بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Foto Ba'asyir Dibaiat Dukung ISIS
Go Green

Clock Link

Saturday, August 2, 2014

Foto Ba'asyir Dibaiat Dukung ISIS

Beredar Foto Ba'asyir Dibaiat Dukung ISIS  

TEMPO.COJakarta - Direktur Jenderal Permasyarakatan Handoyo Sudrajat mengatakan lembaganya segera menggelar sidang tim pengamat permasyarakatan. Sidang ini untuk merespons beredarnya gambar terpidana terorisme 15 tahun penjara Abu Bakar Ba'asyir berbaiat kepada khalifah Al-Baghdadi, pemimpin kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).
"Sekarang masih libur, Senin baru masuk, sedini mungkin akan kami lakukan sidang itu," kata Handoyo ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 2 Agustus 2014. (Baca: Pendiri Kamp Militer di Aceh Pendukung Utama ISIS)
Foto yang menampilkan Ba'asyir bersama 13 orang yang diduga anggota ISIS beredar. Satu di antara mereka terlihat membentangkan bendera ISIS berwarna hitam. Foto itu diambil di sebuah ruangan lebar berlantai kayu. Ba'asyir duduk diapit para pria itu dan mereka mengenakan pakaian putih.
Menurut Handoyo, pihaknya sedang memastikan di mana lokasi foto tersebut diambil. "Sedang dicek lokasinya di sebelah mana Lapas." Handoyo juga sudah meminta Direktur dan Kepala Unit Pelaksana Tugas untuk meningkatkan pengawasan terhadap para terpidana terorisme.
Apabila dibutuhkan, kata Handoyo, lembaganya bisa saja melarang Ba'asyir dan komplotannya untuk menerima tamu dan melakukan penggeledahan. "Saat ini belum ada laporan, gambar itu diambil oleh siapa," ujar Handoyo. (Baca: Pemerintah Copot Kewarganegaraan Pendukung ISIS)
Informasi yang diterima Tempo, anggota satu organisasi pendukung ISIS, Forum Aktivis Syariat Islam (FAKSI), secara teratur bertemu Ba'asyir di LP Nusakambangan. Anggota-anggota FAKSI ini diketahui sebagai jaringan dari Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) yang didirikan Ba'asyir.
Dugaan sementara, kata Handoyo, ada yang menyelundupkan kamera atau ponsel ke dalam. Untuk itu, kata dia, penggeledahan akan dilakukan. "Mereka punya banyak cara untuk menyelundupkan itu," ujarnya. (Baca: BNPT: ISIS Termasuk Kelompok Teroris)
Sebelumnya, sekelompok orang Indonesia muncul dalam sebuah video perekrutan yang dirilis ISIS. Mereka mendesak umat muslim di Indonesia untuk bergabung. Sebelumnya, ratusan orang di Solo, Jawa Tengah, menyatakan mendukung ISIS dan membaiat pimpinan mereka, Abu Bakar al-Baghdadi.

No comments:

Post a Comment