بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Harpe Brother (1799), Pembunuh Berantai Pertama Dalam Sejarah
Go Green

Clock Link

Thursday, April 12, 2018

Harpe Brother (1799), Pembunuh Berantai Pertama Dalam Sejarah

"SIAPAKAH HARPE BROTHER"?


Harpe brother lahir di Orange County, Carolina utara dari orang tua berkebangsaan Skotlandia. Sebelum Revolusi Amerika terjadi, ayah mereka terlibat sebagai penentu dalam pembuat peraturan perang antara tahun 1765 - 771 yang menentang campur tangan kerajaan Inggris di sana. Tapi kedua orang tua Harpe pernah berusaha untuk masuk menjadi anggota pasukan Amerika tapi ditolak karena dianggap memiliki hubungan dengan Inggris. Perlakuan terhadap keluarga harpe ini yang diduga menjadi cikal bakal tumbuhnya rasa benci di dalam Harpe Brother dan timbul keinginan untuk membalas dendam ke orang yang menganggap keluarga mereka sebagai pemberontak.

Singkatnya, lahirlah Micajah "Big" Harpe atau yang bernama asli Joshua Harper (sebelum 1768 (mungkin 1748) – August 1799) dan Wiley "Little" Harpe atau yang bernama asli William Harper (sebelum 1770 (mungkin 1750) – February 8, 1804), yang dikenal sebagai pembunuh berantai pertama yang ada d isejarah. Micajah dan Wiley pindah dari Skotlandia pada tahun 1759 dan mulai menetap di Carolina utara tahun 1761 dan 1763.

Sekitar April atau Mei 1775, kedua bersaudara ini meninggalkan North Carolina dan pindah ke Virginia untuk bekerja sebagai pengawas di sebuah perkebunan. Setelahnya, kedua bersaudara ini baru terkenal sebagai pembunuh berantai setelah melakukan kejahatan di Tennessee, Kentucky dan Illinois, sampai akhir abad ke-18. 

Harpe Brother mengakui kalau mereka sudah membunuh 39 orang jiwa, tapi jumlah ini diperkirakan bisa mencapai 50 orang lebih kalau mempertimbangkan jumlah korban yang tidak diketahui. Ada beberapa kisah pembunuhan yang telah dilakukan oleh kedua bersaudara ini, beberapa bakal disajikan dibawah:


"KISAH HIDUP HARPE BROTHER"


In 1799, near Mammoth Cave in Kentucky, the world's longest cave was the scene of a horrific murder, when the Harpes killed a young black man by slamming his head against a tree.

Pada tahun 1797, Harpes tinggal di dekat Knoxville, Tennessee. Mereka diusir dari kota setelah dituduh mencuri babi dan kuda. Mereka juga dituduh membunuh seorang pria bernama Johnson, yang mayatnya ditemukan di sungai, dengan kondisi mulut robek terbuka dan rongga dada diisi dan dibebani dengan batu. Cara ini nantinya jadi metode khas pembuangan mayat dari pembunuhan berantai Harpes.

Dari Knoxville, Harpes melarikan diri ke utara, tepatnya sih ke Kentucky. Mereka memasuki negara bagian di Wilderness Road dekat Cumberland Gap. Di perjalanan mereka diyakini telah membunuh seorang pedagang keliling bernama Peyton, mengambil kudanya dan beberapa barangnya. Selanjutnya pada bulan Desember, mereka membunuh dua orang musafir dari Maryland dan seorang pria bernama John Langford yang sedang bepergian dari Virginia ke Kentucky. Kematian John dilaporkan ke pihak berwenang dan bersaudara ini pun jadi buronan polisi lalu ditangkap dan dipenjarakan di Danville, Kentucky. Tetapi mereka berhasil melarikan diri dan polisi pun mengirim pasukan untuk memburu mereka tetapi gagal. Sebagai aksi balas dendam, Harpe membunuh seorang anak dari polisi dan memutilasi anak tersebut. 

Pada 22 April 1799, Gubernur Kentucky James Garrard memberikan hadiah tiga ratus dolar untuk kepala Harpes. Harpes Brother pun melarikan diri ke utara dan membunuh dua pria bernama Edmonton dan Stump di sana. Ketika mereka berada di dekat muara Sungai Saline di Illinois selatan, mereka menemukan tiga pria yang berkemah di sana dan membunuh mereka. Pasangan itu kemudian berjalan ke Cave-In-Rock di Illinois selatan dimana terdapat camp bajak laut yang beroperasi d isekitar sungai dan pemimpin mereka yang bernama Samuel Mason. Mereka dikejar oleh polisi dan berhasil bersembunyi di pantai seberang Kentucky dibantu oleh pasukan Samuel.

Pasukan Samuel adalah bajak laut yang membajak perahu-perahu di sepanjang sungai Ohio. Kekejaman Samuel kalah dibanding kekejaman yang dilakukan oleh Harpes Brother yang pernah membawa pelancong ke puncak tebing, menelanjangi mereka, dan mendorong mereka hingga jatuh. Melihat kekejaman mereka, Samuel pun mengusir Harpes dari camp mereka.

Harpes Brother kemudian kembali ke Tennessee timur dan melanjutkan aksi pembunuhan di sana. Mereka membunuh seorang petani bernama Bradbury, seorang pria bernama Hardin, dan seorang bocah bernama Coffey pada Juli 1798. Selain itu ditemukan banyak mayat lain termasuk mayat William Ballard, yang dibuang ke Sungai Holton; James Brassel, yang tenggorokannya disayat dan ditemukan di Brassel's Knob; dan John Tully. John Graves dan putra remajanya ditemukan tewas dengan kepala pecah di Kentucky tengah selatan. Di Logan County, Harpes membunuh seorang gadis kecil, seorang budak muda, dan seluruh keluarga yang mereka temukan tertidur di kamp mereka.

Pada bulan Agustus 1799, beberapa mil di sebelah timur laut Russellville, Kentucky, Big Harpe memukul kepala bayi perempuan dengan sepotong kayu. Pada bulan yang sama, seorang pria bernama Trowbridge ditemukan dengan isi perut keluar di Highland Creek. Harpes pernah diberi perlindungan di rumah Stegall di Webster County, tetapi kedua bersaudara tersebut malah membunuh seorang tamu yang bermalam bernama Mayor William Love, serta bayi laki-laki berusia empat bulan dan Ibunya Moses Stegall, yang tenggorokannya digorok ketika dia menangis.



"KEMATIAN HARPE BROTHER"

Pembunuhan Harpe berlanjut pada bulan Juli 1799 ketika keduanya melarikan diri ke barat untuk menghindari kejaran polisi yang dipimpin oleh John Leiper dan suami serta ayah yang ingin balas dendam akibat kematian istri dan anaknya yang bernama Moses Stegall. Pada tanggal 24 Agustus 1799. polisi menemukan keberadaan Harpes dan meminta Harpes untuk menyerah. Tetapi Harpes brother berusaha melarikan diri. Micajah Harpe ditembak di kaki dan ditangkap oleh Leiper. Waktu dia sekarat, Micajah Harpe mengakui dua puluh pembunuhan. Moses Stegall yang kemudian ingin membalah dendam dengan perlahan memotong kepala Micajah saat dia sadar. Kemudian, kepala itu dipancung pada tiang di persimpangan jalan dekat rumah Moses Stegall dan sekarang daerah ini dikenal sebagai daerah "Harpe's Head" atau "Harper’s Head Road" di sepanjang jalan raya di Webster County, Kentucky.

Wiley Harpe berhasil lolos dari konfrontasi dan bergabung kembali dengan bajak laut Mason di Cave-in-The-Rock. Empat tahun kemudian Wiley Harpe ditangkap bersama dengan sisa geng Samuel, tetapi dia tidak dikenali karena menggunakan nama "John Setton" atau "John Sutton." Baik Harpe dan Samuel Mason, pemimpin geng, ternyata berhasil melarikan diri, tetapi kemudian Mason ditembak dan berhasil ditangkap. Setelah itu, Harpe dan anggota geng lainnya, Peter Alston, mencoba untuk mengklaim hadiah untuk Samuel Mason tapi Harpe dan Alston malah dikenali sebagai penjahat dan ditangkap. Keduanya segera melarikan diri tetapi dengan cepat ditangkap kembali, diadili, dan dijatuhi hukuman gantung. Pada bulan Januari 1804, Wiley Harpe dan Peter Alston dieksekusi. Kepala mereka dipenggal dan ditempatkan tinggi di pasak di sepanjang Natchez Trace sebagai peringatan bagi penjahat lain.



"HARPE BROTHER DI MASA SEKARANG"
 
Selain hal-hal diluar logika dalam hal membunuh, Harpe Brother ternyata punya pencapaian lain. Beberapa di antaranya malah masih populer sampe sekarang. 

Harpe Brother jadi inspirasi untuk buku Big and Little Drum di Lois McMaster Bujold's The Sharing Knife: Passage. 



Wiley Harpe jadi subjek dari sebuah lagu di album Bob Frank dan John Murry pada tahun 2006 yang judulnya World Without End. [18]


Pada tahun 2015, serial saluran televisi Investigation Discovery Evil Kin menayangkan episode tentang Harpe bersaudara yang disebut "Something Wicked in the Woods."


Musikal Broadway 1975, The Robber Bridegroom menampilkan dua karakter (Big Harp and Little Harp) berdasarkan Micajah dan Wiley Harpe. Big Harp dipertontonkan sebagai "pemotong kepala" di bagasi yang diselamatkan oleh saudaranya ketika dia dihukum mati karena mencuri.

No comments:

Post a Comment