بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: PT Aneka Tambang Siap Beli Saham Freeport
Go Green

Clock Link

Friday, October 16, 2015

PT Aneka Tambang Siap Beli Saham Freeport


Liputan6.com, Jakarta - PT Aneka Tambang mengaku siap untuk membeli saham perusahaan tambang PT Freeport Indonesia. Antam siap jika ditunjuk pemerintah untuk melakukan aksi korporassi tersebut.

Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama Antam, Tedy Badrujaman kala ditemui di kantor Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (15/10/2015).
"Antam siap bila ditunjuk untuk pengambilan saham tersebut," ungkap Tedy.
Dia menambahkan, salah satu alasan Antam siap untuk mengambil saham Freeport adalah dari latar belakang bisnis yang sama. Freeport, menurutnya, punya prinsip yang tak jauh berbeda dengan Antam.

"Secara jenis usaha mirip, ada emas ada tembaga, jadi memang secara prinsip ini menambangnya sama," tuturnya.

Dikatakan Tedy, kalaupun pemerintah tidak melakukan penunjukkan, Antam tetap berminat untuk membeli saham perusahaan produsen emas tersebut salah satunya melalui Initial Public Offering (IPO). Menurutnya, aksi koporasi tersebut prospektif untuk perusahaan.
"ini menarik, bagus sekali, otomatis (akan ambil). Uangnya dari mana, nanti kita cari partner lagi," jelasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, pemerintahmencari BUMN yang ingin membeli saham Freeport. Saat ini kepemilikan saham Pemerintah Indonesia terhadap PTFI hanya mencapai 9,36 persen.

"Kami sedang melihat karena pada dasarnya kami itu memiliki 9,36 persen," kata Rini, di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (22/9/2015).

Rini mengungkapkan, Pemerintah melalui instansinya memiliki niat untuk meningkatkan kepemilikan saham pada perusahaan tambang asal Amerika Serikat yang mengeruk tembaga di Papua tersebut.

"Kami harapkan kalau ada kemungkinan untuk menaikan nanti kita akan menaikan kepemilikan BUMN," tuturnya.

Menurutnya, saat ini sedang dilakukan kajian untuk menunjuk Perusahaan BUMN yang dapat ditugasi meningkatkan kepemilikan saham Freeport Indonesia. (Zul/ Ndw)

No comments:

Post a Comment