بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Umur 15 Belum Juga Menstruasi Pertama
Go Green

Clock Link

Wednesday, November 28, 2012

Umur 15 Belum Juga Menstruasi Pertama

yahoo.com


Tanya: saya mau tanya, Dok. Wajarkah apabila berumur 15 tahun belum mendapat mens? Padahal sudah beberapa kali mendapat keputihan. Di antara teman-teman seangkatan saya, hanya saya yang belum mendapat mens. Apa itu wajar?Dian, 15 tahun. 


Jawab: Masih wajar bila seseorang pada usia 15 tahun belum mendapatkan menstruasi pertama. Kamu bisa menunggu sampai usia mencapai 17 tahun. Namun untuk saat ini, coba perhatikan apakah ada perubahan tanda-tanda seks sekunder seperti pembesaran payudara dan tumbuhnya rambut-rambut halus baik di ketiak dan juga kemaluan. 


Bila tanda-tanda tersebut tidak kamu alami saat ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan terdekat. Tetapi bila tanda-tanda yang telah disebutkan tadi sudah tampak atau muncul, maka kamu bisa menunggu sampai usia mencapai 17 tahun untuk mentsruasi pertama. 


dr. Kartika Hapsari, SpOG.


Bila setelah mencapai usia 17 tahun ternyata belum juga mendapatkan menstruasi, maka saya sarankan untuk datang dan berkonsultasi dengan dokter kandungan terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut. 


Demikian informasinya. Terima Kasih. 

dr. Kartika Hapsari, SpOG Berpraktek di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati www.meetdoctor.com

No comments:

Post a Comment