بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Mengenal Abraham Ortelius
Go Green

Clock Link

Sunday, May 20, 2018

Mengenal Abraham Ortelius

Abraham Ortelius merupakan seorang pria kelahiran; 14 April 1527, di Antwerpen, negeri Belgia. Ia meninggal dunia tercatat pada; 28 Juni 1598, di kota tempat kelahiran dan negeri yang sama. Lantas siapakah Abraham ortelius, sebenarnya?. Mari kita simak beberapa poin uraian berikut ini ;



1. Atlas Ortelius World Map Typvs Orbis Terrarvm , 1570.: 


Abraham Ortelius dikenal dunia sebagai kartografer atau penggambar denah perjalanan, alias peta yang ulung. Berkat gambar peta Ortelius lah, kita sekarang ini mengenal peta berbagai wilayah dunia yang di bukukan menjadi buku yang berjudul "Atlas".

Atlas merupakan kumpulan peta di himpun ke dalam bentuk buku, atau bentuk multimedia. Atlas dapat memuat informasi geografi, luasa dan batas negara, statisik keadaan ; geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi suatu wilayah dll. Dalam perkembangannya atlas memuat lebih banyak pemetaan informasi tentang suatu wilayah. 


2. Theatrum Orbis Terrarum

Pada 20 Mei 1570, Gilles Coppens de Diest di Antwerp mengeluarkan Ortelius ' Theatrum Orbis Terrarum ,' atlas modern pertama '(dari 53 peta).: 
Theatrum Orbis Terrarum, merupakan atlas moderen pertama karya Abraham ortelius. Atlas ini, ada 53 peta yang memuat berbagai negara di dunia pada tahun 1570. Theatrum Orbis Terrarum, merupakan buku peta moderen "atlas" pertama yang di terbitkan pada pada 20 Mei 1570. Theatrum Orbis Terrarum, memiliki arti sebagai panggung teater dunia, jadi atlas ini merupakan gambaran teaterikal keadaan dunia mungkin begitulah maksudnya. 

3. Penggunaan istilah atlas

"Atlas sive Cosmographicae Meditationes de Fabrica Mundi et Fabricati figura" (Atlas of the world: finely engraved and drawn) in 1606: 


Ragam karya Abraham Ortelius yang dibukukan dalam berbagai cetakan yang beragam mendunia pada waktu itu. Namun istilah penggunaan atlas belum dikenal. Pada tahun 1595, Gerardus Mercator menerbitkan sebuah buku serupa, dan di beri judul Atlas, Sive Cosmographicae Meditationes De Fabrica Mundi, yang artinya deskripsi dari berbagai dunia, barulah kemudian istilah atlas banyak di gunakan, untuk berbagai buku yang memuat peta ragam wilayah di dunia.

Ragam karya dari Abraham ortelius juga banyak yang tersohor. Peta wilayah Belgia, Asia, Israel hingga wilayah negeri tirai bambu juga termasuk beberapa karya yang memiliki nilai tinggi dan diburu para kolektor katografi sampai dengan saat ini. 


Seperti yang kita ketahui, google melalui tampilan utamanya, sering memuat hari bersejarah, kelahiran tokoh ternama hingga ke tema peringatan tertentu yang mendunia, untuk kita ketahui. 

Hari ini , tepatnya tanggal 20 Mei 2018 google Doodle menyematkan gambar atlas pada mesin pencarian google. Buku atlas di letakan pada tajuk utama mesin pencarian google. Dan bila kita klik maka akan menuju langsung ke pencarian kata ; Abraham ortelius. Demikian lah berita singkatnya seperti itu.

No comments:

Post a Comment