بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 05/09/12
Go Green

Clock Link

Wednesday, May 9, 2012

Sukhoi ditemukan hancur berantakan




Sindonews.com - Pesawat Sukhoi Superjet-100 yang hilang di kawasan Gunung Salak, Bogor Jawa Barat ditemukan dengan kondisi hancur berantakan di tepi tebingan kawasan Gunung Salak, Bogor. Hal tersebut merupakan hasil informasi dari Lanud Atang Sendjaja Bogor.


"Kondisi pesawat hancur berantakan. Ekor pesawat agak ke atas, kabin (ruang penumpang) pesawat ke dalam,"ujar Kepala Dinas Personil Lanud Atang Sendjaja Bogor, Kolonel Penerbang Heddezul kepada wartawan di kantornya, Bogor, Kamis (10/5/2012).


Lebih lanjut ia menuturkan, kondisi lokasi pesawat Sukhoi Superjet-100 di Gunung Salak itu sangat terjal atau di lereng-lereng gunung. "Kemungkinan pesawatnya menancap,"ucapnya.


Sekadar diketahui, Pesawat Sukhoi Superjet-100 yang hilang di kawasan Gunung Salak, Bogor telah ditemukan melalui jalur udara. Sekira pukul 09:10 WIB, tim dari Lanud Atang Sendjaja.

Tim Lanud Atang Sendjaja yang menemukan pesawat Sukhoi Superjet-100 itu menggunakan helikopter Super Phuma H.3214 yang dipiloti oleh Mayor.R.Y. Fahlefie.

Titik koordinat posisi pesawat Sukhoi tersebut, yakni 06.42'.61,3" South. 106. 44' 41,2 East dengan ketinggian 5.500 kaki (Feet).

Wanita Pukuli Bayi Tanpa Henti

sumber:  yahoo.com



Sebuah video kekerasan terhadap anak kembali muncul di Internet. Kali ini, seorang wanita muda terlihat sedang memukuli seorang bayi yang tak henti-hentinya menangis. Tak jelas apa alasan si wanita menyiksa bayi ini dengan kekerasan fisik.

Video berdurasi 4 menit ini diambil di sebuah kamar. Si bayi terus-menerus dihujani dengan tamparan, pukulan (dengan bantal), dan cubitan membabi buta. Entah apa yang ada di pikiran si wanita, walau si bayi sudah berhenti menangis, ia kembali memukul dan bahkan menendang kepala bayi ini hingga kembali menangis.


Screenshot dari video penyiksaan anak di Facebook

Dari suara yang samar-samar terdengar dalam video, dapat diketahui video ini direkam oleh seorang wanita (juga). Yang mengherankan, tidak ada upaya dari wanita di belakang kamera untuk menghentikan tindakan hina ini.

Sepanjang video, hanya sekali ia berteriak dalam bahasa Melayu, "Mau kamu bunuh anak itu?" Selebihnya, ia hanya diam dan menjadi videografer “profesional”.

Yang lebih menyedihkan, dalam video ini sempat terlihat dua anak kecil yang ikut menyaksikan penyiksaan ini. Dua anak berusia lima hingga enam tahun menjadi penonton dan juga tidak melakukan apa-apa. Mereka hanya berdiri di samping tempat tidur itu, menatap bayi yang mungkin masih punya hubungan saudara dengannya disiksa tiada henti.

Video ini diunggah ke Facebook pada tanggal 4 Mei lalu, dan hingga tulisan ini dibuat video itu sudah dibagikan lebih dari 20 ribu kali. Seorang pengguna Facebook berkomentar, "Ini penyiksaan terhadap anak. Sebarkan video ini agar wanita itu dapat dihukum!"

Saat ini video kekejaman itu tidak dapat diakses lagi. Kemungkinan dihapus pengunggah atau dihapus Facebook.


UPDATE: Kepolisian Diraja Malaysia baru saja mengeluarkan pernyataan resmi di halaman Facebooknya terkait dengan penyebaran video kekerasan pada bayi. Mereka mengatakan, video itu adalah kejadian satu tahun yang lalu, dan pelaku sudah ditangkap tanggal 29 Mei 2011. Saat ini pelaku yang merupakan ibu kandung bayi sedang menjalani hukuman selama 18 bulan.

Seorang Penumpang Sukhoi Sempat Kirim Foto ke Kerabatnya

sumber: TRIBUNNEWS.COM

Seorang Penumpang Sukhoi Sempat Kirim Foto ke Kerabatnya

JAKARTA - Fanda (46) seorang teman sekolah Stephen Kamadi yang dipastikan menumpang dalam penerbangan RA-36801 Sukhoi Superjet100 yang hilang kontak di kawasan Bogor, Jawa Barat, sempat mengirim foto sebelum pesawat itu terbang. 

Stephen masih sempat mengirimkan foto dirinya di dalam kabin sebelum pesawat take off. Foto itu menunjukkan seorang lelaki berbatik hijau sedang duduk di ujung barisan kursi yang kosong. 

Fanda mengatakan, ia bersama rekannya Raymond (43), sebenarnya diajak Stephen dan Edward untuk mengikuti joy flight pesawat Rusia itu. Namun, Fanda dan Raymond telat. Stephen dan Edward yang datang lebih dulu sudah keburu boarding. 

Karena tidak sempat ketemu, kata Fanda, Erdward sempat mengirimkan pesan. "Gue paling terbang 20 menitan, lo tunggu aja di Dunkin," pesan Edward seperti ditirukan Fanda. 

Namun, setelah sekian lama menunggu di restoran donat itu, Fanda dan Raymond tak kunjung menerima kabar mendaratnya pesawat. 

"Saya baru tahu kabar pesawat hilang kontak pukul 15.00 WIB," ujar Fanda khawatir.

10 Kutipan Terbaik Jose Mourinho

sumber: yahoo.com



Siapa tidak kenal Jose Mourinho? Pelatih berkebangsaan Portugal ini seakan menjadi sebuah fenomena dalam dunia sepak bola dalam 10 tahun terakhir. Dimulai saat ia menukangi Porto. Ia berhasil mengalahkan favorit juara di babak 16 besar, Manchester United dan lalu jadi juara Liga Champions 2004. 

Sukses di Portugal, Mou mencoba peruntungan di tanah Inggris. Ia memulainya dengan memegang Chelsea, tim biasa-biasa saja yang berusaha bangkit dengan dana segar dari raja minyak Rusia. Tim biru London itu pun dibawa Mou ke puncak tertinggi Liga Inggris dua tahun berturut-turut. Lagi-lagi, meninggalkan Manchester United di belakang.

Tahun 2008, Mou bergabung dengan tim besar Italia, Inter Milan. The Special One memang tidak pernah kehabisan strategi dan keberuntungan. Di bawah asuhannya, Internazionale menikmati dua gelar Liga Italia dan satu gelar Liga Champions. 

Perjalanan karir Mou yang terakhir membuatnya berlabuh di Spanyol. Ditunjuk sebagai nakhoda tim terbesar di dunia, Real Madrid. Tim bertabur bintang ini sukses menjuarai Copa del Rey musim lalu, dan Liga Spanyol musim ini. Gelarnya musim ini sekaligus mematahkan dominasi Barcelona di ranah Spanyol.

Selama perjalanan kariernya, Mou dikenal sebagai sosok yang kontroversial, dan sering mengeluarkan opini mengejutkan. Berikut 10 kutipan Jose Mourinho terbaik menurut kami.

1. "Jangan panggil aku sombong, aku juara Eropa dan aku rasa aku ‘the special one.’" (Asal-muasal sebutan The Special One untuknya). - Chelsea FC.

2. "Seperti yang kami katakan di Portugal, mereka membawa bus dan meninggalkan bus itu di depan gawang." (Terkait dengan strategi bertahan yang ia terapkan) - Chelsea FC.

3. "Jika aku dibenci di Barcelona, itu masalah mereka, bukan masalahku. Takut tidak ada dalam kamus sepak bolaku." (Terkait dengan sosoknya yang dibenci fans Barcelona) - Real Madrid.

4. "Jika kami menang hari Senin nanti, keesokan hari adalah Selasa. Dan jika kami kalah hari Senin, hari berikutnya juga Selasa." (Saat menjelang El Clasico melawan Barcelona) - Real Madrid

5. "Aku adalah seorang pelatih, bukan Harry Potter. Dia memang penyihir, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada sihir. Sihir itu fiksi, dan sepak bola nyata." - Real Madrid

6. "Ada di posisi mana istriku? Setidaknya, delapan." (Saat dirinya dinobatkan sebagai Orang Paling Berpengaruh Nomor 9 Di Dunia) - Chelsea FC

7. "Jika kisah hidupku akan dibuat film, aku rasa mereka harus meminta George Clooney memerankan diriku. Ia aktor yang fantastis dan istriku pikir ia akan ideal.” - Chelsea FC

8. "Tuhan pasti menganggap aku orang yang hebat." (Saat ditanya apa yang Tuhan pikirkan tentangnya) - Real Madrid

9. "Aku Jose Mourinho dan aku tak berubah. Aku datang dengan seluruh kualitas dan kekuranganku." (Dilontarkan saat ia baru pindah ke Real Madrid) - Real Madrid

10. "Aku belajar bahasa Italia lima jam sehari dalam waktu berbulan-bulan agar dapat berkomunikasi dengan pemain, media, dan fans. Claudio Ranieri sudah berada di Inggris selama lima tahun dan dia masih kesulitan mengatakan 'Good morning' dan 'Good afternoon'." (Menyindir Claudio Ranieri yang saat itu menukangi Chelsea) - Inter Milan

Cincin Arloji Swiss Di Kuburan Kuno



Kalau sebuah cincin bermodel jam tangan buatan Swiss ditemukan di kuburan yang merupakan makam orang modern itu tentu tidak mengherankan, karena memang teknologi jam tangan tersebut sudah ada sejak lama. Tapi kalau sebuah cincin dengan model seperti jam Swiss ditemukan dalam kuburan berusia 400 tahun, dan barang tersebut sudah berumur 400 tahun pula, itu memang tidak masuk akal.

Pertanyaan yang akan menggangu kita adalah, "darimana pembuatnya dulu bisa membuat sebuah benda yang baru muncul dimasa depan?". Tapi hal ini benar-benar terjadi.


Penemuan aneh itu terjadi ketika beberapa arkeolog dan dua orang jurnalis membuat film dokumenter di sebuah lokasi kuburan di kota Shangsi, China. Tapi di tempat itu mereka menjumpai sebuah penemuan yang aneh. Mereka menemukan sebuah cincin batu berbentuk Jam Swiss. Yang membuat penemuan itu menjadi aneh adalah karena kuburan itu adalah sebuah kuburan yang berasal dari Zaman Dinasti Ming (sering pula disebut Dinasti Beng) dan diperkirakan telah berusia 400 tahun.

"Ketika kami berusaha memindahkan tanah yang menutupi peti mati, sebuah pecahan batu tiba-tiba jatuh ke tanah dengan suara benturan seperti logam." Kata Jiang Yanyu, bekas kurator Guangxi autonomous region museum.

"Kami mengambil obyek itu dan menemukan ternyata benda itu adalah sebuah cincin. Setelah membersihkannya dari tanah yang menutupinya, kami terkejut ketika kami melihat benda tersebut berbentuk persis seperti sebuah jam swiss.

"Waktu pada jam itu menunjukkan pukul 10:06. Dan yang luar biasa adalah, pada bagian belakang benda itu, tertulis 'Swiss'," Tulis koran Poeple's daily.

Para ahli lokal sangat bingung karena mereka mempercayai bahwa kuburan tersebut tidak pernah tersentuh oleh manusia sejak pembangunannya 400 tahun yang lalu. Entahlah bagaimana penjelasan hal ini, apakah ada manusia yang mampu melihat masa depan kemudian membuat cincin itu?

Seorang Penjelajah waktu Di Foto Tahun 1940-an? Benar atau Hoax?


Sebuah foto kuno tahun 1940-an di sebuah museum di British Columbia, Kanada membuat heboh. Sebab, di antara belasan orang yang tampak di foto tersebut, ada seorang yang benar-benar berbeda. 

Tak seperti yang lain — yang berjas dan memakai topi lebar, orang misterius ini memakai kaus bergambar, kaca mata hitam modern, dan sweater. Yang paling menonjol, orang tersebut memegang kamera portable, yang jelas terlalu modern untuk ukuran tahun 1940-an. 

Seperti dimuat laman Gizmodo, 17 April 2010, para pengguna internet yang melihat foto tersebut, pada umumnya menyimpulkan hal yang sama, itu adalah foto penjelajah waktu yang tertangkap kamera sedang bertualang di era 1940-an.

Sementara, seperti dimuat laman Forgetomori.com, foto ini adalah foto yang diambil dari laman resmi museum Kanada, www.museevirtuel-virtualmuseum.ca. Foto ini dipamerkan dalam pameran bertajuk ‘Masa Lalu Mereka’ karya Bralorne-Pioneer, yang dipertontonkan ke publik sejak tahun 2004. 

Berikut photonya...


Belum ketemu orangnya yang mana karena kebanyakan orang..!? oke, saya beri close upnya...


Bingung kenapa orang ini dipertanyakan sebagai "time traveler"..!? akan saya jelaskan...


Coba anda bayangkan, Kacamata hitam yang modelnya modern, T-shirt ber stempel, jaket, agan2 pasti tahu kan itu semua BARU diciptakan pada abad 21, NAH LO, kenapa bisa ada di tahun 1940 yang bahkan anak kecilpun berpakainan sederhana layaknya VIP zaman sekarang...!?

coba anda lihat orang2 yang ada disekitarnya, memakai jas, topi lebar, tetapi kenapa, orang ini memakai T-shirt, kacamata hitam dan jaket sweater, bahkan kalau dilihat lebih jelas, dia menggenggam KAMERA PORTABLE di tanganya...!!!

Dan 1 hal lagi yang saya pertanyakan, jika itu HOAX, maka rang yang membuat sotonya adalah seorang hacker yang hebat dan professional, karena BAHKAN ahli2 telematika pun tidak bisa memecahkannya.

Jika itu adalah ASLI seorang time traveler yang tertangkap kamera, semestinya sekarang pun banyak time traveler yang datang ke zaman ini dari zaman yang akan datang, kalau memang benar itu time traveler, kenapa mereka mendatangi tahun itu, dan mengapa mereka tidak mendatangi kita di zaman ini sekarang juga.

Ada Ponsel di Tahun 1928, Foto Dan Video Misterius

sumber: google.com

Ada handphone di tahun 1928? inilah yang menarik dari kabar ini. Merupakan video misterius, karena kita tahu bahwa pada tahun itu mana ada hanphone segala? di catatan sejarah handphone belum ditemukan pada waktu itu, dan lagi siapa operator selularnya?.  Hal ini sangat misterius dan menjadi buah bibir di Youtube. Ada yang mengatakan bahwa orang yang (mungkin) menggunakan ponsel / handphone yang tidak sengaja terekam dalam adegan film komedian Charlie Chaplin pada tahun 1928 lalu yaitu orang yang datang dari masa depan. 


Benarkah orang tersebut dari masa depan? Benarkah dia menggunakan ponsel di tahun 1928? Karena di tahun 1928 tersebut, sepertinya belum ada ponsel ponsel yang di produksi. Sebuah cuplikan film komedian Charlie Chaplin yang dibuat tahun 1928 menampakkan gambar seseorang berbicara dengan benda mirip ponsel. Padahal jelas pada masa itu, belum ada satupun ponsel diproduksi.

Video dimaksud bisa disaksikan dalam video dibawah. Karena kemisteriusannya pula, kini video tersebut sudah diakses lebih dari 1 juta kali.

Adegan aneh ini ditemukan oleh sutradara asal Irlandia, George Clarke. Clarke yang penggemar berat Charlie Chaplin keheranan ketika menjumpai adegan seseorang berjalan dan berbicara melalui sebuah perangkat yang amat mirip ponsel.

“Aku telah mempelajari adegan ini sekitar setahun dan aku tak bisa menjelaskannya. Bagiku, apa yang dilakukannya mirip dengan seseorang yang memakai ponsel,” cetus Clarke.

Memang jika dilihat, adegan itu menampilkan seseorang yang tidak jelas pria atau wanita, mengobrol sambil memegang obyek hitam di telinganya. Adegan itu terdapat dalam menu ekstra DVD film Charlie Chaplin berjudul ‘The Circus’. Tayangan ini bukan bagian dalam skenario film, melainkan tayangan orang biasa yang lalu lalang sebelum film dimulai.

Spekulasi berkembang apakah obyek itu ponsel atau bukan. Malah, banyak pendapat orang itu datang dari masa depan ke tahun 1928 dengan mesin waktu. Sebab, sangat tidak mungkin ponsel sudah ada di zaman itu.

“Kesimpulanku yang terdengar konyol adalah dia seseorang yang memakai mesin waktu,” tambah Clarke, Jumat (29/10/2010).

Orang-orang lain beropini benda itu adalah semacam alat bantu dengar. Sebagian lagi berpendapat adegan itu palsu adanya. Nah penasaran kan?

5 Landmark Paling Terkenal di Indonesia

sumber: http://www.google.com/

http://travel.detik..com/read/2012/04/13/102239/1891552/1025/5/5-landmark-paling-terkenal-di-indonesia#topart


Hampir di setiap provinsi di Indonesia memiliki bangunan yang menjadi ikon terkenal yang sering dijadikan lokasi wisata, seperti Monas di DKI Jakarta. Berikut adalah 5 ikon provinsi paling terkenal di Indonesia. Penasaran?

Bila Paris punya Menara Eiffel sebagai ikon kota atau landmark, kota-kota di Indonesia juga punya. Bahkan, hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki ikon. Beberapa di antaranya cukup terkenal karena bentuk yang tak biasa. Tak heran bila ikon seperti ini dijadikan destinasi wisata. Ingin tahu ikon provinsi apa saja yang terkenal sebagai objek wisata?


1. Monas, DKI Jakarta


Monumen Nasional atau yang lebih dikenal dengan Monas merupakan landmark Kota Jakarta. Terletak tepat di tengah kota Jakarta, Monas selalu sukses menarik wisatawan yang datang ke Jakarta untuk mengunjunginya.

Monas merupakan sebuah monumen yang memiliki tinggi 132 meter dengan mahkota lidah api yang terbuat dari emas. Jika masuk dalam, pengunjung bisa melihat diorama yang menceritakan sejarah Indonesia. Anda juga bisa menikmati suasana Monas dengan menaiki delman yang ada di sekitar Monas. Tempat ini selalu ramai dikunjungi warga ibukota pada hari libur. Tak jarang pula yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi lari Minggu pagi.


2. Jam Gadang, Sumatera Barat


Landmark kedua yang cukup terkenal di Indonesia adalah Jam Gadang di Bukittinggi. Jam Gadang bukan hanya terkenal sebagai landmark Kota Bukittinggi, tetapi juga Sumatera Barat. Banyak wisatawan yang merasa kurang lengkap liburannya di Sumbar bila belum mengunjungi Jam Gadang.

Wisatawan yang datang bisa masuk ke dalam jam dan melihat bagian dalam jam. Puas melihat dalam jam, Anda bisa berkeliling dan belanja pernak-pernik khas Sumbar di Pasar Bukittinggi tepat di depan Jam Gadang. Duduk-duduk di pelataran jam sambil menikmati udara sejuk Bukittinggi juga asyik, lho!


3. Jembatan Ampera, Sumatera Selatan


Bila Bukittinggi terkenal dengan Jam Gadangnya, Palembang di Sumatera Selatan terkenal dengan Jembatan Amperanya. Dibangun dari tahun 1962 hingga 1965, Jembatan Ampera sukses menjadi ikon Sumatera Selatan.

Jembatan ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Kota Palembang dan ketenangan Sungai Musi. Waktu paling asyik untuk datang ke tempat ini adalah malam hari. Saat itu, jembatan akan diterangi dengan kemilau cahaya lampu. Indah sekali!


4. Tugu Katulistiwa, Kalimantan Barat


Tugu Katulistiwa adalah monumen yang berada di Jl Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Letaknya sekitar 3 km dari pusat Kota Pontianak ke arah Kota Mempawah. Tugu ini merupakan penanda lewatnya garis katulistiwa di Indonesia.

Karena dilewati tepat oleh garis Khatulistiwa, ada peristiwa menarik yang pengunjung rasakan ketika berada di tugu ini. Peristiwa tersebut adalah kulminasi matahari atau fenomena alam ketika matahari tepat berada di atas kepala. Saat itu, Anda tidak akan bisa melihat bayangan sendiri. Peristiwa kulminasi hanya terjadi setahun dua kali, yaitu 21-23 Maret dan 21-23 September.


5. Gedung Sate, Bandung


Nah, ini dia ikonnya Kota Bandung, Gedung Sate. Dinamakan Gedung Sate karena dibagian atas gedung memiliki ornamen menyerupai tusuk sate. Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1920.

Gedung Sate bukanlah gedung biasa, tetapi merupakan gedung perkantoran pemerintah Jawa Barat. Pada hari Minggu, halaman Gedung Sate dijadikan tempat sebagian masyarakat Bandung untuk bersantai. Seolah tahu gedung ini ramai dikunjungi warga, para pedagang pun banyak memenuhi lokasi ini.



Tugu Pahlawan


Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 45 yard (40.5 meter) berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.

Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.


Jembatan Nasional Suramadu


Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini. Jembatan terpanjang di Asia Tenggara ialah Bang Na Expressway di Thailand (54 km). Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge).
Jembatan ini diresmikan awal pembangunannya oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 20 Agustus 2003 dan diresmikan pembukaannya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 10 Juni 2009. Pembangunan jembatan ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan di Pulau Madura, meliputi bidang infrastruktur dan ekonomi di Madura, yang relatif tertinggal dibandingkan kawasan lain di Jawa Timur. Perkiraan biaya pembangunan jembatan ini adalah 4,5 triliun rupiah.
Pembuatan jembatan ini dilakukan dari tiga sisi, baik sisi Bangkalan maupun sisi Surabaya. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pembangunan bentang tengah yang terdiri dari main bridge dan approach bridge.


Pantai Losari 


Pantai Losari terletak di sebelah barat kota Makassar, Sulawesi Selatan. Di awal pembangunannya, pantai ini terkenal sebagai salah satu lokasi warung terpanjang di dunia dengan deretan penjual makanan yang berjejer sepanjang kurang lebih satu kilometer. Kini lokasi mereka telah dipindahkan ke ujung selatan pantai di depan rumah dinas Walikota. Aneka makanan dijajakan oleh penjual disana. Mulai dari gorengan, makanan hasil laut (seafood), coto Makassar hingga pisang epe. Pisang epe adalah pisang mentah yang dibakar kemudian dipipihkan dan dicampurkan dengan air gula merah. Rasanya nikmat sekali.


Kota Pelajar




Landmarknya kota Kediri: SLG(Simpang Lima Gumul) 



landmark kota Malang

Alun-alun tugu




Jalan Ijen

Ketahui Efek Merugikan dari Teh Hijau

sumber: Ghiboo.com


Teh hijau memang sudah diyakini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain kaya antioksidan, beberapa penelitian menunjukkan jika teh hijau mampu menurunkan berat badan bagi penikmatnya. Tapi mungkin, beberapa fakta berikut ini perlu Anda ketahui. 

Bagaimana dan kapan harus meminum teh hijau : 


Miliki kesegarannya 

Menyeduh teh hijau yang segar memang sehat dan baik untuk tubuh. Anda boleh menikmatinya panas atau dingin tapi pastikan tidak disimpan lebih dari satu jam. Sebaiknya menghindari minum teh hijau saat sangat panas, karena bisa menyebabkan kanker tenggorokan. Jika Anda menyimpan teh dalam waktu yang lama, ia bisa kehilangan vitamin dan antioksidan. Selain itu, sifat anti-bakterinya juga akan berkurang. Malah, teh akan menyimpan banyak bakteri jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, segera meminumnya untuk menghindari efek samping bagi tubuh. 


Satu jam sebelum makan 

Orang yang diet menyukai minum teh hijau sebelum makan, karena teh hijau bermanfaat menurunkan berat badan. Teh hijau dapat mengontrol nafsu makan untuk waktu yang cukup lama. Waktu yang ideal untuk meminum teh hijau adalah satu jam sebelum atau setelah makan. Hal ini karena teh hijau mengandung kafein yang mengontrol nafsu makan. Jadi, jika diminum satu jam sebelum makan, teh hijau dapat mengendalikan rasa lapar. Jika ingin menghindari cemilan berat di sore hari, minum teh hijau dengan biskuit rendah lemak. Hindari minum teh hijau di pagi hari, terutama pada perut kosong. 


Jangan digabung dengan obat 

Untuk menghindari efek samping dari obat-obatan dan teh hijau, jangan pernah mengonsumsi keduanya bersamaan. 


Efek samping 

Teh hijau yang sangat pekat memiliki kandungan kafein dan polifenol yang tinggi. Bahan-bahan dalam teh hijau memiliki efek samping pada tubuh. Teh hijau yang kuat atau pekat dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sulit tidur, tekanan darah tinggi bahkan jantung berdebar. 


Porsinya 

Sudah dijelaskan sebelumnya, mengonsumsi teh hijau berlebihan memicu efek samping. Meminumnya lebih dari 2-3 cangkir teh hijau dapat membahayakan tubuh Anda. Karena teh hijau mengandung kafein. Maksimal 3 cangkir saja setiap hari. 

Mudah Hilangkan Komedo di Wajah

sumber: Ghiboo.com


Komedo? Ahh ganggu banget ya! 

Komedo yang sering muncul di wajah memang sangat mengganggu. Bintik hitam atau bahkan putih ini bisa membuat orang menyangka kita jorok, karena tak rajin membersihkan wajah. 

Komedo sesungguhnya adalah kotoran penyumbat pori-pori yang kelamaan menjadi hitam. Wajah terlihat kusam jika wajah penuh dengan komedo. Kotoran, debu, sel kulit mati hingga penumpukan minyak berlebih berkumpul menjadi satu dan menjadi komedo. 

Komedo ada dua jenis yaituBlackheadatau komedo terbuka, warnanya hitam dan membuat pori-pori jadi membesar. Selanjutnya adaWhiteheadatau komedo tertutup. Komedo ini berada di balik lapisan kulit dan terlihat seperti benjolan kulit. 


Sekarang, mari simak bagaimana cara menghilangkan komedo bandel. 

1. Gunakan pembersih yang tepat. Karena itu kenali dulu jenis kulit wajah anda. Kulit wajah berminyak biasanya menjadi suplai utama banyaknya komedo. Rajinlah membersihkan wajah. 

2. Pilih pelembab yang sesuai. Jangan sampai pelembab menjadikan kulit wajah menjadi kelebihan minyak. 

3. Hindari bedak padat. Untuk anda para wanita, bedak padat adalah sumber utama komedo, karena sifatnya yang menempel di wajah. Alas bedak juga bisa menjadi penyebab timbulnya komedo, terlebih bila sisanya masih menempel di kulit. 

4. Lakukanfacial. Lakukan secara teratur dan setelah masa menstruasi. Lebih baik lagi bilafacialini dilakukan di bawah pengawasan dokter kulit. 

5. Batasi konsumsi makanan berlemak. Seperti durian, kacang-kacangan, telur, mede, keju, alpukat, mangga, segala jenis susu, gorengan, santan dan daging berlemak. 


Nah bila hal diatas anda lakukan dengan baik dan teratur, pasti komedo akan menghilang. Ingat, kuncinya adalah rajin dan teratur. Bye komedo. 

Kapsul Berisi Bubuk Daging Manusia Disita

sumber: Liputan6.com


Seoul: Pihak Bea Cukai Korea Selatan menyita ribuan kapsul selundupan dari Cina yang berisi bubuk daging manusia berasal dari janin dan jenazah bayi, demikian menurut para pejabat. Pihak bea cukai mengatakan kapsul yang dibuat di Cina timur laut itu diisi bubuk yang dibuat dari jenazah bayi yang dipotong-potong kecil dan dikeringkan di kompor.

Para pria yang membeli kapsul itu disebutkan percaya isinya dapat meningkatkan stamina seksual. Namun pihak berwenang menolak mengungkapkan asal bayi dan siapa yang membuat kapsul, dengan menyatakan kemungkinan bisa menjadi ketegangan diplomatik dengan Beijing. Para pejabat Cina sendiri berupaya meredam produksi kapsul-kapsul itu sejak tahun lalu.


Pihak Bea Cukai Korsel sudah menggagalkan 35 upaya penyelundupan kapsul sejak Agustus tahun lalu dan berhasil menyita 17.450 kapsul. Badan Pengawas Makanan Korea Selatan mulai menyelidiki kasus itu tahun lalu dan belum ada laporan terkait efek samping mereka yang mengkonsumsi kapsul itu.

Kapsul yang mengandung daging manusia itu juga diperkirakan mengandung bakteri dan bahan berbahaya lain. "Kapsul itu dipastikan mengandung bahan berbahaya bagi tubuh manusia, termasuk bakteri super. Kami perlu mengambil langkah lebih keras untuk melindungi kesehatan publik," kata seorang pejabat Bea Cukai Korsel.


Makanan dan obat beracun merupakan masalah besar di Cina. Namun, sejauh ini tidak ada yang dijatuhi hukuman karena jumlah kapsul yang disita sedikit dan tidak diperuntukkan untuk jual beli. Media Cina menyebut provinsi-provinsi di timur laut merupakan sumber kapsul seperti itu.

Saat itu Kementerian Kesehatan Cina mengatakan akan menyelidiki klaim itu. "Cina memiliki ketentuan keras terkait dengan penguburan janin dan jenazah bayi serta plasenta. Praktik apa pun terkait limbah medis seperti ini dilarang keras," kata juru bicara Kementerian Kesehatan Deng Haihua.(BBC/ADO)

Orang Cacat Juga Bisa Berprestasi "Jika Mereka Bisa Pasti Kita Lebih Bisa"

sumber: http://www.anneahira.com/orang-cacat-yang-berprestasi.htm

seharusnya kita manusia yang dilahir kan secara normal harus bisa lebih bersyukur atas rahmat kebaikan dari tuhan ..
Coba lihat lah mereka yang "cacat" mereka harus bersusah payah untuk mencapai hasil yg maksimal .
Tetapi kita sebagai manusia normal seharusnya bisa lebih hebat dari mereka yang kurang

"semangat lah kita masih mampu tunjukan pada mereka bahwa kita bisa" 



Nama:Helen Adams Keller

Tempat,Tanggal Lahir :Tuscumbia,27 Juni 1880

Orang Tua :Kapten Arthur Henley Keller dan Kate Adam Keller

 kisah: 

Helen menjadi buta dan tuli pada usia 19 bulan karena terserang suatu penyakit yang tak diketahui penyebab dan obatnya. Dibantu oleh gurunya, Helen belajar huruf Braille dan bahasa isyarat. Dengan cara ini Helen mampu menguasai bahasa Perancis, Jerman, Yunani, dan Latin.

Helen lulus dari Universitas Harvard dengan nilai Magna Cum Laude. Ia adalah orang tuna netra pertama yang lulus dari akademi. Helen pun tercatat sebagai orang cacat yang berprestasi dengan menjadi pembicara, dosen, dan penulis. Bukunya yang paling terkenal di dunia adalah The Story of My Life (1903) dan My Later Life (1930).



Nama : Hee Ah Lee

Tahun Lahir :1985

Ibu:Woo Kap Sun

kisah: 

Ia terlahir dalam keadaan cacat yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah lobster claw syndrome. Di kedua tangannya hanya ada dua buah jari. Kakinya pun hanya sebatas lutut. Dalam keadaan cacat itu, ia berhasil menjadi pemain piano profesional.

Ia mampu memainkan berbagai komposisi indah karya komposer dunia seperti Mozart, Beethoven, dan Chopin. Ia tak segan berlatih hingga sepuluh jam sehari. Ia telah berkeling ke berbagai negara untuk mempertunjukkan kebolehannya itu.



Nama:Gola Gong(Heri Hendrayana Harris)

Tempat Tanggal Lahir : Purwakarta 15 Agustus 1963

Orang tua :ibu bernanama Atisah dan ayah bernama Harris

kisah: 

Tangan kiri Gol A Gong diamputasi sebatas siku pada usia 11 tahun. Akan tetapi cacat akibat kecelakaan ini tak membuatnya menyerah. Di masa remajanya ia mengukir prestasi sebagai atlet bulutangkis. Ia juga penulis andal dan telah menulis ratusan cerpen, novel, puisi, dan skenario.

Buku dan novelnya antara lain adalah Pada-Mu Kubersimpuh, Balada si Roy, Perjalanan Asia, dan Kupu-Kupu Pelangi. Ia juga mendirikan Rumah Dunia di Serang, untuk menularkan kecintaannya akan dunia membaca dan menulis.



Nama:Ludwig van Beethoven

Tahun Lahir dan tempat :1770 di Bonn

kisah: 

Beethoven adalah komponis klasik besar di dunia. Pada usia 31 tahun ia mulai mengalami gangguan pendengaran dan tuli total pada usia 47 tahun. Meskipun demikian, ia terus menggubah berbagai komposisi musik klasik. Komposisi yang digubahnya dalam keadaan tuli ini antara lain: Piano Sonata in A Major Op. 101, Piano Sonata in Bb 'Hammerklavier' Op. 106, Missa Solemnis, dan Simfoni ke-9.



Nama:Ratna Indraswari Ibrahim
Tempat Tanggal Lahir :Malang 24 April 1949 

kisah: 

Ratna terlahir dengan kondisi fisik sempurna, Namun pada usia 13 tahun mengalami cacat tubuh karena penyakit radang tulang (rachitis). Kehilangan fungsi kedua tangan dan kaki, tak membuat Ratna menyerah.

Ia aktif menulis cerpen dan novel. Kumpulan cerpen dan novelnya antara lain: Kado Istimewa (1992), Namanya Massa (2000), Lakon Di Kota Senja (2002), Sumi dan Gambarnya (2003), dan Lemah Tanjung (2003).

Orang-orang cacat yang berprestasi ini berhasil menunjukkan pada dunia bahwa mereka dapat berbuat dan melakukan sesuatu yang bahkan lebih cemerlang dari kebanyakan orang yang lahir dan hidup dengan kondisi fisik sempurna. 

Karya Seni Artistik Dari Permen Karet

sumber: http://www.flickr.com/photos/rahid1/sets/286517

http://www.flickr.com/photos/salimfadhley/sets/72157600875800179/



Bagi kebanyakan orang, permen karet yang ada di jalanan adalah gangguan. Dalam cuaca panas, permen karet menjadi jebakan lengket untuk sepatu Anda. Dalam cuaca dingin, permen karet akan menjadi licin seperti es. Dan dibutuhkan biaya ribuan dolar untuk membersihkan kota-kota dari permen karet bekas,

Pada tahun 2008, Norfolk, Virginia, membeli mesin seharga $8.000 untuk menghilangkan permen karet dari jalanan. Tempe, Arizona, menerapkan sebuah "tim bersih" sehari-hari pada Januari 2010 untuk menangani permen karet yang terkait di pusat kota messes.

Tempat-tempat yang seperti ini benar-benar membutuhkan seorang seniman sepertiBen Wilson - ia dapat merubah permen karet di trotoar kota London ke dalam lukisan miniatur. Menggunakan cat akrilik dan kuas kecil, Wilson melukis seni abstrak, tokoh, wajah, dan custom works. Dia pernah ditampilkan di surat kabar Inggris dan BBC, dan Wilson telah menciptakan lebih dari 10.000 buah permen karet berbasis seni publik.

Meskipun ini bukan alasan untuk meludahkan permen karet Anda di jalan, lukisan ini tentu saja mencerahkan sebuah trotoar yang kelihatan biasa-biasa saja. Wilson menunjukkan bagaimana Anda dapat membuat seni bahkan sampah orang lain. Seni ini dapat digunakan kembali dan daur ulang untuk kebaikan publik.


Ben Wilson 

Wilson mulai bereksperimen dengan lukisan permen karet pada tahun 1998, dan pada bulan Oktober 2004 ia mulai bekerja secara full time. Dia telah menciptakan lebih dari 10.000 karya, ia bekerja pada trotoar seluruh Inggris dan bagian Eropa.

Wilson memanaskan karet dengan pukulan obor kecil dan kemudian menambahkan pernis untuk mengeraskannya. Dia kemudian menggunakan cat akrilik khusus untuk menciptakan desain-nya. Untuk menghasilkan lukisan, lama pekerjaan dapat berlangsung hingga sepuluh jam .

Karya Wilson telah ditampilkan oleh media, termasuk BBC, This Is Lokal London, Baku Visi dan The Daily Telegraph. Dua film dokumenter pendek juga telah dibuat tentang Wilson.


Permen Karet yang Telah Dilukis 














KUAETNIKA Sebuah komunitas seni

sumber: http://www.kuaetnika.com/kuaetnika.php?ver=ina



Kua Etnika

Sebuah komunitas seni

SANGGAR UNTUK PERTUMBUHAN

Jika anda menyaksikan pertunjukan Kelompok musik KUA ETNIKA dan kemudian anda terheran-heran kenapa mereka bisa kompak padahal tanpa berpedoman partitur, jawabannya sederhana: karena mereka – para pemusik itu – bekerja dengan hati yang satu. Pribadi-pribadi yang berkumpul di situ sudah lebur dalam pergumulan kreatif yang cukup lama, sehingga di antara mereka seperti ada “tali jiwa” yang selalu mengikatnya.

Mereka memiliki perasaan yang sama, yaitu kepercayaan pada penjelajahan kreativitas atas dasar intuisi dengan mengutamakan “situasi mood” sebagai pedoman kreatif. Eksplorasi estetis musikal tidak berangkat dari sebuah disiplin baku, dari konvensi-konvensi yang terakui secara formal, melainkan dari kesadaran “mengolah apa yang ada, apa yang tersedia”. Ini tak ubahnya yang selalu mewarani proses olah cipta para seniman tradisional di Indonesia dalam melakukan kreasi-kreasi keseniannya.

Bisa dimaklumi karena memang umumnya para pendukung komunitas ini lahir dan tumbuh dalam latar tradisi (Jawa dan Bali) yang kental. Dan itulah musik “kua etnika” garapan Djaduk Ferianto yang merupakan penggalian atas musik etnik dengan pendekatan modern. Komunitas Seni Kua Etnika memang sebuah sanggar. Didirikan antara lain oleh Djaduk Ferianto, Butet Kartaredjasa, dan Purwanto pada tahun 1995, sanggar ini merupakan medan interaksi dari sejumlah pekerja seni: pemusik, penyair dan pemain teater.

Sejak awal tahun 80-an, secara temporal dan sporadis, para pendukung yang terhimpun di sini telah melakukan interaksi kreatif dalam berbagai kesempatan. Antara lain melalui Teater Gandrik, Padepokan Seni Bagong K, Komunitas Pak Kanjeng (1993-1995), dan Teater Paku.

Setelah berproses dalam kelompok-kelompok kesenian itu, mereka semakin memantapkan diri sebagai sebuah kelompok kesenian yang solid. Sebagai sebuah komunitas mereka bergerak dalam satu niat yang sama, yaitu melakukan penjelajahan kreatif ulang-alik, antara kesenian tradisional dan kesenian modern; antara “eksplorasi bebas yang idealistik” dengan “eksplorasi pragmatis yang industrial”.

Mereka meyakini bahwa dua kutub yang berseberangan itu, yang terkadang mengandung nilai-nilai yang bertentangan, pada satu momentum perlu disinergikan. Dipertemukan untuk dipetik manfaatnya. Karena itulah, sejak tahun 1997 komunitas ini memberanikan diri membangun sebuah sanggar seluas 600 meter persegi, di desa Kersan, Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan. Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

Di sanggar yang dibangun secara swadaya, yang akhirnya dilengkapi sebuah studio rekaman ini, kemudian tersambunglah proses budaya ulang-alik itu. Suatu saat mereka menjelajah dari satu konser ke konser lain di berbagai gedung kesenian serius. Tetapi, pada suatu kali, mereka tidak merasa merosot derajatnya karena harus melakukan pertunjukan mengiringi penyanyi pop di layar televisi, atau pun ke acara bersifat hiburan dalam aneka kemasan. Mereka menjadikan seni musik sebagai atmosfer kreatif.

Dalam payung kelompok musik Kua Etnika mereka melakukan penggalian musik-musik etnik, perkusif dan memadukannya dengan instrument elektrik, seperti tampak dalam pertunjukan ke Eropa kali ini. Saat yang sama mereka juga menafsir kembali musik keroncong dalam semangat daur ulang sebagaimana tercermin dalam album musik Orkes Sinten Remen. Dengan model pendekatan ini musik keroncong tampil dalam kemasan yang lebih familier bagi generasi baru karena di dalamnya terkandung jazz, blues, rock’n roll, country dan ndangdut.

Di kesempatan yang lain, dengan bendera Orkes Melayu Banter Banget, mereka pun menyentuh wilayah musik melayu yang kental sekali warna ndangdut-nya. Namun sanggar ini tak hanya menampung kegelisahan bermusik. Kegiatan berteater pun juga berproses di situ sebagaimana dilakukan Teater Gandrik, salah satu kelompok teater terkemuka di Indonesia. Juga kegiatan pengembangan pemikiran kebudayaan yang secara berkala dilakukan dalam forum Jagongan Wagen, baik berupa dialog interaktif maupun pementasan bagi seniman-seniman dari luar kota.

Komunitas ini senantiasa ingin memberikan ruang pertumbuhan bagi anggota dan warganya yang memang berniat mengembangkan diri dalam olah kesenian.



LANDASAN KREATIF

Tapi kenapa mereka menggali musik etnik? Tentang hal ini bisa diterangkan bahwa dalam sejarahnya, khasanah musik etnik di Indonesia telah mampu diuji oleh waktu. Hal itu disebabkan antara lain oleh dua hal. Pertama, masing-masing memiliki kekhasan, kelebihan, kekuatan dan bahkan keagungannya sendiri. Dan kedua, oleh dukungan masyarakatnya.

Akan tetapi, ketika nilai-nilai modernitas beserta produk budayanya (budaya massa/pop) menggelombang, dan bahkan mampu mendominasi budaya masyarakat, -- musik etnik di Indonesia pun tergeser ke wilayah pinggiran. Artinya, wilayah habitat musik etnik di Indonesia makin mengecil, begitu pula dengan jumlah pendukungnya.

Berkat keliatan sikap budaya pendukungnya, musik etnik sampai kini tetap bertahan, meskipun menempati posisi pinggiran. Melihat kenyataan itu, mereka merasa perlu menciptakan revitalisasi musik etnik. Untuk itu, dibutuhkan terobosan budaya, terobosan kreatif dalam mengolah musik etnik, sehingga hasil olahan itu memiliki relevansi dan memenuhi tuntutan perkembangan masyarakat modern. Upaya revitalisasi itu antara lain melalui pendekatan dan penafsiran yang berbeda (baru) dari yang selama ini ada.

Itu artinya, mengolah musik etnik dengan sentuhan atau nafas modern, tanpa harus kehilangan spirit dasarnya/spirit tradisi. Dalam prakteknya, pola-pola irama tradisi dikembangkan semaksimal mungkin, sehingga diharapkan lahir “musik etnik alternatif”. Dasar keyakinan kerja kreatif itu ialah bahwa musik etnik di Indonesia, baik instrumen, melodi, maupun iramanya, senantiasa terbuka terhadap kemungkinan baru.

Termasuk didalamnya upaya mendialogkan khasanah musik etnik dengan khasanah musik Barat, maupun mendialogkan antar musik etnik itu sendiri yang berasal dari daerah yang berbeda, misalnya musik etnik Bali dengan Jawa atau Sunda atau Minang. Dari berbagai rajutan dialog musikal itu diharapkan mampu melahirkan apa yang disebut “harmoni keindonesiaan”, tanpa melenyapkan karakter masing-masing musik etnik.



MENJALIN INTERAKSI

Bertolak dari kesadaran bahwa kesempatan belajar dan pengembangan diri tidak hanya diperoleh melalui bangku pendidikan formal, melainkan juga bisa didapat dari kesempatan berinteraksi dengan berbagai praktisi kesenian lainnya, maka komunitas ini senantiasa membuka diri untuk bekerjasama dalam penggarapan seni pertunjukan untuk panggung atau pun televisi. Baik sebagai pribadi maupun kelompok.

Salah satu bentuk kolaborasi yang pernah dilakukan, misalnya, penggarapan acara musik di RCTI “Dua Warna” (1996-1997) di mana Djaduk bersama Aminoto Kosin dan Erwin Gutawa mencoba mempertemukan musik etnik dan elektrik pada lagu-lagu pop. Dan menggarap variety show “Pasar Rakyat 76” di televisi dengan menjadikan Orkes Sinten Remen sebagai pemusik utamanya.
Selain itu, juga melakukan penggarapan musik untuk tari dengan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja, Eksotika Karmawibangga, Miroto and Dancers, Sentot Sudiarto; dengan Teater Koma dan Teater Gandrik: juga dengan para sineas Teguh Karya, Garin Nugroho, Slamet Rahardjo, Uci Supra, Nano Riantiarno, untuk pembuatan illustrasi musik film ataupun sinetron. Bahkan dalam perkembangannya komunitas ini melakukan kolaborasi kreatif bersama pemusik-pemusik manca negara, antara lain dengan para pemusik Malaysia yang menghasilkan konser “Many Skin”. Dan tahun 2003 lalu berproses dengan grup Pata Masters dari Jerman dan menghasilkan sebuah pertunjukan dan album “Pata Java”.

Album-album musik itu melengkapi karya-karya sebelumnya yaitu: Nang-ning-nong Orkes Sumpeg, Ritus Swara dan Unen-Unen. Sejak akhir 90-an, tanpa segan komunitas seni Kuaetnika membuka pintunya bagi anak-anak muda, gerakan musik mereka, apapun bentuk musik dan potongan rambut mereka. Kuaetnika membuka diri pada berbagai selera musik anak muda ini bahkan sampai yang paling ekstrim. Shaggy Dog, Melancholic Bitch, Mock Me Not, Seek Six Sick, Cross Bottom, maupun anak-anak muda dari Yayasan Berkata-kata Cepat Yogyakarta (baca; Jogja Hip Hop Foundation), adalah beberapa dari nama-nama kelompok musik yang pernah, sempat, bahkan sebagian masih berproses di studio Kuaetnika.

Para personil Kuaetnika terbiasa terlibat dalam percakapan panjang dengan anak-anak muda ini, untuk bertukar pikiran , gagasan, dan bahkan bertukar kegelisahan. Setali tiga uang dengan kegelisahan mereka untuk membuka diri pada berbagai sumber dan medium kreasi, mereka pun tampak tak pernah lelah mendatangi berbagai ruang komunikasi, menabrak pula seluruh fiksi tentang komunikasi.

Mereka merambah dan mencairkan gedung-gedung pertunjukan yang kaku, sama bersemangatnya dengan acara-acara panggung terbuka di kampung-kampung dan di tengah pasar tradisional, atau berkolaborasi dengan musisi pop di acara tv. Ngamen di 5 kota di 5 negara Eropa di tahun 2004 disikapi sama seriusnya dengan ngamen di kota-kota pesisir utara pulau Jawa.




Nama-nama personilnya

TRIE UTAMI

Awalnya, ia tak lekas menerima tawaran untuk menjadi vokalis dari sebuah kelompok jazz asal Bandung. “Menjadi penyanyi bukan cita-cita saya. Menjadi tokoh sentral tak menarik,” katanya. Kalau saja percakapan itu selesai di sana mungkin kita akan mengenalnya dengan cara yang berbeda. Kini, sulit mencari yang tak pernah mendengar suara vokalis kelahiran 8 januari 1968. di tahun 80-an, ia identik dengan Krakatau, band jazz yang sempat ditolaknya itu. Di tahun 90-an ia tampil bersama beberapa grup, selain menancapkan kukunya diantara penyanyi solo terdepan di Indonesia dan pula mendapatkan pengakuan dari berbagai festival dan kegiatan musik berskala internasional. Di paruh awal 2000-an ia mendapat gelar baru: Miss Pitch Control, seturut tag-line yang sering ia ucapkan beserta seluruh penampilannya yang dingin dan tajam dalam sebuah kompetisi vocal salah satu stasiun televisi. Pertemuannya dengan seni tradisi berlangsung sejak lama, bersamaan pertemuannya dengan seni modern. Di paruh 70-an bersamaan dengan studi piano klasik, ia belajar pula tari klasik Jawa dan Sunda. Di Krakatau, ia mendapatkan ruang eksplorasi mendalam yang mempertemukan musikalitas pentatonic dan diatonic. Sejak itu, pertemuan musik tradisi dan musik modern menjadi agenda yang setia dijalaninya. Sejak paruh kedua 90-an, setelah sempat terlibat sebagai vokalis di komunitas musik Nyi Kanjeng, ia mulai bekerja sama dengan komunitas Kuaetnika. Mula-mula ia menjadi vokalis tamu di proyek-proyek Orkes Sinten Remen dan Kuaetnika, mengisi beberapa komposisi dalam album dan pertunjukan mereka. Kini, ia adalah penyanyi utama Kuaetnika.


PEMUSIK KUAETNIKA

DJADUK FERIANTO

Yogyakarta, 19 Juli 1964 Fakultas Seni Rupa & Desain ISI –Yogyakarta Perkusi, Vokalis, Traditionil Flute



PURWANTO

Gunungkidul, 12 Januari 1967 ISI - Yogyakarta Bonang, Reong & Pamade


INDRA GUNAWAN

Medan, 23 April 1970 ISI - Yogyakarta Keyboard (Synthes)


I NYOMAN CAU ARSANA

Badung (Bali), 7 November 1971 ISI - Yogyakarta Reong, Pamade & Saron SUWARJIYA Sleman, 26 Maret 1863 UNY (IKIP Yogyakarta) Saron & Pamade AGUS


WAHYUDI

Yogyakarta, 17 Agustus 1975 UGM & ISI-Yogyakarta Keyboard


FAFAN ISFANDIAR

Malang, 1974 ISI Yogyakarta Biola


SUKOCO

Bantul, 16 September 1967 SMKI Yogyakarta Kendang & Reong


WARDOYO

Brebes, 1969 ISI Yogyakarta Kendang Sunda


PARDIMAN

Bantul, ISI Yogyakarta Bonang & Saron


I KETUT IDEP SUKAYANA

Bangli (Bali), ISI Denpasar Reong & Ugal


ADDITIONAL PEMUSIK KUAETNIKA


BENY FUAD HERAWAN

Bandung, 19 Desember 1976 ISI - Yogyakarta Drum


DHANNY ERIAWAN WIBOWO

Magelang, 1 Desember 1975 SMA Bass Guitar


ARIE SENJAYANTO

Semarang, 27 September 1973 USD-Yogyakarta Electrick & Acustik Guitar


SILIR PUJIWATI

Temanggung, 29 Mei 1975 ISI-Yogyakarta Vokal


JAJOEK SURATMO

Pontianak, USD-Yogyakarta Vokal


ALAMAT

Komunitas Seni Kuaetnika Studio & Workshop

Komplek Padepokan Seni Bagong Kussudihardja

Jln. Bibis Raya, Gg. Nusa Indah No. 146 Kembaran Rt 04/Rw 21, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183


Penampilan termutakhir: