بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 10/18/12
Go Green

Clock Link

Thursday, October 18, 2012

Nikita Mirzani Minta Damai Dengan Korban 'Bogem Mentahnya'

sumber: kapanlagi


Setelah ditetapkan menjadi tersangka dan menjalani penahanan, artis Nikita Mirzani sepertinya tak tahan berada di ruang tahanan. Wanita yang kerap menuai sensasi ini dikabarkan sempat meminta damai dan berharap laporan terhadap dirinya dicabut.

“Belum ada info soal itu, tapi Nikita memang menghubungi korban untuk meminta cabut laporan. Tapi memang korban sulit dihubungi, agak menutup diri ke arah sana,” ujar kuasa hukum Nikita, Minola Sebayang saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (17/10) malam.

Minola pun menambahkan jika apa yang diinginkan oleh Nikita bukan karena wanita yang memiliki banyak tato itu merasa bersalah.

“Ini menunjukkan adanya good will dari Nikita, karena niatnya bukan untuk sakiti atau aniaya. Kalau katanya dihubungi tapi nggak mau, itu hak mereka untuk bicara,” kata Minola.

Nikita kini menjalani penahanan di rutan Polda Metro Jaya. Pengacara Nikita pun saat ini mencoba untuk meminta penangguhan penahanan kliennya.

“Itu hak yang dijamin UU. Kita akan lakukan, tapi karena baru datang malem, baru bisa lihat hasil permohonan itu besok ke depan,” pungkasnya. (kpl/adt/sjw)

Bulan Depan, Makam Arafat Dibongkar

sumber: Liputan6.com,


Ramallah: Bulan depan, beberapa tim peneliti yang menyelidiki kejanggalan kematian mantan pemimpin Palestina, Yasser Arafat, akan membongkar makamnya. Mereka dijadwalkan tiba di Ramallah, Palestina, pada 26 November.

"Kami telah diberitahu komisi penyelidikan Prancis akan tiba pada 26 November untuk memulai pekerjaannya," kata sumber berwenang yang terkait dengan kasus itu kepada AFP.

Dilansir laman AFP, tim tersebut terdiri dari para peneliti Prancis yang diperkuat dengan para ahli dari Institut Radiasi Fisika di Universitas Lausanne, Swiss. Mereka rencananya akan tiba di Ramallah pada waktu yang sama dan melakukan penelitian lebih lanjut, termasuk membongkar makam Arafat.

"Untuk membongkar makam Arafat dan mengambil spesimen untuk analisis yang memakan banyak waktu, mungkin beberapa pekan atau bulan," tambah sumber tersebut.

Menurut keterangan sumber yang merahasiakan identitasnya itu, otoritas Palestina juga akan menyediakan tim tersebut dengan fasilitas untuk menemukan bukti kematian Presiden Yasser Arafat yang pasti.

Kasus dugaan pemimpin Palestina yang mati secara tak wajar ini sebelumnya diajukan oleh istri Arafat, Suha Arafat, yang menduga suaminya mati akibat diracun polonium. [Baca: Suha Arafat Ajukan Kasus Kematian Arafat ke Prancis]

Polonium adalah zat yang sangat beracun dan jarang ditemukan di luar kalangan militer dan ilmiah. Racun tersebut juga dilaporkan menjadi penyebab kematian mantan mata-mata Kremlin Alexander Litvinenko, yang meninggal pada 2006 di London akibat meminum teh yang dicampur dengan polonium itu. (FRD)

Jokowi Segera Revisi SK Tugas Keislaman Wagub



Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan akan segera merevisi Surat Keputusan Gubernur tentang tugas dan wewenang Wakil Gubernur Basuki Tjahaja Purnama terhadap sejumlah lembaga ke-Islaman di ibu kota. 

"Mudah itu, kan ini baru masuk. Nanti akan kami bahas," jelas Gubernur yang akrab disapa Jokowi tersebut saat ditemui di Balai Kota Jakarta pada Kamis pagi (18/10). 

Menurut dia, tugas dan wewenang Wakil Gubernur Basuki T. Purnama menjadi pimpinan di sejumlah lembaga ke-Islaman dapat dilimpahkan kepada dirinya atau ke pejabat terkait lain. 

"Gampang kalau hanya SK Gubernur, tidak peraturan daerah saja kan mudah, satu hari bisa rampung. Tentang peraturan gubernur atau sk gubernur tidak ada masalah," tegas Jokowi. 

Sebelumnya pada Selasa (11/10) Front Pembela Islam (FPI) berunjuk rasa di depan Kantor DPRD DKI Jakarta untuk mendesak agar pemerintah provinsi DKI Jakarta merevisi SK Gubernur tentang jabatan Wagub di sejumlah lembaga ke-Islaman. 

Namun hal itu tidak bisa dilakukan oleh DPRD karena pada waktu itu jabatan Gubernur dan Wagub belum terisi dan sedang dalam masa peralihan. 

FPI keberatan karena Wagub yang nantinya memimpin sejumlah lembaga ke-Islaman di DKI Jakarta bukan Muslim. 

Dalam SK Gubernur disebutkan tugas dari jabatan Wagub adalah menjadi Ketua Badan Lembaga Bahasa dan Ilmu Al Quran, Ketua Dewan Pembina Lembaga Pengembangan Tilawatil Al Quran, Ketua Dewan Pertimbangan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (Bazis), Ketua Dewan Pembina Badan Perpustakaan Masjid Indonesia, Ketua Dewan Masjid Indonesia dan Ketua Dewan Penasihat Forum Kerukunan Umat Beragama.(rr)

Siapakah Malala Yousafzai?

sumber: TEMPO.CO


Islamabad - Kabar tentang tertembaknya seorang gadis berumur 14 tahun asal Pakistan pada 9 Oktober 2012 lalu, Malala Yousafzai telah membuat kehebohan di berbagai macam penjuru dunia. Namun siapakah sebenarnya gadis ini?

Gadis yang lahir pada 12 Juli 1997 adalah seorang murid sekolah yang berasal dari Kota Mingora, Kabupaten Swat, Provinsi Khyber-Pakhtunkhwa, Pakistan. Ia merupakan seorang aktivis muda yang ingin memperjuangkan dan memajukan hak wanita dalam bidang pendidikan.

Malala tinggal dan bersekolah di lingkungan yang dikuasai oleh Taliban, sebuah grup militan yang ingin menerapkan hukum Syariah di Pakistan. Taliban, yang dideskripsikan sebagai salah satu grup militan paling berbahaya di Pakistan, melarang perempuan untuk bersekolah. Mereka bahkan memaksa sekolah-sekolah perempuan untuk ditutup, jika tidak mereka akan menghancurkan sekolah-sekolah tersebut. Hal ini menarik Malala untuk memperjuangkan hak pendidikan para perempuan.

Ziauddin Yousafzai, ayah Malala, memiliki sebuah sekolah privat untuk perempuan berumur 14 tahun. Namun pada tahun 2009 Taliban membuat sebuah keputusan yang menyatakan bahwa perempuan harus berhenti sekolah. Ziauddin terpaksa membawa dirinya dan keluarganya bermalam di tempat yang berbeda-beda setiap hari agar ia bisa melindungi keluarganya dari serangan Taliban. Ziauddin juga dikenal sebagai aktivis Pakistan.

Pada awal 2009, Abdul Hai Kakkar, seorang wartawan BBC Urdu menanyakan Ziauddin apakah ada muridnya yang ingin menulis tentang kehidupan di bawah perintah Taliban. Aisha, seorang muridnya, dipilih oleh Ziauddin dan sempat menulis beberapa kali.

Sayangnya, tak lama kemudian orang tua Aisha melarangnya menulis lagi. Ini membuat Malala terpilih untuk menjadi pengganti Aisha walau saat itu ia baru berumur 11 tahun.

Tulisan-tulisan Malala yang dimulai 3 Januari 2009 menarik perhatian dari seluruh penjuru dunia. Ia menulis dengan tangan sendiri tentang apa yang terjadi di sekitarnya.

Dalam setiap tulisannya ia menceritakan lingkungan hidupnya yang berada di tengah perang, namun tetap mengharapkan datangnya kedamaian suatu saat nanti. Malala juga meyakini Taliban tak akan bisa menghentikan setiap perempuan untuk mengenyam pendidikan.

Untuk menjaga keamanan Malala, setiap tulisannya ditulis dengan nama ‘Gul Makai’ yang berarti bunga jagung dalam bahasa Urdu. Pada 12 Maret 2009 Malala berhenti menulis dan tak lama kemudian Malala dan ayahnya ditawarkan Adam B. Ellick, wartawan New York Times, untuk membuat sebuah film dokumenter.

Pada 25 Oktober 2011 Malala diberikan nominasi dalam penghargaan ‘International Children’s Peace Prize’ oleh Desmond Tutu, seorang aktivis asal Afrika Selatan. Dua bulan kemudian, pada 19 Desember 2011 gadis ini diberi penghargaan ‘Pakistan’s National Youth Peace Prize’ oleh Perdana Menteri Yousaf Raza Gilani.

Perjuangan Malala Yousafzai telah membuka mata banyak orang akan berharganya hak wanita. Ia merupakan seorang gadis yang membuka jalur untuk harapan yang lebih baik.

Obama Vs Romney: 90 Menit Paling Menentukan

sumber: TEMPO.CO


New York - Presiden Amerika Serikat saat ini, Barack Obama, dari Partai Demokrat dan calon presiden Mitt Romney dari Partai Republik akan memasuki debat presiden kedua pada Selasa malam, 16 Oktober 2012 waktu setempat.

Obama harus tampil maksimal untuk mengatasi kekurangannya pada debat presiden yang pertama, sementara Romney berharap bisa membangun momentum selama 10 hari terakhir ini.

»Kampanye memiliki pivot point dan kami sekarang sedang memasuki kampanye pemilihan presiden. Debat ini untuk memasuki ke satu tujuan atau ke tujuan lainnya,” kata ahli strategi Demokrat, Tad Devine. »Jika Romney bisa menyapu bersih Obama lagi, ini bisa mengubah hasil pemilu.”

Obama tiga hari terakhir ini menghabiskan waktunya di Williamsburg, Virginia, dekat lapangan golf. Tapi Obama tidak bermain golf di situ. Bahkan Obama sama sekali tidak mengunjungi sebuah desa bersejarah dari masa colonial yang ada di dekat situ. Apalagi ke konvesi Ferrari.

Obama tampak selalu didampingi oleh Senator John Kerry dari Partai Demokrat Massachusetts, yang berperan penting dalam debat presiden sebelumnya. Kerry terlihat selalu menenteng-nenteng banyak berkas.

Sementara Romney menghabiskan waktunya di Massachusetts, menghabiskan waktunya selama berjam-jam dengan para penasehat topnya di detik-detik terakhir menjelang debat presiden kedua.

Debat presiden kedua ini akan ditayangkan langsung dari Hofstra University, Hempstead, New York dan akan dimulai pada Selasa pukul 21.00 waktu setempat. Acara debat ini akan ditayangkan langsung oleh sebagian besar televise berbayar dan stasiun televisi. Debat akan fokus pada masalah domestik dan kebijakan luar negeri.

Lukisan Picasso Raib dari Museum Belanda

sumber: TEMPO.CO


Rotterdam - Pencuri menjarah sebuah museum seni di Belanda yang merayakan ulang tahun ke-20, dini hari tadi. Sialnya, tujuh lukisan pinjaman, termasuk karya-karya berharga Picasso, Monet, Gauguin, Matisse, dan Lucian Freud turut dalam koleksi yang digondol maling itu.

Museum Kunsthal di Rotterdam - yang memamerkan koleksi pribadi yang dimiliki oleh Yayasan Triton - ditutup untuk umum setelah pencurian. Tapi ruang kosong di dinding bisa dilihat fotografer melalui jendela di gedung yang terletak di kawasan sibuk Maasboulevard ini.

Pencurian ini menjadi peringatan terbaru mengenai keamanan museum di Eropa, setelah serangkaian penucirian yang terjadi. Pada 2010 lima lukisan, termasuk Picasso dan Matisse, bernilai sekitar 100 juta euro, atau sekitar US$ 130 juta, dicuri dari Musée d'Art Moderne di Paris. Hingga kini koleksi itu belum ditemukan.

Penyidik polisi menyisir lantai dasar museum dan mempelajari kamera CCTV untuk mencari petunjuk atas pencurian tersebut. Mereka menduga pencurian terjadi sekitar pukul 03.00. Alarm tanda bahaya sempat berbunyi, namun ketika petugas keamanan datang, lukisan telah lenyap.

Museum ini merupakan bagian dari koleksi investor Belanda, Willem Cordia, yang meninggal pada tahun 2011. Benda-benda seni dipamerkan di depan umum untuk pertama kalinya minggu lalu. Lukisan-lukisan yang dicuri merentang dalam tiga abad: "Self-Portrait" dari Meyer de Haan (tahun 1890 dan 1898); »Girl in Front of Open Window” Gauguin (1898); "Waterloo Bridge, London" dan "Charing Cross Bridge, London," Monet (1901)baik dari 1901 , »Reading Girl in White and Yellow” Matisse (1919); »Harlequin Head” Picasso (1971); dan "Kepala Harlequin" Picasso, dan potret "Wanita Dengan Mata Tertutup"oleh Freud.

Marc Masurovsky, seorang sejarawan dan ahli seni di Washington, mencatat kemungkinan bahwa pencurian itu "pekerjaan pencuri profesional bayaran". "Lukisan-lukisan itu mungkin sudah ditargetkan sebelumnya, jauh sebelum pameran dilakukan," katanya.

Malala Diboyong ke Inggris

sumber: TEMPO.CO


Islamabad-Malala Yousufzai, remaja Pakistan yang ditembak Taliban Pakistan pekan lalu, dibawa ke Inggris untuk menjalani perawatan lebih intensif, kemarin. Menurut pihak militer Pakistan yang merawat gadis asal Lembah Swat itu di rumah sakit Peshawar dan Rawalpindi, Malala membutuhkan penanganan khusus agar fisik dan psikisnya kembali pulih seperti semula.

»Inggris menjadi pilihan karena negara ini memiliki layanan khusus dan terintegrasi bagi anak-anak yang mengalami luka parah,” kata militer Pakistan mengutip rekomendasi dokter yang merawat Malala.

Malala, yang ditembak di kepala, membutuhkan penanganan lebih lanjut pada tulang kepala serta rehabilitasi saraf. »Keluarga Malala menyetujui perawatannya ke Inggris. Adapun biaya perawatan ditanggung pemerintah Pakistan,” ujar pihak militer. Namun tidak ada informasi mengenai lokasi pasti di mana gadis 14 tahun itu dirawat.

Malala dan dua rekannya menjadi korban penembakan Taliban Pakistan pada Selasa pekan lalu. Taliban menyatakan sengaja menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi nyawa remaja yang dinilai menyebarkan nilai-nilai Barat, yakni pentingnya pendidikan bagi anak perempuan, itu.

Dukungan terbesar kepada Malala terjadi Ahad lalu, ketika puluhan ribu orang menggelar pawai damai di Kota Karachi. Pemimpin partai Gerakan Muttahida Quami, sebagai penyelenggara pawai, mengkritik sikap apatis partai politik maupun kelompok Islam saat menanggapi serangan terhadap Malala.

»Malala Yousufzai adalah tokoh pengetahuan. Serangan terhadap Malala merupakan serangan terhadap ideologi Pakistan,” tutur Altaf Hussain, petinggi partai, melalui telepon dari London. Hussain tidak dapat menghadiri pawai itu karena ia melarikan diri dari Pakistan.

Dua Obat Lagi Dikaitkan Wabah Meningitis di AS

sumber: TEMPO.CO


Massachusetts - Dua jenis obat lagi, produksi perusahaan yang saat ini tengah diinvestigasi karena diduga terkait dengan wabah meningitis, kembali dicurigai menjadi penyebab merebaknya penyakit yang kini sudah tersebar di 15 negara bagian di Amerika Serikat.

The New England Compounding Center of Framingham, Massachusetts, sudah masuk dalam pengawasan yang sangat ketat sejak bulan lalu, ketika sebuah jamur diduga menjadi penyebab terjadinya wabah meningitis langka. Jamur ini dikaitkan dengan suntikan steroid yang digunakan untuk mengobati sakit punggung, yang diproduksi oleh perusahaan obat tersebut.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration/FDA), seperti dikutip dari CBS News yang mengambil dari AP, pada Senin lalu menelusuri laporan terinfeksinya tiga orang yang mendapatkan obat-obatan yang berbeda dari perusahaan itu. Salah seorang pasien yang kemungkinan terkena penyakit meningitis telah mendapatkan suntikan jenis lain dari suntikan steroid.

FDA juga menemukan dua pasien yang melakukan transplantasi jantung terinfeksi jamur setelah diberi obat-obatan yang diproduksi oleh perusahaan yang bersangkutan selama masa pembedahan.

FDA menambahkan, penyebab penyakit ini memang masih dalam investigasi dan bisa saja hati pasien yang melakukan transplantasi itu terinfeksi jamur dari sumber lain atau dari tempat tinggal ketiga pasien ini.

Berdasarkan data hingga Senin, 15 Oktober 2012, sudah 214 orang yang terkena meningitis di 15 negara bagian, termasuk 15 di antaranya meninggal dunia.

Selama beberapa pekan terakhir, para pejabat Kementerian Kesehatan meminta para dokter menghubungi pasien-pasien mereka yang telah mendapatkan suntikan steroid methylprednisolone acetate, yang diproduksi perusahaan obat di Massachusetts. Bahkan para dokter diminta menghubungi pasien yang telah mendapatkan suntikan jenis apa pun produksi pabrik ini, termasuk steroid dan obat-obatan lainnya, yang digunakan untuk operasi mata maupun jantung.

Pekan lalu, pejabat Kementerian Kesehatan mengatakan, 12 ribu dari 14 ribu pasien yang pernah mendapatkan suntikan steroid berhasil dihubungi. Pasien-pasien ini pernah mendapat suntikan methylprednisolone acetate di klinik-klinik di 23 negara bagian.

Obat steroid ini sudah ditarik dari peredaran sejak bulan lalu. Perusahaan juga sudah menutup operasional pabrik serta menarik seluruh obat-obatan yang mereka produksi.

FDA saat ini tengah melakukan investigasi berdasarkan laporan terbaru, termasuk menyelidiki obat-obatan yang digunakan untuk bedah jantung dan jenis steroid kedua yang disebut triamcinolone acetonide.

Gejala-gejala meningitis ditandai dengan sakit kepala yang parah, mual dan muntah-muntah, serta demam tinggi. Pejabat Pusat Pengawasan Penyakit (Centers for Disease Control/CDC) menyebutkan, sebagian kasus hanya mengalami gejala ringan, tapi untuk beberapa kasus sampai mengalami stroke.

Menurut CDC, gejala meningitis akan muncul antara satu sampai empat minggu setelah pasien mendapat suntikan. Namun, ada satu pasien yang mendapatkan gejala itu setelah 42 hari disuntik.

Ulasan Album Perdana NOAH: Lirik Lagu yang Tak Lagi Sama | Benny Chandra

sumber: kapanlagi



Apa yang akan terjadi dengan album baru dari sebuah grup musik yang baru saja berganti nama? Apakah ciri khas lagu-lagunya juga ikut berganti atau sama saja seperti sebelumnya? 


Itulah yang sempat menjadi pertanyaan saya ketika hendak membeli album “Seperti Seharusnya” milik NOAH yang gambar sampulnya mengingatkan pada sampul “Nowhere to Go” milik Endah N Rhesa dan “Roses” karya The Cranberries ini. 

Sebagai nomor pembuka, ada “Raja Negeriku” ciptaan Ariel dan Uki yang diwarnai sorak-sorai dari 200 orang teman-teman Ariel di rumah tahanan Kebonwaru. Lagu soal seruan gerakan perubahan untuk masa depan negeri dan bangsa agar menjadi lebih cerah itu semakin terdengar bertenaga dan istimewa dengan kehadiran cuplikan pidato mantan Presiden RI Sukarno di bagian awal, pertengahan, dan akhir lagu. Menarik. 

Adapun “Separuh Aku” ciptaan David dan Ihsan Nurrachman yang dijadikan andalan album ini memang tergolong sangat gampang dicerna oleh kuping. Cocok dipakai untuk menarik perhatian para pendengar musik Indonesia terhadap kemunculan kembali secara utuh grup musik yang beranggotakan Ariel (vokal), Uki (gitar), Reza (drum), Lukman (gitar), dan David (kibor) ini. 

Begitu juga dengan lagu “Sendiri Lagi”. Bagi sebagian orang pasti langsung terasa tidak asing lagi dengan lagu ciptaan Ryan Kyoto itu. Tidak perlu heran berkepanjangan. Ya, lagu tersebut pernah dinyanyikan oleh almarhum Chrisye sekitar tahun 1993 dan termuat dalam albumnya yang berjudul sama. 






Selain beberapa lagu tadi, sebenarnya masih ada sejumlah lagu lain yang tidak kalah berpotensi untuk disukai banyak orang. Tapi, lagu-lagu itu mungkin perlu dimainkan lebih dari sekali baru bisa terdengar lebih enak. Sebut saja seperti “Hidup Untukmu, Mati Tanpamu”, “Terbangun Sendiri”, “Tak Lagi Sama”, dan “Puisi Adinda”. 






Secara keseluruhan, corak musik album ini terdengar tidak jauh berbeda dengan karya-karya mereka sebelumnya saat masih memakai nama Peterpan. Begitu juga gaya menyanyi Ariel, tetap seperti biasanya. 






Tapi, ada hal lain yang terasa agak berbeda. Apakah itu? Lirik lagunya. 






Saya pernah ditanya seorang teman, hal apa yang paling menarik dari lagu-lagu yang diusung Ariel dan rekan-rekannya? Waktu itu, jawaban saya adalah lirik lagunya yang sering kali tergolong tidak biasa, bahkan untuk topik yang biasa. Tengok saja lagu-lagu seperti “Di Atas Normal”, “Di Balik Awan”, “Menunggu Pagi”, “Ada Apa Denganmu”, “Menghapus Jejakmu”, dan “Sally Sendiri”. 






Namun, di album perdana dari NOAH ini saya merasa agak susah menjumpai lagu dengan lirik-lirik semacam itu. Sebagian besar di antaranya didominasi lagu bernuansa patah hati, dengan lirik seperti layaknya orang kehilangan pasangan yang sangat dicintainya. Penuh pujian dan rayuan. 






Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena isi album ini tidak lagi didominasi karya Ariel seperti biasa, khususnya untuk urusan lirik lagu. Jika diperhatikan lebih jauh, dari sepuluh lagu yang ada di album ini, setidaknya hanya lima di antaranya yang penggarapan liriknya melibatkan sang vokalis. 






Sisanya merupakan ciptaan dari para personel lain. Di samping itu, ada pula Ryan d’Masiv yang menuliskan lirik untuk “Hidup Untukmu, Mati Tanpamu”. 






Apakah isi album NOAH selanjutnya juga akan seperti itu? Perlu dibuktikan nanti. 






Benny Chandra ( www.bennychandra.com

9 Gadget yang Mampu Bersaing untuk Waktu yang Lama



Ketika ingin berbelanja perangkat teknologi, terkadang memang kita lebih baik menunggu model terbaru yang lebih canggih. Tetapi tidak selalu. Berikut adalah 10 produk yang menjadi primadona pada saat ini, yang tidak akan Anda sesali dalam enam bulan atau setahun ke depan ketika model berikutnya muncul.

1. Monitor
Walau setiap hari menggunakan laptop, Anda pasti memerlukan tidak hanya satu, melainkan dua monitor berukuran besar di meja kerja Anda. Semakin banyak pikselnya, maka Anda akan semakin produktif, jadi belilah dua monitor dengan resolusi 1080 piksel baik untuk di meja kerja rumah Anda mapun di kantor.

Anda dapat menemukan monitor murah 32 inci dengan layar 1920x1080 piksel seharga $130 (sekitar Rp1,2 juta). Namun, saya merekomendasikan menambah sedikit anggaran menjadi $150 (Rp1,4 juta) atau lebih agar Anda bisa mendapatkan monitor LED.

Atau jika Anda mampu, sediakan $300 (Rp2,8 juta) agar Anda bisa mendapatkan monitor dengan resolusi 1920x1200. Meski mungkin akan muncul lebih banyak monitor dengan teknologi layar sentuh pada tahun depan, monitor yang sekarang akan dapat membantu Anda lebih baik lagi dan harganya tidak akan turun.


2. SSD
Jika Anda tidak menggunakan solid state drive di komputer Anda, berhenti membaca artikel ini dan kirim email permintaan maaf kepada atasan Anda karena telah membuang waktu produktif begitu banyak menunggu hard drive komputer Anda yang lamban dalam memuat berbagai hal.

SSD bukanlah barang yang mahal. Bahkan $200 adalah harga yang murah untuk mendapatkan perbedaan kecepatan antara SSD dan hard drive yang memakan waktu booting begitu lama. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk dihabiskan bersama keluarga.


3. Notebook Windows 7 
Tak lama lagi, banyak pengguna notebook akan mengatakan hal yang sama mengenai notebook dengan Windows 8 mereka yang baru (“Windows tidak seperti dulu lagi”). Meski demikian, sistem operasi Microsoft yang terbaru menawarkan kinerja yang lebih baik serta tampilan yang memberikan banyak kemudahan.

Jika Anda menginginkan komputer personal yang baru, namun dengan tampilan tradisional khas Windows yang tidak memiliki banyak perubahan sejak 1992, maka Anda akan kehabisan waktu. Setelah Windows 8 diluncurkan pada 26 Oktober nanti, banyak notebook yang dirilis setelahnya akan dilengkapi dengan sistem operasi yang baru tersebut. Persediaan Windows 7 akan dikurangi dan dalam waktu dekat Anda akan dapat membeli perangkat dengan Window 8. Jika Anda membeli notebook dengan sistem operasi Windows 7 dan kemudian memutuskan untuk mengupgrade, bersiaplah untuk mengeluarkan sekitar Rp384 ribu.


4. Tablet 7 inci 
Jika Anda menginginkan tablet media murah dengan kemampuan besar, maka Anda sama sekali tidak memerlukan alasan untuk menunggu. Saat ini, Anda dapat membeli tiga tablet media yang mengagumkan, Amazon Kindle Fire HD, Google Nexus 7 atau Barnes and Noble Nook HD dengan harga $199 (Rp 1,9 juta) dengan ukuran yang sedikit lebih lebar, sedangkan iPad Mini berukuran 7,8 inci nampaknya akan diluncurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Tidak satu pun perusahaan tersebut melakukan pembaruan dalam produk andalan mereka lebih dari sekali dalam setahun. Jadi jika Anda membeli sekarang, maka Anda tidak akan melihat versi terbarunya muncul sampai akhir 2013. Bahkan pada saat itu, mereka akan sulit untuk meningkatkan resolusi layar, kecepatan CPU dan daya tahan baterai yang lama yang Anda dapatkan dari produk sekarang. 

Saya juga tidak berharap bahwa harga tablet media premium turun jauh di bawah level di bawah $199 (sekitar Rp1,9 juta), karena perusahaan yang menjual produk-produk tersebut akan mengalami kerugian besar.


5. iPhone 5
Jika Anda penggemar Apple, maka iPhone 5 adalah telepon yang sedang Anda nantikan. Dengan ukuran layar yang lebih besar dan tambahan teknologi 4G LTE, Apple bermaksud menyelesaikan keluhan terhadap perangkatnya yang sebelumnya. Bahkan jika Apple mengganti iPhone 5 pada musim gugur nanti, saya berharap tidak akan ada banyak peningkatan. Perusahaan tersebut cenderung melakukan perubahan besar dalam desainnya setiap dua tahun sekali.

Tetapi jika Anda berminat membeli telepon Android atau Windows Phone, ada sejumlah produk unggulan yang segera diluncurkan — termasuk Nexus generasi terbaru dan Nokia Lumia 920.


6. eReaders
Jika Anda senang membaca pada layar digital, maka sekaranglah waktunya. Antara Barnes & Noble Nook Simple Touch dengan Glowlight dan Amazon Kindle Paperwhite yang turun harga, kini Anda memiliki dua eReaders kelas premium yang fantastis yang mudah lihat dalam sinar matahari yang terang atau di ruangan gelap.

Karena Barnes & Noble dan Amazon baru memperbarui eReader mereka dalam beberapa minggu terakhir, kami tidak berharap adanya model terbaru dalam satu tahun ini. Dan sulit untuk membayangkan fitur tambahan apa yang Anda inginkan dari perangkat bacaan digital yang murah yang belum Anda dapatkan saat ini. 

Suatu hari, perusahaan-perusahaan tersebut dapat mengeluarkan pembaca digital berwarna, tapi untuk saat ini teknologi tersebut masih mahal dan tampak tidak menarik.


7. Printer
Seperti umumnya teknologi saat ini, printer menjadi semakin baik, namun perbedaannya begitu halus bahkan bahkan banyak di antara kita tidak akan menyadarinya. Jika Anda membeli printer dengan kualitas yang layak atau printer memiliki banyak fungsi, maka produk itu akan bertahan setidaknya 5 tahun sebelum ada model baru yang muncul.

Saya memiliki HP Laserjet 5P dari tahun 1997 yang masih bertahan. Kualitas gambar yang Anda dapatkan dari printer dengan kisaran harga saat ini cukup baik untuk mencetak foto berwarna berkualitas tinggi. Saya merekomendasikan untuk membeli printer laser berwarna dibandingkan inkjet.


8. Keyboard
Perubahan besar terakhir dalam teknologi keyboard PC terjadi pada tahun 1994 ketika Microsoft untuk pertama kali menambahkan tombol Windows ke dalam Natural Keyboard-nya dan pabrikan lain pun mengikutinya. Ya, ada sejumlah tampilan inovatif yang telah muncul pada keyboard game selama beberapa tahun terakhir, mulai dari tambahan kunci yang diprogram untuk mengatur tingkat kecerahan layar LCD berwarna seperti pada keyboard Razer’s Deathstalker Ultimates.

Namun, kemajuan tersebut tidak membuat keyboard Anda menjadi ketinggalan zaman. Jika Anda sedang mencari pengalaman mengetik yang lebih baik pada PC Anda, tidak ada alasan untuk menunggu. Saya merekomendasikan model dengan tombol mekanis yang elastis seperti Unicomp Ultra Classic atau Rosewill RK-9100.


9. Hard Drive Eksternal dan USB 
Kemajuan terbesar dalam teknologi penyimpanan eksternal pada beberapa tahun terakhir ini telah memunculkan USB 3.0. Sementara kita lebih sering melihat perangkat penyimpanan yang memiliki kemampuan seperti Thunderbolt pada tahun 2013 dan seterusnya, ada kemungkinan bahwa produk tersebut akan tetap mahal, seperti perangkat penyimpanan produk butik FireWire yang ada saat ini.

Jika saat ini Anda membeli hard drive USB 3.0 atau flash drive, Anda masih akan senang dengan produk tersebut sampai 2014 dan seterusnya. Saya benar-benar berharap bahwa SSD eksternal akan menjadi lebih murah dalam beberapa tahun ke depan, namun produk tersebut tidak akan memiliki harga yang sama harga dengan hard drive eksternal. Sebuah kategori yang relatif baru, hard drive nirkabel, akan terus ditingkatkan dalam beberapa tahun ke depan, tetapi tidak akan mampu menyaingi kecepatan dan kemudahan penggunaan yang ditawarkan oleh perangkat USB 3.0 sederhana.

Laba-Laba Purba dan Mangsanya Terperangkap Selama 100 Juta Tahun




Para ilmuwan menemukan ambar (getah atau mineral yang membatu selama jutaan tahun) yang di dalamnya terdapat seekor laba-laba sedang memakan lebah. Fosil berusia 100 juta tahun ini adalah satu-satunya fosil laba-laba yang pernah ditemukan sedang menyerang mangsa yang terjebak dalam jaringnya.


Sayangnya, laba-laba yang hidup di saat dinosaurus menguasai bumi itu terperangkap dalam getah pohon dan tidak pernah menghabiskan santapannya.

Mata lebah yang menjadi mangsanya tersebut sedang menatap untuk melakukan perlawanan, bergerak untuk membunuh.

Bagian dari ambar yang mengabadikan peristiwa tersebut ditemukan di lembah Hukawng, Myanmar pada awal masa Cretaceous antara 97-110 juta tahun lalu. Hampir dipastikan, saat itu dinosaurus berkeliaran di bumi.

Selain menunjukkan bukti pertama dan satu-satunya fosil laba-laba yang menyerang mangsa dalam jaringnya, potongan getah itu juga mengabadikan tubuh laba-laba jantan pada jaring yang sama.

Ini adalah bukti tertua dari perilaku sosial laba-laba, yang hingga kini masih ditemukan pada beberapa spesiesnya, namun cukup jarang terjadi. Kebanyakan laba-laba hidup sendiri, bahkan sering kali menjadi kanibal. Laba-laba jantan tidak akan ragu menyerang spesies yang belum dewasa pada jaring yang sama.

"Laba-laba muda ini akan menyantap lebah parasit kecil, namun tidak akan pernah bisa," kata George Poinar, Jr., profesor kehormatan bidang zoologi di Oregon State University sekaligus ahli ternama bidang serangga yang terperangkap dalam ambar.

Penemuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal “Historical Biology”.

"Ini adalah lebah jantan yang terperangkap di dalam jaring laba-laba," kata George.

"Ini adalah mimpi buruk bagi sang lebah, dan itu tidak akan pernah berakhir. Lebah sedang menatap laba-laba tersebut, ketika getah pohon mengaliri dan menjebak kedua binatang tersebut."

Laba-laba adalah invertebrata kuno yang diyakini sudah hidup pada 200 juta tahun lalu, namun bukti fosil tertua dari jaring laba-laba yang pernah ditemukan hanya sekitar 130 juta tahun. Penyerangan nyata seperti antara laba-laba dan mangsanya yang terperangkap pada jaringnya seperti pada gambar di atas belum pernah terdokumentasikan sebagai fosil, seperti yang dinyatakan para peneliti. 

Getah pohon yang membentuk ambar terkenal karena kemampuannya yang mengalir melalui serangga, tanaman-tanaman kecil dan bentuk kehidupan lainnya, menjaga mereka dalam keadaan yag nyaris sempurna sebelum akhirnya berubah menjadi batu semi-mulia.

Ambar sering menjelaskan fenomena biologi masa lalu yang cukup jauh. Laba-laba tersebut, yang mungkin telah menunggu dengan sabar selama berjam-jam untuk menangkap mangsanya, tersiram getah hanya sepersekian detik sebelum melakukan serangannya.

Jenis lebah semacam ini, kata George, termasuk dalam kelompok yang saat ini dikenal sebagai parasit bagi laba-laba dan telur serangga. Dalam konteks itu, serangan laba-laba tersebut, dengan menggunakan jaringnya, bisa dianggap sebagai respons pertahanan.

Laba-laba dan lebah tersebut termasuk golongan hewan yang telah punah. Setidaknya ada 15 helai serat jaring laba-laba yang berada di kepingan ambar itu.

10 Tip Agar Baterai Telepon Seluler Tahan Lama

sumber: yahoo.com


Ketika smartphone dapat melayani berbagai fungsi — mulai bermain game, nonton film, hingga merekam video — kinerja baterai justru menurun dan saat ini baterai smartphone modern tidak akan mampu bertahan seharian penuh.


Produsen smartphone memang berusaha keras untuk meningkatkan kinerja baterai. Tapi untuk saat ini, bersiaplah untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda setiap malam.


Berikut beberapa tip menghemat baterai:

1. Mode hemat daya

Smartphone Android dan Windows Phone menyertakan fitur mode hemat daya atau baterai, yang umumnya terletak pada menu pengaturan (setting). Mode tersebut akan aktif setelah baterai mencapai level tertentu, dan akan mematikan fitur yang boros baterai seperti: push email, intensitas kecerahan layar dan Facebook. 

Sayangnya Apple tidak dilengkapi dengan fitur untuk menghemat daya atau baterai, meski tersedia aplikasi gratis seperti Battery Life Pro untuk memonitor kinerja baterai dan mematikan aplikasi.


2. Tingkat kecerahan layarLayar adalah hal yang paling memboroskan baterai. Semakin besar dan cerah layarnya, semakin besar pula konsumsi baterai. Hematlah baterai dengan memilih kecerahan layar yang otomatis menyesuaikan dengan kondisi sekitar.

Jika baterai sudah hampir habis, tingkat kecerahan layar akan turun serendah mungkin untuk menghemat baterai. Pastikan kunci otomatis Anda berfungsi, jadi ketika telepon Anda sedang tidak digunakan, layar akan gelap untuk menghemat baterai. Wallpaper berwarna gelap juga membantu menghemat baterai.

Jangan pasang telepon seluler Anda dengan mode getar, cukup Silent (sunyi) saja.


3. Matikan sinkronisasi email

Telepon seluler Anda mungkin memeriksa email setiap beberapa menit. Setiap kali hal itu dilakukan, konsumsi baterai akan meningkat. Ubahlah interval sinkronisasi email atau matikan sekalian. Kami menyarankan pengecekan email setiap 30 menit — dengan begitu Anda bisa memeriksa email Anda secara manual dan Anda akan menghemat baterai.


4. Kurangi update media sosial

Mendapatkan notifikasi update Facebook atau Twitter ke telepon seluler Anda (seperti push email) akan menghabiskan baterai, jadi matikan notifikasi. Sebagian telepon mempunyai fitur mematikan notifikasi dengan satu kali klik.


5. Matikan koneksi

Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth ada pada hampir semua telepon seluler modern. Jika Anda lupa mematikan Wi-Fi saat meninggalkan rumah, maka telepon Anda akan terus mencari koneksi, dan ini menghabiskan baterai. Pastikan Anda mematikan semua koneksi sebelum keluar rumah.


6. Matikan aplikasi

Meski Anda sedang tidak menggunakan aplikasi, kemungkinan aplikasi tersebut tetap berjalan, dan menghabiskan baterai. Jadi matikan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Untuk iPhone tekan tombol menu sebanyak dua kali, pilih ikon program dan klik tombol minus.

Untuk smartphone Android, Anda bahkan bisa melihat aplikasi mana yang paling banyak mengonsumsi baterai. Matikanlah yang tidak diperlukan.


7. Jangan mendownload gambar

Mengunduh gambar ketika sedang browsing dan menggunakan email, adalah hal yang sebagian dari kita lakukan tanpa berpikir. Tapi setiap Anda mengunduh gambar Anda juga akan menggunakan banyak daya. 


8. Matikan flash

Ketika mengambil foto dengan smartphone Anda, gunakan lampu kilat dengan bijak. Pada kamera digital, lampu kilat sangat boros baterai, dan hal yang sama berlaku pada ponsel Anda, jadi daripada menggunakan mode otomatis, matikan lampu kilat saat berfoto dan gunakan seperlunya.


9. Matikan telepon di malam hari

Malam hari adalah waktu sebagian orang mengisi ulang telepon seluler mereka, jika baterai Anda masih penuh, matikan telepon Anda.


10. Mode pesawat terbang

Smartphone akan selalu berusaha terhubung ke sebuah jaringan, entah itu jaringan seluler, Wi-Fi, atau jaringan data. Semakin keras usahanya untuk terhubung ke sebuah jaringan, semakin besar baterai yang terkuras. 

Ada cara hebat mengatasi hal ini, gunakan mode pesawat terbang, ketika sinyal buruk atau ketika Anda di bawah tanah. Hal itu akan menghentikan ponsel mencari sinyal dan menghemat baterai yang tersisa.

Jika Anda sudah mengikuti tip di atas, tapi baterai Anda tetap tidak bisa bertahan lama, mungkin sekarang saatnya mempertimbangkan menambah aksesori. 

Mophie JuicePack Air (£40, Rp620 ribu) bisa menambah daya tahan baterai, tapi jika Anda tidak suka perubahan tampilan telepon seluler Anda cobalah charger portabel, Proporta TurboCharger 7000 (£54, Rp840 ribu).