بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Agar Hacker Tak Menyusup ke Kulkas dan Televisi
Go Green

Clock Link

Wednesday, January 22, 2014

Agar Hacker Tak Menyusup ke Kulkas dan Televisi


TEMPO.CO, Jakarta--Peretasan dunia maya umum menyerang pengguna komputer. notebook, serta perangkat bergerak. Cara mencegahnya pun dilakukan lewat program yang dibenamkan di perangkat tersebut. Tapi kini ada teknologi pencegahan yang dapat dilakukan lewat peralatan rumah tangga seperti kulkas dan televisi cerdas.

Penyedia keamanan internet Proofpoint, Inc. megumumkan temuannya berupa produk yang menawarkan skema untuk menangkal peretasan. Produk yang mereka ciptakan berbasis Internet of Things (IoT). Mereka sebelumnya menyediakan produknya bagi komputer, televisi, router, dan pusat multimedia.

Mungkin Anda tidak pernah membayangkan jika peralatan rumah tangga bisa diretas, sekaligus melakukan peretasan. Data Proofpoint menyebutkan sebanyak 750 ribu surat elektronik yang mengandung malware terkirim antara 23 Desember 2013 hingga 6 Januari 2014 lewat peralatan rumah tangga.

Terlebih dengan adanya tren penggunaan peralatan rumah tangga cerdas berbasis internet. Perusahaan yang bermarkas di California, Amerika Serikat ini mengatakan dalam beberapa tahun mendatang, semakin banyak serangan terhadap peralatan yang dampaknya sangat signifikan terhadap penggunanya.

"Kami sangat peduli terhadap keamanan yang dapat membuat situasi menjadi lebih buruk," ujar General Manager Information Security Division Proffpoint, David Knight, seperti dilansir situs All Gov, Senin 20 Januari 2014.

Knight melanjutkan selama ini pengguna peralatan rumah tangga cenderung acuh terhadap sistem keamanan. "Peralatan rumah tangga tidak terlindungi dengan baik, sehingga sulit mendeteksi adanya peretasan," ucap dia.

Temuan peretasan terhadap perangkat rumah tangga juga terjadi di Jepang tahun lalu. Produsen aplikasi keamanan dunia maya, Truswave SpiderLabs sempat mengingatkan pengguna toilet cerdas di negeri Sakura itu. Mereka menyatakan adanya ancaman yang bisa mengganggu proses pengeringan.

No comments:

Post a Comment