بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Chelsea vs Liverpool: Duel Murid Menantang Guru
Go Green

Clock Link

Sunday, December 29, 2013

Chelsea vs Liverpool: Duel Murid Menantang Guru

Chelsea vs Liverpool: Duel Murid Menantang Guru

TRIBUNNEWS.COM – "Saya berdiri di belakangnya saat konferensi pers selama beberapa tahun dan belajar darinya bagaimana berurusan dengan media. Saya bukan siapa-siapa saat ditugaskan bekerja dengannya. Jelas dia jauh lebih baik daripada saya," kata Manajer Liverpool Brendan Rodgers.

Sesisi ruangan yang awalnya hening seketika pecah dengan keriuhan dari para jurnalis saat Rodgers mengeluarkan pernyataan tersebut dalam sebuah konferensi pers jelang pertandingan Chelsea kontra Liverpool di Stadion Stamford Bridge, London, Minggu (29/12/2013).

Siapa yang dimaksud Rodgers? Ternyata sang guru sekaligus bos itu adalah Jose Mourinho. Brendan Rodgers pun mengaku berutang segalanya dalam sepakbola kepada manajer Chelsea tersebut.

Manajer berusia 40 tahun itu --10 tahun lebih muda dari Mourinho-- pernah bekerja selama tiga tahun sebagai Pelatih Kepala tim junior Chelsea sejak September 2004.

Selama masa itu, Rodgers mengaku selalu melayani Jose Mourinho setiap sebelum konferensi pers berlangsung. Perintah dari Mourinho mencakup perintah menguasai hal-hal yang detail hingga sesuatu yang terkecil dari para pemain Chelsea.

Kini semuanya telah berbeda. Murid yang dulunya belajar dari Jose Mourinho ini akan menantang sang guru dalam sebuah pertandingan besar yang cukup menentukan perjalanan Chelsea dan Liverpool untuk menjuarai Premier League.

"Suatu hari saya pernah berpikir akan menjadi manajer. Saya merasa cukup pintar untuk belajar dari seorang operator atas. Sejak saat itu dia memberi saya kepercayaan diri dan harga diri yang sebenarnya disiapkannya untuk memainkan peran saya seperti hari ini," ujar Rodgers.

Sebagai seorang guru, Jose Mourinho tentunya tak mau dipermalukan muridnya. Seperti biasa, manajer fenomenal ini pun menebar psy war menjelang laga lawan Liverpool untuk merusak konsentrasi pasukan Rodgers.

Jose Mourinho menyebut The Reds lebih diuntungkan dari tim-tim lain, secara khusus Chelsea, karena bisa fokus ke liga dan tak perlu membagi fokus ke ajang di Eropa seperti Liga Champions atau Liga Europa.

"Brendan Rodgers sedang melakukan pekerjaan fantastis, tapi dia berlatih setiap pekannya dengan tenang, setiap hari, mungkin dua kali sehari, yang mana merupakan sebuah keuntungan yang amat, sangat besar," kata Mourinho seperti dilansir Sports Mole.

Liverpool mengunjungi Stamford Bridge dengan penuh kepercayaan diri setelah serangkaian rekor bagus yang pernah mereka torehkan di Stamford Bridge. Tim yang bermarkas di Merseyside ini memenangi tiga dari lima partai terakhir mereka di kandang Chelsea di Premier League. Sisanya berakhir satu kekalahan dan satu imbang.

Tetapi itu tidak akan mudah sebab Jose Mourinho juga selalu menciptakan tim yang tangguh saat mentas di kandang. Bersama The Special One, Chelsea punya rekor sempurna tak pernah kalah di kandang pada partai Premier League. Mou juga memenangi lima pertemuan dengan Liverpool di liga.

Pasukan Brendan Rodgers berniat bangkit saat melawan Chelsea setelah mereka kalah 1-2 di pertandingan terakhir menghadapi Manchester City. Namun The Blues bertekad tetap berada di jalur kemenangan usai membekuk Swansea City 1-0.

Pertandingan ini akan sangat menentukan perjalanan kedua tim di klasemen Liga Inggris. Chelsea saat ini berada di urutan tiga klasemen dengan poin 37 diikuti Liverpool dengan hanya berselisih satu poin.

Selain itu pertandingan ini juga akan menjadi pertemuan pertama antara Branislav Ivanovic dan Luis Suarez yang pernah terlibat perselisihan dahsyat. Suarez menggigit tangan Ivanovic saat kedua tim bentrok di Anfield pada 22 April lalu.

Terlepas dari kontroversi tersebut, tampaknya kedua tim tidak memfokuskan pada insiden yang telah berlalu tersebut. Keduanya tim juga sama-sama cuek apakah akan ada rekonsiliasi antara dua pemain itu.

Pastinya baik Chelsea maupun Liverpool sama-sama ingin mendapatkan kemenangan. Maka faktor teknis pun dipersiapkan sebaik mungkin. Faktor-faktor itulah yang akan menentukan kesuksesan merebut poin absolut.

Chelsea dipastikan masih akan bertumpu kepada sosok Eden Hazard, yang dalam beberapa pertandingan menjadi poros permainan. Gelandang asal Belgia ini tidak hanya menjadi ruh permainan The Blues tetapi juga jadi goal getter. Perolehan golnya bahkan mengalahkan tiga striker Chelsea, Fernando Torres, Demba Ba, dan Samuel Eto'o.

Sayangnya Chelsea tidak akan diperkuat Ramires, gelandang yang menjadi sosok penyeimbang permainan Chelsea. Pemain asal Brasil itu kena sanksi larangan tampil karena akumulasi lima kartu kuning. Namun trio Oscar, Frank Lampard, dibantu dengan Juan Mata, Andre Schurrle, atau Willian sudah cukup buat Chelsea untuk membuat lini tengah mereka solid.

Lini pertahanan akan dipercayakan kepada John Terry dan Ivanovic. Gary Cahill dan Cesar Azpilicueta yang dicadangkan melawan Swansea, bakal kembali masuk starting XI menggantikan David Luiz dan Ashley Cole.

Jose Mourinho dipastikan akan menginstruksikan pemainnya untuk bermain rapat, dengan pertahanan yang kuat, lalu menyiapkan serang balik cepat. Permainan kolektif, dengan mengandalkan ketajaman para gelandang, menjadi pilihan mengingat lemahnya para striker Chelsea. Pada laga ini, Torres diprediksi akan turun sebagai starter di pos terdepan setelah diistirahatkan melawan Swansea.

Kubu Liverpool memiliki perbedaan permainan dengan The Blues. The Reds memiliki ketergantungan besar kepada Suarez. Aksi-aksi predator pemain asal Uruguay itu memang sulit dihentikan. "Saya berharap Suarez cedera sehingga absen," celoteh Mourinho.
Raheem Sterling dan Phillipe Coutinho diharapkan bisa membantu pekerjaan Suarez jadi lebih mudah menyusul absennya Daniel Sturridge serta Kapten Steven Gerrard karena cedera.

Brendan Rodgers tak bisa melakukan banyak rotasi pemain setelah tampil habis-habisan menghadapi City, Kamis lalu. Stok pemain cadangan sangat minim. Ditambah dengan absennya Victor Moses karena berstatus sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Krisis di bek kiri juga masih berlanjut setelah Jon Flanagan dan Jose Enrique masih berkutat dengan cedera. Praktis Rodgers hanya mengandalkan Aly Cissokho, yang tampil di bawah form saat ditekuk City.

No comments:

Post a Comment