بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم Rochmany's Blog: Ikan Tai, Ikan Paling Dihormati di Jepang
Go Green

Clock Link

Monday, February 26, 2018

Ikan Tai, Ikan Paling Dihormati di Jepang

"Ikan Tai ini memiliki warna yang cantik seperti bendera Jepang dan Indonesia, yakni merah pada bagian atas dan putih pada bagian bawah ikan tersebut. Di Jepang warna merah dan putih melambangkan kebahagiaan, karenanya ikan ini dihormati dan menjadi salah satu makanan yang disukai oleh rakyat Jepang karena makna, dan rasanya yang lezat,"Japanese Cuisine Seafood of Japan.

sumber: shizuokagourmet.com

Bagian semua orang ikan adalah sebuah makanan alam yang bisa diolah apa saja. Bukan cuma dijadikan komsumsi terkadang ada beberapa spesies sebagai ikan hias. Harga dan jenis ikan pun beranekaragam. Contohnya di Jepang, ikan Tai yang memiliki lambang kebahagian karena di tubuh ikan terdapat warna merah putih yang dipercayai orang Jepang sebagai lambang kebahagiaan. Maka dari itulah arti kebahagiaan dalam ikan ini hanya dapat disajikan dalam acara-acara penting seperti pernikahan hingga kelahiran disampaikan langsung Masafumi Ishii (Duta Besar Jepang).

Ikan Tai ini memiliki dua tipe yaitu Ikan Tai yang langsung dari laut Jepang dan dari penangkaran. Sudah pasti harganya pun berbeda-beda. Harga untuk ikan Tai yang langsung dari laut kisaran Rp 2 juta per satu kilogram sementara untuk ikan Tai dari pengangkaran dijual jauh lebih murah yaitu Rp 500 ribu.

Menurut Chef Kedutaan Besar Jepang, Hori Ikuo, menjelaskan musim semi dan musim gugur adalah dua musim terbaik yang cocok untuk menikmati ikan Tai ini. Pada musim semi ikan Tai memiliki stamina lebih kuat karena cuaca yang hangat, otot-ototnya akan terasa lebih besar dan lebih segar serta lezat. Sedangkan dalam musim gugur ikan Tai baru saja melahirkan, sehingga dagingnya akan terasa lebih lembut karena stamina ikan ini baru saja dalam tahap pemulihan.

"Karena memiliki dua waktu terlezat yang berbeda, maka ikan Tai memiliki nama yang berbeda sesuai dengan kapan ikan tersebut ditangkap. Ketika ditangkap pada musim semi dinamakan Sakura Tai, sedangkan pada musim semi dinamakan Miji Tai, " Hori Ikuo (Chef Kedutaan Besar Jepang)

Karena ikan Tai dihormati di kalangan masyarakat Jepang harus diolah dengan baik. Ikan Tai selalu diolah dari ujung kepala hingga ujung kaki. Biasanya dibagian tulang, duri, rusuk, kepala, dan ekor dibuang. Tapi untuk ikan Tai ini seluruhnya diolah menjadi kaldu sedangkan dagingnya dijadikan masakan. Bagian kulit sendiri dijadikan hiasan yang dapat dimakan pas dihidangkan.

s

No comments:

Post a Comment