بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Presiden Cina Antre di Kedai Bakpao
Go Green

Clock Link

Sunday, December 29, 2013

Presiden Cina Antre di Kedai Bakpao


TEMPO.CO, Joe Biden – Presiden Cina Xi Jinping yang kedapatan antre di sebuah kedai makanan tradisional di Beijing menggegerkan Weibo, situs jejaring sosial ala Twitter di negeri itu.

Xi mampir di warung bakpao Qingfeng yang terkenal, Sabtu pekan lalu. Dia merogoh koceknya sendiri untuk membayar satu buah bakpao yang dikenal sebagai baozi, ati goreng, dan sayuran. Menurut Beijing News, harga sepaket makanan itu mencapai 21 yuan atau sekitar Rp 42 ribu.

Foto dan video kunjungan Xi langsung beredar luas di kalangan pengguna Internet di Cina. Beberapa orang menyambut positif, tapi tak sedikit yang skeptis.

»Xi adalah seorang yang pragmatis ketika bersentuhan dengan rakyat,” tulis salah satu pemilik akun Weibo. "Rakyat Cina harus mendukung ini."

Ada juga yang menuduh peristiwa itu direkayasa: para pengunjung dan karyawan kedai saat itu adalah aktor bayaran dan orang-orang Xi sendiri.

»Coba tanya berapa harga bakpao. Apa dia tahu?” tulis akun lainnya. »Jangankan presiden, pernahkah kamu lihat pejabat daerah membeli sendiri bakpaonya?”

Para presiden Cina dan pemimpin lainnya jarang berkeliaran di luar Zhongnanhai, kompleks kantor pemerintah yang dijaga ketat, apalagi berbaur dengan publik.

Beberapa pengguna Internet lain menyebut langkah Xi meniru para pejabat Amerika Serikat, seperti Wakil Presiden Joe Biden dan Menteri Keuangan Jack Lew. Mereka menyantap hidangan tradisional yang murah meriah di warung-warung pinggir jalan Beijing saat lawatan kenegaraan ke Cina beberapa tahun terakhir.

Menanggapi komentar itu, seorang pengguna menyela dengan menyatakan, »Kemajuan adalah kemajuan. Kita tidak harus selalu membandingkan diri dengan Amerika Serikat.”

No comments:

Post a Comment