بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Foto: Penangkapan Mengerikan Hiu dan Pari di Indonesia
Go Green

Clock Link

Wednesday, February 12, 2014

Foto: Penangkapan Mengerikan Hiu dan Pari di Indonesia

Sebuah proses pembersihan sirip hiu yang sudah siap jual di Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Australian National Fish Collection, CSIRO

Bulan lalu sejumlah pakar merilis sebuah studi yang memperingatkan bahwa satu dari empat spesies hiu dan pari kini terancam punah. Dalam laporan tersebut yang diterbitkan oleh jurnal eLife pada tanggal 21 Januari 2014 silam, merupakan kolaborasi 300 pakar dari 64 negara di dunia.

Hasil kajian ini menyimpulkan bahwa pengambilan berlebihan merupakan ancaman terbesar bagi sebagian besar spesies hiu dan pari, tak kurang dari 73 juta hiu dibunuh setiap tahu untuk diambil siripnya. Nilai total bisnis ini sendiri mencapai 400 hingga 550 juta dollar AS per tahun.


Sisi lain penangkapan hiu dan pari di Cilacap. Foto: Australian National Fish Collection, CSIRO

Ancaman utama bagi beberapa spesies, terutama adalah ‘finning‘ -atau pemotongan sirip ikan hiu dan mengembalikan bagian tubuh yang tidak dibutuhkan kembali ke laut- sebagai ancaman utama bagi spesies-spesies hiu, sawfish dan wedgefish. Praktek pemotongan sirip ini disebabkan oleh tingginya permintaan sirip hiu di Cina sebagai bahan utama dalam sup.

“Sirip, secara khusus, adalah salah satu komoditas makanan laut yang paling berharga,” jelas penelitian ini,”Diperkirakan sirip dari sekitar 26 hingga 73 juta individu, yang bernilai 400 hingga 500 juta dollar AS diperjualbelikan setiap tahun.”

Ukuran tubuh yang besar dan habitat yang dangkal menjadi salah satu faktor utama keterancaman spesies-spesies ini. “Kemungkinan spesies ini terancam meningkat sekitar 1,2% setiap ukurannya bertambah 10 cm dari ukuran tubuh maksimum, dan menurun sekitar 10,3% jika setiap individu menyelam 50 meter lebih dalam dari batas kedalaman minimum untuk setiap spesies.”

Indonesia, adalah salah satu negara sumber yang menjadi pusat perburuan ikan hiu dan pari. Sejumlah lokasi perburuan dan perdagangan utama, seperti di pantai Selatan Jawa, Muara Angke Jakarta, Tanjung Luar Lombok, Pulau Sipadan di perbatasan Kalimantan bagian utara dan beberapa wilayah lainnya.

Inilah sejumlah foto yang berhasil diambil dan diterbitkan sebagai bagian dari penelitian yang dirilis tersebut. Fakta mengerikan, dari sektor perikanan di Indonesia yang masih jauh dari berkelanjutan.





Foto-foto di atas adalah sejumlah kegiatan yang dilakukan pasca penangkapan ikan hiu dan pari di Lombok, NTB. Gambar di atas ini adalah saat memotong pari hasil tangkapan. Foto: Australian National Fish Collection, CSIRO. Lanjut ke bawah adalah sebagian penangkapan di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta.



Foto-foto diatas, adalah pemandangan di Pelabuhan Muara Baru dan Muara Angke Jakarta. Inilah salah satu aktivitas di pusat pengumpulan hasil tangkapan hiu dan pari di Pelabuhan Muara Baru, Jakarta.

Foto: Penangkapan Mengerikan Hiu dan Pari di Indonesia was first posted on February 12, 2014 at 2:16 am.
©2013 "Mongabay.co.id". Use of this feed is for personal non-commercial use only. If you are not reading this article in your feed reader, then the site is guilty of copyright infringement. Please contact me at rab@mongabay.com

http://www.mongabay.co.id/

No comments:

Post a Comment