بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Kasus Uang "Hilang" di Rekening Bank
Go Green

Clock Link

Monday, February 26, 2018

Kasus Uang "Hilang" di Rekening Bank

Hasil gambar untuk bank bca atm

indonews.com - Salah seorang konsumen Bank BCA, Herubowo mengaku saldo tabungannya berkurang tanpa sepengetahuannya. Hal itu terungkap setelah ia mengecek saldo BCA-nya melalui klik BCA.

"Pagi tadi (14/8) sekitar pukul 10 saya iseng cek saldo lewat klik.bca, tanpa diduga saldo saya berkurang Rp1 juta, setelah dilihat dari menu mutasi ternyata ada tarik tunai lewat ATM pada hari ini juga (14/8)," ungkap Herubowo kepada Sindonews, di Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Padahal, lanjutnya, kartu ATM yang dimilikinya berada di dompet, dipastikan tidak ada satu orang pun keluarga serta orang terdekat yang melakukan tarik tunai tersebut menggunakan kartu ATM-nya. "Terlebih tidak ada yang mengetahui PIN saya," keluhnya.

Setelah itu, kata Herubowo, dirinya segera menghubungi Halo BCA untuk konfirmasi dan melakukan pemblokiran. "Merasa tidak puas saya pun langsung mendatangi kantor cabang terdekat, jawaban mereka sangat Flat : "logika mengambil uang harus pakai kartu dan mengetahui PIN". Artinya pihak orang terdekat saya tertuduh," paparnya.

Dan anehnya, setelah ditelusuri, lokasi pengambilan ATM tidak jauh dari rumah. "Mungkin ini modus agar lebih meyakinkan bahwa orang terdekat saya yang telah mengambil uang/tertuduh. Setelah membuat laporan saya disuruh menunggu 10 hari kerja," tambahnya.

Herubowo yang juga wartawan Sindo TV ini juga mengungkapkan kejadian ini ternyata juga dialami sejumlah temannya. "Sejumlah teman saya pernah mengalami hal serupa, bahkan mencapai Rp10 juta uang di tabungannya hilang," sebutnya.

Menurut Herubowo, berdasarkan pengalamannya, dari pihak BCA sendiri tidak ada kejelasan proses, alasannya penarikan menggunakan PIN yang benar jadi tidak ada penggantian atau apapun, meski pemilik rekening merasa tidak melakukan transaksi apapun.

Sementara itu, Herubowo mengaku untuk meminta melihat rekaman CCTV juga sulit. "Ini mungkin bisa menjadi pengalaman buat para pemilik rekening tabungan di BCA agar lebih hati-hati," pungkasnya.





Quote:
Pada Rabu (14/8/2013) sekira pukul 11.00 saya lakukan cek saldo lewat www.klikbca.com Tanpa diduga saldo saya berkurang Rp1 juta, segera saya klik menu "mutasi rekening" yang memperlihatkan proses transaksi, ternyata ada proses penarikan lewat ATM pada hari yang sama (14/8/2013), saya sangat terkejut sebab kartu ATM saya berada di dompet.

Dipastikan tidak ada satu orang pun keluarga saya serta orang terdekat yang melakukan tarik tunai tersebut menggunakan kartu ATM saya, terlebih tidak ada yang mengetahui PIN saya kecuali istri. Tentunya bukan istri yang melakukan penarikan tersebut, dan istri saya pun tidak pernah memegang kartu ATM saya.

Segera saya hubungi Halo BCA untuk konfirmasi dan melakukan blokir. Namun jawaban Pihak Halo BCA tidak memuaskan sehingga saya pun mendatangi kantor cabang terdekat, jawaban mereka juga kurang memuaskan dan sangat flat. "Logika mengambil uang harus pakai kartu dan mengetahui PIN!" (artinya pihak orang terdekat saya tertuduh). Kemudian di sana saya kembali dihubungkan dengan HaloBCA melalui telepon Customer Service Officer (CSO).

Setelah dicek melalui sistem, HaloBCA menyampaikan bahwa lokasi pengambilan uang di ATM yang tidak jauh dari rumah. Mungkin ini modus agar lebih meyakinkan bahwa orang terdekat saya yang telah mengambil uang/tertuduh.

Singkat cerita setelah membuat laporan saya harus menunggu 10 hari kerja. Sejumlah teman pernah mengalami hal serupa, bahkan mencapai jutaan rupiah uang di tabungannya hilang, berdasarkan pengalamannya, dari pihak BCA sendiri tidak ada kejelasan proses. Alasannya penarikan menggunakan PIN yang benar jadi tidak ada penggantian atau apapun, padahal sang pemilik rekening tidak melakukan transaksi apapun, sementara itu, untuk meminta melihat rekaman CCTV juga sulit.

Mungkin nasib teman saya bisa juga terjadi kepada saya, apakah proses permohonan CCTV harus selama itu? Selama sepuluh hari kerja (libur, tanggal merah tidak dihitung) dan dengan berbagai alasan pihak bank juga apakah akhirnya tidak akan mengeluarkan CCTV?

Kebanyakan orang yang mendapatkan kasus serupa akhirnya pasrah, dan hanya menutup rekeningnya, ada juga yang meminimalkan jumlah saldo.

No comments:

Post a Comment