بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Salju Oranye Turun di Eropa Timur
Go Green

Clock Link

Thursday, April 12, 2018

Salju Oranye Turun di Eropa Timur


Insiden cuaca aneh telah mengubah salju di beberapa kota di kawasan Eropa timur seperti Rusia, Ukraina, Bulgaria dan Rumania menjadi berwarna oranye. Peristiwa langka itu membuat warga di negara-negara Eropa Timur ini penasaran dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Gunung-gunung dan perbukitan yang tertutup salju terlihat layaknya padang gurun setelah diselimuti oleh salju oranye kotor itu. Sementara resor ski termasuk di Sochi, resor yang menjadi arena Olimpiade Musim Dingin Rusia 2014, juga tertutup salju berwarna oranye itu.

Beberapa orang menduga fenomena aneh itu terjadi karena tercampurnya pasir dan salju mengikuti berbagai teori yang telah dikemukakan para ahli.

Ahli meteorologi mengatakan fenomena ini disebabkan pasir dari gurun Sahara bercampur dengan salju dan hujan di udara.

Namun untuk memastikan penyebab fenomena itu, para ahli dari Pusat Hidrometerologi Sochi dan Pemantauan Laut Hitam dan Azov telah dikirim ke resor Sochi untuk melakukan penelitian. Laporan Independent pada 25 Maret 2018 menyebutkan fenomena serupa pernah terjadi beberapa waktu lalu dan menduga rutin terjadi kira-kira sekali setiap lima tahun.

Steven Keates, dari Met Office, mengatakan fenomena itu sebelumnya telah dilihat di tempat lain di seluruh dunia.
"Ada banyak pasir atau debu yang terangkat berasal dari Afrika Utara dan Sahara, dari badai pasir yang telah terbentuk di padang pasir," kata dia. Tetapi konsentrasi pasir tahun ini lebih tinggi dari biasanya. Banyak warga yang mengeluhkan pasir menyangkut di mulut mereka.

Pemain ski dan snowboarder dari resor dekat kota Rusia Sochi juga mengeluhkan hal serupa dan mengunggah foto-foto fenomena yang tidak biasa itu di media sosial. Kondisi ini juga terjadi di Gunung Elbrus, yang terletak sekitar 150 km dari Sochi. Seperti dilaporkan media ABC, salju menutupi permukaan gunung membuatnya seperti kondisi di Mars. Longsoran salju terjadi dan membuat 15 mobil terkubur di lapangan parkir, yang kemudian langsung di keluarkan oleh petugas.

Fenomena serupa terjadi pada 2007 ketika salju oranye menyelimuti lebih dari 15.000 kilometer persegi wilyah di Siberia, yang juga di Eropa. Saat itu, para ahli tidak dapat mengidentifikasi apa penyebabnya namun salju yang turun dilaporkan mengandung empat kali tingkat unsur pasir dari biasanya serta mengandung minyak.


 s

No comments:

Post a Comment