بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Menipu Lewat Facebook, Ditangkap Pun karena Facebook
Go Green

Clock Link

Tuesday, December 17, 2013

Menipu Lewat Facebook, Ditangkap Pun karena Facebook


Merdeka.com - Ilham Randa Pratama (20) memanfaatkan jejaring sosial Facebook untuk melancarkan aksi penipuan. Namun, Facebook pula yang menyebabkan dia dan dua penadah hasil kejahatannya tertangkap.

Pemuda yang tinggal di Titi Kuning, Medan, ini menipu Anita Jami'ah, mahasiswi warga Jalan Kapten Muchtar Basri, Medan, memanfaatkan akunFacebook dengan nama Dicky Pratama.

Setelah berkenalan dan chating di dunia maya, Anita dan Dicky alias Ilham itu pun sepakat bertukar nomor handphone. Mereka kemudian membuat janji untuk kopi darat.

Dalam pertemuan itu, Ilham pun beraksi dan berhasil memperdaya Anita. "Tersangka mengaku sebagai personel Polsek Medan Timur," ujar Kapolresta Medan Kombes Nico Afinta, Selasa (17/12) malam.

Ilham kemudian berpura-pura meminjam laptop milik Anita. "Agar korban yakin, tersangka juga meninggalkan tasnya sebagai jaminan bahwa dia akan mengembalikan laptop milik korban. Tas itu berisi pistol yang belakangan diketahui hanya mancis (korek api gas)," jelasnya.

Setelah beberapa hari, Dicky alias Ilham tak juga mengembalikan laptop yang dipinjamnya itu. Sadar telah tertipu, Anita pun melaporkan kejadian ini ke Mapolresta Medan dengan Nomor Laporan: LP / 3131 / XII / 2013 / SPKT / SU / Resta Medan tertanggal 15 Agustus 2013.

Penyelidikan pun dilakukan. Untuk meringkus pelaku, petugas menyamar dan berkenalan dengan tersangka melalui Facebook.

Setelah beberapa upaya, Ilham pun ditangkap bersama Alvin dan Danu yang menjadi penadah. Dari tangan tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 1 unit laptop, korek api gas berbentuk pistol, 6 helai baju dan sepotong celana.

Polisi masih mendalami aksi penipuan lain yang dilakukan tersangka. "Kita masih mengembangkan kasus ini," kata Nico. (mdk/hhw)

No comments:

Post a Comment