بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tahun Ini, Dominasi iPad Bakal Berakhir
Go Green

Clock Link

Wednesday, March 13, 2013

Tahun Ini, Dominasi iPad Bakal Berakhir


Plasadana.com - Google diperkirakan bakal menjadi batu sandungan serius bagi produk Apple, yaitu iPad. Produk yang menggunakan sistem operasi Android milik Google, punya bentuk lebih kecil, harga lebih murah, serta sistem operasi lebih bertenaga.

Begitulan penilaian IDC, perusahaan survei digital. Pada tahun ini, pangsa pasar Android yang diusung Google bakal mencapai 49 persen. Sementara pasar Apple kemungkinan turun menjadi 46 persen dari 51 persen tahun lalu.

Dari sisi harga, produk tablet yang menggunakan sistem operasi Android milik Google bisa dijual US$ 200 per unit. Ini artinya hanya separuh dari harga produk Apple, yaitu iPad.

Bahkan dibandingka iPad mini yang masuk pasar pada Oktober tahun lalu, produk berbasis Android tetap lebih murah. Sebab iPad mini masih membandrol harga US$ 329.

Bahkan data IDC menyebutkanm, satu dari tiga tablet yang dikapalkan ke pasar berukuran di bawah 8 inci. "Tahun ini akan didominasi oleh tablet berukuran kecil," ungkap Jitesh Ubrani, analis IDC.

Dalam perkiraannya, tahun ini ada 190,9 juta tablet yang akan masuk pasar. Jumlah itu len=bih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya hanya 172,4 juta.

Terkait dengan sistem operasi, IDC memperkirakan Windows 8 milik Microsoft Corp. bakal mengisi 7,4 persen dari total tablet yang beredar. Cukup naik 1 persen dibandingkan tahun lalu.

No comments:

Post a Comment