بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tujuh Jejak ISIS Bersemayam di Indonesia
Go Green

Clock Link

Saturday, March 14, 2015

Tujuh Jejak ISIS Bersemayam di Indonesia

Tujuh Jejak ISIS Bersemayam di Indonesia

VIVA.co.id - Otoritas Turki berhasil menangkap 16 orang Warga Negara Indonesia yang sedang berencana menyeberang ke perbatasan Suriah. Belum diketahui pasti apa maksud dan tujuan dari rombongan yang dipimpin oleh satu laki-laki dewasa, empat perempuan dewasa dan sebelas anak-anak tersebut.

Namun temuan ini menjadi isyarat bahwa tak bisa dipungkiri Indonesia bukan tak mungkin menjadi salah satu pemasok pasukan dari gerakan Islam radikal di Negara Islam dan Suriah atau ISIS.

Badan Intelijen Negara pernah menyebut setidaknya ada 514 WNI dinyatakan telah tergabung dalam gerakan itu. Berikut sejumlah indikasi jejak ISIS di Indonesia mulai menggejala:

1. TNI Cium ISIS di Aceh

Pada pertengahan Agustus 2014, Panglima Kodam I Iskandar Muda Jenderal TNI Agus Kristanto, menyebut pernyataan mengejutkan. Di ujung pulau Sumatera yakni Provinsi Aceh disebut mulai bermunculan jejak ISIS. Bahkan telah dinyatakan secara terbuka. (Baca: Panglima Kodam Iskandar Muda: ISIS Masuk Aceh)

“Pihak kami mengetahui keberadaan kelompok ISIS di Aceh. Secara terang terangan mereka menyatakan ada, meski pengakuan mereka berbeda,” ujar Agus.

***

2. Ada 12 WNI Tertangkap Diduga ISIS di Malaysia

Selanjutnya pada awal Desember 2014, otoritas Malaysia berhasil menggagalkan rencana kepergian 12 WNI yang akan bergabung ke ISIS. WNI dengan tujuan Turki ini, diketahui akan memasuki Suriah lewat jalan darat saat setibanya di Turki. (Baca: Malaysia Tangkap 12 WNI yang Akan Gabung ke ISIS)

"Kami telah menyita barang bukti berupa tiket perjalanan ke Turki. Begitu tiba di Turki, maka mereka akan melanjutkan perjalanan melalui jalur darat untuk ke Suriah. Biasanya, modus yang digunakan seperti itu," ujar Atase Polisi Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur Kombes Pol. Aby Nursetyanto.

Berita selanjutnya >> KLIK

No comments:

Post a Comment