بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tren Lomba Minum di Internet Berujung Maut
Go Green

Clock Link

Monday, February 17, 2014

Tren Lomba Minum di Internet Berujung Maut


VIVAnews - Lomba meminum alkohol dengan sekali tenggak tengah marak di sosial media. Enam orang di Inggris dan Irlandia tewas akibat tren yang kian merebak di negara-negara Barat ini. 

Tren lomba minum yang dinamakan neknomination ini menghinggapi para pemuda di Barat. Aksi mereka direkam video dan diunggah di berbagai grup di Facebook atau Youtube.

Dalam perlombaan neknomination, para pemuda harus menenggak miras dalam jumlah banyak dalam hitungan menit. Korban kelima adalah seorang pemain rugby di Inggris bernama Bradley Eames. Dalam video, pemuda 20 tahun ini menenggak dua gelas gin ditambah teh celup dalam dua menit.

Campuran ini setara dengan 30 gelas minuman energi. Beberapa saat setelah meminum miras tersebut, dia mengeluh sakit, empat hari kemudian meninggal. 

Korban lainnya adalah Isaac Richardson, 20, di Inggris yang tewas setelah menenggak campuran wine, wiski, vodka dan bir. Stephen Brooks pemuda 19 di Inggris juga tewas setelah tenggak sepertiga liter vodka di bawah satu menit. 

Ross Cummins, 22, dan Jonny Byrne, 19, ditemukan di apartemen yang terpisah awal Februari lalu. Keduanya diduga tewas akibat neknomination.

Permainan mematikan ini diduga berasal dari Australia dan menyebar ke Amerika Serikat, Kanada dan Eropa. Dalam Neknomination, seseorang harus meminum miras dengan cara ekstrem, merekamnya dan mengunggahnya di sosial media. Kemudian, dia men-tag dua kawannya di sosmed untuk melakukan tantangan yang sama dalam waktu 24 jam. 

Pemenangnya adalah mereka yang meminum dengan cara yang paling ekstrem dan jumlah terbanyak. Mereka mencampur banyak jenis miras dan meminumnya langsung, beberapa lainnya meminum alkohol dari dalam kakus, ada yang mencampurnya dengan makanan anjing, tikus mati atau bahkan ikan mas koki hidup.

Jika orang yang di-tag tidak ingin melakukan tantangan ini, maka dia akan jadi bahan ejekan di internet. Kegiatan ini lantas menuai kecaman dari para orang tua dan organisasi minuman keras di Barat.

"Aturan pemerintah untuk konsumsi alkohol adalah 21 sloki per minggu untuk rata-rata pria dewasa. Tapi orang-orang ini meminum lebih dari itu dalam waktu satu atau dua menit. Tubuh mereka jadi terlalu terbebani," kata juru bicara Kaleidoscope, sebuah lembaga anti miras di Inggris. (umi)

No comments:

Post a Comment