بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Berbagai Inovasi yang Bikin TV Makin Keren
Go Green

Clock Link

Tuesday, December 17, 2013

Berbagai Inovasi yang Bikin TV Makin Keren



Beberapa tahun ini banyak sekali inovasi yang datang dari produsen TV. Tak heran bila perkembangannya sangat cepat dan membuatnya sangat jauh berbeda dengan penampakan TV jaman dulu, terutama pada kualitas dan kejernihan gambar atau video. Mereka berlomba-lomba menghadirkan kenyamanan dan gambar yang begitu nyata serta pengalaman yang luar biasa. 

1. Curved Screen / Layar Lengkung
Yup, layar melengkung dibuat bukan sekedar keren. layar seperti ini diklaim lebih memaksimalkan viewing angle (sudut pandang) sehingga gambar akan terlihat lebih tajam. 


2. Smart TV

Dengan TV ini agan bisa browsing, nonton video streaming, sosial media, bahkan bermain games langsung dari TV. Biasanya nya TV ini sudah dilengkapi dengan WiFi, LAN, NFC, Bluetooth, Miracast, dll agar dapat terhubung dengan perangkat lain. 


3. Efek 3D



Kalau yang ini sebagian dari kalian pasti udah tau dan pernah merasakan, terutama di bioskop kesayangan.  Nah teknologi 3D ini juga sudah lumayan lama ada pada TV rumahan. Jadi, kalian bisa nonton 3D tanpa harus ke luar rumah. Saat ini teknologi 3D masih memerlukan kacamata khusus untuk dapat merasakan efek 3Dnya. Kedepannya bukan tidak mungkin efek 3D akan terlihat langsung tanpa kacamata.


4. Ultra High Definition (UHD) - 4K dan 8K 



TV kalian sudah Full HD? TV sekarang sudah ada yang berresolusi 4K bahkan 8K. Kalau Full HD (1080p) punya resolusi layar 1920x1080 pixels, maka 4K punya resolusi 3840x2160 pixels atau 4 x Full HD, sedangkan 8K berresolusi 7680x4320 pixels atau 8x Full HD. 
Resolusi sebesar ini biasanya dibuat untuk menunjang layar berukuran besar > 55inc agar ppi layar lebih tinggi sehingga gambar lebih tajam. Namun tidak menutup kemungkinan di masa depan akan diterapkan pada layar yang lebih kecil. Bahkan perangkat mobile seperti tablet dan smartphone. 


5. Bezel yang Sangat Tipis



Bezel yang sangat tipis tentu akan membuat tampilan TV semakin lega dan seakan tanpa batas. Bezel yang tipis membuatnya lebih elegan dan terlihat menyatu dengan tembok


6. Dimensi yang Sangat Ramping

Kalau ini hasil TV yang diet bertahun-tahun. 
Bahkan ada salah satu TV yang tebalnya hanya 1mm. Ga tau isinya apaan bisa jadi TV.


7. UltraWide 21:9


Ini juga era baru aspect ratio pada layar. Kalau sebelumnya kita mengenal layar yang kotak (1:1), 4:3, 16:9, 16:10, maka sekarang akan semakin melebar menjadi 21:9. 


8. Kemampuan Menangkap Siaran Digital
TV Digital sepertinya sudah barang lama di luar negri tapi di Indonresia sepertinya masih termasuk langka karena siaran digital di Indonesia baru saja dimulai dan baru disosialisasikan oleh pemerintah. Siaran digital; dapat menghadirkan siaran yang lebih jernih dibandingkan siaran analog. 


9. Touchscreen



Vukan cuma tablet dan smartphone aja yang bisa touchscreen. TV pun tak mau kalah dengan tablet dan smartphone. Fitur touchscreen ada yang memang bawaan dari produsen pembuat TV, adapula yang menambahkan panel touchscreen agar TV biasa bisa berinteraksi dengan sentuhan. Pada umumnya TV touchscreen digunakan untuk PC. 


10. TV Bersistem Operasi Android



Seperti smartphone dan Tablet, TV sekarang juga ada yang memakai OS Android. Tentu kamu bisa install berbagai aplikasi dan games di dalamnya.


11.Personal 3D Viewer

ada TV dengan konsep kek projector gak gan... tapi kualitas Full HD, bisa ditouch2, hand and body gesture.. model nya di kacamata, layar tembak visualisasi di mata dan otak aja..



Gambar langsung ada di depan mata gan. Sensasi layar lebar bisa agan nikmati dimana dan kapanpun, ditambah dengan audio 7.1 dan efek 3D. Dapat juga dihubungkan ke gadget agan seperti smartphone dan tablet. Ini udah dipasarkan lho gan. Bukan khayalan. Ada yang ingin mencoba?


12. TV Transparan

No comments:

Post a Comment