بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Lima dari 16 WNI yang Ditahan di Turki Berasal dari Ciamis
Go Green

Clock Link

Saturday, March 14, 2015

Lima dari 16 WNI yang Ditahan di Turki Berasal dari Ciamis


JPNN - CIAMIS – 16 WNI yang ditahan di Turki, lima orang di antaranya merupakan warga Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Dandim 0613 Ciamis, Letnan Kolonel Rudy Jan Pribadi mengaku, saat ini pihaknya sedang menelusuri identitas warga Ciamis tersebut.
“Kami mendapat informasi ada satu orang warga Ciamis atas nama Muhammad Ihsan Rais umur 15 tahun warga Dusun Cisaar RT 10 RW 3 Desa Kertahayu Kecamatan Pamarican. Dia (Ihsan) anak ke empat dari Eman Sulaeman,” kata Rudy, Sabtu (14/3).
Dia menyampaikan, berdasarkan informasi, Muhammad Ihsan pada Januari lalu membuat sebuah paspor dengan alasan mendalami ilmu dengan tujuan Suriah. Terkait dengan bergabungnya dengan organisasi ISIS, pihaknya belum bisa memastikannya.
“Bergabung atau tidak mungkin terlalu dini, karena orangnya masih berada di sana (Turki, Red), nanti pada saat kembali mungkin dari konsulat jenderal atau kedutaan atau dari kementerian luar negeri informasinya,” katanya.
Dandim mengatakan sebagai komado kewilayahan akan terus memantau secara terus-menerus. Saat ini ditemukan modus baru untuk pergi ke Suriah, yakni dengan cara ikut tour lalu memisahkan diri dari rombongan.
“Kami akan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa, dan roadshow ke sekolah-sekolah untuk penguatan pentingnya mencintai bangsa sendiri yakni Indonesia. Selain itu juga para generasi muda harus dibekali dengan dasar agama supaya tidak terpengaruh dengan hal yang tidak baik,” paparnya.
Menurut informasi, empat warga lainnya merupakan satu anggota keluarga warga Dusun Sindang RT 02 RW 06 Desa Rancah Kecamatan Rancah yakni keluarga Daeng Stanza (31), isteri Ifah Syarifah (30) serta kedua anaknya Ishaq (6) dan Isyah Mujahidahh (5). Namun saat ini masih dalam pendalaman oleh Kodim 0613 Ciamis.
“Untuk yang Rancah, kita masih melakukan pendalaman, yang jelas sudah dipastikan adalah Muhammad Ihsan yang sudah saya sampaikan tadi,” tandasnya.

No comments:

Post a Comment