بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Bakteri Bahama Makan Pasir dari Sahara
Go Green

Clock Link

Saturday, August 2, 2014

Bakteri Bahama Makan Pasir dari Sahara

Bakteri Bahama Makan Pasir dari Sahara


TEMPO.COMiami - Bakteri yang hidup di perairan air hangat di wilayah kepulauan Bahama, cyanobacteria, ternyata mendapat pasokan makanan dari bagian dunia yang jauh. Sebuah studi menemukan bakteri tersebut mengkonsumsi debu kaya mineral dari Gurun Sahara di Afrika yang terbawa angin.

Tiupan angin bisa membawa debu-debu dari Sahara menyeberangi Samudra Atlantik dengan menempuh jarak sekitar 8.000 kilometer. Laporan riset yang dimuat dalam jurnal Geology edisi Agustus 2014 menyebutkan debu-debu itu akhirnya mengendap di sepanjang wilayah Great Bahama Bank. Area tersebut merupakan gundukan gamping yang menjulang dari dasar laut di perairan dangkal. 

Para peneliti menemukan debu itu kaya akan besi dan mangan--elemen yang membantu mereka memetakan rute perjalanan debu tersebut dari Sahara. Mereka telah mengukur kandungan metal dalam 270 sampel yang diambil dari dasar laut selama tiga tahun. Area di sebelah barat Andros, pulau terbesar di kawasan Bahama, dinilai memiliki kandungan elemen dengan konsentrasi tertinggi.

Peter Swart, pemimpin studi dan Kepala Marine Geosciences Universitas Miami, menuturkan debu yang kaya elemen besi dari Sahara itu membantu pembentukan gundukan Great Bahama Bank dan menyediakan bahan pangan bagicyanobacteria. Selama lebih dari 100 juta tahun, sedimentasi yang terbentuk di Bahama menyebabkan populasicyanobacteria meledak dan mengubah warna air menjadi seputih susu, seperti yang terlihat di area perairan sekitar Pulau Andros.

Organisme ini mendapatkan energi melalui proses fotosintesis dengan memanfaatkan cahaya matahari. "Bakteri ini butuh besi sepuluh kali lebih banyak ketimbang organisme lain yang melakukan proses fotosintesis karena mereka menelan nitrogen di atmosfer," ujar Swart. Hasil dari pengolahan nitrogen tersebut menyebabkan penurunan kadar karbon dioksida dan memicu kenaikan kalsium karbonat yang membuat perairan di sekitar Andros memutih.

No comments:

Post a Comment