بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu
Go Green

Clock Link

Saturday, March 14, 2015

Cara Mengetahui Batu Akik Asli atau Palsu

Batu Akik Asli atau Palsu, Ini Cara Mengetahuinya

TEMPO.CO Jakarta:Hati-hati membeli batu akik. Bila tak paham membedakan yang asli dengan palsu, banyak konsumen tertipu. 

Sekilas, memang tak mudah membedakan antara batu akik asli dengan tiruan. Menurut Geolog yang merupakan ahli batu mulia, Sujatmiko, banyak konsumen awam yang tertipu saat membeli batu akik. Ada konsumen yang telah membeli batu seharga puluha juta rupiah, ternyata setelah diperiksa terbuat dari kaca. 

Agar tak tertipu, dia memberi tips bagi masyarakat awam. Bentuk yang terlalu sempurna, justru semestinya diwaspadai oleh pembeli. "Kalau terlalu sempurna jangan percaya. Kalau warnanya terlalu bagus, didalamnya tidak ada cacat, itu harus curiga," kata Sujatmiko.

Menurut Sujatmiko, satu-satunya cara memastikan kualitas batu akik hanya dengan memeriksakannya ke ahlinya untuk mendapatkan sertifikasi. Dia justru tidak setuju jika ada standarisasi untuk batu mulia. 

Dia beralasan, hanya batu mulia seperti Diamond yang bisa dilakukan standarisasi. Batu mulia jenis lainnya, misal Safir, terhitung sulit menentukan standarnya. Sementara harga batu akik yang diperjualbelikan hingga menembus miliaran, itu hanya gara-gara alasan suka dan tidak suka.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta pengrajin batu akik agar membuatkan sertifikat batu akik. "Tidak sedikit di lapangan ada penipuan, konsumen tidak tahu batu akik standarnya seperti apa," kata gubernur yang disapa Aher itu di Bandung, Sabtu, 14 Maret 2015.

No comments:

Post a Comment