بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 05/20/12
Go Green

Clock Link

Sunday, May 20, 2012

Mengenal Komunitas Parkour Indonesia dan Beberapa Pendirinya






Definisi Parkour


Sejarah Parkour

Parkour mempunyai arti bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B seefisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip dari Parkour dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri.
Sebenarnya Parkour sudah ada sejak dulu sebelum manusia mengenal kata “Parkour” itu sendiri. Tapi Parkour dideskripsikan dan dikenalkan ke seluruh dunia oleh seorang pria berkebangsaan Perancis yang dikenal dengan nama David Belle. Dialah yang telah memperkenalkan olahraga ini ke seluruh dunia yang awalnya hanya berkembang di Perancis. Sehingga akhirnya berkembang ke seluruh daratan Eropa dan akhirnya menyebar ke seluruh dunia.
Namun jauh sebelum itu, ada seorang pelaut Prancis pada abad 19 bernama Georges Hebert yang mengembangkan metode latihan yang mampu mengeluarkan energi manusia yang tersembunyi dalam tubuhnya. Hebert terinspirasi oleh suku di Afrika yang memiliki kemampuan atletik dan gimnastik. Ternyata, yang bisa membuat suku tersebut kuat adalah lingkungan sekitarnya yang telah melatih mereka dengan sendirinya selama bertahun-tahun.
Akhirnya, Hebert menciptakan sebuah latihan yang diberi nama methode naturalle yang terkenal dengan moto ‘etre fort pour etre utile’ atau ‘to be strong, to be useful’.
Latihan ini meliputi sepuluh gerakan dasar yaitu walking, running, jumping, swinging, quapedral movement, balancing, throwing, lifting, climbing, dan swimming. Metode itulah yang akhirnya dipakai para tentara Prancis di perang Vietnam. Salah satu yang mendalami latihan itu adalah Raymond Belle, ayah David Belle itu sendiri.
Terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle seorang tentara Perancis yang akhirnya bergabung dengan sapeurs-pompiers ( pemadam kebakaran militer). Lahir di tengah keluarga pemadam kebakaran membuat David terinspirasi dengan cerita-cerita tentang kepahlawanan. Saat berumur 16 tahun, David memutuskan untuk meninggalkan sekolah untuk mencari kecintaannya akan kebebasan, aksi, dan untuk mengembangkan kekuatan dan ketangkasan yang dimilikinya agar berguna dalam kehidupannya, seperti yang selalu dinasehatkan oleh ayahnya.
Raymond memperkenalkan pada anaknya tentang sebuah latihan halang rintang dan metode natural yang akhirnya dikenal dengan nama Parkour. Sejak saat itu ,setiap David sepulang sekolah ia mulai memainkan skenario sendiri bagaimana dia bisa meloloskan diri dari situasi yang sulit. Menurut David, Parkour dapat berguna sebagai self-defense dalam keadaan tidak terduga. Saat martial art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).
Sejak Usia 15 tahun, David Belle pindah ke Lisses (salah satu kota di Perancis). Pada waktu itu, dia bertemu dengan para remaja di sana yang tertarik dengan apa yang dilakukan oleh David. Disinilah cikal bakal dari lahirnya sebuah grup Parkour yang dikenal dengan nama Yamakasi. Bersama teman masa kecilnya, Sebastian Foucan beserta beberapa pemuda lainnya mulai mengembangkan Yamakasi sebagai tim Parkour yang dikenal di Perancis. Namun karena perbedaan prinsip, David dan Sebastian berpisah dan meninggalkan Yamakasi. Sehingga saat film Yamakasi yang dibuat pada tahun 2001 harus tetap berjalan tanpa kehadiran mereka berdua.
David tetap memegang prinsip Parkour yang tetap mengedepankan tentang keefektifan dan efisiensi yang menampilkan kesederhanaan dan memiliki filosofi melewati rintangan dengan cepat dan efisient. Sedangkan Sebastian lebih memilih untuk membuat gerakan-gerakan dari parkour terlihat lebih indah yang dapat membuat orang yang melihatnya menjadi tertarik. Sehingga akhirnya ia menambahkan gerakan acrobat seperti flip atau salto dikombinasi dengan gerakan “pacours du combatant” yang akhirnya menjadi Freerunning. Hal tersebut yang membuat David Belle berbeda pandangan dengan Sebastian Foucan. Karena menurut David Belle, gerakan acrobat atau salto sangat tidak efisien dan sangat bertolak belakang dengan originalitas Parkour. Selain itu, keinginan untuk melakukan gerakan hanya untuk dilihat orang lain tanpa keinginan untuk melakukan gerakan itu dari diri sendiri, merupakan hal yang bertolak belakang dengan parkour.
Saat ini David Belle memulai tur dunia dengan asosiasi yang dia dirikan (PAWA) bersama tim Parkour yang dulu dia dirikan. Dan ini hanyalah sebuah awal


Terminology

Parkour berasal dari kata parcours du combatant yang berarti pelatihan halang rintang untuk sesi militer. Kata Parcours “c” diganti menjadi “k” dan “s”nya dipakai untuk menjelaskan filosofi Parkour itu sendiri. “Parkour’s philosophy about efficiency” .
Sedangkan istilah Traceur adalah sebuah sebutan untuk para praktisi Parkour. Seseorang bisa dikatakan traceur jika orang tersebut sudah memahami arti, basic, dan filosofi dari Parkour itu sendiri. Traceur berasal dari kata “tracer” yang berarti cepat, mempercepat (to trace/ to go fast).
Filosofi dan nilai moral dalam Parkour.
Definisi dari Parkour sendiri adalah seni berpindah tempat melewati beberapa obstacle dari point A menuju point B. Seni ini adalah cara baru untuk beradaptasi lingkungan atau melewati segala macam bentuk obstacles yang ada di sekitar kita hanya dengan mengandalkan kekuatan tubuh manusia seutuhnya.
Tujuan dan inti dari Parkour itu sendiri adalah mampu menghadapi semua rintangan atau obstacles di sepanjang track yang kita lalui, baik itu di lingkungan alam maupun di lingkungan perkotaan, dengan mengunakan beberapa gerakan yang istimewa dan indah dengan cara mengkombinasikan beberapa gerakan yang mengalir dan control yang penuh.
Parkour juga mengandung pembelajaran yang positif untuk diri sendiri, yaitu manjawab tantangan untuk melawan semua rasa takut dari dalam diri kita sendiri. Karena kadangkala setiap rintangan dan obstacles yang akan kita lalui tidak seperti yang pernah kita bayangkan.


Nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam Parkour


1. Seni untuk melewati semua masalah dalam track kehidupan.

Saat kita menjalankan track kehidupan, terdapat banyak rintangan dan masalah hidup yang terlihat seperti obstacles dalam hidup. Semua orang pasti mempunyai tjuan akhir. Tapi saat kita bergerak ke tujuan akhir, banyak rintangan (obstacles) yang menghadang. Dengan memakai prinsip dari Parkour, kita akan berusaha melewati rintangan obstacles tersebut dengan indah dan penuh control. Memecahkan masalah yang kita hadapi dengan efektif dan efisien. Semua manusia pasti mempunyai track kehidupannya masing-masing.


2. Melawan Rasa takut.


Seseorang yang takut untuk mencoba, tidak akan berbuat apa-apa dan tidak akan menjadi siapa-siapa. Semua manusia pasti melewati proses seperti ini. Kalau kita tidak bisa melawan rasa takut, ngga akan ada kemajuan dalam kehidupan. Kita bisa naik motor, sukses dalam bisnis, menang tender dan sebagainya adalah buah dari keberanian kita melawan rasa takut.
Tapi ingat ukur ketakutan dan keberanianmu dengan meteran nyali. Kalau kita terlalu berani, kita akan bertindak bodoh, ceroboh bahkan celaka. Tapi kalo terlalu takut, maka kita tidak akan berbuat apa-apa. Jadi antara rasa takut dan berani harus seimbang.


3. Bangkit dari kegagalan.

Saat kita mencoba suatu gerakan di Parkour, kita akan selalu mengalami kegagalan atau jatuh. Tapi kalo kita terus bangkit berdiri dan mencoba lagi, kita pasti akan bisa menguasai salah satu gerakan tersebut. Begitu pula dalam kehidupan. Intinya berani gagal alias berani jatuh. Coba lagi dan pelajari supaya tidak gagal dan jatuh lagi.


4. Flexibilitas dan fluiditas.


Berlatih Parkour akan membuat diri kita flexible dan semangat kita terus mengalir. Begitu pula dalam kehidupan. Saat kita berada dalam lingkungan baru, kita berpikir untuk tetap flexible dan mampu beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Walaupun lingkungan tersebut awalnya tidak membuat diri kita nyaman. Sedangkan fluiditas akan membuat diri kita mempunyai semangat yang terus mengalir untuk menjalani kehidupan walaupun mempunyai masalah yang berat.


5. Kreatifitas dan kebebasan.

Dalam Parkour kita bisa berkreasi untuk menciptakan gerakan atau menggabungkan beberapa gerakan dasar menjadi gerakan baru tergantung kreatifitas kita. Hidup pun begitu, kita harus kreatif sehingga bisa berguna dan bermanfaat dalam kehidupan. Selain itu, Parkour juga mengajarkan kita untuk bergerak bebas menuju kebebasan tanpa melawan aturan.

20 Mei Jadi Hari Kebangkitan Produk Made in Indonesia

sumber: http://finance.detik..com/read/2012/05/20/102332/1920097/4/20-mei-jadi-hari-kebangkitan-produk-made-in-indonesia?991101mainnews


Semarang - Selama ini 20 Mei dicanangkan pemerintah sebagai Hari Kebangkitan Nasional mengacu pada organisasi Boedi Oetomo yang didirikan pada 20 Mei 1908. Namun mulai hari ini, 20 Mei juga dicanangkan oleh pemerintah sebagai Hari Kebangkitan Produk Nasional.
Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan pemerintah terus mendorong produk-produk dalam negeri, dari sisi kualitas sekaligus menjadi sarana untuk memperluas akses pasar melalui misi dagang lokal.
"Mengangkat tema Peningkatan Transaksi Domestik Melalui Misi Dagang Lokal untuk Pameran Produk Dalam Negeri Regional, serta Diversifikasi Pangan Nasional untuk Pameran Pangan Nusa, pemerintah berupaya membangkitkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat terhadap produk dalam negeri serta mendukung keragaman produk pangan nusantara," kata Bayu saat membuka Pameran Produk Dalam Negeri Regional dan Pangan Nusa ke-7 tahun 2012, di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Minggu (20/5/2012).
Menurut Bayu, disisi lain pameran-pameran seperti ini bagi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, dapat menjadi ajang persaingan untuk menjadi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang unggul dalam menghasilkan produk yang bermutu.


"Tidak hanya itu, pengusaha UKM dapat membangun merek dagang sendiri dan mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun global," ujarnya.
Pameran-pameran Produk Dalam Negeri Regional ini, kata Bayu untuk pertama kali di selenggaranakan di Semarang, Jawa Tengah dan bersamaan dengan pameran ini, Pemerintah menetapkan 20 Mei sebagai hari kebangkitan produk nasional.
"20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Produk Nasional," ucap Bayu.
Pameran produk dalam negeri regional tidak hanya diadakan di Semarang saja. Pemerintah tahun 2012 akan menyelenggarakan pameran yang sama di 3 daerah lagi. Makassar pada 6-9 Juni, Medan 28-1 Juli dan Balikpapan pada 27-30 September.

5 Pernikahan Termewah di Indonesia

sumber: http://news.detik..com/read/2011/11/23/151215/1773831/10/5-pesta-pernikahan-paling-mewah-di-indonesia


1. Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Rubi Aliya Rajasa


Mengenai pernikahan putra kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Prosesi acara berlangsung kurang lebih sepekan. SBY menegaskan, dana untuk pernikahan Ibas adalah murni uang pribadi, tak ada uang negara. Konon biaya pernikahan mencapai Rp 40 miliar. Namun, isu lain menyebut, pernikahan itu 'hanya' menelan biaya Rp 12 miliar.


2. Ardhi Bakrie dan Nia Ramadhani


 


Pernikahan anak Aburizal Bakrie ini konon sangat mewah. Pernikahan yang digelar April 2010 itu disebut-sebut menghabiskan dana hingga Rp 100 miliar. Kemewahan pernikahan Ardhi dan artis cantik Nia Ramadhani itu terlihat mulai dari acara akad nikah hingga resepsi yang digelar hingga dua kali.Pernikahan ini pun di laksanakan dengan tertutup / private. Jadi tidak bisa di expose oleh media


3. Adinda Bakrie dan Seng Hoo Ong


Tak kalah dari pernikahan Ardhi dan Nia, pernikahan sang sepupu, Adinda Bakrie, juga mewah. Resepsi pernikahan yang pada tahun 2008 menjadi perbincangan hangat itu digelar di Hotel Mulia. Adinda dan Ong juga menggelar pesta di Bali.


4. Danny Bimo Hendro Utomo dan Lulu Tobing



Pernikahan cucu mantan Presiden Soeharto ini juga cukup menghebohkan. Selain menggelar pesta serba wah yang menghabiskan dana sekitar Rp 5 miliar, pernikahan ini juga dikenal 'memanjakan' tamu-tamunya. Salah satunya dengan memberi souvenir uang Rp 70 ribu yang dibentuk menjadi bunga dan bunga untuk tamu pernikahan anak pasangan Indra Rukmana Kowara dan Siti Herdiyanti Rukmana itu.


5. Nancy dan Nicolas Tabardel


Pernikahan putri konglomerat Prajogo Pangestu ini mungkin tidak terlalu terdengar di telinga publik. Namun, kabarnya, pernikahan yang digelar di Ballroom Hotel The Ritz-Carlton Lillennia, Singapura ini menelan dana hingga puluhan miliaran rupiah. Selain gelaran pesta yang megah, para tamu juga dijamu dengan kesediaan tiket bisnis Jakarta-Singapura (PP) dengan pesawat Singapore Airlines. Selain tiket pesawat bisnis, juga menyediakan 300-an kamar hotel berbintang untuk undangan spesial tersebut.?

Lorenzo Juara, Rossi Kalahkan Stoner

sumber: http://sport.detik..com/read/2012/05/20/195547/1920329/81/lorenzo-juara-rossi-kalahkan-stoner?9911012


Le Mans - Jorge Lorenzo memenangi balapan keduanya musim ini di Sirkuit Le Mans, Minggu (20/5/2012) malam WIB. Duduk di posisi dua adalah Valentino Rossi, yang memenangi duel sengit dengan Casey Stoner.

Memulai balapan dari posisi keempat, Stoner berhasil menyodok ke posisi terdepan bahkan sebelum balapan menuntaskan lap pertamanya. Pembalap Yamaha itu kemudian mampu mempertahankan posisinya sampai balapan berakhir.

Ini menjadi kemenangan kedua Lorenzo di musim 2012, setelah yang pertama dia dapat di Qatar. Tambahan 25 poin membuat Lorenzo berhak duduk dari posisi teratas klasemen dengan poin 91, menggusur Stoner yang kini duduk di posisi dua dengan poin 85.

Finis kedua dalam balapan yang berlangsung basah sejak start hingga finis ini adalah Valentino Rossi. The Doctor meraih posisi runner up dengan susah payah dan baru merebutnya di lap terakhir usai menjalani persaingan sengit dengan Casey Stoner, yang harus puas dengan poisisi tiga. Ini merupakan podium pertama Rossi dalam setahun terakhir, kali terakhir dia menjejak podium adalah juga di MotoGP Prancis musim 2011 dengan menempati urutan tiga.

Duduk di posisi empat adalah Dani Pedrosa, sementara urutan lima menjadi milik Stefan Bradl. Berturut-turut di belakangnya adalah Nicky Hayden, Andrea Dovizioso, Carl Crutchlow, Hector Barbera dan Alvaro Bautista.

Hasil GP Prancis 2012
1. Jorge Lorenzo Yamaha 49m39.743s
2. Valentino Rossi Ducati + 9.905s
3. Casey Stoner Honda + 11.298s
4. Dani Pedrosa Honda + 29.361s
5. Stefan Bradl LCR Honda + 32.477s
6. Nicky Hayden Ducati + 32.842s
7. Andrea Dovizioso Tech 3 Yamaha + 59.759s
8. Cal Crutchlow Tech 3 Yamaha + 1m05.152s
9. Hector Barbera Pramac Ducati + 1m07.846s
10. Alvaro Bautista Gresini Honda + 1m13.193s
11. James Ellison Paul Bird Aprilia + 1m26.663s
12. Mattia Pasini Speed Master Aprilia + 1m27.633s
13. Aleix Espargaro Aspar Aprilia + 1 lap
14. Michele Pirro Gresini FTR-Honda + 1 lap
15. Yonny Hernandez Avintia FTR-Kawasaki + 1 lap
16. Ben Spies Yamaha + 1 lap
17. Chris Vermeulen Forward Suter-BMW + 2 laps
18. Ivan Silva Avintia Inmotec-Kawasaki + 2 laps


Gagal Finis

Danilo Petrucci Ioda-Aprilia 24 laps
Randy de Puniet Aspar Aprilia 22 laps
Karel Abraham Cardion Ducati 11 laps



Welcome Back The Doctor 

"Saya pikir di lintasan basah kami bisa sedikit lebih kompetitif sehingga mungkin berusaha mencapai posisi yang lebih baik saat balapan.-Valentino Rossi"

Jenazah Keponakan JF Kennedy Segera Diotopsi

sumber: TEMPO.CO

Jenazah Keponakan JF Kennedy Segera Diotopsi

Jakarta:Tim medis New York akan mulai mengotopsi jenazah Mary Kennedy, istri Robert F. Kennedy Jr, Kamis 17 Mei 2012 waktu setempat. Mary ditemukan tewas di rumahnya, pinggiran kota New York, Rabu 16 Mei 2012. Ia meninggal pada usia 52 tahun. Kematiannya menjadi tragedi terbaru bagi keluarga Kennedy.

Kepolisian mengatakan masih menyelidiki kematian istri kemenakan mantan Presiden AS yang terbunuh, John F. Kennedy. Seorang polisi menyatakan, mayat Mary ditemukan di sebuah gedung properti keluarga Kennedy wilayah Mount Kisco.

Mary menikah dengan Robert F. Kennedy pada tahun 1994. Kala itu, menurut desainer dalam berita Jurnal Westchester, Mary Richardson tengah hamil enam bulan. Satu bulan sebelum pernikahan mereka, Robert F. Kennedy menceraikan istri pertamanya Emily Black yang telah memberinya dua anak.

Pada 12 Mei 2010 lalu, Robert F. Kennedy mengajukan gugatan cerai dari Mary. Namun, menurut pengacara keluarga Kennedy, Kerry A. Lawrence, proses perceraian belum rampung hingga kematian Mary.

Mary dan Robert F. Kennedy dikaruniai empat anak dari pernikahan mereka. Sebelum menikah, Mary dikenal sebagai aktivis lingkungan.

Penulis biografi Kennedy, Laurence Leamer, mengatakan kematian Mary sebagai tragedi terbaru keluarga Kennedy. "Kami tahu dari sejarah keluarga ini, sangat sulit menjadi Kennedy, baik memiliki hubungan darah dengan Kennedy atau karena pernikahan," kata Leamer kepada CNN. "Para selebriti besar, perhatian, kewajiban, harapan bahwa seharusnya melakukan sesuatu dengan hidupmu dengan sangat-sangat keras."

Pada tahun 1968, Robert F. Kennedy Sr dibunug di California. Kematianyya terjadi lebih dari empat tahun setelah kakaknya, Presiden John F. Kennedy tewas di tangan pembunuh.

Lebih dari tiga dekade kemudian pada tahun 1999, istri John F. Kennedy, Carolyn Bessette Kennedy dan adik iparnya, Lauren Bessette, tewas ketika satu pesawat yang ditumpanginya jatuh di perairan Martha's Vineyard, Massachusetts. Lalu, David Kennedy meninggal karena over dosis obat dan Michael Kennedy tewas dalam kecelakaan bermain ski.

CNN | RINA WIDIASTUTI

Hotman Paris Kado Mobil Seharga 9 Miliar ke Anak

sumber: kapanlagi


Demi sang anak, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea rela merogoh koceknya sebesar 9 miliar rupiah untuk membelikan mobil merk Bentley dan diberikan kepada sang anak. Selain karena si anak yang ultah ke 17, prestasi Felicia Putri Parisienne Hutapea dianggap membanggakan.


"Anakku itu sangat berprestasi. Felicia sangat membanggakan orangtuanya. Lihat saja, sebentar lagi dia juga akan magang di kantor hukum internasional," ujar Hotman saat perayaan ultah anaknya di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (19/5) malam.


Felicia sendiri berulang tahun ke-17 pada 16 Mei 2012 lalu. Diakui oleh Hotman jika dirinya tak berniat memanjakan anaknya dengan membelikan mobil mewah. Sementara mobil Bentley Mulsanne merupakan mobil mewah seri terbaru dengan kapasitas mesin 6500 cc.


"Saya hanya ingin mengajarkan sesuatu yang positif pada putri saya tercinta kalau kita bekerja keras itu akan mendapatkan imbalan yang setimpal. Seperti ini (mobil Bentley) contohnya," ujar Hotman. (kpl/adt/rea)

Biadab! Hiu-hiu Raja Ampat Dibantai

sumber: detiknews

Kabar menyayat hati datang dari kawasan laut paling indah di Indonesia, Raja Ampat. Ketika para traveler berusaha mengagumi keindahan bawah lautnya, ada sekelompok orang yang malah membantai hiu dan aneka ikan lain.

Tak ada yang menyangkal keindahan Raja Ampat nun di Papua Barat sana. Tapi sayang, ekosistem Raja Ampat terancam gara-gara nelayan ilegal mengincar hiu. Maklum, harga sirip hiu di pasaran sungguh menggiurkan.

Nelayan tersebut sempat ditahan oleh patroli gabungan masyarakat adat kampung Salyo dan Selpele serta Pos TNI AL Waisai pada hari Senin (30/4) di perairan Raja Ampat. Mereka menyita barang bukti sirip hiu, bangkai ikan hiu, pari, manta, dan teripang yang diperkirakan bernilai Rp 1,5 miliar. Mengerikan!

Semua hasil tangkapan nelayan dan dokumen kapal disita dan nelayan diperintahkan untuk mengikuti kapal patroli ke pelabuhan Waisai. Sayangnya, mereka melarikan diri dan kini masih dalam pengejaran. Direktur Eksekutif Conservation International Indonesia, Ketut Sarjana Putra menyatakan keprihatinannya.

"Penangkapan ikan secara ilegal di kawasan konservasi hiu Raja Ampat merupakan kejadian yang sangat kami sesalkan. Tindakan itu dapat merusak proses peremajaan hiu di kawasan konservasi perairan Raja Ampat. Hal ini jelas merugikan masyarakat lokal karena mengurangi ketersediaan ikan hiu yang bernilai ekonomi tinggi bagi mereka," ungkapnya dalam siaran pers yang diterima detikTravel, Minggu (6/5/2012).

Atas kejadian tersebut, pemerintah telah mengirimkan bantuan patroli serta menempatkan polisi perairan dan pos Angkatan Laut di sekitar Pulau Sayang, Kabupaten Raja Ampat. Pemerintah juga menempatkan polisi perairan di Pulau Wayag sejak tanggal 4 Mei 2012.

Penangkapan ikan ilegal terjadi di sekitar Pulau Sayang dan Pulau Piai di Kawasan Konservasi Perairan Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Berdasarkan adat, kawasan ini dimiliki secara turun temurun oleh Suku Kawe. Mereka sejak 4 tahun lalu, menyatakan area seluas 155.000 hektar di Wayag dan Sayang tertutup untuk penangkapan ikan, demi konservasi ikan yang merupakan sumber mata pencaharian masyarakat setempat. Kawasan tertutup ini dipantau rutin selama 24 jam secara bergantian oleh anggota masyarakat adat Kawe.

Sekretaris Daerah Raja Ampat Ferdinand Dimara turut menyatakan keprihatinannya. Menurutnya, aktivitas nelayan ilegal di Pulau Sayang melanggar peraturan kawasan konservasi. Sementara, tokoh adat dan masyarakat Raja Ampat Hengky Gaman mengecam kejadian tersebut dan meminta pemerintah bertindak tegas.

"Pemerintah harus memberikan hukuman berat kepada nelayan ilegal karena mereka telah melakukan pencurian di wilayah yang selama ini kami lindungi. Nelayan ilegal tersebut harus membayar denda adat kepada orang Kawe sebagai pemilik hak adat atas wilayah pulau Sayang," serunya.

Australian Institute of Marine Science memiliki data, seekor hiu karang bernilai ekonomis tahunan Rp 1,6 miliar, tapi jika dibiarkan hidup ikan ini bisa membantu Rp 17,5 miliar untuk industri pariwisata. Kawasan Raja Ampat memiliki potensi pariwisata hiu sebesar Rp 165 miliar per tahun dan menyumbang pendapatan daerah sebesar Rp 2,5 miliar per tahun dari sektor pariwisata.

Indonesia memiliki jumlah hiu terbesar di dunia, namun ironisnya populasi hiu terus menurun. Di tahun 1990-an, perburuan sirip hiu lazim dilakukan di Raja Ampat, terutama oleh nelayan yang berasal dari luar Raja Ampat.

Sejak 5 tahun terakhir, dibentuklah Kawasan Konservasi Hiu di Raja Ampat. Raja Ampat pun naik daun menjadi kawasan wisata bahari. Keindahannya membuat Raja Ampat berjuluk 'karya agung Tuhan'. Namun para pembantai hiu ini pasti tidak menghargai keagungan ciptaan Tuhan di Raja Ampat.

Nurul Hidayati - detikNews 

20 Mei, Gerhana Matahari Pertama di 2012

sumber: http://news.detik..com/read/2012/05/08/095751/1911728/10/20-mei-gerhana-matahari-pertama-di-2012


Jakarta-Gerhana matahari adalah fenomena alam yang lumrah terjadi. Nah, pada 2012 ini gerhana matahari pertama akan terjadi pada 20 Mei. Gerhana matahari cincin, namanya. Namun untuk wilayah Indonesia bukan penampakan seperti cincin yang terlihat melainkan gerhana matahari sebagian.

"Pada 20 Mei akan terjadi gerhana matahari cincin. Tapi melintasinya di wilayah Pasifik seperti China, Taiwan, Jepang, sampai melintasi Lautan Pasifik dan berakhir di AS saat terbenam. Kalau di Indonesia hanya terlihat sebagai gerhana sebagian, kurang dari 45 persen, dan terlihat saat matahari terbit," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, dalam perbincangan dengan detikcom.

Menurut dia, di wilayah barat Indonesia, fenomena ini tidak akan terlihat. Wilayah Indonesia yang diperkirakan bisa melihat fenomena ini antara lain adalah Manado. Puncak gerhana terjadi pada saat matahari terbit, namun hanya 3 persen saja piring matahari yang tertutup oleh Bulan. Gerhana berakhir pukul 06.38 Wita.

"Kalau di Ambon gerhananya hanya 16 persen. Bisa diamati saat matahari terbit. 16 Persen bagian matahari tertutup bulan, dan berakhirnya sekitar pukul 07.22 WIT," sambung Djamaluddin.

Sedangkan di Manokwari, ketika matahari terbit mulai terjadi gerhana, yakni mulai pukul 06.07 WIT sampai dengan pukul 07.26 WIT. Namun gerhana matahari yang terjadi hanya 17 persen. Di daerah Jayapura gerhananya hanya 4 persen, dimulai pukul 06.23 WIT dan berakhir pada 07.08 WIT.

"Di Indonesia terlihatnya memang gerhana matahari sebagian, meski sebenarnya yang terjadi adalah gerhana matahari cincin. Gerhana matahari cincin juga terjadi karena piringan matahari terhalang piringan Bulan sehingga terlihat seperti cincin," terang alumnus Universitas Kyoto, Jepang, ini.

Tidak ada efek apa pun terkait terjadinya fenomena ini. Untuk diketahui, dalam waktu satu tahun, di Bumi terjadi 5-7 gerhana, baik gerhana matahari maupun gerhana Bulan.

Batavia Madrigal Singers Raih Juara Umum di Bulgaria

sumber: kaskus.us



Batavia Madrigal Singers (BMS) kembali mengharumkan nama Indonesia di ajang kompetisi paduan suara internasional 34th International May Choir Competition “Prof. Georgi Dimitrov” di Varna, Bulgaria. 

Dalam kompetisi yang diselenggarakan 10-13 Mei 2012 tersebut, kelompok yang terdiri atas 34 penyanyi ini ikut serta dalam dua kategori, dan di keduanya BMS meraih prestasi tertinggi: Juara Pertama di kategori Mixed Choir dan Juara Kedua di kategori Chamber Choir (tidak ada yang terpilih menjadi Juara Pertama di kategori ini). Di masing-masing kategori, komposisi Bulgaria dibawakan sebagai lagu wajib selain empat lagu pilihan dari periode yang ditentukan. Komposisi yang dibawakan Mixed Choir adalah Sejala e malka moma (Georgi Dimitrov), Salve Regina (J. Rheinberger), Kalejs kala debesis (Selga Mence), La complainte des âmes (Henk Badings), Gloria Patri (Budi Susanto Yohannes), dan Chamber Choir adalah Dum aurora finem daret (Palestrina), Abendlied (J. Rheinberger), Razmisal (Krasimir Kyurkchitski, Pencho Slaveikov), En une seule fleur (Morten Lauridsen), Ave Maria (Ivan Yohan). 

Sebagai juara di dua kategori, BMS mengalahkan sepuluh paduan suara terpilih dari 8 negara lainnya, maju ke babak Grand Final, bersaing dengan para pemenang pertama di kategori yang berbeda yaitu Paduan Suara Lautitia dari Hungaria dan Northern Kentucky University Chamber Choir dari Amerika Serikat. BMS yang membawakan karya-karya Sejala e malka moma (Georgi Dimitrov), Mate Saule (Peterisk Vasks), Ave Maris Stella (Trond Kverno) dan Gloria Patri (Budi Susanto Yohannes) berhasil menjadi Juara Umum kompetisi di Varna ini. 

Kompetisi di Varna ini adalah satu kompetisi yang tergabung dalam rangkaian seri kompetisi paduan suara paling bergengsi di dunia, the European Grand Prix for Choral Singing. Selain di Varna, seri kompetisi ini diselenggarakan di Arezzo (Italia), Debrecen (Hungaria), Maribor (Slovenia), Tolosa (Spanyol), dan Tours (Prancis). Dengan kemenangan di Varna ini berarti BMS berhasil maju ke babak Grand Prix yang akan diselenggarakan di Arezzo, Italia, 2013, bersaing dengan para juara umum dari seri yang sama yang diselenggarakan sepanjang tahun 2012 di lima kota lain seperti tersebut di atas. Prestasi ini menjadikan BMS paduan suara Indonesia pertama yang berhasil menembus babak Grand Prix yang merupakan supremasi dunia paduan suara. 

Hal yang makin membanggakan adalah terpilihnya Avip Priatna sebagai Konduktor Terbaik dalam kompetisi ini. Ini adalah prestasi yang terulang setelah beliau juga terpilih sebagai Konduktor Terbaik di 54 Certamen de Habaneras y Polifoni yang diselenggarakan di Torrevieja, Spanyol, 2011, di mana BMS juga berhasil mencetak prestasi yang sangat gemilang. 

Seluruh penampilan dan keberhasilan BMS mencetak tinta emas bagi Indonesia di Varna ini dihadiri oleh Bapak Bunyan Saptomo, Duta Besar Indonesia untuk Bulgaria. 

Siaran pers ini disampaikan dalam perjalanan BMS menuju Amerika Serikat untuk memenuhi undangan tampil dari Capitol Hills Arts Workshop di Washington, D.C. dan St. Andrew Catholic Church, New York City tanggal 16 dan 19 Mei 2012.

Ini video penampilannya:


Ternyata, Sendal Jepit Berbahaya!

sumber: Ghiboo.com


Memakai sendal jepit memang dipilih sebagian orang karena kepraktisannya. Sayangnya, para ahli menyimpulkan bahwa memakai sendal jepit dalam jangka panjang amat berisiko bagi kesehatan. 

Sendal jepit dianggap berbahaya karena jari kaki tidak bisa terangkat dengan rileks, dan ini mengarah pada perubahan tekanan lebih besar pada pergelangan kaki dan tekanan vertikal yang lebih kecil di tumit. 

Kerusakan pada kaki yang mengenakan sendal jepit lebih serius daripada sepatu hak tinggi. Para ahli memperingatkan bahwa sendal jepit dapat mengubah cara berjalan seseorang, sehingga ketika mengambil langkah, mereka memberikan tekanan pada bagian luar kakinya daripada tumitnya. Pada akhirnya menyebabkan kerusakan jangka panjang. 

Sendal jepit kurang memberikan dukungan pada telapak kaki, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit dan lengkungan tendon. Selain itu, ada juga risiko cidera serius dari tersandung. 

Tak hanya itu, sebuah hasil tes juga menunjukkan bahwa sendal jepit merupakan sarang kuman. Sendal yang dipakai selama empat hari berturut-turut akan menjadi menjadi rumah bagi bakteri mematikan, seperti staphylococcus aureus, yang bersembunyi di karet sendal. 


Jika Anda memiliki luka di sekitar kaki, maka bakteri bisa memasuki aliran darah. Bila tak segera ditangani, maka bisa menyebabkan kematian. 

"Bakteri staphylococcus aureus dapat membuat sakit Anda cukup berat jika bakteri tersebut masuk kedalam luka dan ke dalam aliran darah Anda, dimana bakteri bisa menyerang organ internal Anda yang manapun. Jika Anda tidak mengobatinya dengan antibiotik, nyawa Anda akan terancam," papar ata Dennis Kinney, Ph.D., manajer laboratorium mikrobiologi di EMSL Analytical. 

Wisata Sejarah di Asia Tenggara

sumber: http://id.travel.yahoo.com/jalan-jalan/283-wisata-sejarah-di-asia-tenggara


Asia Tenggara memiliki banyak lokasi menarik bagi para penggemar sejarah seperti saya. Budaya di kawasan ini amat beragam dengan sejarah yang panjang. Awal yang baik untuk melakukan perjalanan, sebab terjangkau dari sisi anggaran dan jarak.

Berikut ini adalah beberapa tempat bersejarah di Asia Tenggara yang saya rekomendasikan. Semoga menginspirasi Anda untuk rencana perjalanan berikutnya! 


Borobudur, Indonesia


Borobodur adalah kompleks candi termasyhur lainnya di Asia Tenggara. Bagi kita yang di Indonesia, mengunjunginya sangat mudah. Walau lebih kecil dari Angkor Wat, Borobudur lebih tua, dibangun pada abad ke-9. Candi ini juga dari awal didedikasikan untuk umat Buddha. 


Angkor Wat, Kamboja


Secara harfiah namanya berarti “candi (berukuran) kota/city temple”. Ukurannya memang masif, sekitar 80 hektare. Didirikan pada abad ke-12 oleh raja Suryawarman II sebagai bagian dari kekaisaran Khmer yang berdiri pada abad yang sama. Uniknya, ia merupakan salah satu kompleks candi Buddha yang pada awalnya digunakan oleh umat Hindu. 


Ayutthaya, Thailand


Ayutthaya adalah kerajaan yang ada di jantung negara Thailand hari ini. Ia merupakan salah satu kerajaan terkaya di Asia Tenggara. Ayutthaya sendiri hari ini merujuk pada kompleks kota tua di dalam kota modern yang juga bernama Ayutthaya. Kumpulan candi-candi (wat) peninggalan ibukota Ayutthaya dapat dikunjungi di Ayutthaya Historical Park. 


Luang Prabang, Laos 


Kota ini merupakan ibukota kerajaan Luang Prabang yang berdiri pada abad ke-17 sampai akhir abad ke-18. Mirip seperti Ayutthaya, Thailand, di kota ini banyak peninggalan bangunan bersejarah seperti candi (juga dipanggil wat di Laos). 


Hue, Vietnam


Hue dulunya adalah ibukota dari Vietnam ketika negara itu berada di bawah bendera Dinasti Nguyen. Sejarah dinasti yang panjang meninggalkan beberapa bangunan bersejarah, seperti benteng, monumen dan makam. Selain itu, letaknya yang berada di tengah Vietnam menjadi lokasi pertempuran antara pasukan Vietnam Selatan dan Vietnam Utara ketika Perang Vietnam. 


Melaka, Malaysia


Didirikan sebagai pos strategis Portugis dalam rangka ekspansi kolonialismenya ke Asia Tenggara. Sempat menjadi pos persinggahan bangsa Belanda juga. Beberapa peninggalan kolonial seperti benteng pertahanan (A Famosa) dan balai kota (Stadthuys) terdapat di sini. Cocok jika Anda menyukai wisata kota tua. 


Singapura 


Wisata sejarah tidak perlu melulu soal candi atau situs tertentu. Beberapa bagian dari sebuah kota atau negara bisa menjadi ekskursi sejarah yang menarik. Mungkin tidak ada yang terbayang soal Singapura sebagai tempat bersejarah, tetapi Singapura punya sejarah kolonial yang menarik.

Ia menjadi persimpangan banyak momen di masa lalu dan berpindah-pindah tangan ke banyak pihak, mulai dari Sriwijaya, Inggris, sampai Malaysia. Jumlah populasinya banyak didominasi imigran karena letaknya yang strategis. Sebagai konsekuensi, Singapura tumbuh menjadi pusat ekonomi dan industri yang mapan. 

Sejumlah Pemain Muenchen Ternyata 'Ogah' Lakukan Penalti

sumber: REPUBLIKA.CO.ID


MUENCHEN - Sejumlah pemain Bayern Munich termasuk Arjen Robben menolak melakukan tendangan penalti dalam kekalahan mereka saat melawan Chelsea pada pertandingan final Liga Champions, Sabtu waktu setempat atau Minggu dinihari WIB. 

Faktor itulah yang memaksa pelatih Jupp Heynckes memilih kiper Manuel Neuer untuk melakukan penalti, ujar Heynckes kepada wartawan.

"Beberapa pemain saya tidak merasa cukup yakin atau cukup percaya diri untuk melakukan tendangan penalti," ujar Heynckes. "Mereka kelelahan setelah bermain selama 120 menit. Anda tidak dapat memaksa siapa pun untuk melakukan tendangan penalti."

Heynckes juga mengatakan di antara mereka yang menolak adalah Robben, yang sempat gagal mengeksekusi hadiah penalti pada babak pertama pertambahan waktu.

"Dia tidak merasa percaya diri untuk dipilih," ujar Heynckes. "Oleh karena itulah mengapa Neuer melakukan tendangan penalti. Ini dapat dimengerti. Itu sih sah-sah saja dan saya perlu untuk mengetahuinya."

Bayern kalah 3-4 dalam adu tendangan penalti setelah sempat unggul di menit ke-83 melalui tembakan Thomas Mueller. Didier Drogba kemudian berhasil menyamakan kedudukan pada sisa waktu dua menit babak kedua, sebelum Robben gagal mencetak gol melalui peluang penalti di babak pertambahan waktu.


Ini merupakan kegagalan kedua Robben dalam penalti penting setelah gagal dalam tendangan penaltinya pada pertandingan penting liga melawan sang juara Borussia Dortmund pada April lalu.

Franz Beckenbauer: Meski Beruntung, Chelsea Layak Juara

sumber: goal.com


Presiden kehormatan Bayern Munich Franz Beckenbauer mengakui Chelsea layak memenangkan Liga Champions usai menang adu penalti di Allianz Arena, Minggu (20/5) dinihari WIB.

Pertandingan di waktu normal berkesudahan 1-1, dan dilanjutkan dengan babakextra time, meski ada peluang penalti Arjen Robben yang gagal dan skor tetap tak berubah. Penentuan juara akhirnya dilakukan lewat adu tos-tosan. Penendang terakhir The Blues, Didier Drogba, memastikan gelar buat tim asal London itu.

Beckenbauer mengakui, keberuntungan menaungiThe Blueskali ini. Namun, ia tidak sependapat kalau mereka menjadi bahan olok-olokan media karena pendekatan permainan bertahan.


"Kenapa klub Inggris disalahkan di saat Bayern tidak mampu mengkonversi dominasi?" ujar Beckenbauer usai pertandingan.

"Keberuntungan memang menauni Chelsea saat ini. Itulah mengapa mereka layak jadi juara Liga Champions. Bayern sebenarnya tim terbaik untuk sebagian besar pertandingan."