بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ternyata Masih Banyak Jasad dalam Badan AirAsia
Go Green

Clock Link

Wednesday, February 4, 2015

Ternyata Masih Banyak Jasad dalam Badan AirAsia

Ternyata Masih Banyak Jasad dalam Badan AirAsia

VIVA.co.id - Apa yang diprediksikan Badan SAR Nasional tentang masih  adanya jasad korban AirAsia QZ8501 yang menunggu dievakuasi di dalam badan pesawat terbukti tepat.

Bagaimana tidak, hanya dalam hitungan kurang dari 4X24 jam, operasi pencarian dan penyelamatan lanjutan yang digelar Basarnas setelah semua kekuatan TNI membuahkan hasil.

13 Jasad ditemukan dan berhasil dievakuasi penyelam Basarnas dan penyelam tradisional dari dalam badan AirAsia QZ8501 dan bawah bangkai pesawat nahas itu.

"Hari ini kami telah menemukan dan mengevakuasi 6 jasad ditambah kemarin 7 jasad, jadi total sudah 13 korban," kata Direktur Operasi Basarnas, SB Supriadi, Selasa 3 Februari 2015 kepada VIVA.co.id saat berbincang melalui sambungan telepon.

Temuan 13 korban itu tentu sangat terutama seluruh korban ditemukan di dalam badan dan sekitar bangkai AirAsia QZ8501. 

Padahal sebelumnya, pada saat TNI memutuskan menarik seluruh kekuatan dari operasi SAR AirAsia QZ8501, Panglima Armada Barat TNI AL, Laksamana Muda Widodo menyatakan badan pesawat itu telah kosong dan tidak ditemukan lagi korban di sekitarya.

"Penyelam kami sudah memeriksa badan pesawat di dasar laut, tapi badan pesawat sudah kosong tidak ada korban yang ditemukan lagi," kata Widodo saat berbincang dengan tvOne di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Selasa 22 Januari 2015.

Widodo menjelaskan, jika pun ada secara teori, seharusnya jasad akan berjatuhan dan muncul saat badan pesawat sempat terangkat ke permukaan laut akhir pekan lalu. 

"Saat itu hanya satu jasad yang jatuh dari badan pesawat," ujarnya.


 ***
Dengan hasil dari usaha dan perjuangan tim pencari dan penyelamat AirAsia QZ lanjutan ini, maka semua yang diperkirakan TNI terbantahkan.
Tim Badan SAR Nasional akan menyelam kembali ke bangkai badan pesawat AirAsia QZ8501 untuk memastikan apakah masih ada korban yang terjebak di dalamnya.

"Kami tidak akan mengangkat badan pesawat, utamanya hanya mencari korban," kata Kepala Basarnas, Marsekal Madya FHB Soelistyo, Rabu 28 Januari 2015.

Sebelumnya, SAR gabungan dengan unsur TNI telah memeriksa badan pesawat dan mengevakuasi sejumlah korban. Bahkan, badan pesawat sempat terangkat dalam operasi pengangkatan dengan menggunakan balon dan kapal Grest Onix.

"Mereka berusaha mengangkat dengan tujuan barangkali di dalamnya masih ada korban. Tetapi, kalau sudah tidak ada nanti kami cek, konfirmasi kembali. Kemudian di luar badan pesawat itu juga kami cek," tuturnya.

Dalam operasi SAR lanjutan yang dimulai Sabtu 31 Januari 2015, Basarnas akan mengerahkan tim penyelam gabungan dari Basarnas, 20 penyelam profesional dari SKK Migas, dan 15 penyelam tradisional.

"Kami ingin sekali memenuhi keinginan terbesar keluarga korban," ujar Soelistyo. 

No comments:

Post a Comment