بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Letusan Gunung Sinabung Semakin Sering
Go Green

Clock Link

Sunday, November 3, 2013

Letusan Gunung Sinabung Semakin Sering

Letusan Gunung Sinabung Semakin Sering  

TEMPO.CO, Medan - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM sejak Ahad, 3 November 2013, meningkatkan status Gunung Sinabung menjadi siaga atau level III. PVMBG mengeluarkan imbauan untuk warga di empat desa agar mengungsi.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNP, Sutopo Purwo Nugroho, menjelaskan, peningkatan status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, diberlakukan sejak pukul 03.00 WIB. "Peningkatan status Gunung Sinabung waspada (level II) menjadi siaga (level III) karena adanya peningkatan kegempaan dan bertambah tingginya kolom letusan abu," kata Sutopo.

Dia mengatakan telah terjadi erupsi pada Ahad pukul 01.26 WIB. "Tinggi abu vulkanik mancapai 7.000 meter dengan arah angin ke barat. Terdengar suara gemuruh sampai ke Pos Pengamatan Simpang Empat dengan lama 10 menit," Sutopo menjelaskan.

Letusan Gunung Sinabung semakin sering dan ketinggian letusan semakin tinggi. Sebelumnya, status waspada telah berlaku sejak 29 September 2013.

Dengan adanya kenaikan status siaga tersebut maka direkomendasikan tidak ada aktivitas di radius 3 kilometer dari kawah Sinabung.

Terkait dengan peningkatan status tersebut, PVMBG meminta warga di empat desa; Desa Sukameriah, Bekerah, Simacem, dan Nardinding; yang berada dalam radius 3 kilometer dan berada di depan bukaan kawah untuk diungsikan terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment