بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: The Writer, Si Automaton dari 1774
Go Green

Clock Link

Saturday, December 14, 2013

The Writer, Si Automaton dari 1774

Automaton bisa diartikan sebagai mesin yang bisa beroperasi sendiri seperti robot. Ini adalah sebuah automaton yang berasal dari tahun 1770 atau berumur sekitar 240 tahun.



Sedikit tentang latar belakangnya, The Writer ini dubuat oleh Jaquet Droz sebagai iklan untuk mempromosikan produk jamnya.



Automaton ini terdiri dari sekitar 6000 custom part yang dibuat secara handmade dan hebatnya lagi karena dibuat seperti mesin jam, automaton ini tidak membutuhkan sumber energi dari luar.

Seperti namanya, automaton ini berfungsi untuk menulis dan bisa nulis semua kata menjadi kalimat , kecuali bahasa alay. Hebatnya lagi, matanya bisa ngikutin arah tulisannya saat dia menulis 

Cara kerjanya yaitu dengan teknologi cam (BUKAN CAMERA).Menurut wikipedia, cam itu adalah mesin yg berkerja merubah gerakan memutar menjadi gerakan linear.

Pada automaton ini, cam berfungsi untuk menggerakan lengan untuk menulis, tapi tidak sesederhana itu, cam ini juga bertugas untuk mengatur tekanan yg diberikan pada kertas dan juga mengatur bentuk goresan tulisan tangan dari pena.

No comments:

Post a Comment