بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bercerai di Prancis Hanya Butuh Waktu Delapan Menit
Go Green

Clock Link

Tuesday, January 7, 2014

Bercerai di Prancis Hanya Butuh Waktu Delapan Menit


TEMPO.CO, Paris - Prancis sedang mempertimbangkan rencana untuk mengizinkan perceraian dengan persetujuan bersama tanpa hakim. Langkah ini dianggap banyak kalangan menyederhanakan proses yang beberapa kritikus mengatakan sudah terlalu mudah selama ini.

Menurut surat kabar Le Figaro, menceraikan pasangan menghabiskan rata-rata hanya delapan menit dalam sidang pengadilan saat ini. Surat kabar itu mengatakan bahwa 54 persen perceraian di Prancis berjalan mulus tanpa ada pertikaian kedua belah pihak.

Menteri Sosial Dominique Bertinotti membenarkan rencana itu. Kepada BFM-TV, ia hanya menyatakan, "Penyederhanaan adalah hal yang baik."

Berdasarkan laporan yang diberikan oleh Kementerian Kehakiman Prancis dan diharapkan akan dijadikan pertimbangan pada pertengahan Januari, seorang pegawai pengadilan bisa menyetujui perceraian ketika kedua pasangan setuju untuk berpisah.

Bertinotti menyatakan, panitera bisa menangani kasus-kasus perceraian tanpa perlu melibatkan hakim. "Salah satu atau kedua pasangan sepakat untuk bercerai, mengapa kita harus mempersulitnya?" katanya.

Para penentang RUU ini mengatakan, usulan tersebut akan semakin melemahkan institusi perkawinan.

No comments:

Post a Comment