بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Material - Material Terkuat Di Dunia Selain Berlian
Go Green

Clock Link

Thursday, April 12, 2018

Material - Material Terkuat Di Dunia Selain Berlian

Di bumi ini banyak material dan mineral yang terkandung di dalamnya. Manusia memanfaatkannya untuk berbagai keperluan. Material yang paling terkenal adalah Berlian. Berlian dikenal sangat kuat dan keras, juga memiliki nilai harga jual yang fantastis. Namun, ternyata ada material lain yang kekuatanya bisa menandingi berlian.


Zirconium Carbide


Zirconim Carbide adalah material yang dapat bertahan pada suhu ekstream, material ini berwarna abu - abu metalik, material ini biasa dimanfaatkan untuk bahan pembuatan keramik, bahkan karena kadar kerasnya digunakan juga sebagai alat pemotong keistimewaanya tak sampai dsitu Zirconium Carbide juga ternyata tahan akan karat..


Titanium Carbide


Sama halnya dengan Zirconium Carbide, Titanium Carbide juga dapat digunakan untuk bahan pembuatan keramik dan alat pemotong, material ini ditemukan dialam dalam bentuk bubuk, berkisar 0,1 hingga 0,3mm,


Borazon

Material Borazon terbentuk dikarenakan pemanasan nitrogen pada suhu 1800 drajad celcius, Borazon digunakan untuk bahan penggiling penggati material berlian dikarenakan harga material ini lebih murah dibandingkan berlian, Borazon juga biasa digunakan sebagai lapisan amplas.


Rhenium Dhiboride


Material ini sebenarnya sangat keras namun kekerasanya belum bisa menandingi berlian, material ini pertama kali disintetis pada tahun 1962, material ini terbentuk dari campuran renium, Rhenium dhiboride sangat kuat terhadap tekanan


Wurtzite Boron Nitride


Yang terakhir adalah Wurtzite Boron Nitride, material terkahir ini yang mampu mengalahkan kerasnya berlian, kekerasanya terhadap berlian 18% lebih besar, dikarenakan untuk terciptanya material ini dibutuhkan suhu panas yang ekstrim dan daya tekanan yang termat tinggi atau dinamis.


Sumber refrensi: s1 s2

No comments:

Post a Comment