بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 02/25/12
Go Green

Clock Link

Saturday, February 25, 2012

Sistem perekonomian Indonesia by Rochmany

SISTEM PEREKONOMIAN INDONESIA

Sistem ekonomi yang dianut oleh setiap bangsa berbeda-beda. Hal ini sesuai dengan falsafah dan ideologi dari masing-masing negara. Seperti halnya Indonesia, sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Indonesia akan berbeda dengan sistem ekonomi yang dianut oleh Amerika Serikat ataupun negara-negara lainnya. Pada awalnya Indonesia menganut sistem ekonomi liberal, yaitu seluruh kegiatan ekonomi diserahkan kepada masyarakat. Akan tetapi karena ada pengaruh komunisme yang disebarkan oleh Partai Komunis Indonesia, maka sistem ekonomi di Indonesia berubah dari sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi sosialis.
Pada masa Orde Baru, sistem ekonomi yang dianut oleh bangsa Indonesia diubah kembali menjadi sistem demokrasi ekonomi. Sistem ini bertahan hingga masa Reformasi. Setelah masa Reformasi, pemerintah melaksanakan sistem ekonomi yang berlandaskan ekonomi kerakyatan. Sistem inilah yang masih berlaku di Indonesia. Berikut ini bentuk sistem ekonomi di Indonesia dari masa Orde Baru hingga sekarang.

1. Sistem Ekonomi Demokrasi
Indonesia mempunyai landasan idiil yaitu Pancasila dan landasan konstitusional yaitu UUD 1945. Oleh karena itu, segala bentuk kegiatan masyarakat dan negara harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sistem perekonomian yang ada di Indonesia juga harus berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Sistem perekonomian nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disusun untuk mewujudkan demokrasi ekonomi dan dijadikan dasar pelaksanaan pembangunan ekonomi. Sistem perekonomian Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 disebut sistem ekonomi demokrasi. Dengan demikian sistem ekonomi demokrasi dapat didefinisikan sebagai suatu sistem perekonomian nasional yang merupakan perwujudan dari falsafah Pancasila dan UUD 1945 yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat di bawah pimpinan dan pengawasan pemerintah.
Pada sistem demokrasi ekonomi, pemerintah dan seluruh rakyat baik golongan ekonomi lemah maupun pengusaha aktif dalam usaha mencapai kemakmuran bangsa. Selain itu, negara berperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkan kegiatan perekonomian. Dengan demikian terdapat kerja sama dan saling membantu antara pemerintah, swasta, dan masyarakat.
a. Ciri-Ciri Positif Sistem Ekonomi Demokrasi
Berikut ini ciri-ciri dari sistem ekonomi demokrasi.
1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.
2) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
3) Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat.
4) Sumber-sumber kekayaan dan keuangan negara digunakan untuk permufakatan lembaga-lembaga perwakilan rakyat, serta pengawasan terhadap kebijakan ada pada lembaga-lembaga perwakilan rakyat pula.
5) Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.
6) Hak milik perorangan diakui dan pemanfaatannya tidak boleh bertentangan dengan kepentingan masyarakat.
7) Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum.
8) Fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

b . Ciri-Ciri Negatif Sistem Ekonomi Demokrasi
Selain memiliki ciri-ciri positif, sistem ekonomi demokrasi juga mempunyai hal-hal yang harus dihindarkan.
1) Sistem free fight liberalism, yaitu sistem persaingan bebas yang saling menghancurkan dan dapat menumbuhkan eksploitasi terhadap manusia dan bangsa lain sehingga dapat menimbulkan kelemahan struktural ekonomi nasional.
2) Sistem etatisme, di mana negara beserta aparatur ekonomi negara bersifat dominan serta mendesak dan mematikan potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.
3) Persaingan tidak sehat dan pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikan masyarakat.

2. Sistem Ekonomi Kerakyatan
Sistem ekonomi kerakyatan berlaku di Indonesia sejak terjadinya Reformasi di Indonesia pada tahun 1998. Pemerintah bertekad melaksanakan sistem ekonomi kerakyatan dengan mengeluarkan ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor IV/MPR/1999, tentang Garis-Garis Besar Haluan Negara yang menyatakan bahwa sistem perekonomian Indonesia adalah sistem ekonomi kerakyatan. Pada sistem ekonomi kerakyatan, masyarakat memegang aktif dalam kegiatan ekonomi, sedangkan pemerintah menciptakan iklim yang sehat bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha. Sistem ekonomi kerakyatan mempunyai ciri-ciri berikut ini.
a) Bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan dengan prinsip persaingan yang sehat.

b) Memerhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai keadilan, kepentingan sosial, dan kualitas hidup.
c) Mampu mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.
d) Menjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja.
e) Adanya perlindungan hak-hak konsumen dan perlakuan yang adil bagi seluruh rakyat.

C. Pelaku Utama dalam Sistem Perekonomian Indonesia
Sistem ekonomi kerakyatan sendi utamanya adalah UUD 1945 pasal 33 ayat (1), (2), dan (3). Bentuk usaha yang sesuai dengan ayat (1) adalah koperasi, dan bentuk usaha yang sesuai dengan ayat (2) dan (3) adalah perusahaan negara. Adapun dalam penjelasan pasal 33 UUD 1945 yang berbunyi “hanya perusahaan yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak boleh di tangan seorang”. Hal itu berarti perusahaan swasta juga mempunyai andil di dalam sistem perekonomian Indonesia. Dengan demikian terdapat tiga pelaku utama yang menjadi kekuatan sistem perekonomian di Indonesia, yaitu perusahaan negara (pemerintah), perusahaan swasta, dan koperasi. Ketiga pelaku ekonomi tersebut akan menjalankan kegiatan-kegiatan ekonomi dalam sistem ekonomi kerakyatan. Sebuah sistem ekonomi akan berjalan dengan baik jika pelaku-pelakunya dapat saling bekerja sama dengan baik pula dalam mencapai tujuannya. Dengan demikian sikap saling mendukung di antara pelaku ekonomi sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan ekonomi kerakyatan.
1. Pemerintah (BUMN)
Selain sebagai pelaku ekonomi negara juga berperan sebagai pengatur kegiatan ekonomi.
a. Peran pemerintah sebagai pelaku kegiatan ekonomi
Peran pemerintah tersebut berarti pemerintah melakukan kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi.
a) Kegiatan produksi
Pemerintah dalam menjalankan perannya sebagai pelaku ekonomi, mendirikan perusahaan negara atau sering dikenal dengan sebutan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sesuai dengan UU No. 19 Tahun 2003, BUMN adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh negara melalui penyertaan secara langsung berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan. BUMN dapat berbentuk Perjan (Perusahaan Jawatan), Perum (Perusahaan Umum), dan Persero (Perusahaan Perseroan).
BUMN memberikan kontribusi yang positif untuk perekonomian Indonesia. Pada sistem ekonomi kerakyatan, BUMN ikut berperan dalam menghasilkan barang atau jasa yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pelaksanaan peran BUMN tersebut diwujudkan dalam kegiatan usaha hampir di seluruh sektor perekonomian, seperti sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, manufaktur, pertambangan, keuangan, pos dan telekomunikasi, transportasi, listrik, industri, dan perdagangan serta konstruksi. BUMN didirikan pemerintah untuk mengelola cabang-cabang produksi dan sumber kekayaan alam yang strategis dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Misalnya PT Dirgantara Indonesia, PT Perusahaan Listrik Negara, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), PT Pos Indonesia, dan lain sebagainya.
Perusahaan-perusahaan tersebut didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, serta untuk mengendalikan sektor-sektor yang strategis dan yang kurang menguntungkan. Secara umum, peran BUMN dapat dilihat pada hal-hal berikut ini.
a) Mengelola cabang-cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak.
b) Sebagai pengelola bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya secara efektif dan efisien.
c) Sebagai alat bagi pemerintah untuk menunjang kebijaksanaan di bidang ekonomi.
d) Menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menyerap tenaga kerja.
2 ) Kegiatan konsumsi
Pemerintah berperan sebagai pelaku konsumsi. Pemerintah juga membutuhkan barang dan jasa untuk menjalankan tugasnya. Seperti halnya ketika menjalankan tugasnya dalam rangka melayani masyarakat, yaitu mengadakan pembangunan gedung-gedung sekolah, rumah sakit, atau jalan raya. Tentunya pemerintah akan membutuhkan bahan-bahan bangunan seperti semen, pasir, aspal, dan sebagainya. Semua barang-barang tersebut harus dikonsumsi pemerintah untuk menjalankan tugasnya. Contoh-contoh mengenai kegiatan konsumsi yang dilakukan pemerintah masih banyak, seperti membeli barang-barang untuk administrasi pemerintahan, menggaji pegawai-pegawai pemerintah, dan sebagainya.
3 ) Kegiatan distribusi
Selain kegiatan konsumsi dan produksi, pemerintah juga melakukan kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi yang dilakukan pemerintah dalam rangka menyalurkan barang-barang yang telah diproduksi oleh perusahaanperusahaan negara kepada masyarakat. Misalnya pemerintah menyalurkan sembilan bahan pokok kepada masyarakat-masyarakat miskin melalui BULOG. Penyaluran sembako kepada masyarakat dimaksudkan untuk membantu masyarakat miskin memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan distribusi yang dilakukan oleh pemerintah harus lancar. Apabila kegiatan distribusi tidak lancar akan memengaruhi banyak faktor seperti terjadinya kelangkaan barang, harga barang-barang tinggi, dan pemerataan pembangunan kurang berhasil. Oleh karena itu, peran kegiatan distribusi sangat penting.

b . Pemerintah sebagai Pengatur Kegiatan Ekonomi
Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di bidang ekonomi tidak hanya berperan sebagai salah satu pelaku ekonomi, akan tetapi pemerintah juga berperan dalam merencanakan, membimbing, dan mengarahkan terhadap jalannya roda perekonomian demi tercapainya tujuan pembangunan nasional.
Dalam rangka melaksanakan peranannya tersebut pemerintah menempuh kebijaksanaan-kebijaksanaan berikut ini.
1 ) Kebijaksanaan dalam dunia usaha Usaha untuk mendorong dan memajukan dunia usaha, pemerintah melakukan kebijaksanaan-kebijaksanaan berikut ini.
a) Pemerintah mengeluarkan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian.
b) Pemerintah mengeluarkan UU No. 7 Tahun 1992 mengatur tentang Usaha Perbankan.
c) Pemerintah mengubah beberapa bentuk perusahaan negara agar tidak menderita kerugian, seperti Perum Pos dan Giro diubah menjadi PT Pos Indonesia, Perjan Pegadaian diubah menjadi Perum Pegadaian.
2 ) Kebijaksanaan di bidang perdagangan
Di bidang perdagangan, pemerintah mengeluarkan kebijaksanaan berupa kebijaksanaan ekspor dan kebijaksanaan impor. Pemerintah menetapkan kebijakan ekspor dengan tujuan untuk memperluas pasar di luar negeri dan meningkatkan daya saing terhadap barang-barang luar negeri. Adapun kebijakan impor dimaksudkan untuk menyediakan barang-barang yang tidak bisa diproduksi dalam negeri, pengendalian impor, dan meningkatkan daya saing.
3) Kebijaksanaan dalam mendorong kegiatan masyarakat Kebijaksanaan pemerintah dalam mendorong kegiatan masyarakat mencakup hal-hal berikut ini.
a) Meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana umum.
b) Kebijaksanaan menyalurkan kredit kepada pengusaha kecil dan petani.
c) Kebijaksanaan untuk memperlancar distribusi hasil produksi.

2. Swasta (BUMS)
BUMS adalah salah satu kekuatan ekonomi di Indonesia. BUMS merupakan badan usaha yang didirikan dan dimiliki oleh pihak swasta. Tujuan BUMS adalah untuk memperoleh laba sebesar-besarnya. BUMS didirikan dalam rangka ikut mengelola sumber daya alam Indonesia, namun dalam pelaksanaannya tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah dan UUD 1945. BUMS dalam melakukan perannya mengandalkan kekuatan pemilikan modal. Perkembangan usaha BUMS terus didorong pemerintah dengan berbagai kebijaksanaan. Kebijaksanaan pemerintah ditempuh dengan beberapa pertimbangan berikut ini.
a. Menumbuhkan daya kreasi dan partisipasi masyarakat dalam usaha mencapai kemakmuran sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia.
b. Terbatasnya modal yang dimiliki pemerintah untuk menggali dan mengolah sumber daya alam Indonesia sehingga memerlukan kegairahan usaha swasta.
c. Memberi kesempatan agar perusahaan-perusahaan swasta dapat memperluas kesempatan kerja.
d. Mencukupi kebutuhan akan tenaga ahli dalam menggali dan mengolah sumber daya alam.
Perusahaan-perusahaan swasta sekarang ini telah memasuki berbagai sektor kehidupan antara lain di bidang perkebunan, pertambangan, industri, tekstil, perakitan kendaraan, dan lain-lain. Perusahaan swasta terdiri atas dua bentuk yaitu perusahaan swasta nasional dan perusahaan asing. Contoh perusahaan swasta nasional antara lain PT Astra Internasional (mengelola industri mobil dan motor), PT Ghobel Dharma Nusantara (mengelola industri alat-alat elektronika), PT Indomobil (mengelola industri mobil), dan sebagainya. Adapun contoh perusahaan asing antara lain PT Freeport Indonesia Company (perusahaan Amerika Serikat yang mengelola pertambangan tembaga di Papua, Irian Jaya), PT Exxon Company (perusahaan Amerika Serikat yang mengelola pengeboran minyak bumi), PT Caltex Indonesia (perusahaan Belanda yang mengelola pertambangan minyak bumi di beberapa tempat di Indonesia), dan sebagainya.
Perusahaan-perusahaan swasta tersebut sangat memberikan peran penting bagi perekonomian di Indonesia. Peran yang diberikan BUMS dalam perekonomian Indonesia seperti berikut ini.
a. Membantu meningkatkan produksi nasional.
b. Menciptakan kesempatan dan lapangan kerja baru.
c. Membantu pemerintah dalam usaha pemerataan pendapatan.
d. Membantu pemerintah mengurangi pengangguran.
e. Menambah sumber devisa bagi pemerintah.
f. Meningkatkan sumber pendapatan negara melalui pajak.
g. Membantu pemerintah memakmurkan bangsa.

3. Koperasi
a. Sejarah Koperasi
Koperasi pertama di Indonesia dimulai pada penghujung abad ke-19, tepatnya tahun 1895. Pelopor koperasi pertama di Indonesia adalah R. Aria Wiriaatmaja, yaitu seorang patih di Purwokerto. Ia mendirikan sebuah bank yang bertujuan menolong para pegawai agar tidak terjerat oleh lintah darat. Usaha yang didirikannya diberi nama Bank Penolong dan Tabungan (Hulp en Spaarbank). Perkembangan koperasi yang didirikan oleh R. Aria Wiriaatmaja semakin baik. Akibatnya setiap gerak-gerik koperasi tersebut diawasi dan mendapat banyak rintangan dari Belanda. Upaya yang ditempuh pemerintah kolonial Belanda yaitu dengan mendirikan Algemene Volkscrediet Bank, rumah gadai, bank desa, serta lumbung desa.
Pada tahun 1908 melalui Budi Utomo, Raden Sutomo berusaha mengembangkan koperasi rumah tangga. Akan tetapi koperasi yang didirikan mengalami kegagalan. Hal itu dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat akan manfaat koperasi. Pada sekitar tahun 1913, Serikat Dagang Islam yang kemudian berubah menjadi Serikat Islam, mempelopori pula pendirian koperasi industri kecil dan kerajinan. Koperasi ini juga tidak berhasil, karena rendahnya tingkat pendidikan, kurangnya penyuluhan kepada masyarakat, dan miskinnya pemimpin koperasi pada waktu itu. Setelah dibentuknya panitia koperasi yang diketuai oleh Dr. DJ. DH. Boeke pada tahun 1920, menyusun peraturan koperasi No. 91 Tahun 1927. Peraturan tersebut berisi persyaratan untuk mendirikan koperasi, yang lebih longgar dibandingkan peraturan sebelumnya, sehingga dapat mendorong masyarakat untuk mendirikan koperasi. Setelah diberlakukannya peraturan tersebut, perkembangan koperasi di Indonesia mulai menunjukkan tanda-tanda yang menggembirakan.
b . Pengertian Koperasi
Keberadaan koperasi di Indonesia berlandaskan pada pasal 33 UUD 1945 dan UU No. 25 Tahun 1992. Pada penjelasan UUD 1945 pasal 33 ayat (1), koperasi berkedudukan sebagai “soko guru perekonomian nasional” dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam sistem perekonomian nasional. Adapun penjelasan dalam UU No. 25 Tahun 1992, menyebutkan bahwa koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Berdasarkan pada pengertian koperasi di atas, menunjukkan bahwa koperasi di Indonesia tidak semata-mata dipandang sebagai bentuk perusahaan yang mempunyai asas dan prinsip yang khas, namun koperasi juga dipandang sebagai alat untuk membangun sistem perekonomian Indonesia. Koperasi diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi rakyat dan mewujudkan demokrasi ekonomi yang sesuai dengan yang diamanatkan dalam UUD 1945.
c . Landasan, Asas, dan Tujuan Koperasi
Landasan koperasi Indonesia adalah pedoman dalam menentukan arah, tujuan, peran, serta kedudukan koperasi terhadap pelaku-pelaku ekonomi lainnya. Koperasi Indonesia mempunyai beberapa landasan berikut ini.
1) Landasan idiil: Pancasila.
2) Landasan struktural: UUD 1945.
3) Landasan operasional: UU No. 25 Tahun 1992 dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).
4) Landasan mental: kesadaran pribadi dan kesetiakawanan. UU No. 25 Tahun 1992 pasal 2 menetapkan bahwa kekeluargaan sebagai asas koperasi. Semangat kekeluargaan inilah yang menjadi pembeda utama antara koperasi dengan bentuk-bentuk perusahaan lainnya.
Koperasi didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
d . Fungsi dan Peran Koperasi
Sesuai dengan UU No. 25 Tahun 1992 pasal 4 menyatakan bahwa fungsi dan peran koperasi seperti berikut ini.
1) Membangun dan mengembangkan potensi serta kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosial mereka.
2) Turut serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat.
3) Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya.
4) Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi.
e . Perangkat Organisasi Koperasi
Pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian disebutkan bahwa perangkat organisasi koperasi terdiri atas rapat anggota, pengurus, dan pengawas. Penjelasan tentang ketiga perangkat organisasi koperasi ini seperti berikut ini.
1) Rapat anggota
Rapat anggota merupakan perangkat yang penting dalam koperasi. Rapat anggota ialah rapat yang dihadiri oleh seluruh atau sebagian besar anggota koperasi. Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Melalui rapat anggota, seorang anggota koperasi akan menggunakan hak suaranya. Rapat anggota berwenang untuk menetapkan hal-hal berikut ini.
a) Anggaran dasar (AD).
b) Kebijaksanaan umum di bidang organisasi.
c) Pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian pengurus dan pengawas.
d) Rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, serta pengesahan laporan keuangan.
e) Pengesahan pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugas.
f) Pembagian sisa hasil usaha (SHU).
g) Penggabungan, peleburan, pembagian, dan pembubaran koperasi.
2) Pengurus
Pengurus dipilih oleh rapat anggota dari kalangan anggota. Pengurus adalah pemegang kuasa rapat anggota. Masa jabatan paling lama lima tahun. Berikut ini tugas pengurus koperasi.
a) Mengelola koperasi dan bidang usaha.
b) Mengajukan rencana kerja serta rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi.
c) Menyelenggarakan rapat anggota.
d) Mengajukan laporan pelaksanaan tugas dan laporan keuangan koperasi.
e) Memelihara buku daftar anggota, pengurus, dan pengawas.
Pengurus bertanggung jawab kepada rapat anggota atau rapat anggota luar biasa dalam mengelola usaha koperasi. Jika koperasi mengalami kerugian karena tindakan pengurus baik disengaja maupun karena kelalaiannya, pengurus harus mempertanggungjawabkan kerugian ini. Apalagi jika tindakan yang merugikan koperasi itu karena kesengajaan, pengurus dapat dituntut di pengadilan.
Adapun wewenang pengurus koperasi terdiri atas hal-hal berikut ini.
a) Mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan.
b) Memutuskan penerimaan atau penolakan seseorang sebagai anggota koperasi berdasarkan anggaran dasar koperasi.
c) Melakukan tindakan untuk kepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggung jawabnya sebagai pengurus.

3) Pengawas
Pengawas koperasi adalah salah satu perangkat organisasi koperasi, dan menjadi suatu lembaga/badan struktural koperasi. Pengawas mengemban amanat anggota untuk melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi. Koperasi dalam melakukan usahanya diarahkan pada bidang-bidang yang berkaitan dengan kepentingan anggota untuk mencapai kesejahteraan anggota. Lapangan usaha itu menyangkut segala bidang kehidupan ekonomi rakyat dan kepentingan orang banyak, antara lain bidang perkreditan (simpan pinjam), pertokoan, usaha produksi, dan usaha jasa. Sesuai dengan namanya sebagai pengawas koperasi, maka tugas-tugas koperasi seperti berikut ini.
a) Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan koperasi oleh pengurus.
b) Membuat laporan tertulis mengenai hasil pengawasan yang telah dilakukannya.
Supaya para pengawas koperasi dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, mereka harus diberi wewenang yang cukup untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Pengawas koperasi mempunyai wewenang berikut ini.
a) Meneliti catatan atau pembukuan koperasi.
b) Memperoleh segala keterangan yang diperlukan.


f . Modal Koperasi
Berdasarkan UU No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian, modal koperasi terdiri atas modal sendiri dan modal pinjaman.
1) Modal Sendiri Koperasi
a. Simpanan pokok, adalah sejumlah uang yang sama banyaknya dan wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Simpanan pokok tidak dapat diambil kembali selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.
b. Simpanan wajib, adalah sejumlah simpanan tertentu yang tidak harus sama dan wajib dibayar oleh anggota kepada koperasi pada waktu dan kesempatan tertentu. Simpanan wajib tidak dapat diambil selama yang bersangkutan masih menjadi anggota.
c. Dana cadangan, adalah sejumlah uang yang diperoleh dari penyisihan sisa hasil usaha. Dana cadangan digunakan untuk memupuk modal sendiri dan untuk menutup kerugian koperasi.
d. Hibah, yaitu sumbangan pihak tertentu yang diserahkan kepada koperasi dalam upayanya turut serta mengembangkan koperasi. Hibah tidak dapat dibagikan kepada anggota selama koperasi belum dibubarkan.
2) Modal pinjaman koperasi
Modal pinjaman dapat berasal dari simpanan sukarela, pinjaman dari koperasi lainnya, pinjaman dari bank dan lembaga keuangan lainnya, dan sumber pinjaman lainnya yang sah.


Referensi:
www.scribd.com

9 Pentolan Hip-Hop masa kini

sumber: kaskus.us

Hip-hop, dengan rap sebagai salah satu variannya, telah dimainkan dengan penuh semangat di seluruh dunia. Musik itu mendapat bentuknya pertama kali di Bronx Selatan, New York, Amerika Serikat, melalui komunitas keturunan Afrika dan Amerika Latin di kota pantai timur AS itu pada tahun 1970an. 

Dengan berkembangnya industri musik, para pengusung hip-hop tentunya tak melulu sama. Berikut daftar pemusik hip-hop papan atas masa kini yang disusun oleh Halaman The Guardian. : 

1.Jay-Z


Awalnya ia mencari penghidupan dengan cara menjadi pengedar narkoba. Namun, kesungguhannya mengubah peruntungan membawanya ke tangga kesuksesan. Ia dianggap sebagai rapper paling berbakat yang ada sekarang. Mulai bermusik sejak tahun 1990an, ia telah berhasil menjual berjuta-juta album rekaman, seperti The Blueprint (2001) dan The Black Album (2003). 

2.Eminem


Pada dekade lalu, Eminem menjadi salah satu pemusik dengan album terlaris. Ia juga punya andil dalam mempopulerkan hip-hop ke ranah mainstream. Dikenal sebagai penulis lirik jempolan, ia dianggap menciptakan musik yang cerdas, kocak, kelam dan kompleks. Di pertengahan tahun 2000an, seorang rapper yang merupakan sobat dekatnya terbunuh. Kesedihan mendalam membuatnya menjadi kecanduan obat penenang. Untungnya, ia mampu mengatasi ketergantungan itu dan kembali berkarya. 

3.Notorious B.I.G.


Dikenal sebagai Biggie Smalls, Notorious B.I.G. punya karisma besar serta lirik-lirik lagu yang menghanyutkan. Ketika ia tewas ditembak pada tahun 1997, jagat hip-hop seperti runtuh. Gayanya nge-rap masih jadi favorit hingga kini. 14 tahun setelah kematiannya yang tragis, ia masih dianggap sebagai Raja New York. 

4.Kanye West


Kanye adalah udara segar di lanskap rap. Ia berhasil menggubah musiknya dengan irama-irama tak terduga. Kanye West tak hanya membikin lagu, namun juga produser mumpuni. Hal itu membuat materi lagunya sukar kena dikte. "Can't Tell Me Nothing," dari album ketiga, Graduation, jadi lagu terkuatnya. 

5.Lil Wayne


Kini, Lil Wayne jadi rapper paling dibicarakan. Lil Wayne berasal dari New Orleans namun pindah ke Miami sejak Badai Katrina menghantam kampung halamannya. Salah satu tembangnya, "A Milli", tak pernah gagal menggoyang lantai ajojing. 

6.Drake


Drake punya gaya bernyanyi yang mencetak standar hip-hop tahun ini. Musiknya tak henti diputar di banyak klub. Dilahirkan sebagai Aubrey Drake Graham, ia merupakan keturunan keluarga kelas menengah Kanada, hal yang membuatnya jauh dari narkoba. Ia baru saja menelurkan album yang jadi hit, Take Care. 

7.Nicki Minaj


Tak diragukan lagi, Nicki patut mendapat predikat rapper wanita paling cadas sepanjang masa. Ia penuh bakat, dan punya citra positif. Tiap kali menyanyi, ia mampu memercikkan api semangatnya ke telinga pendengar. Album terbarunya sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya. 

8.Dizzee Rascal


10 tahun lalu, warga London Timur, Dizzee, berhasil menarik perhatian. Tembang-tembang awalnya seperti "Bonkers" (2009) dan "Dance Wiv Me" (2008) pantas mendapat pujian. Dalam setiap aksi panggungnya, ia mampu menunjukkan kehebatannya. Ia adalah salah satu artis Inggris yang masih relevan diperbincangkan hingga kini. 

9.Tupac Shakur


Tupac tewas ditembus peluru pada suatu malam di tahun 1996. Dia legenda hip-hop. Kekuatan musiknya seakan-akan masih bisa digaungkan olehnya dari dalam liang kubur. Tak sedikit deretan liriknya yang mampu membuat pendengarnya terisak. "Hail Mary" miliknya jadi tembang favorit banyak orang.

7 Cara Mengurangi Pemanasan Global

1. PENANAMAN POHON

Menanam pohon tidak sulit dilakukan dan jika Anda dapat melakukannya maka anda dapat menyelamatkan bumi dari konsekuensi drastis peningkatan karbon-dioksida gas. Pohon, selama proses fotosintesis, menyerap gas karbon dioksida yang berbahaya dan melepaskan oksigen ke atmosfer. Dengan cara ini kita dapat mengatakan bahwa pohon adalah pembersih alami dan satu pohondapat menyerap hampir satu ton gas karbon dioksida selama hidupnya. 

2. INI ADALAH WAKTU UNTUK MENGENDARAI SEPEDA "ayo semangat Ngowes" 



Bersepeda dan berjalan dapat membantu kita dalam menjaga diri kita tetap sehat secara fisik. Cobalah untuk mengurangi mengendarai Mobil dan motor kalau jarak Kerja atau tempat yg akan kita datangi tidak terlalu jauh, lebih praktis juga mungkin untuk menggunakan sepeda atau juga disarankan untuk menggunakan kaki kita untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Setiap galon gas yang kita simpan terus sekitar 20 pon karbon-dioksida keluar dari lingkungan bumi.

3. Memanfaatkan Media Sosial Network "Fb/Twitter/Kaskus/Yahoo dll" 


Kita harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi di bidang Media Sosial network . Berbagi dan mendiskusikan informasi mengenai konservasi lingkungan dengan orang lain. Kita bisa menggunakan Facebook dan Twitter untuk menyampaikan ide dan pemikiran kita kepada orang lain secara efektif.
status kita tidak hanya berisi :
~."Ada apa dengan pacar saya ?"
~."Saya lagi pusing nih".
~."Butuh Temen Curhat ne"
Ini sedikit dari banyaknya Contoh Status di media Sosial .

Untuk satu hari, kita dapat Update status "Menanam pohon lebih dan lebih untuk menyelamatkan bumi". Ada berapa teman kita di Twitter ,Facebook dan Media sosial yang lainnya ..?? tentu lebih dari 100 bukan ..??
bayangkan saja kalau ada 1 sampai 2 orang yang tergerak melakukannya ..??
Anda bisa bayangkan sendiri dampak positif yang telak Kita lakukan Buat Bumi 

4. AMBIL KEUNTUNGAN DARI TEKNOLOGI TERBARU UNTUK MENGURANGI PEMANASAN GLOBAL 

Kemajuan Teknologi tidak bisa dihindari dan banyak dampak negatif juga yang dihasilkan dari kemajuan Jaman untuk bumi namun kita tidak bisa juga menyalahkan perkembangan jaman karena tidak bisa dipungkiri kita juga memerlukannya, tapi disamping itu pada saat yang sama juga ada teknologi-teknologi untuk membantu umat manusia dan memberi peluang untuk mengurangi pemanasan global dengan menciptakan berbagai peralatan seperti mobil dengan teknologi matahari ,baterai dengan air dan masih banyak lagi teknologi yang lainnya. setiap kita berbelanja selalu ingat untuk memilih produk yang paling hemat energi.


5. LISTRIK DAN AIR 

Air dan listrik adalah sumber daya utama bagi manusia. Alasan di balik ini adalah bahwa populasi manusia di dunia terus meningkat dan tidak ada banyak peningkatan dalam cadangan air.
Gunakan listrik dan air secukupnya, apabila waktu siang coba untuk mematikan lampu yang tidak perlu. Ketika kita berbicara tentang air, kita benar-benar merujuk pada air minum bersih yang telah menjadi masalah besar di banyak bagian dunia. Sebagai penghuni bumi, Kita harus berusaha untuk menyimpan sebanyak mungkin sumber daya berharga saat kita sebisa mungkin.

6. Mengikuti Seminar & Kegiatan Sosial Tentang Penghijauan Bumi 

Dengan mengikuti seminar dan Kegiatan Sosial Tentang alam dan bumi, maka kita dapat pengetahuan lebih tentang Bumi dan kita tahu apa yang dibutuhkan bumi untuk kita lakukan dan apa yang tidak.

7. Lakukan dengan Motivasi yang Benar 

Kerjakan banyak hal untuk membantu menyelamatkan bumi, ada banyak hal yang bisa kita lakukan namun lakukan itu semua dengan kesadaran Bahwa kita yang tinggal diatas Bumi dan kita wajib pula untuk melakukannya.

5 Negara Wisata Termahal di Dunia

sumber: kaskus.us

AKIBAT krisis ekonomi di beberapa negara, wisata menjadi sesuatu yang mahal. Meskipun agen-agen perjalanan memberikan promosi dan diskon, beberapa negara masih dikategorikan mahal karena butuh biaya banyak untuk mengunjunginya.

Negara apa sajakah yang termasuk mahal tersebut? Berikut ulasannya, seperti dikutip Forbes :

Singapura


Ketika Amerika Serikat dan Eropa sedang bertempur dengan krisis ekonomi, finansial di Singapura justru melambung tinggi. Menurut laporan USB Prices and Earnings, negara ini menempati urutan ke-10 sebagai negara termahal dilihat dari harga rata-rata kamar hotel yang mencapai USD204 per malamnya. Meski masih banyak ditemukan hotel bertarif murah, wisatawan sebaiknya tidak terlalu banyak berharap.

Toronto, Kanada


Biasanya, Kota Toronto menjadi pilihan wisata warga Amerika Serikat yang tinggal di dekat perbatasan Amerika dengan Kanada karena nilai tukar di Kanada sangat bernilai. Namun kini, harga dolar Kanada meningkat dan rata-rata harga kamar di Toronto mencapai USD133 per malam. Dalam hasil laporan Prices and Earnings, Toronto juga menjadi negara dengan wisata termahal, dari peringkat ke-31 di 2009 menjadi peringkat 9 pada 2011.

Helsinki, Finlandia


Tahun lalu, secara relatif krisis ekonomi di Eropa belum memengaruhi Finlandia. Namun pada awal tahun ini, sebuah laporan keuangan melaporkan bahwa akhirnya krisi ekonomi sampai di Finlandia, dengan menyusutnya pendapatan kotor negara ini dari 1,8 persen menjadi 0,4 persen. Bisa dipastikan bahwa backpackers untuk sementara akan menjauhi negara dengan rata-rata harga kamar hotel mencapai USD163 per malam ini.

Tokyo, Jepang


Seperti Singapura, Jepang juga terhindar dari krisis ekonomi yang melanda Amerika Serikat dan Eropa. Namun hal ini tidak membuat 'harga' kota ini menjadi semakin murah, apalagi dengan adanya gempa besar pada 2011 dan awal 2012. Harga-harga wisata menjadi meningkat karena pemerintah perlu dana untuk membenahi negaranya. Harga rata-rata kamar hotel di Tokyo, Jepang, adalah USD163 per malam.

Jenewa, Swiss


Swiss berhasil menaklukan krisis Eropa. Mata uang Swiss, Franc, bertahan lebih kuat dari Euro sepanjang resesi dan penduduk Kota Jenewa diperkuat dengan rata-rata gaji yang tinggi. Hal ini membuat tingkat kehidupan di Swiss semakin tinggi, harga-harga barang dan tujuan wisata menjadi mahal. Harga rata-rata kamar hotel di Swiss mencapai USD268 per malamnya.

Nikmati 7 Wisata Malam Dunia Yang Mempesona

sumber: kaskus.us


Spoiler for 1. Melihat Bintang di Mauna Kea, Hawaii
Melihat Bintang di Mauna Kea, Hawaii


Untuk melihat bintang, dibutuhkan langit yang cerah dan bersih agar semua cahaya ribuan bintang terlihat jelas. Salah satu tempat terbaik untuk melakukannya adalah Mauna Kea, Hawaii. Wilayah ini terbuka untuk wisatawan yang ingin melihat bintang setiap malam, sepanjang tahun. Program wisatanya juga meliputi pemutaran film dokumenter dan melihat penampakan bintang jatuh.


Spoiler for 2. Pasar Malam, Taiwan
Pasar Malam, Taiwan


Pasar malam mungkin sudah ada hampir di setiap tempat saat ini, namun pasar malam Taiwan adalah salah satu yang terbaik di dunia. Setelah gelap, pasar ini akan dipenuhi penduduk lokal dan turis yang berbelanja dan mencari makanan. Pasar malam yang disebut Pasar Shihlin ini terkenal dengan makanan omlet tiram, tahu, dan teh susu mutiaranya.


Spoiler for 3. Waterfire di Rhode Island, Amerika Serikat
Waterfire di Rhode Island, Amerika Serikat


Bayangkan dua materi yang berbeda, air dan api bertemu. Mungkinkah itu? Ternyata, pertunjukan waterfire merupakan pertunjukan malam yang biasa dilakukan di Rhode Island, tepatnya di sungai Kota Providence.

Pertunjukan air bertemu api ini diliputi penampilan pembawa obor yang berjalan di perahu, dikelilingi lebih dari 80 api unggun yang mengambang di air. Waterfire biasanya diadakan setiap Sabtu malam antara akhir Mei hingga awal Oktober.


Spoiler for 4. Tur Bulan di Calfornia
Tur Bulan di Calfornia


Munculnya bulan purnama merupakan awal dari Tur Bulan Yosemite Valley di California, yang berjalan selama lima malam saat musim semi, musim panas, dan awal musim gugur setiap tahun. Wisatawan akan diajak berkeliling Yosemite Valley dengan menggunakan trem selama dua jam


Spoiler for 5. Safari malam, Singapura
Safari malam, Singapura


Singapura memiliki salah satu kebun binatang terbaik di dunia. Dan atraksi terbaiknya adalah safari malam, populer di kalangan turis yang kerap mengunjungi negara ini. Safari malam adalah saat yang tepat bagi para turis untuk melihat aktivitas hewan-hewan malam yang berasal dari Asia dan Afrika. Safari malam dimulai pukul 19.30 waktu setempat hingga tengah malam.


Spoiler for 6. Bioluminescence, Puerto Rico
Bioluminescence, Puerto Rico


Ingin merasakan wisata malam tak terlupakan di Puerto Rico? Pergilah ke Pulau Vieques setelah tengah malam untuk menyaksikan pemandangan air yang bersinar di tengah kegelapan. Tanjung Bioluminescence adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia yang memiliki konsentrasi besar organisme kecil di air yang menyala di kegelapan.


Spoiler for 7. Pertunjukan Budaya, Paris
Pertunjukan Budaya, Paris


Pertunjukan Budaya berlangsung sepanjang malam di Kota Paris, Prancis. Selama Juli dan Agustus, para pencinta film akan berkumpul di Parc de la Vilette untuk menonton film-film klasik di sebuah layar besar. Kemudian pada Oktober, di Nuit Blanche, sekumpulan besar wisatawan akan berkumpul menyaksikan galeri, museum, dan pameran seni.


15 Mata Kuliah Paling Unik Dan Keren Di Amerika Serikat

sumber: kaskus.us

Di Amerika Serikat (AS), beberapa kampus mengembangkan mata kuliah unik dengan latar belakang fenomena sosial yang tengah berkembang di masyarakat. Sebut saja mata kuliah tentang Harry Potter di Appalachian State University, atau mata kuliah tentang Lady Gaga di University of South Carolina. 

Ada juga kampus-kampus yang menyediakan mata kuliah unik seperti kelas Zombie di Columbia College, atau mata kuliah tentang bersuka cita bersama sampah di Santa Clara University. 

Berbagai mata kuliah unik ini menunjukkan kreativitas para dosen dalam menerjemahkan fenomena sosial ke dalam pembahasan akademik yang menarik. College Times melansir daftar berisi 15 mata kuliah paling keren yang sedang hip di Negeri Paman Sam tersebut :


1. The American Vacation (University of Iowa)
Di kelas ini, mahasiswa diajak mengeksplorasi bagaimana pengalaman liburan para keluarga di AS. Para peserta kelas ini akan menyelami seluk beluk liburan hingga ke level mikrokosmik dengan diskusi mengenai sejarah sosial liburan, perbedaan kultural tentang pola liburan pada tiap masa, serta pola liburan berdasarkan ras, kelas masyarakat, dan gender.

2. The Art of Walking (Centre College in Danville, Kentucky)
Mata kuliah filsafat biasanya membuat kening kita berkerut. Tapi tidak di kampus ini. Dosen pada program studi Modern Language di Centre College Ken Keffer memiliki pendekatan unik dalam mengajarkan filsafat. Kelas The Art of Walking yang diampu Keffer mengajak mahasiswanya berjalan kaki di tengah alam bebas. Keffer ingin memberikan pengalaman berkomunikasi dan mempelajari filosofi-filosofi sederhana dengan menemukan cara-cara baru dalam melihat keberadaan diri sendiri di tengah alam.

3. Philosophy and Star Trek (Georgetown University) 
Para dosen kampus ini berpendapat, Star Trek sangatlah filosofis. Tidak heran, mereka pun menjadikan serial layar lebar laris dari Hollywood ini sebagai latar belakang mata kuliah. Kelas Philosophy and Star Trek menggunakan pendekatan tidak biasa dalam diskusi tentang awal mula keberadaan manusia melalui budaya pop. Mata kuliah ini adalah landasan bagi filsafat metafisika dan epistimologi. Diskusi-diskusi pada kelas ini berfokus pada pertanyaan besar dalam filsafat seperti, "Apakah perjalanan menjelajahi waktu mungkin dilakukan?" dan "Apakah realitas bisa berbeda secara radikal dari apa yang kita pikir?" Kelas ini mungkin akan menjadi alasan kita untuk menonton Star Trek berulang kali. Bagaimanapun, mata kuliah ini memang keren.

4. Daytime Serials: Family and Social Roles (The University of Wisconsin) 
Kamu enggak perlu merasa 'bersalah' karena menonton opera sabun sepanjang hari. Departemen Kajian Wanita di kampus ini membuka mata kuliah yang mengajak mahasiswanya menyaksikan berbagai sinetron, yang kemudian diikuti dengan diskusi. Para mahasiswa di kelas ini akan diminta menguraikan bagaimana sinetron-sinetron tadi mempengaruhi isu gender di masyarakat dewasa ini. Tidak hanya itu, jika mengikuti kelas ini, kamu akan menganalisa tema dan karakter yang menjadi populasi sinetron di televisi. Kamu juga akan menginvestigasi pengaruh sosial karakter tiap gender terhadap keluarga dan dunia kerja mereka.

5. Topics in Comparative Media: American Pro Wrestling (Massachusetts Institute of Technology)
Departemen Kajian Perbandingan Media di MIT mengajak mahasiswanya mempelajari dunia gulat AS. Mata kuliah ini memungkinkan mahasiswa mengeksplorasi sejarah budaya dan peliputan media tentang olahraga tersebut. Para mahasiswa juga meneliti kronologi perubahan karakter dan penampilan para atlet gulat profesional sejak dipengaruhi bisnis.

6. White-Collar and Corporate Crime (University of California)
Selain para narapidana, civitas academica di departemen Ekologi Budaya University of Carolina adalah pakar dalam bidang kejahatan kerah putih. Salah satu mata kuliah mereka, White-Collar and Corporate Crime, membedah motif para tersangka sambil mempelajari aktivitas kriminal di antara beragam profesi, organisasi, dan bisnis kelas atas. Di kelas ini, kamu akan diajak membedah kasus mafia-mafia ternama sepanjang sejarah.

7. Airline Emergency Cabin Training (Lynn University)
Kelas berbobot tiga SKS ini mengajarkan mahasiswa untuk memahami dasar-dasar penanganan darurat di maskapai penerbangan. Peserta kelas ini diharuskan menyelesaikan praktik selama 15 jam. Setelah menyelesaikan kuliah ini, diharapkan para mahasiswanya dapat menguasai apa saja yang menjadi keadaan darurat dalam penerbangan, sekaligus menangani situasi tersebut.

8. The Joy of Garbage (Santa Clara University)
Departemen Kajian Lingkungan di Santa Clara University berbagi kecintaan terhadap sampah melalui mata kuliah ini. Kelas The Joy of Garbage menelusuri jalur kehidupan sampah mulai dari dijual, dibakar, membusuk, dikubur, didaur ulang, atau digunakan kembali melalui kacamata ilmiah. Peserta kelas ini harus siap berkotor-kotor pada kunjungan lapangan ke beberapa tempat sampah.

9. Biology of AIDS and STD's (Northeastern College) 
Bisa dibilang, mata kuliah ini adalah yang paling menjijikkan dari semua mata kuliah yang pernah ada. Perutmu harus siap menahan mual jika ingin mengikuti kelas ini. Sebab, mata kuliah ini menggunakan pendekatan ilmiah biologis pada beragam penyakit menular seksual tersebut. Dengan begitu, para peserta kelas dapat memahami kompleksitas dalam mencari obatnya. Di kelas ini, para mahasiswa akan menelusuri akar penyakit, cara penyebaran, hingga bagaimana mereka menghancurkan sistem imunitas tubuh.

10. Disney in America (University of Iowa)
Siapa sangka, Mickey Mouse dapat mengajarkan sesuatu pada kita. Pada kelas Disney in America, mahasiswa Iowa State University diajak mencari tahu bagaimana perusahaan Walt Disney mempengaruhi ideologi budaya di Amerika. Kelas ini akan mengupas habis bagaimana kiprah korporasi tersebut sejak 1920 hingga masa kini. Mata kuliah ini bahkan mengekspos kontribusi Hollywood pada momen penting dalam sejarah Amerika, seperti resesi ekonomi (great depression), perang dunia II, serta melonjaknya jumlah gelandangan dan pengemis pada 1950-an.

11. Rock Music from 1970 to Present (University of Minnesota-Twin Cities)
Mata kuliah ini adalah impian semua pecinta musik rock. Mahasiswa kelas ini akan mengupas habis sejarah masa keemasan musik rock hingga perkembangannya dewasa ini, termasuk tentang klip video dan gaya rambut para rocker tersebut. Meski kamu enggak akan mempelajari trik keren dalam memainkan musik rock, pengetahuan yang kamu dapat dari kelas ini bisa menjadi amunisi ketika kamu terlibat dalam percakapan.

12. Learning from YouTube (Pitzer College) 
Saat ini, banyak artis sukses memulai ketenarannya karena postingan di YouTube. Nah, semua seluk beluk YouTube dapat kamu pelajari pada mata kuliah ini. Asyiknya lagi, selama kuliah berlangsung, kita bebas online tanpa harus dimarahi dosen. Mata kuliah ini pun mendapat perhatian dari masyarakat luas.

13. Psychology of Facebook (Stanford University) 
Pengaruh media jejaring sosial online sangat besar dalam masyarakat. Fenomena ini pun mendorong Stanford University membuka kelas The Psychology of Facebook untuk mempelajari bagaimana Facebook sebagai media jejaring sosial 'membujuk' masyarakat. 

Lucunya, silabus dan deskripsi tentang mata kuliah ini dapat kamu temukan dalam grup Facebook. Jadi, kamu masih bisa belajar meski tidak tercatat sebagai mahasiswa Stanford.

14. Underwater Basket Weaving (Reed College) 
Di kampus ini, mahasiswa diajak mempelajari proses pembuatan keranjang rotan. Mata kuliah unik ini akan mengajarimu proses tersebut dari awal hingga akhir, dimulai dengan merendam rotan dan batang tanaman di dalam air hingga terbenam seluruhnya.

15. Tree Climbing (Cornell University)
Kenangan masa kanak-kanakmu tentang memanjat pohon seakan dibangkitkan kembali pada mata kuliah ini. Ruang kelas yang digunakan adalah beragam pohon di berbagai lokasi. Kamu juga akan menggunakan banyak peralatan untuk membantumu memanjat pohon hingga pucuk tertingginya. Seru, ya?

Masjid Kobe Jepang. Bangunan yang Tidak Hancur oleh Bom Atom Sekutu

sumber: kasku.us


Kobe Mosque merupakan masjid pertama di Jepang. Masjid ini dibangun tahun 1928 di Nakayamate Dori, Chuo-ku. Kobe berarti gate of God atau gerbang Tuhan.

Tahun 1945, Jepang terlibat perang Dunia Kedua. penyerangan Jepang atas pelabuhan Pearl Harbour di Amerika telah membuat pemerintah Amerika memutuskan untuk menjatuhkan bom atom pertama kali dalam sebuah peperangan.

Dan Jepang pun kalah. Dua kotanya, Nagasaki dan Hiroshima dibom Atom oleh Amerika. Saat itu, kota Kobe juga tidak ketinggalan menerima akibatnya. Boleh dibilang Kobe menjadi rata dengan tanah.

Ketika bangunan di sekitarnya hampir rata dengan tanah, Masjid Muslim Kobe tetap berdiri tegak. Masjid ini hanya mengalami keretakan pada dinding luar dan semua kaca jendelanya pecah. Bagian luar masjid

menjadi agak hitam karena asap serangan bom. Tentara Jepang yang berlindung di basement masjid selamat dari ancaman bom, begitu juga dengan senjata-senjata yang disembunyikannya. Masjid ini kemudian menjadi tempat pengungsian korban perang.



Pemerintah Arab Saudi dan Kuwait menyumbang dana renovasi dalam jumlah yang besar. Kaca-kaca jendela yang pecah diganti dengan kaca-kaca jendela baru yang didatangkan langsung dari Jerman. Sebuah lampu hias baru digantungkan di tengah ruang shalat utama. Sistem pengatur suhu ruangan lalu dipasang di masjid ini.

Sekolah yang hancur akibat perang kembali direnovasi dan beberapa bangunan tambahan pun mulai dibangun. Umat Islam kembali menikmati kegiatan-kegiatan keagamaan mereka di Masjid Muslim Kobe.

Krisis keuangan sering menghampiri kas komite masjid. Pajak bangunan yang tinggi membuat komite masjid harus mengeluarkan cukup banyak biaya dari kasnya. Beruntung, banyak donatur yang siap memberikan uluran tangannya untuk menyelesaikan masalah keuangan pembangunan dan renovasi masjid ini. Donasinya bahkan bisa membuat Masjid Muslim Kobe menjadi semakin berkembang.



Kekokohan Masjid Kobe diuji lagi dengan Gempa Bumi paling dahsyat tahun 1995. Tepatnya pada pukul 05.46 Selasa, 17 Januari 1995. Gempa ini sebenarnya bukan hanya menimpa Kobe saja, tapi juga kawasan sekitarnya seperti South Hyogo, Hyogo-ken Nanbu dan lainnya.

Para ahli menyebutkan bahwa gempa itu disebabkan oleh tiga buah lempeng yang saling bertabrakan, yaitu lempeng Filipina, lempeng Pasifik, dan lempeng Eurasia. Meski hanya berlangsung 20 detik, namuun gempa ini memakan korban jiwa sebanyak 6.433 orang, yang sebagian besar merupakan penduduk kota Kobe. Selain itu gempa Kobe juga mengakibatkan kerusakan besar kota seluas 20 km dari pusat gempa.

Gempa bumi besar Hanshin-Awaji merupakan gempa bumi terburuk di Jepang sejak Gempa bumi besar Kanto 1923 yang menelan korban jiwa 140.000 orang. Namun hingga kini masjid Kobe tetap berdiri kokoh dan tegak, seakan tidak tergoyahkan meski didera berbagai bencana.









7 Negara dengan lambang bendera aneh

sumber: kaskus.us


Bendera seharusnya mewakili simbol akhir dari patriotisme. Mereka adalah simbol dari suatu negara tertentu. Meskipun bendera adalah sepotong kain sederhana, secara signifikan bendera sangat banyak berarti. Namun, bendera dapat digunakan dalam tujuan yang berbeda selain dari patriotisme.

Bendera dapat digunakan sebagai pesan atau sinyal atau bahkan dalam iklan. Dan tujuan yang sebenarnya dari corak bendera seharusnya menjadi salah satu gambaran tentang sukacita, kebanggaan oleh orang-orang dengan tanah air tercintanya .

Oleh karena itu, bendera harus hati-hati dirancang dengan pemikiran yang sangat matang.
Tapi selalu ada pengecualian terhadap aturan, seperti dalam kasus negara-negara yang memiliki bendera seperti di bawah ini.



1. Kekaisaran Benin




Kekaisaran Benin berlangsung dari 1440 sampai dengan 1897. Ini negara Afrika pra-kolonial memiliki bendera yang cukup tidak biasa.Tampaknya bendera lebih lebih mirip dengan tanda “warning” ataupun ancaman daripada simbol patriotisme.

2. Fryslan(Belanda)poil


Frysland adalah sebuah provinsi di Belanda. Bendera Frisian adalah bendera resmi provinsi ini.
Ia memiliki empat biru dan tiga garis-garis diagonal putih dan tujuh kehidupan berbentuk hati.
kaos-kaos kostum dari klub sepakbola sc Heerenveen dirancang setelah bendera ini. tapi corak ini lebih mirip dekorasi dinding kamar gadis-gadis remaja daripada sebuah bendera.

3. Guam


Bendera negara ini diadopsi pada tanggal 9 Februari 1948.Di tengah bendera adalah lambang, sebuah lambang yang menggambarkan Agana Bay, sebuah proa lokal (sejenis kapal layar) dan pohon palem. Ini lebih mirip simbol wisata pada papan papan promosi daripada sebuah bendera

4. Isle of Man



Bendera dari Isle of Man alias flag of Man Mann adalah sebuah triskelion. triskelion adalah motif yang terdiri dari tiga spiral saling bertautan atau tiga kaki manusia bengkok. Hal ini benar-benar menggambarkan sesuatu yang cukup aneh dan agak horor, mengingatkan kita pada larutan penyegar juga salep (cap kaki tiga)

5. Mozambique

Pada bendera Mozambik Anda dapat melihat gambar AK-47. Ini adalah satu-satunya bendera nasional di dunia dengan fitur seperti senapan modern. Dari melihat benderanya saja , orang akan berpikir bahwa membaca komik dan melawak sangat dilarang di sana….

6. The North Caucasian Emirate, Rusia



Caucasian Emirate adalah badan negara yang memproklamirkan diri secara virtual.Dalam setiap kasus, mereka memiliki bendera yang menarik dalam periode 1918-1921. Apakah itu hanya imajinasi saya atau bendera itu memiliki simbol emoticon wajah tersenyum ?

7. Libya

ini adalah bendera paling keren yang pernah ada. bendera mereka diadopsi pada 11 November 1977. Ini adalah bendera paling sederhana di dunia, dengan seluruhnya warna hijau dan tidak ada karakteristik lain. betapa kreatifnya mereka ….