بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Konser Musik Paling Rusuh Dalam Sejarah
Go Green

Clock Link

Saturday, December 14, 2013

Konser Musik Paling Rusuh Dalam Sejarah


Jamannya woodstock ´99 mengubah sejarah rock n´ roll. Selamanya!!



1. Konser dengan Hujan kotoran burung 


Kings of Leon mengalami nasib paling apeees tapi konyol juga sih, hal ini terjadi dalam dunia konser musik mereka. Penyebab batalnya konser mereka adalah hal sepele namun mengganggu, yaitu karena adanya beberapa ekor burung yang terus membuang kotoran ke arah mereka. Entah apa yang menyebabkan datangnya sentimen dari para burung ini, namun KOL akhirnya membatalkan konser setelah memainkan Taper Jean Girl yang menjadi lagu ketiga. Bassist Jared Followill sempat melempar lelucon bahwa ia akan menangkap burung-burung tersebut untuk Thanksgiving 


2. Stage yang mendadak runtuh


Keadaan cuaca memang seringkali tidak tertebak. Kejadian pada Agustus 2009 di Camrose, Kanada menjadi bukti bahwa terkadang tidak semua hal bisa berjalan mulus. Big Valley Jamboree terpaksa dihentikan setelah stage utama untuk festival ini mendadak runtuh karena angin kencang yang datang entah darimana. Penyanyi country Billy Currington sedang bersiap-siap untuk melantunkan lagu-lagunya, namun panggung mendadak runtuh dan menewaskan satu orang korban. ~ niat hati ingin posisi terdekat tapi terkena runtuhan panggung 


3. Hells Angels dan Mick Jagger


Mick Jagger adalah salah satu rocker paling dikagumi di dunia dan telah menjadi inspirasi banyak musisi besar lainnya. Namun ternyata, Jagger pernah menjadi korban percobaan pembunuhan yang untungnya gagal. Sang pelaku adalah para anggota geng motor paling ditakuti di dunia yaitu Hell´s Angels. Kabarnya, Hell´s Angels bermaksud menyerang Mick Jagger melalui lautan, namun boat mereka diserang oleh badai. The Rolling Stones juga membuat kesalahan dengan merekrut salah satu anggota Hell´s Angels untuk menjadi security dalam konser ini. Akibatnya, kerusuhan besar pecah seketika. Kisah tentang percobaan pembunuhan ini bisa dilihat dalam dokumenter Gimme Sheltermilik The Rolling Stones. ~ kebayang gak heboh nya kalau aksi Hells Angels terlaksana


4. Pembunuhan di atas panggung


Spoiler for Dimebag Darrell - Pantera


Kisah ini cukup mirip dengan kematian John Lennon; sang pembunuh merupakan fans yang terobsesi dengan musisi favoritnya, namun pembunuhannya lebih fatal karena dilakukan di atas panggung. Korbannya adalah Dimebag Darrell, mantan gitaris band metal Pantera yang saat itu sedang bermain di Alrosa Villa, Ohio bersama band barunya Damageplan. Baru bermain beberapa lagu, pelaku penembakan Nathan Gale naik ke atas panggung, mengatakan beberapa hal tentang Pantera, dan menembakkan beberapa peluru ke arah Darrell sebelum pistolnya di arahkan ke penonton. Lima orang lainnya ikut tertembak, termasuk sang pelaku sendiri yang dihabisi nyawanya oleh seorang polisi. ~ yang jadi pertanyaan ane, kemana sisi keamanan hingga bisa terjadi hal itu 


5. Pelecehan seksual


Mitologi Woodstock sebagai konser yang penuh kedamaian, cinta dan rock n roll akhirnya hancur pada 1999. Hari terakhir Woodstock ´99 yang dilaksanakan selama tiga hari berakhir buruk dengan kekacauan, mulai dari kerusuhan hingga diperkosanya beberapa orang wanita. Puncak kerusuhan dan pelecehan seksual terjadi saat Limp Bizkit tampil ke atas panggung dan membawakan lagu Break Stuff. Kekacauan ini juga diduga datang dari emosi sekitar 250.000 penonton yang tidak stabil karena suhu yang cukup panas, mencapai 38 derajat celcius.


6. Kehebohan penonton


Konser Pearl Jam di Denmark para 30 Juni tahun 2000 berlangsung kacau karena masalah sound yang tidak mendukung. Penonton yang berjumlah sekitar 50.000 orang saling mendorong untuk mendekati panggung, setelah Pearl Jam bermain selama 45 menit. Hal ini menyebabkan tewasnya 9 orang penonton, dan Pearl Jam tidak mengetahui kematian ini hingga konser usai. Setelah mendengar kabar tersebut, Pearl Jam akhirnya membatalkan seluruh jadwal konser mereka di Eropa di tahun 2000.


7. Api yang membakar stage


Bermaksud membuat panggung menjadi megah, Great White malah membakar The Station Nightclub di Rhode Island pada 2003. Band glam rock ini mencoba menggunakan pyrotechnics untuk menimbulkan percikan api agar suasana panggung semakin panas, namun api mulai menyambar dan memusnahkan The Station. Api menyebar ke segala area club dengan cepat, dan 100 orang menjadi korban jiwa dalam peristiwa ini.


8. Kerusuhan St.Louis 1991 Riverport Riot


Aksi rusuh yang terjadi yang seblumnya aksi solo masing masing personel menadak kisruh karna datang nya genk motor dan menggu baris depan penonton konser kala itu, saat itu juga Axl meminta petugas keamanan untuk menyingkirkan genk motor namun penonton pun ikut terbawa suasana dalam kerusuhan tersebut mengakibatkan petugas keamanan tidak dapat berbuat banyak.

Akhir nya Axl pun melompat ke tengah tengah kerumunan genk motor dan ikut dalam aksi kisruh tersebut. Aksi anarkis itu terekam kamera di saat Axl memukul wajah sala satu genk motor tersebut kemudian kembali ke atas pangyung serta mengucapkan , “Terima kasih untuk petugas keamanan yang pengecut dan saya akan segera pulang ke rumah.” Sambil membanting Micnya di lanjutkan oleh saudara Slash "Untungnya dia hanya membanting mic dilantai, dan kami akan segera pergi dari sini.” itu pun sambil mengacungkan jari tengah.

namun hal ini gak buat konser kelar beitu aja , teriakan penoton pasca pengusiran genk motor konser di lanjutkan, akan tetapi penonton sudah hilang akal sehat menjadikan aksi pelemparan yang terburuk sepanjang sejarah konser. makin parah nih cerita nya dan Menyusul kejadian ini disayangkan media massa dengan cepat menuju kepada Axl Rose. Tuduhan dibuat di segala arah. Polisi merenungkan apakah akan mengajukan tuntutan terhadap penyanyi itu sebagai dalang kerusuhan, tetapi mereka mengatakan perlu melakukan penyelidikan menyeluruh sebelum setiap tindakan yang diambil.

Dampak terbesar dalam kerusuhan di St.Louis bagi Guns N’ Roses bukan kehilangan peralatan musik berharga jutaan dollar, namun dari kejadian itu hubungan Axl Rose dengan Izzy Stradlin menjadi buruk. 


9. 3 Kali Konser Sheila On 7 Tempat Tidak Memadai


Bandar Lampung, Minggu 19 November 2000 di gedung GOR Saburai, tempatnya tidak mumpuni untuk kapasitas yang memuat banyak orang. Alhasil konser band lokal Indonesia Sheila On 7 memakan korban jiwa. Empat tewas dan puluhan pingsan akibat terjepit dan terinjak-injak karena membludaknya penonton yang melebihi kapasitas gedung. Terjadi kembali di Banjarmasin dan Cirebon karena overload.

http://www.la-lights.com/7-konser-paling-rusuh-dalam-sejarah

No comments:

Post a Comment