بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 800 Hakim di Cina Terlibat Korupsi
Go Green

Clock Link

Sunday, March 2, 2014

800 Hakim di Cina Terlibat Korupsi


TEMPO.CO, Beijing – Korupsi memang sudah tak asing lagi di Negeri Tirai Bambu ini. Setelah pada Desember lalu, Cina telah menghukum 30 ribuan pejabat pemerintah karena kasus ini, kini sebanyak 829 penegak hukum kembali terseret kasus korupsi.

Seperti diberitakan Xinhua, Cina tengah menyelidiki dan mengadili 829 hakim dan staf pengadilan karena korupsi yang dilakukan pada 2013. Jumlah ini, menurut Mahkamah Agung Cina telah naik sebesar 42,3 persen dari tahun ke tahun.

Dari 829 orang, sebanyak 157 di antaranya tengah menghadapi tuntutan di mahkamah yudisial, 294 di antaranya telah dihukum karena pelanggaran disiplin partai, dan 531 lainnya dihukum karena melanggar disiplin pemerintah.

Mahkamah Agung mengatakan sebanyak 683 hakim dan staf telah menyerahkan keuntungan ilegal, berupa uang tunai, surat berharga, dan dokumen pembayaran yang mereka dapatkan selama korupsi.

Jumlah barang sitaan tersebut mencapai nilai yang cukup fantastis, yakni sebesar 3,32 juta Yuan atau setara dengan Rp 6,2 miliar.

No comments:

Post a Comment