بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: NASA Temukan Lautan di Ganymede
Go Green

Clock Link

Saturday, March 14, 2015

NASA Temukan Lautan di Ganymede

NASA Temukan Lautan di Bulan Terbesar di Tata Surya


VIVA.co.id - Para ilmuwan di Badan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) menemukan lautan di satelit alami atau bulan dari Planet Yupiter, Ganymede. Seperti diketahui, Ganymede tercatat sebagai satelit alami terrbesar di tata surya.
Joachim Saur, ilmuwan dari University of Cologne, Jerman, yang memimpin tim dari NASA, mengatakan kemungkinan itu didapat setelah timnya, dengan menggunakan teleskop Hubble, mengamati penampakan aurora di bulan Ganymede.

"Saya selalu berpikir tentang bagaimana caranya kita bisa menggunakan teleskop untuk mengetahui apa yang berada di permukaan sebuah planet atau bulan. Kemudian saya berpikir, kenapa kita tidak mengamati aurora," ujar Joachim seperti dilansir dariRussia Today, Jumat, 13 Maret 2015.

Mneurutnya, aurora dikendalikan oleh medan magnet atau bulan. Bila diamati dengan cara yang benar, maka bisa mengetahui apa yang berada di dalam permukaan planet atau bulan itu. 

Joachim mengatakan, berdasarkan rekaman pergerakan aurora selama tujuh jam yang didapat menggunakan teleskop Hubble, timnya menemukan bahwa pergerakan aurora di atmosfer planet itu hanya terbatas pada sudut dua derajat. Sedangkan planet atau bulan yang tidak memiliki lautan, kata dia, pergerakan auroranya biasanya mencapai enam derajat.

"Pergerakan aurora yang lebih sedikit dan stabil, bisa mengindikasikan keberadaan samudera dengan air asin," ujar dia.

Temuan ini semakin memperkuat teori yang telah ada sejak tahun 1970-an, yang menyebutkan bahwa 60 mil atau sekitar 96 kilometer di bawah permukaan Ganymede, ada sebuah samudera dengan jumlah air yang lebih besar dibanding seluruh air yang berada di Planet Bumi.

Temuan ini sendiri penting karena keberadaan air di sebuah bulan atau planet berarti bahwa bulan atau planet tersebut bisa ditinggali oleh sebuah kehidupan atau memang malah sudah dihuni oleh suatu jenis kehidupan tertentu.

No comments:

Post a Comment