بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 7 Percobaan Medis Paling Mengerikan pada Manusia
Go Green

Clock Link

Friday, October 16, 2015

7 Percobaan Medis Paling Mengerikan pada Manusia

7 Percobaan Medis Paling Mengerikan pada Manusia


SAUNG99 - Kemajuan medis telah menyelamatkan banyak nyawa, tapi kadang-kadang para ilmuwan menemukan terobosan tersebut bertentangan dengan etika. Dan berbagai uji coba dilakukan dengan menjadikan manusia sebagai 'kelinci' percobaan.


Baru-baru ini, pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan permintaan maaf secara resmi ke Guatemala, atas eksperimen dilakukan di sana pada tahun 1940-an, yang menginfeksi tahanan dan pasien gangguan jiwa dengan sifilis.

Proyek Guatemala adalah salah satu dari banyak percobaan yang mengerikan, yang dilakukan atas nama penemuan obat. Padasaat itu, beberapa penyimpangan etika tersebut dibenarkan. Berikut adalah tujuh eksperimen terburuk, dengan subyeknya adalah manusia dalam sejarah.

1. Eksperimen medis nazi
Mungkin percobaan jahat yang paling terkenal sepanjang masa adalah mereka dilakukan oleh Josef Mengele, seorang dokter SS di Auschwitz. Mengele menyisir kereta yang masuk, dan menemukan anak kembar untuk bereksperimen, berharap ia bisa membuktikan teori-teorinya tentang supremasi ras Arya. Banyak yang mati dalam proses. Ia juga mengumpulkan mata yang sudah meninggal, menurut US Holocaust Memorial Museum.

Nazi juga gunakan tahanan untuk menguji pengobatan, untuk penyakit menular dan perang kimia. Lainnya dipaksa diam pada suhu dan ruang tekanan rendah untuk percobaan penerbangan beku. Tahanan yang tak terhitung jumlahnya menjadi sasaran prosedur sterilisasi eksperimental.

Dokter yang bertanggung jawab atas kekejaman ini, kemudian diadili sebagai penjahat perang, tapi Mengele melarikan diri ke Amerika Selatan. Dia meninggal di Brazil tahun 1979 akibat stroke.


2. Satuan Jepang 731
Sepanjang tahun 1930-an dan 1940-an, Tentara Kekaisaran Jepang melakukan perang biologis dan tes medis terhadap penduduk sipil, sebagian besar di Cina. Korban tewas dari eksperimen brutal tidak diketahui, tetapi sebanyak 200.000 mungkin telah meninggal, menurut laporan New York Times 1995.

Di antara kekejaman antara lain terinfeksi kolera sumur, tipus dan kutu wabah sarat tersebar di kota-kota Cina. Tahanan berbaris, kemudian bereksperimen untuk menentukan pengobatan terbaik untuk radang dingin. Mantan anggota unit telah mengatakan kepada media bahwa para tahanan ditutup dengan gas beracun, dimasukkan ke dalam ruang tekanan sampai mata mereka muncul keluar, dan bahkan membedah saat hidup dan sadar.


3. "Monster studi"
Pada tahun 1939, ahli patologi pidato di University of Iowa meneliti untuk membuktikan teori mereka, di mana gagap adalah perilaku yang disebabkan oleh kecemasan anak tentang berbicara. Sayangnya, cara yang mereka salah dengan memilih anak yatim yang dipaksa gagap di masa depan.

Para peneliti duduk dengan anak-anak di Ohio, dan mengatakan dan menunjukkan tanda-tanda kegagapan, dan mereka tidak boleh berbicara kecuali mereka bisa yakin bahwa mereka akan berbicara benar. Percobaan tidak menginduksi gagap, tapi membuat anak-anak sebelumnya yang normal cemas, untuk diam.


4. Pembunuhan Burke dan Hale
Sampai tahun 1830-an, tubuh manusia hanya tersedia secara hukum untuk diseksi oleh ahli anatomi, setelah penjahat dieksekusi. Namun kebutuhan tubuh manusia ini sangat kurang ketersediaannya.

Edinburgh pemilik kos William Hare dan temannya William Burke mengambil satu langkah lebih jauh. Dari 1827-1828, mereka menahan lebih dari selusin orang yang tinggal di rumah kos, dan tubuhnya dijual untuk keperluan anatomi Robert Knox. Knox tampaknya tidak menyadari (atau tidak peduli) bahwa, tubuh tersebut membawa harus dicurigai, sampai kejahatan tubuh manusia ini diketahui pihak berwajib.

Burke kemudian digantung atas kejahatannya, dan kasus ini mendorong pemerintah Inggris untuk melonggarkan pembatasan pembedahan.


5. Percobaan bedah pada budak
Ayah dari ginekologi modern, J. Marion Sims, memperoleh banyak ketenaran dengan melakukan operasi eksperimental atas budak perempuan. Sims tetap menjadi tokoh kontroversial sampai hari ini, karena kondisi dia memperlakukan wanita, vesiko-vaginal fistula, menyebabkan penderitaan yang mengerikan.

Sims melakukan operasi tanpa anestesi, sebagian karena anestesi baru saja ditemukan, dan sebagian karena Sims percaya operasi yang "tidak cukup menyakitkan untuk membenarkan masalah," tuturnya dalam 1.857 kuliah.

Meskipun demikian, menulis University of Alabama profesor pekerjaan sosial Durrenda Ojanuga dalam Journal of Medical Ethics tahun 1993, Sims "memanipulasi lembaga sosial perbudakan untuk melakukan eksperimentasi manusia, yang dengan standar apapun tidak bisa diterima."


6. Studi sifilis di Guatemala
Banyak orang keliru dan percaya bahwa, pemerintah sengaja menginfeksi peserta Tuskegee dengan sifilis. Tapi karya Wellesley College profesor Susan Reverby baru-baru ini mengungkapkan saat peneliti US Public Health Service melakukan itu. Antara 1946 dan 1948, Reverby ditemukan, pemerintah AS dan Guatemala melakukan sebuah studi yang melibatkan infeksi yang disengaja, terhadap tahanan Guatemala dan pasien rumah sakit jiwa dengan sifilis.

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji bahan kimia untuk mencegah penyebaran penyakit. Para peneliti berusaha untuk menginfeksi mereka, baik dengan membayar untuk melakukan hubungan intim dengan pelacur yang terinfeksi dan menuangkan bakteri sifilis pada luka.

Mereka yang mendapat sifilis diberi penisilin sebagai pengobatan, namun catatan mengindikasikan tidak ada tindak lanjut atau informasi jelas dari percobaan itu. Pada 1 Oktober 2010, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton dan Kesehatan dan Pelayanan Manusia Sekretaris Kathleen Sebelius, mengeluarkan pernyataan bersama meminta maaf untuk percobaan.


7. Studi Tuskegee
Studi paling terkenal dalam etika kedokteran di Amerika Serikat, berlangsung selama 40 tahun. Pada tahun 1932, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Dinas Kesehatan Amerika meluncurkan sebuah studi tentang efek kesehatan dari sifilis yang tidak diobati. Sayangnya bagi peserta tanpa disadari, mereka tidak diobati sifilis.

Para peneliti melacak perkembangan penyakit pada 399 laki-laki kulit hitam di Alabama (201 pria sehat juga diikutkan), mengatakan bahwa mereka sedang dirawat karena "darah buruk." Bahkan, orang-orang tidak pernah mendapat perawatan yang memadai, bahkan pada tahun 1947 ketika penisilin menjadi obat pilihan untuk mengobati sifilis. (Livescience.com)


s

No comments:

Post a Comment