بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Akuisi ManCity dan Invasi Klub Besar Eropa ke Indonesia
Go Green

Clock Link

Sunday, May 19, 2013

Akuisi ManCity dan Invasi Klub Besar Eropa ke Indonesia


VIVAbola - Kabar baik untuk pecinta sepakbola Tanah Air. Salah satu klub papan atas Premier League, Manchester Cityberencana mengakuisisi salah satu klub Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh Head Domestic Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM), Rio Sanggau, yang baru-baru ini menggaet ManCity sebagai mitra bisnisnya.

"Info tersebut saya dapat dari agency Daihatsu yang menangani kerja sama dengan ManCity. Jadi sumber ini saya rasa bisa dipercaya. Namun untuk peluangnya berapa persen saya belum tahu karena baru penjajakan awal," kata Rio saat dihubungi VIVAbola.

Meskipun tidak membeberkan klub mana yang akan dicaplok oleh ManCity serta deal kesepakatan yang ditawarkan, Rio mengklaim bahwa wacana tersebut sudah dikomunikasikan kepada Menpora, Roy Suryo.

"Klubnya mana sampai sekarang masih dibicarakan. Namun peluang akuisisi itu tetap ada. Sudah ada pembicaraan soal itu ke Menpora," imbuh Rio.

Sebagai tahap awal, rencananya ManCity bekerjasama dengan ADM, akan mengutus beberapa pemainnya mengunjungi Indonesia pada Juni mendatang.

"Yang pasti tiga pemain itu adalah bintang di ManCity. Siapa saja mereka? Nanti kita kabarkan lagi," ungkap Rio. 

Menurut Rio, alasan ADM berkerjasama dengan klub milik Sheikh Mansour karena fans City di Asia paling banyak berasal dari Indonesia. Kata Rio, ada sekitar 500 ribu pecinta tim yang memiliki kostum utama biru langit di Tanah Air.

"Kami melakukan kerjasama dengan Manchester City selama satu tahun, dimulai sejak bulan ini," kata Rio.

"Segmen sepakbola dengan Daihatsu itu sama yaitu untuk semua umur dan juga diminati anak muda. Untuk kerjasamanya kami akan menggunakan brand ManCity dalam aktivitas Daihatsu. Kami juga akan mengadakan lomba menendang bola masuk ke dalam bagasi Xenia dan bekerjasama dengan ManCity," ucapnya.


Kerja Sama SSB dan Sponsorhip Klub Eropa

Ekspansi klub-klub besar Eropa ke Indonesia rupanya bukan hal yang baru. Sebelum Manchester City sudah banyak klub Eropa yang menjalin hubungan dengan Indonesia.

Salah satu hubungan yang dilakukan klub Eropa adalah dengan mendirikan Sekolah Sepakbola (SSB). Salah satunya adalah Arsenal yang sudah mendirikan Soccer Schools Indonesia (SSI) Arsenal pada 2007.

Dari SSI Arsenal ini, tercatat ada beberapa yang mendapat kesempatan mengikuti seleksi di sejumlah klub elit di benua biru. Sebut saja Ibrahim Hendry dan Kelvin Albimal Harbingan yang telah mendapatkan kesempatan melakukan trial dengan klub dari Belanda, W Geldrop, klub yang menyuplai banyak pemain ke salah satu klub elit di negara kincir angin, PSV Eindhoven.

Langkah serupa juga diikuti oleh klub Premier League lainnya, Liverpool. The Reds mendirikan Liverpool Internasional Football Academy di Jakarta pada 2011.

Dua raksasa La Liga, Real Madrid dan Barcelona tak mau kalah. bekerja sama dengan Yayasan Pengembangan Olahraga Internasional, mendirikan tujuh sekolah sosial sepak bola pada Februari 2012. Ketujuh sekolah berlokasi di Banda Aceh, Banjarmasin, Samarinda, Yogyakarta, Sidoarjo, Makassar dan Jayapura.

Barcelona mendirikan FC Barcelona Escola Indonesia pada Maret 2012. Lokasi latihan berada di dekat sirkuit Sentul, Jawa Barat,

Selain SSB, kerja sama juga dilakukan klub Eropa dengan perusahaan Indonesia. Beberapa perusahaan di Tanah Air berani menjadi sponsor untuk mereka. Contohnya Manchester City yang menjalin kerja sama dengan salah satu produk minuman berenergi terbesar di Indonesia, Extra Joss.

Sebagai bagian dari kesepakatan, Extra Joss diperbolehkan untuk menggunakan pemain The Citizens dan logo klub pada iklan. Kabarnya, Sergio Aguero, David Silva, dan Yaya Toure akan membintangi iklan Extra Joss untuk televisi. Iklan tersebut akan tayang di Indonesia pada akhir tahun ini.

Liverpool juga tak mau kalah dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan Indonesia. The Reds menjalin kerjasama partnership berdurasi selama tiga musim kompetisi (2012-2015). Melalui kerjasama ini Garuda Indonesia akan menjadi “Global Official Airline” bagi Liverpool khususnya dalam setiap tur yang mereka laksanakan ke berbagai negara di wilayah Asia dan Australia.

Juara Premier League, Manchester United, secara resmi menjalin kerjasasama dengan produsen ban asal Indonesia, PT Multistrada Arah Sarana Tbk. MU dan Multistrada menjalin kerjasama selama 3,5 tahun ke depan. Multistrada yang memiliki produk-produk andalan seperti ban Achilles dan Corsa menjadi Official Tire Partner bagi Setan Merah.

Multistrada juga akan memanfaatkan kerjasama ini untuk ikut memajukan sepakbola Indonesia. Rencananya, Multistrada akan memberangkatkan 32 anak-anak Indonesia untuk berlatih di klub tersukses di Liga Inggris itu.

Sementara itu, operator seluler asal Indonesia, PT Indosat Tbk (ISAT) menggandeng klub raksasa Spanyol, Barcelona. Indosat menjalin kerja sama layanan VAS (Value Added Service) Content. Kerja sama ini berdurasi waktu dua tahun dengan tahun pertama akan dipakai sebagai masa evaluasi. Indosat membidik satu juta pelanggan lewat korporasi ini.


Kunjungan Klub Eropa dan Pemain ke Indonesia

Sejak Manchester United batal datang ke Indonesia karena teror bom pada 2007, tercatat beberapa klub Eropa datang mengunjungi Tanah Air. Menariknya, dimulai dengan dua finalis Liga Champions musim ini, Borussia Dortmund dan Bayern Munich.

Dortmund mengunjungi Indonesia pada Desember 2007. Die Borussen hanya sanggup menang tipis 1-0 lewat penalti Mladen Petric.

Setahun kemudian, giliran rival senegara Dortmund, Bayern Munich yang mengunjungi Tanah Air. Die Roten berhasil menang telak 5-1. Pada 2010, giliran raksasa Amerika Selatan, Uruguay yang memberi pelajaran pada Timnas. Edinson Cavani dan kawan-kawan menang 7-1.

Serbuan klub-klub Eropa semakin terasa pada 2011. AC Milan mengirimkan pemain legenda, Milan Glorie. Lalu disusul dengan klub Major League Soccer (MLS), Los Angeles Galaxy. Tentunya dengan menyertakan sang ikon, David Beckham. Tim Indonesia Selection saat itu hanya kalah 0-1.

Setahun kemudian, giliran Inter Milan, Valencia, dan Queens Park Rangers yang mengunjungi Indonesia. Inter dua kali menggelar pertandingan di Indonesia, sedangkan QPR menghadapi Persebaya Surabaya.

Pada tahun 2013 ini, Indonesia kembali diserbu tim-tim elit Eropa. Dimulai dengan timnas Belanda yang akan menghadapi Indonesia pada 7 Juni 2013.

Setelah itu Timnas akan menghadapi tantangan 3 tim elit Premier League. Indonesia akan menghadapi Arsenal (14 Juli), Liverpool (20 Juli), dan Chelsea (25 Juli).

Bukan hanya klub atau timnas, beberapa figur sepakbola pun sudah mengunjungi Indonesia. Sebut saja Rio Ferdinand, Andy Cole, Cesc Fabregas, Pepe, Alvaro Arbeloa, Xabi Alonso, Peter Schmeichel, Christian Karembeu, Steve McManaman, Fredrik Ljungberg, Pep Guardiola, dan Jose Mourinho.

Kedatangan mereka tentunya semakin mendekatkan atmosfer sepakbola luar negeri dengan sepakbola Indonesia. Dan pencinta sepakbola di Tanah Air bisa begitu dekat dengan idola mereka.

No comments:

Post a Comment