بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Supercapacitor, Isi Ulang Ponsel Dalam Hitungan Detik
Go Green

Clock Link

Sunday, May 19, 2013

Supercapacitor, Isi Ulang Ponsel Dalam Hitungan Detik

Supercapacitor - Ajang pencarian bakat dalam bidang teknologi bertajuk Intel International Science and Engineering Fair berakhir sudah. Pada acara tersebut menghasilkan tiga pemenang. Salah satunya perempuan muda bernama Eesha Khare yang masih berusia 18 tahun.

Perempuan ini berhasil menyabet juara kedua pada acara tersebut. Ia memperkenalkan sebuah perangkat berukuran kecil yang mampu menyimpan daya dan bisa dicharge hanya dalam waktu 20-30 detik saja. Ukurannya yang kecil sehingga cukup untuk digunakan pada perangkat ponsel.


Supercapacitor


Perangkat yang diberi nama Supercapacitor ini selain berkemampuan charge atau isiulang dengan cepat, ternyata juga mampu dicharge kurang lebih 10.000 kali dimana baterai pada umumnya hanya mampu dicharge sekitar 1000 kali saja. Selain itu, Supercapacitor juga didesain secara fleksibel sehingga mampu digunakan di layar rollup dan bahan lain seperti kain.
Hal ini bermula pada pemikirannya pada sebuah baterai ponsel yang cepat habis dan lama dalam pengisiannya sehingga mendorong perempuan ini menemukan Supercapacitor yang kemungkinan akan dikembangkan lebih jauh lagi. Penemuannya ini membuat Eesha Khare dari California ini mendapatkan hadiah berupa beasiswa sebesar 50 ribu USD dari Intel.

No comments:

Post a Comment