بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: RI Sambut Perdamaian di Filipina Selatan
Go Green

Clock Link

Tuesday, October 16, 2012

RI Sambut Perdamaian di Filipina Selatan

sumber: TEMPO.CO, Jakarta

RI Sambut Perdamaian di Filipina Selatan

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyambut baik kesepakatan damai antara pemerintah Filipina dan pemberontak muslim di wilayah selatan negara itu, MILF (Front Pembebasan Islam Moro). "Ini perkembangan yang sangat menggembirakan," kata Marty di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Senin malam, 15 Oktober 2012.

Marty menganggap kesepakatan damai ini bakal meredakan situasi dan kondisi di Filipina Selatan yang selama bertahun-tahun menjadi keprihatinan banyak negara lainnya. Meski Indonesia tidak secara langsung terlibat dalam perundingan, ia mengatakan Indonesia tetap turut mendukung terciptanya kesepakatan damai di Filipina Selatan.

"Misalnya dengan pengiriman tim observasi untuk proses perdamaian antara pemerintah Filipina dengan MILF," ujar Marty.

Pemerintah Filipina dan pemberontak muslim sepakat berdamai di wilayah selatan negara. Hal ini disampaikan Presiden Benigno Aquino yang menandai berakhirnya konflik 40 tahun yang telah menewaskan 100 ribu orang dan menurunkan ekonomi kawasan.

Kesepakatan damai bersama Front Pembebasan Islam Moro (MILF) ini disampaikan kepada publik, Ahad, 7 Oktober 2012, sebagai peta jalan damai untuk menciptakan wilayah otonomi baru di kawasan mayoritas muslim di negara yang sebagian besar penduduknya beragama Katolik.

No comments:

Post a Comment