بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Dukung Jenderal Sisi, Pesepakbola Mesir Dihukum
Go Green

Clock Link

Friday, March 7, 2014

Dukung Jenderal Sisi, Pesepakbola Mesir Dihukum

Dukung Jenderal Sisi, Pesepakbola Mesir Dihukum

TEMPO.CO, Kairo - Pemain sepak bola Mesir, Salah Amin, dihukum oleh Asosiasi Sepak Bola Mesir (EFA) setelah dia membuat gerakan politik di lapangan untuk mendukung Panglima Angkatan Bersenjata Jenderal Abdel Fattah el-Sisi.

Amin yang bermain untuk kesebelasan militer Tala'ea El-Gaish dituduh melanggar peraturan sepak bola Mesir lantaran melakukan pernyataan politik terhadap para pemain lainnya dengan cara menggerakkan jari-jari dan jempolnya berbentuk "C" selama bertanding.

Rakyat Mesir pada umumnya menggunakan huruf "CC" sebagai simbol dukungan terhadap Panglima Angkatan Bersenjata yang diharapkan turut ambil bagian dalam pemilihan presiden April 2014.

Komite Disiplin EFA mengatakan, pemain tersebut bakal dilarang bermain untuk satu musim dan dikenakan denda sebesar US$ 2.900 atau setara dengan Rp 33 juta.

Namun penyerang depan berusia 31 tahun itu menolak tuduhan EFA yang dialamatkan kepadanya, seraya mengatakan kepada stasiun televisi pemerintah bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang politik. "(Dia) Tidak mengerti apa-apa soal politik," ujar bekas pelatihnya selama wawancara berlangsung di televisi.

Kesebelasan Amin yang bermarkas di Ibu Kota Kairo juga menolak denda yang dikenakan terhadap pemainnya, serta menyatakan tidak akan menggubris surat teguran EFA terkait kasus tersebut.

Amin adalah olahragarawan terkini yang dihukum karena membuat gerakan (badan) politik. Pada Desember 2013, Asosiasi Sepak Bola mengancam menghukum para pemain yang menggunakan simbol-simbol politik selama Liga Mesir berlangsung. Asosiasi pada 2013 telah menghukum sejumlah pemain karena memberikan tanda "Rabaa" yang berarti sebuah pesan dukungan terhadap Presiden terguling Mesir, Muhamad Mursi, dan Al Ikhwan Al Muslimun, tempat dia berakar.

No comments:

Post a Comment