بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Alexander Russel Webb, Wartawan AS yang Pertama Kali Peluk Islam
Go Green

Clock Link

Monday, May 11, 2015

Alexander Russel Webb, Wartawan AS yang Pertama Kali Peluk Islam

Alexander Webb

REPUBLIKA.CO.ID, Di akhir abad ke-19, jurnalisme menjadi bagian penting yang efektif dalam memengaruhi masyarakat Amerika Serikat. Muhammad Alexander Russel Webb (1846 M-1916 M) termasuk salah satu yang berperan di dalamnya.
Ia menjadi jurnalis dengan karya yang banyak dibaca publik. Puncak kariernya ketika ia pernah menjadi salah satu asisten reditor media terkemuka, Missouri Republican di St Louis. 

Mulai tak yakin dengan agama Kristen yang dianutnya, Webb mulai mempelajari agama lain dan menaruh ketertarikan kepada Islam. Saat ditunjuk Departemen Luar Negeri AS untuk bekerja di Kedutaan Filipina pada 1887, ia mulai berkorespondensi dengan Muslim di India.

Meski awalnya mengenal Islam melalui gerakan Ahmadiyyah, ia sebenarnya menemukan gagasan utama tentang Islam. Ia menjelajah negara-negara Muslim dan mempelajari Islam dengan para ulama. Pada 1893, ia pensiun dari Departemen Luar Negeri dan kembali ke AS.
    
Di AS, Webb memutuskan untuk berdakwah. Ia mempublikasikan sejumlah buku tentang Islam dan memulai mengelola surat kabar Islam yang menjelaskan tentang Islam kepada publik AS. Ia pun disebut-sebut sebagai wartawan AS pertama yang memeluk Islam. Pada awal abad 20, ia dianugerahi penghargaan oleh Sultan Abdulhamid II. Webb meninggal pada 1916 dan dimakamkan di Rutherford, New Jersey. 

No comments:

Post a Comment