بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Puluhan Pernikahan Sesama Jenis di Australia Dianulir
Go Green

Clock Link

Saturday, December 14, 2013

Puluhan Pernikahan Sesama Jenis di Australia Dianulir


VivaNews  - Pasangan sejenis di Australia hanya bisa hidup bersama secara resmi selama lima hari. Pasalnya, Pengadilan Tinggi Australia telah mencabut undang-undang pernikahan sejenis yang dianggap cacat.

Diberitakan CNN, Kamis 12 Desember 2013, peraturan bolehnya pernikahan sejenis awalnya dikeluarkan oleh badan legislatif di Canberra dalam bentuk undang-undang negara bagian Wilayah Ibukota Australia (ACT). Namun, menurut pengadilan tinggi, UU Canberra ini bentrok dengan Undang-undang Pernikahan federal.

Menurut konstitusi, undang-undang wilayah tidak bisa membatalkan undang-undang federal. Oleh sebab itu, pernikahan sejenis tidak bisa dilegalkan karena pembentukan undang-undangnya yang cacat.

Akibat dicabutnya undang-undang ini, sekitar 27 pasangan homoseksual yang telah menikah dinyatakan tidak sah dan dianulir pernikahannya. Para aktivis gay di negara ini kalang kabut dan mulai mengerahkan kekuatan untuk melobi parlemen untuk mengubah UU federal.

"Hal ini menyedihkan bagi pasangan yang menikah pekan ini dan keluarga mereka. Namun ini hanyalah kekalahan sementara," kata Rodney Croome, direktur nasional lembaga advokasi Persamaan Pernikahan di Australia.

Lobi lembaga ini akhirnya memicu kembali perdebatan soal pernikahan sejenis di Australia. Namun upaya mereka sepertinya akan sulit. Pasalnya Perdana Menteri Tony Abbott dan koalisinya yang konservatif menentang pernikahan sejenis.

Sebelumnya awal tahun ini tetangga Australia, Selandia Baru, menjadi negara pertama di Asia Pasifik yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

No comments:

Post a Comment