بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bagaimana Atasi Kecanduan Alkohol Pada Remaja?
Go Green

Clock Link

Sunday, December 29, 2013

Bagaimana Atasi Kecanduan Alkohol Pada Remaja?


DREAMERSRADIO.COM - Walau sudah banyak yang mengetahui efek buruk dari alkohol, namun sekarang ini banyak remaja yang menjadi pecandu alkohol. Nah jika kamu sudah terlanjur jadi pecandu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar berhenti dari kebiasaan tersebut.

Dilansir dari Magforwomen, efek buruk alkohol bukan hanya kesehatan tapi juga pada kehidupan sosial dan prestasi sekolah. Karena itu ada cara efektif agar remaja bisa terhindar dari hal tersebut, berikut tips untuk remaja yang menjadi pecandu alkohol:

1. Tahu kebiasaan konsumsi alkohol anak

Jika ingin merancang strategi menangani remaja yang suka minum alkohol, kita harus tahu terlebih dahulu mengenai kebiasaan konsumsi alkohol remaja. Apakah dia minum alkohol berlebihan hanya di pesta-pesta ? Apakah remaja minum alkohol karena tekanan teman sebaya? Apa jenis minuman keras yang remaja minum ? Pernahkah menemukan botol alkohol ada di tas remaja? Mengetahui semua hal itu membantu mengetahui intensitas dan sifat masalahnya. Selain itu, hal itu akan memberi wawasan yang sangat berharga dalam menghadapi masalah secara efektif.


2. Hadapi dengan bijak

Jika hendak mengatasi remaja yang kecanduan, maka cepat atau lambat harus membantu remaja mengusir kecanduan alkohol. Lebih baik dilakukan sejak awal sebelum kebiasaan minum alkohol remaha sulit diubah. Caranya, duduklah dengan anak remaja dan cobalah berbicara langsung ke akar masalah.

Kenali apa alasannya kecanduan minum alkohol. Katakan padanya tentang efek buruk dari mengonsumsi alkohol berlebihan dan bagaimana hal itu bisa menghancurkan karier dan kehidupan sosial. Jangan pernah berharap satu kali mengobrol, akan membuat remaja berhenti dari kebiasaanya minum alkhol.


3. Menceritakan kasus kehidupan nyata seorang pecandu alkohol

Jika kecanduan alkohol remaja mulai terbilang kronis, kamu bisa mengatasinya dengan menunjukkan contoh kehidupan nyata dari teman atau keluarga. Beritahu remaja itu tentang semua masalah yang pecandu alkohol lalui dan berapa banyak usaha dia butuhkan untuk mengatasi kecanduan alkohol. Bila menceritakan sebuah contoh kehidupan nyata, mereka bisa lebih memahami efek buruk dari pecandu alkohol dan akan berhenti minum alkohol pada akhirnya.


4. Mintalah bantuan seorang konselor

Saat kamu menemukan anak suka minum alkohol, bisa jadi merupakan pengalaman pertama sebagai orangtua. Bila berpikir memerlukan bantuan profesional, carilah seorang konselor. Sebagaian besar sekolah memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu anak-anak dan orang mereka dalam berurusan dengan penayalahgunaan zat, kecanduan alkohol, intimidasi, bullying dan lain lan. Seorang konselor bisa membantu masalah anak Anda langkah demi langkah melalui program yang sudah terstruktur.

No comments:

Post a Comment