بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: 5 Cara Hindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh
Go Green

Clock Link

Wednesday, December 18, 2013

5 Cara Hindari Jet Lag Saat Berpergian Jauh


DREAMERSRADIO.COM - Jet lag atau biasa disebut sebagai sindrom perubahan zona waktu dapat menyerang siapapun juga yang sedang melakukan perjalanan udara dengan zona waktu yang berbeda.

Walaupun sifatnya sementara, namun sindrom ini cukup mengganggu juga kan? Beberapa kasus jet lag yang sering ditemui seperti cepat merasa lelah pada siang hari, perasaan tak nyaman, hingga gangguan pencernaan. Nah, untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan jauh, berikut tips dari magsforwomen untuk menghindari diri dari sindrom jet lag:

1. Rencanakan dengan matang dan istirahat dulu sebelum bepergian
Jika ini bukan perjalanan darurat, maka rencanakan lebih matang dengan berkemas beberapa hari sebelum berpergian agar tak perlu terburu-buru di dua hari terakhir sebelum keberangkatan.

Siapkan surat perjalanan dan uang secukupnya, setidaknya tiga hari sebelumnya. Lalu istirahatlah sekitar dua hari sebelum melakukan perjalanan, hal ini akan membantu kamu terutama saat kamu akan melakukan perjalanan selama berjam – jam. Beristirahat sebelumnya akan mengurangi rasa lelah setelah tiba ditempat tujuan dan membuat tubuh jadi berstamina untuk menghadapi hambatan apapaun selama diperjalanan.

2. Minum air yang banyak sebelum dan setelah bepergian
Ketika tubuh terhidrasi, kamu tak akan cepat stres dan lelah. Walaupun selama penerbangan banyak cairan tubuh yang keluar, asalkan diri kamu cukup air, kamu bisa dengan mudahnya menyesuaikan dengan zona waktu baru saat sampai ditempat tujuan. Kamu juga bisa membawa lotion atau lip balm untuk melembabkan kulit agar tak dehidrasi.

3. Pilih menu makanan yang tepat
Saat melakukan perjalanan, jangan makan makanan berat, sebaiknya pilihlah buah-buahan segar. Jangan meminum kopi karena dapat mengganggu pola tidur selama diperjalanan dan hindari makanan pedas sehingga kamu tidak akan menderita gangguan perut.

4. Hindari tidur setelah sampai di tempat tujuan
Kecuali malam hari, baiknya kamu hindari tidur jika sampai saat pagi atau mejelang sore. Cobalah untuk tetap terjaga dengan berbicara, mandi, atau hanya duduk menyesuaikan kamar baru kamu. Hal ini akan menghindari kamu dari sindrom jet lag secara cepat

5. Memilih jam penerbangan lebih malam
Jika kamu tak hanya pergi ke satu tempat melainkan ke dua atau tiga tempat berbeda dalam waktu sekitar sebulan. Jangan stres sendiri, kamu bisa mengambil perjalanan lebih malam sehingga kamu dapat tidur dengan baik dan merasa segar setelah sampai ditempat tujuan. Hal Ini akan membantu kamu dari rasa lelah jika tujuan kedua kamu juga memiliki zona waktu yang berbeda. (dits)

No comments:

Post a Comment