بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Google Resmi Perkenalkan Android L
Go Green

Clock Link

Thursday, June 26, 2014

Google Resmi Perkenalkan Android L



TEMPO.COSan Fransisco - Google resmi memperkenalkan sistem operasi Android teranyarnya, yakni Android L yang sebelumnya ramai disebut sebagai Lollipop. Sistem operasi ini bakal meluncur dalam beberapa bulan mendatang. 

Wakil Presiden Google untuk Android, Chrome, dan Aplikasi, Sundar Pichai, memberikan sedikit bocoran mengenai Android L. Dia menyebutkan adanya perubahan utama pada tampilan antar-muka (user interface). “Ini akan menjadi sistem operasi paling menakjubkan,” kata dia di ajang Google I/O, di San Fransisco, Kamis, 26 Juni 2014.

Google I/O merupakan perhelatan para pengembang aplikasi digital, di mana Google bertindak sebagai tuan rumah. Lewat ajang ini pula, pengembang berkesempatan mencoba Android L secara eksklusif. 

Pichai melanjutkan, perubahan tersebut mengacu pada konsep baru yang disebut “Material Design”. Perubahan ini dijanjikan akan sangat berbeda, terutama jika dibandingkan dengan Android 4.0 atau Ice Cream Sandwich yang diluncurkan pada 2011.

Android L memiliki tampilan sederhana dan warna lembut pada bagian tepinya. Tampilan tersebut juga akan menyesuaikan dengan ukuran perangkat yang digunakan, terlebih saat mengakses peramban Chrome dan layanan Google. “Anda akan melihat filosofi desain baru di versi Google+ terbaru,” kata Pichai. (Baca: Ini Lima Fitur Utama di Android Lollipop)

Desain baru tersebut juga bakal dipercantik dengan efek animasi. Animasi yang muncul bukan hanya ada di aplikasi, tetapi juga bisa dinikmati di antar-aplikasi. Contohnya, jika Anda ingin melihat foto lewat menu galeri, Anda juga bisa membukanya lewat aplikasi penyuntingan foto buatan pihak ketiga. Adapun pengembang juga diizinkan untuk menambahkan efek visual. 

No comments:

Post a Comment