بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Tahir Foundation dan The Global Fund Beri Bantuan Kesehatan Rp 1,8 Triliun
Go Green

Clock Link

Wednesday, January 8, 2014

Tahir Foundation dan The Global Fund Beri Bantuan Kesehatan Rp 1,8 Triliun

Tahir Foundation dan The Global Fund Beri Bantuan Kesehatan Rp 1,8 Triliun

TRIBUNNEWS.COM - Pendiri kelompok usaha Mayapada bersama The Global Fund yakni Dr Tahir, dan perwakilan dari Bill & Melinda Gates Foundation,hari Rabu (8/1/2013) ini melakukan melakukan kunjungan serta pertemuan dengan sejumlah pemangku kepentingan bidang kesehatan di Jawa Barat.

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari rencana pemberian bantuan pembangunan infrastruktur dalam bidang kesehatan. Yakni dalam hal penanganan penyakit menular HIV AIDS, Tuberkulosis (TB) dan Malaria serta perkembangan program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Jawa Barat, Dr Tahir melakukan pertemuan dengan pihak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Para Bidan di Puskesmas Kecamatan Puter, Family Welfare Centre, dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil.

Tahir mengatakan, kunjungan dan pertemuan dengan para pemangku kepentingan bidang kesehatan di Jawa Barat ini, adalah penegasan komitmennya terhadap upaya peningkatan kualitas hidup rakyat Indonesia, khususnya di bidang kesehatan.

“Saya lahir, besar dan berusaha di Indonesia.Adalah kewajiban saya untuk berterima kasih pada Indonesia, dan memberikan kembali apa yang sudah saya nikmati dari Indonesia,” ujar Tahir.

Menanggapi kunjungan Dr.Tahir tersebut, Kepala Dinas Kesehatan ProvinsiJawa Barat dr. Alma Lucyati, M.Kes, MSi mengatakan bahwa bantuan dari Tahir Foundation adalah bukti dari kerjasama antara pemerintah daerah dengan pengusaha.

“Kami menyambut baik dukungan dari Tahir Foundation. Apa yang dilakukan oleh Dr. Tahir untuk kesehatan rakyat, patut ditiru oleh pengusaha lainnya,” kata dr. Alma.

Sebagaimana diketahui, pada bulan Oktober 2013,Dr.Tahir dan Bill and Melinda Gates Foundation telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk memberikan donasi sebesar US$ 75 juta ke The Gobal Fund selama lima tahun ke depan. Sedangkan uang sebesar US$ 65 juta digunakan untuk program penangananan TB, AIDS, dan Malaria sedangkan sisanya US$ 10 juta untuk pengembangan program Keluarga Berencana (KB).

Dalam kesepakatan tersebut, Bill & Melinda Gates Foundation akan melipat gandakan donasi dari Tahir Foundation, untuk disalurkan ke Indonesia.

Melalui skema kesepakatan tersebut, maka Indonesia akan memperoleh dana bantuan sebesar total US$ 150 juta atau sekitar Rp 1,8 triliun, selama lima tahun ke depan.

No comments:

Post a Comment