh, Ketua MK Mahfud MD, Ketua GP Ansor Nusron Wahid, pendiri PKB KH Mustofa Bisri, mantan Menang Basyuni, anggota BPK Ali Masykur Musa, mantan Menteri Peranan Wanita, Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu hadir juga bekas Ketua DPR RI Akbar Tandjung, Pimpinan Ponpes Assidiqqiah Nur Iskandar SQ, pengamat Islam dari Jepang, Mitsuo Nakamura dan sejumlah pengamat dari beberapa negara.

Ahmadinejad Tak Keberatan Anaknya Berhubungan dengan Yahudi

sumber: http://news.detik..com/read/2012/09/28/142253/2043098/1148/ahmadinejad-tak-keberatan-anaknya-berhubungan-dengan-yahudi?9911012


Teheran, Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengaku tak akan keberatan jika salah seorang anaknya menjalin hubungan asmara dengan seorang Yahudi. Menurut Ahmadinejad, hubungan cinta antara orang-orang dari latar belakang yang berbeda, sepenuhnya bisa diterima oleh dirinya. Bahkan dikatakan Ahmadinejad, dirinya sangat dekat dengan banyak orang Yahudi di Iran.

"Ada banyak Yahudi yang tinggal di Iran, yang kami sangat dekat dengan mereka," kata Ahmadinejad dalam wawancara di stasiun televisi CNN beberapa hari lalu.

"Ada beberapa muslim yang menikah dengan keluarga-keluarga Yahudi atau menikahi orang Kristen. Kami tak ada masalah soal itu," cetusnya kepada pembawa acara Piers Morgan seperti dilansir NBC Chicago.com, Selasa (25/9/2012).

Namun sebagai seorang ayah, Ahmadinejad mengatakan, dirinya memiliki syarat seperti apa orang Yahudi yang berani mendekati anaknya. "Saya harus melihat dulu seperti apa pria atau wanita Yahudi itu," tuturnya.

Pernyataan Ahmadinejad tersebut sebenarnya tidak mengejutkan jika mengingat kenyataan bahwa Ahmadinejad berasal dari keturunan Yahudi yang telah masuk Islam. Harian Inggris, Daily Telegraph beberapa tahun lalu pernah mengungkapkan marga asli Ahmadinejad adalah Sabourjian.

Dalam bahasa Persia berarti penenun kain. Marga itu turunan dari 'Sabur', yakni kerudung yang biasa digunakan umat Yahudi saat berdoa di sinagog. Selendang ini biasa dipakai saat sembahyang setiap hari Sabat (Sabtu) atau upacara suci lainnya, tiap pagi, sore, dan malam.

Asal-usul Yahudi ini terungkap dari foto hasil jepretan staf kepresidenan saat Ahmadinejad berpose mengangkat paspornya pada pemilu Maret lalu. Catatan singkat yang tertera pada paspor itu menunjukkan bahwa keluarga Sabourjian diduga mengubah namanya menjadi Ahmadinejad ketika mereka memeluk Islam setelah kelahiran Mahmoud, yang kini presiden.
(ita/nrl)

Pendakian ke Puncak Gunung Sindoro



another adventure's story at bolang-purbalingga.blogspot.com
wanna ask's? -> @museverz_
Liburan datang lagi. Kali ini, Sindoro menjadi tujuan kami. Schedule telah di tentukan. Kami sepakat berangkat dari Purbalingga pukul tujuh malam.


Minggu, 15 April 2012 | 19:00
Kami bergegas masuk bus jurusan Purwokerto-Semarang. Kami berencana mendaki gunung ini melalui jalur kledung. Jalur ini terletak di desa Kledung. Ada beberapa cara untuk mencapai desa Kledung. Diantaranya Bus jurusan Purwokerto-Semarang, atau bus jurusan Wonosobo-Temanggung. Jika dari terminal Wonosobo, basecamp terletak di sisi kiri jalan raya.

Jalur kledung merupakan jalur yang terkenal untuk pendakian ke puncak Sindoro. Waktu tempuh normal untuk mencapai puncaknya adalah delapan sampai sembilan jam perjalanan. Di jalur ini, pos pendakian tidak terlalu jelas. Namun, ada yang mengatakan bahwa jalur kledung memiliki tiga pos. Masing-masing pos merupakan tempat datar yang cukup luas dan hanya sedikit tanda yang menunjukkan tempat-tempat datar itu merupakan pos satu dua ataupun tiga. Vegetasi di Gunung Sindoro di dominasi oleh alang-alang dan semak belukar yang tingginya kurang dari satu meter. 


Pohon besar di persimpangan menuju basecamp sindoro jalur kledung
Pukul sembilan malam kami sampai di basecamp kledung. Kami registrasi dan menginap di basecamp. Paginya, kami sarapan sembari menikmati sunrise dari lembah Gunung. 


Sunrise di lembah Gunung


Senin, 16 April 2012 | 07.00

Basecamp—Batas Vegetasi Hutan
Pagi itu cuaca sangat cerah. Puncak Sindoro Sumbing terlihat jelas. Kami streching kemudian berdo’a. Selepas itu, kami pamit kepada penjaga basecamp. 

Pendakian kami mulai pukul tujuh tepat. Sekitar limabelas menit pertama, rumah-rumah penduduk masih ada di sisi-sisi jalur pendakian. Selepas perumahan penduduk, terbentang perkebunan-perkebunan penduduk yang cukup luas. Kebanyakan yang di tanam di kaki gunung Sindoro adalah tembakau dan sayur-sayuran. Medan yang kami pijak masih berupa bebatuan yang disusun rapi. Elevasi masih nol sampai lima belas derajat.



Awal perjalanan

Di tengah perjalanan kami di tawari untuk naik colt sampai di batas perkebunan dengan hutan. Tanpa ragu kampiun mengiyakan tawaran tersebut. Waktu tempuh yang seharusnya setengah jam jika kami jalan kaki bisa kami pangkas menjadi sekitar sepuluh menit saja.



Di atas colt

Batas Vegetasi Hutan—Batas Vegetasi Semak Belukar
Setelah kami turun dari colt tersebut, tak lupa kami berterimakasih kepada mereka. Bergegas kami melangkahkan kaki. Lama-kelamaan, jalur pendakian mulai rimbun oleh pepohonan yang cukup tinggi. Dan sepuluh menit berselang, kami masuk wilayah hutan Gunung Sindoro. Hutan Gunung Sindoro tergolong kecil. Karena tidak menutupi sampai setengah permukaan gunung ini.

Tumbuhan di hutan sindoro ini sangat bervariasi dari bunga-bungaan sampai pohon cemara yang tersusun rapi di kanan dan kiri jalur pendakian. Para penduduk juga sering naik sampai hutan untuk mendapatkan kayu bakar. Jadi, kadang saat memasuki kawasan hutan, akan ada beberapa persimpangan. Tips untuk menemukan jalur pendakian yang sebenarnya diantaranya; cari jalur yang terlihat dominan (paling lebar), cari jejak langkah sepatu/ sandal gunung, dan biasanya terdapat sampah di jalur pendakian. Jalur yang kami pijak yang sebelumnya berupa batu yang tersusun rapi, kini berubah menjadi tanah basah. Elevasi kemiringan mulai meningkat menjadi lima belas sampai tiga puluh derajat. 



Memasuki hutan Gunung Sindoro

Setelah dua jam kami berada di hutan Gunung Sindoro, kami sampai di sebuah tempat datar. Dari sini pemandangan ke arah puncak atau ke kaki gunung sangat indah. Kamipun menduga-duga, mungkin ini salah satu pos di Gunung Sindoro. 



Pemandangan ke arah puncak sindoro

Batas Vegetasi Hutan—Batas Vegetasi Semak Belukar
Perlahan tenaga kami mulai terkuras akibat terik matahari yang kembali menyinari kami. Akupun baru sadar, tumbuhan rimbun yang sebelumnya menghalangi mentari menyinari kami kini sudah tidak ada. Kini kami sampai di area yang di dominasi oleh semak belukar dan alang-alang. 


Perjalanan dari batas vegetasi semak belukar menuju puncak masih sekitar tiga sampai empat jam perjalanan. Dengan sisa-sisa tenaga, kami terus melangkah, menuju target kami hari itu, yaitu puncak sindoro.

Selepas hutan, jalur kembali terbuka, sehingga memungkinkan kami untuk melihat pemandangan ke segala arah. Medan masih berupa tanah basah dan beberapa kerikil. Sehingga membuat langkah kami menuju puncak semakin susah dan terjal. Elevasi kemiringan meningkat lagi menjadi tiga puluh sampai lima puluh derajat.


Puncak Sindoro



Kawah Sindoro

Tepat jam setengah tiga sore, kami berempat mengijakkan kaki di puncak sindoro. Kawah sindoro yang sebelumnya aktif sehingga jalur pendakian di tutup untuk sementara, kini masih cukup berbahaya karena gas solfatara masih menyembur dari kawah. Di puncak sindoro, kami dapat menemukan sebuah area yang di dominasi oleh bunga edelweiss—bunga yang tumbuh di ketinggian tiga ribuan meter—yang belum mekar.

Karena bau gas yang masih menusuk hidung, kami bergegas mengitari kawah menuju arah utaradan turun beberapa meter. Di sana terdapat dua lapangan yang sangat luas. Mungkin bisa untuk bertanding sepak bola antara Indonesia melawan Jerman. Di sini, bau gas tersebut tidak bisa kami cium lagi. Aman.



Camp

Setelah sholat, makan dan mengobrol, akhirnya kami terlelap di dinginnya puncak Sindoro. Kami baru sadar, dari pertama kami naik, kami hanya bertemu satu rombongan dari Temanggung yang akan turun di sekitar perbatasan vegetasi hutan dengan semak belukar. Dan itu artinya, hanya kami berempat disini. Di jalur pendakian kledung.

Malam harinya, hujan mulai mengguyur puncak sindoro, angin yang cukup kencang membuat tenda kami sedikit bergerak kesana-kemari, dan bau gas solfatara yang tidak tercium lagi siang tadi kini seolah mengitari tenda kami. Aku hanya berdo’a agar pagi cepat datang malam itu.


Selasa, 17 April 2012 | 07.30



Masak untuk sarapan

Sinar pagi perlahan menampakkan wujudnya. Namun, sinar itu terhalang oleh kabut yang menyelimuti puncak Sindoro pagi itu. Kami tunggu hingga pukul tujuh pagi. Sembari menunggu puncak sindoro cerah, kami masak untuk sarapan terlebihdahulu. Namun kabut itu belum pergi juga. Rencana kami foto-foto di puncakpun gagal. 



Salah satu menu sarapan

Namun tak mengapa, yang penting kami bisa sampai puncak dan pulang dengan selamat. Kami packing dan langsung menuruni punggungan-punggungan ‘naga’ Sindoro.

Puncak Sindoro—Basecamp
Dengan semangat pagi yang masih full, kami dengan kecepatan penuh menuruni meter demi meter turunan dan belokan. Pukul setengah sepuluh, kami sampai di batas vegetasi semak belukar dengan hutan. Kami beristirahat senejak di sini.

Pukul setengah sebelas kami sampai di batas vegetasi dengan perkebunan penduduk. kami langsung melanjutkan perjalanan dengan sisa tenaga kami.
Pukul dua belas tepat, kami sampai di basecamp kledung. Kami cuci tangan dan istirahat di basecamp. Sekitar pukul setengah satu, kami pamit ke penjaga basecamp, dan memutuskan makan siang di kledung pass.



Kledung pass

Setelah kenyang, kami menunggu bus jurusan Temanggung-Wonosobo dan naik bus jurusan Wonosobo-Purwokerto nantinya. Pukul empat sore, semua anggota pendakian telah di rumah masing-masing. Menikmati sisa liburan di Purbalingga. 

Rincian waktu perjalanan :
Terminal Purbalingga 19.00
Basecamp Kledung 21.00

Mulai Pendakian 07.00
Batas Vegetasi I 08.00
Batas Vegetasi II 10.00
Puncak Sindoro 14.30

Turun Gunung 07.30
Batas Vegetasi II 09.30
Batas Vegetasi I 10.30
Basecamp Kledung 12.00

Rincian biaya perjalanan :
Purbalingga – Basecamp Kledung (PP) Rp.30.000,-
Registrasi Pendakian Rp.3000,-
Makan pagi dan siang Rp.20.000,-

Total Rp.53.000,-

Tips:
- Bawalah pelindung wajah, seperti slayer, bandana dll. Untuk mengurangi debu yang masuk ke pernafasan
- Bawalah sunblock. Karena di Sindoro, sebagian besar treknya berupa jalur terbuka yang artinya akan kena sinar matahari secara langsung
- Bawalah masker. Karena gas solfatara yang berada di kawah baunya sangat menyengat.
- Simpan tenaga ketika berada di hutan, karena selepas hutan, tidak ada tempat untuk berteduh lagi.

Ditemukan! Video Berwarna Yang Pertama Kali Dibuat di Dunia

sumber: http://bit.ly/SwfPar

Dilihat sekilas, video ini mungkin tampak biasa saja. Bahkan mungkin tidak ada satu hal pun yang menarik. Tapi jika Anda mengetahuinya lebih dalam, video ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi karena diklaim sebagai video berwarna yang pertama kali dibuat. 

Video ini direkam pertama kali oleh Edward Turner pada tahun 1901. Tekniknya yang menggunakan filter berwarna merah, hijau dan biru, dan kemudian menyusunnya berlapis-lapis pada tiap frame, sempat dianggap sebagai sebuah kegagalan oleh para ahli sejarah film. Adapun tiga orang anak yang ada di video tersebut merupakan ketiga anaknya yang masih berusia balita. 

Tahun 1899, Turner mematenkan penemuannya ini, tapi malang, ia tak bisa mencicipi keuntungan dari hasil penemuannya secara penuh, karena 4 tahun kemudian, turner meninggal pada usianya yang ke 29. Demikian seperti yang dilansir BBC. 

Video diatas kemudian tak jelas rimbanya selama lebih dari 100 tahun, dan akhirnya ditemukan kembali di dalam arsip National Media Museum di Bradford.


Screen shot dari video yangmerupakan hasil karya Edward Turner.

Amba Titik, Asal Mula Nama 'Batik'

sumber: http://batikreview.blogspot.com/2010/03/asal-batik.html

http://www.google.com/

Sejak Batik ditetapkan Unesco menjadi salah satu 'The World Heritage' pada 2 Oktober 2009 silam, batik menjadi sangat diminati. Everybody wears batik. Industri-industri batik pun kian berkembang, butik-butik batik online juga banyak bermunculan. Batik, kini, menjadi sesuatu yang sangat mudah didapat dengan harga yang terjangkau dalam beragam model dan ukuran.



Namun, apa sih sebenarnya batik itu?

Kata batik berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.


Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, beberapa corak bahkan hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir kemudian mulai menyerap berbagai pengaruh luar, seperti dari para pedagang asing atau juga penjajah.

Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga memiliki minat terhadap batik, dan hasilnya adalah pengaruh corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal, seperti bunga tulip, serta benda-benda yang dibawa oleh penjajah seperti gedung atau kereta kuda, termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Namun batik tradisional tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.


Teknik membatik sendiri telah dikenal sejak ribuan tahun yang silam. Tidak ada keterangan sejarah yang cukup jelas tentang asal usul batik. Ada yang menduga teknik ini berasal dari bangsa Sumeria, kemudian dikembangkan di Jawa setelah dibawa oleh para pedagang India. Saat ini batik bisa ditemukan di banyak negara seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, India, Sri Lanka, dan Iran. Selain di Asia, batik juga sangat populer di beberapa negara di benua Afrika. Walaupun demikian, batik yang sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa.


More Pic Batik







Kesalahan Umum Dalam Mengirimkan CV Pada Lulusan Baru

sumber: yahoo.com


Curriculum vitae adalah representasi diri. Tetapi para lulusan baru sering mengirim CV yang bikin geleng-geleng kepala. Karena kurang referensi, mereka kerap melakukan kesalahan yang tidak disadari. Memang tidak mutlak membuat mereka ditolak, tetapi memperkecil peluang diterima.

Nah, jika Anda seorang lulusan baru yang sedang berburu kerja dan tidak kunjung mendapat panggilan, jangan-jangan Anda melakukan beberapa kesalahan ini.

Foto Jika perusahaan mensyaratkan foto dalam lamaran kerja, pilihlah foto yang membuat Anda terlihat profesional. Jangan pakai foto yang diambil dari Facebook hanya karena Anda tampil menarik (atau seksi). Bagaimana Anda mau dianggap serius bila foto yang dilampirkan terlihat main-main dan hasil crop?

Umumnya perekrut lebih menyukai foto yang simpel. Pergilah ke studio foto dan bikin satu foto yang bagus – untuk investasi Anda ketika melamar pekerjaan.

Alamat email Hmm, alamat email seperti inacuantixxbanget@yahoo.com atau romisayangchika@ymail.com sepertinya kurang menarik jika dipajang di CV. Anda kan sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan jadi sebaiknya hindari alamat email yang terlalu personal. Buatlah satu akun email dengan nama asli Anda untuk keperluan resmi. Jangan sampai Anda kalah bersaing dengan pelamar lainnya hanya karena alamat email Anda menggelikan.

Informasi yang tepat Jangan kirim CV yang persis sama ke semua perusahaan. Usahakan “jahit” terlebih dahulu setiap kali Anda melamar. Beri penekanan pada prestasi atau keahlian yang relevan dengan posisi incaran. Tidak perlu mencantumkan prestasi “pemenang lomba karaoke” bila memang posisi yang Anda inginkan tidak membutuhkan keahlian bernyanyi.

Informasi pendidikan juga cukup dimulai dari SMA saja, tidak perlu taman bermain dan TK. Intinya, tekankan pada informasi yang bisa menunjukkan Anda orang yang tepat untuk posisi ini.

Terlalu panjang Pihak perekrut akan menerima setumpuk lamaran, jadi satu menit pertama amat menentukan. Jangan buang waktunya sia-sia dengan membeberkan prestasi Anda dari sejak TK. Buatlah kesan yang baik di surat lamaran sehingga mereka mau membaca hingga habis.

Anda boleh menyertakan alamat LinkedIn atau blog yang berisi portofolio bila diperlukan. Tetapi apa pun yang terjadi, jangan pernah meminta perekrut untuk mendownload sendiri CV Anda dari Internet. Tidak semua kantor punya koneksi bagus.

Email kosong Mentang-mentang CV tersimpan di telepon seluler, maka begitu melihat suatu lowongan Anda langsung mengirimkannya tanpa berusaha membuat surat lamaran. Mau tahu kesan yang muncul begitu membaca email kosong seperti ini? Pelamar adalah seseorang yang malas.

Pelamar hanya secara acak mengirim CV ke kanan-kiri tanpa usaha lebih untuk membuat surat lamaran yang menarik.

Jiplakan Yep, para perekrut sudah sering membaca bertumpuk CV jadi mereka bisa mengenali mana yang jiplakan dan bukan. Usahakanlah membuat surat lamaran dengan kalimat orisinal untuk meningkatkan kemungkinan Anda diterima.

Kalaupun belum memiliki pengalaman, Anda bisa menceritakan poin kekuatan Anda yang cocok untuk pekerjaan yang diincar. Tak perlu membuat surat lamaran yang terlalu panjang. Fokus pada kekuatan Anda dan tentunya jangan lupa mencantumkan informasi kontak agar mudah dihubungi.

Taipan Hong Kong Tawarkan Harta Banyak untuk Menikahkan Putrinya yang Lesbian



Seorang taipan Hong Kong menawarkan imbalan $65 juta atau Rp 621 miliar untuk pria mana pun yang bisa memenangkan hati anak perempuannya, seorang lesbian.

Cecil Chao mengumumkan imbalan finansial sebesar HK$500 juta setelah anak perempuannya, Gigi, menikahi partner sesama jenisnya di Prancis awal tahun ini. Gigi sudah berpacaran dengan sang partner selama 7 tahun terakhir, meurut South China Morning Post.

"Saya tidak peduli dia kaya atau miskin. Yang penting, dia murah hati dan baik," kata Chao yang berusia 76 tahun.

"Gigi adalah perempuan yang sangat baik dengan talenta dan kecantikan. Dia sayang dengan orangtuanya, murah hati dan suka menjadi sukarelawan," kata dia.

Chao juga menolak "laporan palsu" yang menyebut bahwa Gigi, 33, sudah menikah di luar negeri, dan berkeras bahwa anak perempuannya itu masih lajang.

Chao memiliki perusahaan pengembang properti Cheuk Nang.

Pernikahan sesama jenis tidak diakui di Hong Kong, kota yang konservatif di mana homoseksualitas baru dihapus dari tuntutan kriminal pada 1991.

Chao sangat terkenal di lingkaran sosial di Hong Kong dan tampil secara reguler di berbagai acara publik dengan pacar terbarunya yang masih muda. Dia pernah memamerkan klaim melakukan hubungan intim dengan 10 ribu wanita.

FR Kebingungan dan Tak Bisa Tidur Saat Pelarian

sumber: TRIBUNNEWS.COM

FR Kebingungan dan Tak Bisa Tidur Saat Pelarian


JAKARTA - Polres Jakarta Selatan berhasil menangkap Fitra Ramadhani alias FR alias Doyok (19), siswa SMA 70 Jakarta yang diduga mencelurit siswa SMA 6 Jakarta, Alawy Yusianto Putra (15), di sebuah kost-kostan, Yogyakarta, pada Kamis (27/9/2012) pagi. FR langsung melarikan diri usai tawuran dengan siswa SMA 6 Jakarta di Bulungan, Jakarta Selatan, pada tiga hari lalu.

Kuasa hukum FR, Nazarudin Lubis, mengatakan bahwa sebenarnya klien pergi ke Yogyakarta dengan bus bukan untuk melarikan diri. Tapi, karena FR yang masih berusia muda itu kebingungan pasca-tawuran yang menelan korban jiwa itu.

"Kalau saya lihat keterangannya, dia dalam kondisi bimbang, anak seusia itu secara psikologis bimbang mau ke mana. Jadi, dia pergi menenangkan diri ke keluarganya di Yogyakarta," ujar Nazarudin di sela mendampingi pemeriksaan FR di Mapolrestro Jaksel, Kamis (27/9/2012) malam.

Nazarudin mengaku meminta pihak polisi agar pemeriksaan dihentikan sementara mengingat FR belum istirahat.

"Saya minta pemeriksaan ini juga jangan terlalu malam. Saya minta diistirahatkan, karena tadi malam dia juga tidak tidur, karena kondisi dia tegang. Besok lagi dilanjutkan. Karena dampak psikologis wajib kita perhatikan," kata Nazaruddin.

Di Ketinggian Himalaya, Kakak-Beradik Berbagi Istri



Saat Tashi Sangmo berusia 17 tahun, ia menikahi tetangganya yang berusia 14 tahun di sebuah desa terpencil di Nepal. Dan sebagai bagian dari perjanjian, ia juga setuju untuk menikahi adik suaminya itu.

Pada zaman dahulu, anak laki-laki dari setiap keluarga di kawasan Dolpa Atas akan bersamaan menikahi satu perempuan, namun praktik poliandri ini kini sudah mulai menghilang seiring dengan modernisasi zaman.

"Semuanya akan lebih mudah seperti ini karena kami bersama-sama dalam satu keluarga. Tidak terbagi antara istri-istri yang berbeda, dan saya yang memegang kendali," kata Sangmo, yang menggunakan dialek Tibet dan berbicara melalui seorang penerjemah. "Dua bersaudara mencari penghasilan dan sayalah yang menentukan bagaimana uang itu akan digunakan."


Saat Sangmo menikahi Mingmar Lama 14 tahun lalu, adik laki-laki Mingmar, Pasang yang waktu itu berusia 11 tahun, akan terlibat juga dalam pernikahan ini. Praktik poliandri di beberapa desa terisolasi di Nepal sudah berlangsung ratusan tahun. Kini mereka bertiga memiliki tiga anak laki-laki usia delapan, enam, dan empat.

"Saya ingin berbagi ikatan ini dengan adik laki-laki saya karena hidup akan menjadi lebih mudah buat kami berdua," kata Pasang, 25, berbicara di rumah keluarga mereka di desa Simen, 4000 mdpl dan sekitar lima hari berjalan kaki dari kota terdekat.

Orang-orang Dolpa atas adalah bagian dari karavan yang melalui rute antara Nepal dan Tibet. Mereka masih berdagang di rute tersebut, termasuk menuntun yak yang membawa garam dari Tibet dan beras dari dataran selatan Terai. 


Di ketinggian desa seperti itu, tanah subur sangat sedikit jumlahnya dan peternakan pun berukuran kecil.

Namun poliandri mencegah keluarga-keluarga membagi aset, dan persediaan makanan pun hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar penduduk lokal.

Pernikahan biasanya dilakukan melalui perjodohan, keluarga pun memilih istri buat anak laki-laki tertua mereka dan memberi kesempatan adik laki-laki untuk menikahi kakak iparnya kemudian.

Dalam beberapa kasus, para istri juga ikut membantu membesarkan calon suami mereka yang masih muda, dan memasuki hubungan seksual dengan mereka setelah cukup dewasa.

Tak seperti pria-pria lain dalam pernikahan Hindu Nepal yang konservatif, para suami di pernikahan poliandri biasanya membantu tugas-tugas domestik seperti membantu memasak dan merawat anak, sementara para istri mengurusi keuangan.

Poliandri juga menjadi sebuah bentuk pengendalian kelahiran karena ada batas maksimal kehamilan perempuan, terlepas dari berapa jumlah suami yang mereka miliki.


Rumah tangga poliandri juga biasanya tak mengenali suami mana yang menjadi orangtua biologis, anak-anak sama-sama memanggil ayah dan paman mereka sebagai "bapak".

Poliandri menghancurkan banyak tabu seksual barat dan sering membuat heran orang luar, namun penduduk lokal melihat peristiwa ini sebagai sesuatu yang biasa dan menguntungkan.

Shitar Dorje, 30, menikahi suaminya yang berusia 37 tahun Karma, sepuluh tahun lalu.

Adik laki-laki Karma, Pema, masuk dalam pernihan itu beberapa tahun kemudian setelah menyelesaikan sekolah filosofi Buddha.

"Jika kami berada di satu rumah dalam waktu yang sama, maka kakak laki-laki saya yang tidur dengan istri saya," kata Pema, 30.

"Dalam hal ini, tidak ada rasa cemburu. Saya tidak merasa cemburu bahwa saat kakak saya ada di rumah, maka istri kami akan bersama dia. Jika saya cemburu, maka saya akan pergi dan menikahi orang lain," kata Pema.

Hidup di Dolpa Atas sederhana, namun berat.

Sanitasi jarang, dan pelayanan kesehatan modern hampir tidak ada. Setiap hari kaum perempuan harus bekerja memecahkan batu di bukit yang tandus atau memanen tanaman di bawah matahari terik.

Poliandri memungkinkan terjadinya pembagian pekerjaan antara dua saudara laki-laki, satu untuk mengurus hewan ternak, satu untuk membantu istri di ladang, dan satu untuk bergabung dalam karavan dagang.

Banyak yang melihat praktik ini sebagai keberlangsungan hidup, ada faktor keamanan buat para perempuan sehingga ada yang akan menjaga mereka setelah satu suami meninggal.

Menurut badan amal asal Belanda SNV yang memiliki jaringan di daerah tersebut, usia harapan hidup di sana hanya 48 untuk pria dan 46 untuk wanita.

Thajom Gurung, 60, dari desa terpencil Saldang, kehilangan suaminya Choldung akibat kanker 30 tahun lalu. Namun ia menikahi dua kakak laki-laki Thajom dan kini tinggal dengan satu-satunya suami yang masih hidup, Choyocap, 67.

"Saat kami semua tinggal bersama, kami bergantian tidur dengan istri saya -- tidak ada yang khawatir soal itu," kata Choyocap.

Sampai baru-baru ini, isolasi di Dolpa Atas mempertahankan gaya hidup yang sudah menghilang di beberapa tempat lain namun turisme kini menyoroti kawasan yang sudah sempat terlupakan ini.

Di atap-atap rumah batu, di tempat yang dulunya berkibar bendera doa, kini bermunculan parabola satelit. Mereka pun melihat kilasan dari dunia modern dengan imaji romansa yang sangat kontras dengan kehidupan mereka.

Menurut SNV, meski 80 persen rumah tangga melakukan praktik poliandri satu generasi lalu, jumlahnya kini turun hanya 1 banding 5 atau 20 persen, dan akan hilang dalam dua generasi.

Untuk sementara, praktik ini kini terjaga oleh generasi yang pernikahannya adalah tentang pragmatisme dan bertahan hidup di salah satu lingkungan terkeras di dunia.

"Poliandri adalah tentang menjaga keluarga tetap bersatu saat kehidupan menjadi keras," kata Choyocap Gurung. "Dengan banyak saudara laki-laki, rumah tangga menjadi lebih kuat dan anak-anak akan punya kesempatan yang lebih baik di masa depan."