بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Putin Serukan Militer Kembali ke Barak
Go Green

Clock Link

Tuesday, March 4, 2014

Putin Serukan Militer Kembali ke Barak


TEMPO.CO, Moskow - Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan untuk mengakhiri apa yang disebutnya latihan persiapan perang di bagian barat negara itu. Pengerahan pasukan ini telah dikaitkan dengan upaya serangan militer ke negara tetangga, Ukraina.

Namun, menurut kantor berita RIA Novosti yang kerap dianggap sebagai corong pemerintah, perintah ini tak mempengaruhi pasukan Rusia yang dikerahkan dalam beberapa hari terakhir di semenanjung Crimea di Ukraina selatan. Pasukan ini telah menguasai fasilitas strategis di wilayah dengan banyak warga keturunan Rusia.

Menurut sebuah pernyataan Kremlin, Putin menghadiri latihan di barat laut Rusia Leningrad Region pada hari Senin, dan komandan pasukan memberitahukan bahwa latihan berjalan dengan baik. (Baca: Rusia Mengaku Intervensi Atas Permintaan Ukraina)

Latihan melibatkan lebih dari 150 prajurit, 90 pesawat, lebih dari 120 helikopter, lebih dari 880 kendaraan militer, dan 80 kapal perang. Latihan dilakukan menyusul meningkatnya ketegangan di Ukraina.

Sebelumnya majelis tinggi parlemen Rusia telah menyetujui keterlibatan militer negara itu di Ukraina--yang berbatasan langsung dengan Rusia--selama akhir pekan lalu. Putusan ini mendorong para pemimpin dunia untuk mengutuk serangan bersenjata Moskow sebagai bentuk invasi dan menyerukan sanksi ekonomi.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pekan lalu bahwa latihan tidak memiliki kaitan dengan peristiwa di Ukraina. Ia menyatakan, sepanjang tahun lalu, mereka melakukan enam kali latihan sejenis.

No comments:

Post a Comment