بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Pemerintah Indonesia Cari Lulusan Terbaik untuk PNS
Go Green

Clock Link

Sunday, May 19, 2013

Pemerintah Indonesia Cari Lulusan Terbaik untuk PNS


Jakarta - Pemerintah berencana memperbaiki proses perekrutan calon pegawai negeri sipil pada tahun-tahun mendatang. Nantinya, birokrasi diharapkan diisi oleh orang-orang terbaik Indonesia, seperti yang saat ini terjadi di China.

"Jadi 1 persen orang terbaik di Indonesia itu harusnya masuk di birokrasi seperti di China. Itu target kita, kita akan perbaiki seleksinya tapi kita juga akan perbaiki daya tariknya, income-nya kita tingkatkan, suasana kondusif dari birokasi juga," ujar Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Redormasi Birokrasi (PAN RB) Eko Prasojo di Jakarta, Kamis (16/5).

Eko menuturkan, baik buruknya birokrasi ditentukan dengan cara pemerintah merekruit pegawai. Untuk itu, menurut dia, saat ini pihaknya tengah mencoba memperbaiki seleksi pegawai negeri sipil (PNS) melalui sistem tes.

"Kita juga ingin mengajak sarjana di perguruan tinggi terbaik untuk masuk di kita. Kalau ditanya targetnya, yang masuk birokrasi itu the best graduate from the best university," ungkap dia.

Menurut dia, saat ini pihaknya sudah mulai menerapkan mekanisme passing grade, di mana PNS yang direkrut hanyalah PNS yang memenuhi nilai minimal kelulusan.

"Sejak kita merdeka, kita tidak pernah pake itu, Jadi kalau ada formasi 20 yang 20 itu diambil meskipun nilainya jelek. Nah, sekarang kita butuh 20 orang kalau yang lulus cuma 5 yang kita ambil 5 orang," terang dia.

Selain itu, menurut dia, sistem penggajian PNS juga akan berbasis pada kinerja masing-masing PNS.

"Jadi nanti dengan posisi sama, gajinya bisa berbeda," tambah dia

http://www.beritasatu.com/nasional/114101-tiru-china-pemerintah-cari-lulusan-terbaik-untuk-pns.html

No comments:

Post a Comment